Tuesday, 11 July 2023

Menganalisis konfik batin pada suatu cerpen

Pada kesempatan kali ini kumpulan soal bahasa  akan membahas cara menganalisis konfik batin pada suatu cerpen. Mari kita cermati contoh soalnya.



Bacalah kutipan cerpen berikut ini dengan cermat!


Deg. Hati mereka seperti menabrak sesuatu yang tidak terlihat. Semuanya menarik napas panjang, melihat ke langit malam, mata mereka sedikit terpejam. Pertanyaan-pertanyaan seperti datang menghujam turun dari langit malam.


"Kalau kita melihat ke dalam diri sendiri, kita sudah jadi manusia yang seperti itu belum sih?"

"Apakah kita sudah menjadi manusia yang bisa memberi manfaat bagi orang lain?"

"Bukan manusia yang selalu mementingkan diri sendiri, manusia yang terlalu mencintai diri sendiri."


Suara sesenggukan dan napas satu-satu menahan sesak di dada mereka, mengisi pendengaran di jalur pendakian Mahameru. Angin yang dingin semakin menusuk seluruh persendian, embusannya seperti menampar mereka satu-satu.


"Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bisa memberi manfaat bagi orang lain."


Beberapa tetes air mata tampak membasahi permukaan pasir Arcopodo (Donny Dhirgantoro, 5 cm:323)


Konflik batin yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ....

A. Mereka bertanya dan menginstrospeksi diri, apakah mereka telah memberikan manfaat bagi orang lain, apakah mereka masih mementingkan diri sendiri.


B. Mereka bertanya pada diri sendiri dan menginstrospeksi diri apakah mereka masing-masing telah berbuat baik bagi diri sendiri dan orang lain.


C. Pertanyaan mereka adalah apakah mereka menjadi orang yang mampu diharapkan oleh orang tua dan negara.


D. Mereka bertanya pada diri sendiri apakah mereka tidak lagi menjadi orang yang egois dan individualistis.


E. Pertanyaan mereka adalah apakah mereka sudah menjadi harapan bangsa dan semua orang yang membesarkannya.


Kunci jawaban: B


Konflik batin adalah konflik yang terjadi dalam hati dan pikiran, dalam jiwa seorang tokoh (atau tokoh-tokoh) cerita. 


Konflik batin merupakan konflik yang dialami manusia dengan dirinya sendiri”. 

Konflik batin merupakan masalah intern tokoh cerita. 

Berikut ini proses terjadinya konflik batin pada cerita. 

Tokoh utama berinteraksi dengan tokoh lain. Tokoh utama kemudian mengalami perasaan tertentu setelah berinteraksi dengan tokoh lain. Perasaan itu hanya dirasakan sendiri oleh tokoh utama. Konflik batin tidak sampai mengakibatkan konflik fisik.


Dalam cerita tersebut dikisahkan tokoh utama berinteraksi dengan tokoh "Mereka" Setelah itu, tokoh utama merasakan konflik kejiwaan dalam dirinya sendiri. Tokoh utama bertanya-tanya dalam hati mengenai tokoh "Mereka". Jawaban A salah. Kesalahannya ada pada kata apakah mereka masih mementingkan diri sendiri. Jawaban C salah. Kesalahannya ada pada kata apakah mereka telah mampu diharapkan oleh orang tua dan negara. Jawaban D terkesan janggal. Karena tokoh utama tidak mungkin bisa mengetahui pertanyaan dalam diri tokoh lain.


Monday, 10 July 2023

Pengertian dari Kohesi dan Koherensi


Gambar orang bertanya

Kohesi dan koherensi adalah dua unsur yang menyebabkan sekelompok kalimat membentuk kesatuan makna. 

Kohesi merujuk pada keterkaitan antarkalimat yang secara eksplisit diungkapkan oleh kalimat-kalimat yang digunakan. Berikut ini contoh hubungan antarkalimat secara kohesi: 

Paijo: Kapan datang, Jo?

Bejo: Saya datang tadi malam, Jo.


Kalimat tersebut di atas dijelaskan bahwa Paijo bertanya pada Bejo. Paijo bertanya pada Bejo mengenai kedatangannya. Kemudian Bejo menjawab pertanyaan Paijo bahwa dia datang tadi malam. Ini menunjukkaan adanya hubungan makna antarkalimat secara kohesi. Karena antarkalimat dihubungkan secara eksplisit.


Koherensi adalah adanya hubungan makna antarkalimat secara implisit. Berikut ini contohnya:

Paijo: Wah, saya lapar sekali.

Bejo: Tuh, di sana ada warung.

Apabila kita cermati dialog tersebut Paijo berkata pada Bejo bahwa dia sedang lapar. Kemudian Bejo menjawab bahwa ada warung di dekatnya. Pernyataan tersebut dapat kita simpulkan bahwa ada hubungan makna secara implisit antara lapar dengan warung.

Sunday, 18 June 2023

Perangkat Ajar bahasa Indonesia kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka

Perangkat Ajar Bahasa Indonesia kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka ini merupakan berbagai bahan ajar Informatika yang dapat digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai profil pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.


Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka dapat meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, PPT, serta bentuk lainnya. 


Melalui perangkat ajar, guru diharapkan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang semakin bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan dan kebutuhan peserta didik.


Berikut ini adalah perangkat pembelajaran tersebut. Langsung saja silakan disedot sampai puaaasss!

Perangkat Pembelajaran 

Kurikulum Merdeka  SMA Kompeten Berbahasa Indonesia Kelas 11



ATP


PPT


KUNCI JAWABAN


MODUL AJAR

Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka SMA Kompeten Berbahasa Indonesia Kelas 10

Perangkat Ajar Bahasa Indonesia kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka ini merupakan berbagai bahan ajar Informatika yang dapat digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai profil pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.


Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka dapat meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, PPT, serta bentuk lainnya. 


Melalui perangkat ajar, guru diharapkan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang semakin bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan dan kebutuhan peserta didik.


Berikut ini adalah perangkat pembelajaran tersebut. Langsung saja silakan disedot sampai puaaasss!

Perangkat Pembelajaran 

Kurikulum Merdeka  SMA Kompeten Berbahasa Indonesia Kelas 10



ATP


PPT


KUNCI JAWABAN


MODUL AJAR