Sunday, 18 June 2023

Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka SMA Kompeten Berbahasa Indonesia Kelas 10

Perangkat Ajar Bahasa Indonesia kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka ini merupakan berbagai bahan ajar Informatika yang dapat digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai profil pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.


Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka dapat meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, PPT, serta bentuk lainnya. 


Melalui perangkat ajar, guru diharapkan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang semakin bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan dan kebutuhan peserta didik.


Berikut ini adalah perangkat pembelajaran tersebut. Langsung saja silakan disedot sampai puaaasss!

Perangkat Pembelajaran 

Kurikulum Merdeka  SMA Kompeten Berbahasa Indonesia Kelas 10



ATP


PPT


KUNCI JAWABAN


MODUL AJAR

Tuesday, 6 June 2023

50 Contoh Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2

50 Contoh Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 2

Silakan klik tautan di bawah ini 

https://drive.google.com/file/d/14ww2pEt8o1XtnH8jJM42QCzYcd1S7dQa/view?usp=sharing

Wednesday, 3 May 2023

Soal pilihan ganda tentang teks negosiasi

 Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

Ahmad adalah pemuda berusia dua puluh tahun. la selalu mengeluh tentang orang tuanya yang memperlakukannya seperti anak kecil. Ahmad merasa tidak diberi kebebasan untuk melakukan apa yang ia suka. Akibat sering ditegur, Ahmad merasa kesal dan frustasi sehingga nilai belajarnya pun buruk. Atas permintaan orang tuanya, Dr. Ibrahim datang untuk menemui Ahmad.

Doktor  :   Apa masalah Anda sebenarnya?

Ahmad : Masalahku adalah orang tuaku. Mereka melarangku pergi bersama teman, tidak memberiku uang, bahkan aku tidak dibelikan mobil seperti kakakku.

Doktor  : Bagaimana hasil belajar Anda?

Ahmad : Sangat buruk. Aku tidak suka belajar.

Doktor : Apakah Anda merokok?

Ahmad : Ya, aku merokok cukup banyak setiap hari.

Doktor : Bagaimana hubungan Anda dengan keluarga?

Ahmad : Aku selalu bertengkar dengan ayah dan kakakku. Oleh karena itu, aku sering keluar dari rumah dan baru pulang dini hari. Ayahku selalu menghukumku tanpa mencari tahu penyebabnya.

Doktor :  Apakah Anda bahagia dengan kondisi seperti ini?

Ahmad: Tentu tidak. Sikap ayahku yang kasar adalah penyebabnya. Aku diperlakukan seperti anak kecil.

Doktor:   Apakah Anda benar-benar ingin keluar dari masalah ini?

Ahmad: Ya, aku ingin menemukan jalan keluarnya. Tidak ada seorang pun yang senang hidup dalam suasana konflik dan penderitaan.

Doktor:  Saya ingin Anda mengikuti perintah saya.

Ahmad: Ya, Dok.

Doktor: Saya ingin Anda membayangkan di depan Anda ada cermin besar dan Anda dapat melihat diri Anda dengan jelas.

Ahmad: Aku sudah membayangkan dan aku lihat diriku.

Doktor: Lihat diri Anda di sana saat berinteraksi dengan ayah dan kakak Anda.

Ahmad: Di cermin itu aku lihat Ahmad sangat menderita karena perlakuan ayahnya yang kasar.

Doktor: Sekarang bayangkan ayah Anda yang ada di cermin itu. Bersikaplah seperti Anda berada di posisinya. Anda memosisikan diri sebagai ayah, dan lihatlah sikap Anda.

Ahmad: Aku lihat diriku adalah orang tua yang sedih melihat apa yang dialami Ahmad. Aku lihat diriku telah melakukan berbagai cara untuk membantu Ahmad, namun ia tetap merokok dan bertengkar dengan kakaknya. Ia juga sering pergi dari rumah dan pulang dini hari. Aku lihat diriku sangat sedih, tidak tahu apa yang harus aku perbuat terhadap anakku agar ia bisa hidup dengan baik dan sukses. (Ahmad berhenti bicara dan menangis).

Doktor: Mengapa Anda menangis?

Ahmad: Aku tidak pernah membayangkan penderitaan ayahku karena ulahku. Mulai saat ini, aku akan mengubah semua perilakuku. Aku akan belajar giat, aku tidak akan merokok lagi, dan aku akan menata hidupku dengan baik untuk kebahagiaan diriku dan juga orang tuaku.

