Sunday, 6 August 2023

berikut adalah 30 kumpulan soal pilihan ganda mengenai tonggeret beserta pilihan jawaban

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!



Tonggeret


Tonggeret (Cicadidae) merupakan serangga yang memiliki suara paling nyaring. Terdapat lebih dari 2.000 jenis tonggeret yang hidup di dunia. Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang berbeda.


Tonggeret mampu menghasilkan suara nyaring lantaran memiliki tymbal yang terdapat dalam perut. Organ itu berupa membran yang dilengkapi dengan otot-otot penggerak. Ketika otot-otot itu digerakkan, membran akan bergetar. Getaran itulah yang menghasilkan suara. Suara itu dapat semakin keras karena perut tonggeret memiliki rongga udara yang berfungsi seperti amplifier. Rongga itu memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.


Hanya tonggeret jantan yang bersuara nyaring. Mereka mengeluarkan suara begitu keras untuk menarik perhatian tonggeret betina. Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang unik. Tonggeret tidak dapat kawin dengan jenis yang berbeda. Selain untuk menarik perhatian betina, suara nyaring tersebut pun berguna untuk melindungi mereka dari serangan burung yang akan memangsanya.


Tonggeret dewasa hidup di pepohonan hanya selama 2 - 4 pekan. Beberapa hari setelah kawin, mereka akan mati. Beberapa spesies, bahkan cuma bertahan 3-4 hari. Saat bertelur, tonggeret betina menempelkan telur-telurnya di cabang atau batang pohon dan rerumputan. Namun setelah menetas, nimfa yang dihasilkan jatuh ke tanah. Mereka lalu menggali lubang sedalam 30-50 cm dan hidup dalam tanah selama 2-3 tahun. Namun, ada juga jenis tonggeret di Amerika Serikat yang dapat hidup di dalam tanah hingga 17 tahun. Tonggeret menyukai temperatur hangat, 24-30°C untuk tumbuh optimal. Pada kondisi itu, nimfa akan keluar dari tanah dan tumbuh menjadi dewasa.


Tonggeret termasuk jenis hewan herbivora. Tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang pohon menggunakan mulutnya yang seperti jarum. Saat masih berbentuk nimfa, tonggeret menghisap cairan dari akar pohon untuk bertahan hidup.


Petani kerap memanfaatkan suara keras tonggeret sebagai pertanda kemarau akan datang. Bunyi tonggeret ramai terdengar di penghujung musim hujan alias saat cuaca mulai panas. Saat tonggeret banyak bersuara, petani akan bersiap untuk bertanam palawija, seperti: jagung dan kacang, karena musim kemarau akan segera datang. Sayangnya, perubahan iklim menyebabkan suara tonggeret tidak lagi teratur sehingga tidak dapat lagi digunakan sebagai tanda musim kemarau akan datang. Meskipun begitu, tonggeret masih memiliki manfaat lain, yakni dijadikan santapan dengan cara digoreng atau dibakar.


Berdasarkan teks laporan hasil observasi tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!


berikut adalah 30 kumpulan soal pilihan ganda mengenai tonggeret beserta pilihan jawaban, dan pembahasannya:


Soal 1: Apa yang membuat tonggeret mampu menghasilkan suara nyaring?

A. Telinga khusus yang peka terhadap getaran.

B. Sayap yang bergetar dengan cepat.

C. Organ tymbal dalam perut.

D. Mulut yang besar dan kuat.

E. Kaki yang panjang dan fleksibel.


Jawaban: C

Pembahasan: Tonggeret menghasilkan suara nyaring melalui organ khusus yang disebut tymbal, yang terdapat dalam perut. Organ ini memiliki membran dan otot-otot penggerak yang saat digerakkan akan menghasilkan getaran, yang akhirnya menghasilkan suara nyaring.


Soal 2: Apa tujuan suara nyaring yang dihasilkan oleh tonggeret jantan?

A. Untuk mengusir predator.

B. Untuk menyuarakan rasa lapar.

C. Untuk menarik perhatian betina.

D. Untuk berkomunikasi dengan tonggeret lain.

E. Untuk memberi tahu tentang cuaca.


Jawaban: C

Pembahasan: Suara nyaring yang dihasilkan oleh tonggeret jantan bertujuan untuk menarik perhatian tonggeret betina selama musim kawin. Suara ini adalah cara komunikasi antara jantan dan betina.


