Monday, 10 July 2023

Pengertian dari Kohesi dan Koherensi


Gambar orang bertanya

Kohesi dan koherensi adalah dua unsur yang menyebabkan sekelompok kalimat membentuk kesatuan makna. 

Kohesi merujuk pada keterkaitan antarkalimat yang secara eksplisit diungkapkan oleh kalimat-kalimat yang digunakan. Berikut ini contoh hubungan antarkalimat secara kohesi: 

Paijo: Kapan datang, Jo?

Bejo: Saya datang tadi malam, Jo.


Kalimat tersebut di atas dijelaskan bahwa Paijo bertanya pada Bejo. Paijo bertanya pada Bejo mengenai kedatangannya. Kemudian Bejo menjawab pertanyaan Paijo bahwa dia datang tadi malam. Ini menunjukkaan adanya hubungan makna antarkalimat secara kohesi. Karena antarkalimat dihubungkan secara eksplisit.


Koherensi adalah adanya hubungan makna antarkalimat secara implisit. Berikut ini contohnya:

Paijo: Wah, saya lapar sekali.

Bejo: Tuh, di sana ada warung.

Apabila kita cermati dialog tersebut Paijo berkata pada Bejo bahwa dia sedang lapar. Kemudian Bejo menjawab bahwa ada warung di dekatnya. Pernyataan tersebut dapat kita simpulkan bahwa ada hubungan makna secara implisit antara lapar dengan warung.

Sunday, 18 June 2023

Perangkat Ajar bahasa Indonesia kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Perangkat Ajar Bahasa Indonesia kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka ini merupakan berbagai bahan ajar Informatika yang dapat digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai profil pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.


Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka dapat meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, PPT, serta bentuk lainnya. 


Melalui perangkat ajar, guru diharapkan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang semakin bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan dan kebutuhan peserta didik.


Berikut ini adalah perangkat pembelajaran tersebut. Langsung saja silakan disedot sampai puaaasss!

Perangkat Pembelajaran 

Kurikulum Merdeka  SMA Kompeten Berbahasa Indonesia Kelas 11



ATP


PPT


KUNCI JAWABAN


MODUL AJAR

Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka SMA Kompeten Berbahasa Indonesia Kelas 10

Perangkat Ajar Bahasa Indonesia kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka ini merupakan berbagai bahan ajar Informatika yang dapat digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai profil pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.


Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka dapat meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, PPT, serta bentuk lainnya. 


Melalui perangkat ajar, guru diharapkan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang semakin bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan dan kebutuhan peserta didik.


Berikut ini adalah perangkat pembelajaran tersebut. Langsung saja silakan disedot sampai puaaasss!

Perangkat Pembelajaran 

Kurikulum Merdeka  SMA Kompeten Berbahasa Indonesia Kelas 10



ATP


PPT


KUNCI JAWABAN


MODUL AJAR

Wednesday, 3 May 2023

Soal pilihan ganda tentang teks negosiasi

 Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

Ahmad adalah pemuda berusia dua puluh tahun. la selalu mengeluh tentang orang tuanya yang memperlakukannya seperti anak kecil. Ahmad merasa tidak diberi kebebasan untuk melakukan apa yang ia suka. Akibat sering ditegur, Ahmad merasa kesal dan frustasi sehingga nilai belajarnya pun buruk. Atas permintaan orang tuanya, Dr. Ibrahim datang untuk menemui Ahmad.

Doktor  :   Apa masalah Anda sebenarnya?

Ahmad : Masalahku adalah orang tuaku. Mereka melarangku pergi bersama teman, tidak memberiku uang, bahkan aku tidak dibelikan mobil seperti kakakku.

Doktor  : Bagaimana hasil belajar Anda?

Ahmad : Sangat buruk. Aku tidak suka belajar.

Doktor : Apakah Anda merokok?

Ahmad : Ya, aku merokok cukup banyak setiap hari.