 1. Teks tersebut membahas tentang …

A.Masalah doktor dengan Ahmad

B. Masalah doktor dengan ayah Ahmad.

C. Masalah kakak Ahmad dengan doctor.

D.Masalah kakak Ahmad dengan ayah Ahmad.

E.  Masalah Ahmad dengan keluarga.

Jawaban: E


2. Orang yang mengalami permasalahan dan perlu penyelesaian pada teks tersebut adalah …

A.Ayah

B. Ahmad

C. Kakak

D.Ahmad dan kakaknya

E.  Doktor.

Jawaban: B


3. Berikut ini adalah hal-hal yang dilakukan oleh Ahmad pada teks tersebut, kecuali ….

A.Kecanduan narkotika

B. Bertengkar dengan kakaknya

C. Merokok sepanjang hari

D.Malas belajar

E.  Sering keluar dan pulang dini hari.



Jawaban: A


4. Orang yang paling bersalah menurut Ahmad sehingga membuat dia frustasi adalah ….

A.Saudara-saudaranya

B. Ibunya

C. Teman-temannya.

D.Ayahnya.

E.  Dirinya sendiri.

Jawaban D


5. Penyebab permasalahan yang dialami Ahmad adalah ….

A.Melihat masalah sesuai dengan persepsi diri sendiri.

B. Perasaan tidak dicintai oleh orangtuanya.

C. Perasaan dan pikiran yang halus

D.Perasaan minder

E.  Merasa beda dengan teman-temannya.

Jawaban A

Friday, 28 April 2023

Lebaran Setelah Idul Fitri

Setelah  Idul Fitri, masyarakat Jawa biasanya digelar sebuah tradisi. Tradisi tersebut adalah lebaran ketupat. Tradisi ini biasanya digelar satu minggu setelah Idul Fitri atau 1 Syawal.

 

Dari beberapa wilayah, tradisi ini disebut sebagai kegiatan syawalan. Bagi warga masyarakat Klaten pada umumnya menyebut tradisi ini dengan nama bakdo ketupat atau kenduri ketupat.

 

Konon tradisi ini merupakan peninggalan dari  Sunan Kalijaga. Beliau adalah salah satu Wali Songo yang  dipercaya sebagai tokoh yang pertama kali memperkenalkan ketupat.




Kala itu, Sunan Kalijaga memperkenalkan istilah ba'da atau bakda Lebaran dan Bakda Kupat yang artinya sesudah Lebaran atau sesudah Kupat. Tradisi kupatan muncul pada era tersebut. Sejarah lebaran ketupat ini muncul dengan memanfaatkan tradisi slametan yang sudah berkembang di masyarakat.

 

Selanjutnya, tradisi ini dijadikan sebagai sarana untuk mengenalkan ajaran Islam. Masyarakat diajarkan tentang cara bersyukur kepada Allah SWT, bersedekah, dan bersilaturahmi.

 

Sementara itu, kata 'ketupat' yang biasanya juga disebut 'kupat' berasal dari bahasa Jawa 'ngaku lepat'. Frasa tersebut berarti 'mengakui kesalahan'.  Dengan demikian, kehadiran ketupat merupakan simbol bagi umat Muslim agar saling mengakui kesalahan dan memaafkan saat melaksanakan tradisi tersebut.

 


Janur

Selain itu, filosofi lain pada lebaran ketupat juga terdapat pada bungkus ketupat yang menggunakan janur. Bagi masyarakat Jawa, janur kuning melambangkan penolak bala.

 

Adapun bentuk ketupat yang menyerupai segi empat mencerminkan prinsip 'kiblat papat lima pancer'. Artinya, ke mana pun manusia menuju, pasti selalu kembali kepada Allah.

 

Selain itu, bungkus ketupat yang berupa anyaman rumit disimbolkan sebagai berbagai macam kesalahan manusia. Bukan itu saja, ketupat yang berwarna putih saat dibelah dua mencerminkan kebersihan dan kesucian setelah memohon ampun atas semua kesalahan.

 

Sementara itu, ketupat umumnya diisi dengan beras yang dilambangkan sebagai kemakmuran di hari raya. Beberapa masyarakat juga menggunakan ketupat sebagai penolak bala dengan menggantungnya di pintu masuk rumah.

 

Biasanya, ketupat akan digantung bersama makanan lain, salah satunya pisang. Makanan tersebut dibiarkan menggantung dalam waktu lama sampai mengering.

 

Filosofi lain pada hidangan tradisi ini ada pada sayur pelengkapnya, yakni opor ayam dan sambal goreng. Makanan yang dibuat dengan menggunakan santan tersebut disimbolkan sebagai 'pangapunten' atau memohon maaf.

 





Banyaknya filosofi yang terdapat pada komponen-komponen dalam lebaran ketupat atau syawalan membuat masyarakat masih terus melestarikan tradisi ini. Oleh sebab itu, tradisi ini masih terus ada dan tidak tenggelam oleh modernisasi.

soal pilihan ganda menentukan ide pokok


 

Berikut adalah soal pilihan ganda menentukan ide pokok. 

Bacalah teks berikut ini secara cermat!

        Penyu adalah salah satu jenis hewan air. Penyu dapat ditemukan di semua samudra di dunia.

Menurut para ilmuan, penyu sudah ada sejak 145–208 juta tahun yang lalu. Penyu memiliki

sepasang tungkai depan berupa kaki pendayung agar dapat berenang di dalam air. Penyu

berwarna kuning kehijauan atau cokelat kehitaman. Cangkangnya bulat bagai telur jika dilihat

dari atas. Kepala penyu relatif kecil dan tumpul. Ukuran panjang badannya antara 80–150 cm

dengan berat mencapai 132 kg. Meskipun seumur hidupnya berada di dalam air, sesekali hewan

kelompok vertebrata kelas reptilia ini tetap harus sesekali naik ke permukaan air untuk

mengambil napas.

        Penyu termasuk salah satu binatang yang dilindungi oleh pemerintah. Namun, perburuan liar

terhadap penyu masih terus terjadi. Kondisi tersebut tentu saja dapat mengancam populasi

berbagai jenis penyu, termasuk penyu hijau (Chelonia Mydas) yang banyak hidup di Indonesia,

khususnya di NTB. Jika perburuan dan pembantaian terhadap penyu terus terjadi, ekosistem

laut dapat terganggu karena penyu termasuk rantai puncak makanan di padang lamun. Selain itu,

perburuan dan pembantaian terhadap penyu juga dapat mengakibatkan kepunahan penyu.

            Untuk mencegah ancaman kepunahan penyu, berbagai upaya terus dilakukan pemerintah.

Hal ini antara lain dilakukan dengan cara menyosialisasikan pentingnya menjaga satwa tersebut.

Upaya tersebut dapat direalisasikan dengan menghentikan penangkapan penyu secara ilegal dan

mencegah perburuan telur penyu. Selain itu, dilakukan pula penangkaran atau konservasi penyu.

Selanjutnya, hasil penangkaran tersebut dilepaskan kembali ke habitatnya. Dengan cara tersebut,

kekhawatiran terhadap punahnya penyu dapat dihindari.

            Upaya melestarikan penyu tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, tetapi juga oleh pihak

swasta. Hal ini dilakukan oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT). Mereka berhasil

menggandeng masyarakat setempat untuk bersama-sama melakukan konservasi penyu. Selain

melakukan penangkaran, mereka juga membentuk kelompok peduli penyu yang diberi nama

Kerabat Penyu Lombok. Organisasi ini menjadi sentra konservasi penyu yang dilakukan di luar

kawasan konservasi. Adanya kegiatan konservasi ini terbukti memberikan dampak positif. Salah

satunya, telur penyu sudah mulai jarang beredar di pasar. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan

Kerabat Penyu Lombok mampu mengedukasi masyarakat untuk terus memperhatikan penyu.



Ide pokok paragraf ketiga teks tersebut adalah . . . .

A. terjadinya gangguan terhadap ekosistem laut

B. bahaya perburuan dan pembantaian penyu

C. upaya konservasi penyu

D. terganggunya ekosistem laut

E. kepunahan terhadap penyu.


Jawaban yang benar: C


pembahasan:

Ide pokok adalah masalah utama yang dibahas dalam sebuah paragraf. Paragraf ketiga dalam

teks tersebut membahas tentang upaya-upaya konservasi penyu yang telah dilakukan. Dengan

demikian, ide pokok paragraf ketiga teks tersebut adalah upaya konservasi penyu.