Doktor : Bagaimana hubungan Anda dengan keluarga?

Ahmad : Aku selalu bertengkar dengan ayah dan kakakku. Oleh karena itu, aku sering keluar dari rumah dan baru pulang dini hari. Ayahku selalu menghukumku tanpa mencari tahu penyebabnya.

Doktor :  Apakah Anda bahagia dengan kondisi seperti ini?

Ahmad: Tentu tidak. Sikap ayahku yang kasar adalah penyebabnya. Aku diperlakukan seperti anak kecil.

Doktor:   Apakah Anda benar-benar ingin keluar dari masalah ini?

Ahmad: Ya, aku ingin menemukan jalan keluarnya. Tidak ada seorang pun yang senang hidup dalam suasana konflik dan penderitaan.

Doktor:  Saya ingin Anda mengikuti perintah saya.

Ahmad: Ya, Dok.

Doktor: Saya ingin Anda membayangkan di depan Anda ada cermin besar dan Anda dapat melihat diri Anda dengan jelas.

Ahmad: Aku sudah membayangkan dan aku lihat diriku.

Doktor: Lihat diri Anda di sana saat berinteraksi dengan ayah dan kakak Anda.

Ahmad: Di cermin itu aku lihat Ahmad sangat menderita karena perlakuan ayahnya yang kasar.

Doktor: Sekarang bayangkan ayah Anda yang ada di cermin itu. Bersikaplah seperti Anda berada di posisinya. Anda memosisikan diri sebagai ayah, dan lihatlah sikap Anda.

Ahmad: Aku lihat diriku adalah orang tua yang sedih melihat apa yang dialami Ahmad. Aku lihat diriku telah melakukan berbagai cara untuk membantu Ahmad, namun ia tetap merokok dan bertengkar dengan kakaknya. Ia juga sering pergi dari rumah dan pulang dini hari. Aku lihat diriku sangat sedih, tidak tahu apa yang harus aku perbuat terhadap anakku agar ia bisa hidup dengan baik dan sukses. (Ahmad berhenti bicara dan menangis).

Doktor: Mengapa Anda menangis?

Ahmad: Aku tidak pernah membayangkan penderitaan ayahku karena ulahku. Mulai saat ini, aku akan mengubah semua perilakuku. Aku akan belajar giat, aku tidak akan merokok lagi, dan aku akan menata hidupku dengan baik untuk kebahagiaan diriku dan juga orang tuaku.

 1. Teks tersebut membahas tentang …

A.Masalah doktor dengan Ahmad

B. Masalah doktor dengan ayah Ahmad.

C. Masalah kakak Ahmad dengan doctor.

D.Masalah kakak Ahmad dengan ayah Ahmad.

E.  Masalah Ahmad dengan keluarga.

Jawaban: E


2. Orang yang mengalami permasalahan dan perlu penyelesaian pada teks tersebut adalah …

A.Ayah

B. Ahmad

C. Kakak

D.Ahmad dan kakaknya

E.  Doktor.

Jawaban: B


3. Berikut ini adalah hal-hal yang dilakukan oleh Ahmad pada teks tersebut, kecuali ….

A.Kecanduan narkotika

B. Bertengkar dengan kakaknya

C. Merokok sepanjang hari

D.Malas belajar

E.  Sering keluar dan pulang dini hari.



Jawaban: A


4. Orang yang paling bersalah menurut Ahmad sehingga membuat dia frustasi adalah ….

A.Saudara-saudaranya

B. Ibunya

C. Teman-temannya.

D.Ayahnya.

E.  Dirinya sendiri.

Jawaban D


5. Penyebab permasalahan yang dialami Ahmad adalah ….

A.Melihat masalah sesuai dengan persepsi diri sendiri.

B. Perasaan tidak dicintai oleh orangtuanya.

C. Perasaan dan pikiran yang halus

D.Perasaan minder

E.  Merasa beda dengan teman-temannya.

Jawaban A