Soal 3: Apa yang membedakan suara tonggeret jantan dan betina?

A. Intensitas suara.

B. Warna tubuh.

C. Ukuran tubuh.

D. Bentuk sayap.

E. Tanda di kepala.


Jawaban: A

Pembahasan:Suara tonggeret jantan lebih nyaring dibandingkan dengan betina. Hal ini terkait dengan tujuan mereka dalam menarik perhatian betina selama musim kawin.


Soal 4: Mengapa suara tonggeret bermanfaat untuk petani?

A. Suara mereka dapat mengusir hama tanaman.

B. Suara mereka memberi tahu tentang datangnya gempa bumi.

C. Suara mereka menjadi tanda musim kemarau.

D. Suara mereka membantu dalam pertanian organik.

E. Suara mereka mempengaruhi pola hujan.


Jawaban: C

Pembahasan:Suara tonggeret telah digunakan oleh petani sebagai pertanda musim kemarau akan datang. Namun, perubahan iklim telah membuat suara ini kurang dapat diandalkan sebagai petunjuk cuaca.


Soal 5: Apa yang menjadi pakan utama tonggeret dewasa?

A. Serangga kecil.

B. Bunga dan nektar.

C. Daun dan batang tanaman.

D. Akar tanaman.

E. Buah-buahan.


Jawaban: C

Pembahasan: Tonggeret dewasa adalah hewan herbivora yang mengisap sari makanan dari batang tanaman menggunakan mulut seperti jarum.


Soal 6: Berapa jumlah jenis tonggeret yang hidup di dunia?

A. Lebih dari 1.000 jenis.

B. Sekitar 500 jenis.

C. Lebih dari 5.000 jenis.

D. Sekitar 2.000 jenis.

E. Kurang dari 100 jenis.


Jawaban: D

Pembahasan:Terdapat lebih dari 2.000 jenis tonggeret yang hidup di dunia.


Soal 7: Apa yang dimaksud dengan tymbal pada tonggeret?

A. Sayap lipat yang melindungi tubuh.

B. Struktur khusus di kepala.

C. Organ penghasil kelenjar beracun.

D. Organ penghasil suara nyaring.

E. Ekor panjang untuk berayun.


Jawaban: D

Pembahasan: Tymbal adalah organ dalam perut tonggeret yang menghasilkan suara nyaring ketika otot-otot penggeraknya bergetar.


Soal 8: Mengapa hanya tonggeret jantan yang bersuara nyaring?

A. Suara mereka digunakan untuk melindungi diri.

B. Suara mereka membantu dalam berburu.

C. Suara mereka menarik perhatian burung.

D. Suara mereka untuk menarik perhatian betina.

E. Suara mereka adalah bentuk komunikasi sosial.


Jawaban: D

Pembahasan:Tonggeret jantan mengeluarkan suara nyaring untuk menarik perhatian betina selama musim kawin.


Soal 9: Apa fungsi rongga udara dalam perut tonggeret?

A. Tempat menyimpan makanan.

B. Tempat bersembunyi dari predator.

C. Tempat untuk menghasilkan suara.

D. Tempat bertelur.

E. Tempat mengatur suhu tubuh.


Jawaban: C

Pembahasan: Rongga udara dalam perut tonggeret berfungsi sebagai amplifier yang memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.


Soal 10: Mengapa beberapa jenis tonggeret mampu hidup di dalam tanah selama beberapa tahun?

A. Mereka mencari makan di dalam tanah.

B. Mereka bersifat herbivora.

C. Mereka memiliki organ khusus untuk menggali.

D. Mereka sedang menghindari cuaca buruk.

E. Proses pertumbuhan mereka lambat.


Jawaban: E

Pembahasan: Beberapa jenis tonggeret memiliki fase nimfa yang hidup di dalam tanah selama beberapa tahun sebelum muncul sebagai dewasa.


Soal 11: Apa yang menjadi tujuan utama suara nyaring yang dihasilkan oleh tonggeret jantan?

A. Berkomunikasi dengan tonggeret betina.

B. Menarik perhatian predator.

C. Mengusir serangga lain dari wilayahnya.

D. Mengumumkan waktu makan.

E. Memanggil burung pemangsa.


Jawaban: A

Pembahasan:Suara nyaring yang dihasilkan oleh tonggeret jantan bertujuan untuk berkomunikasi dengan tonggeret betina selama musim kawin.


Soal 12: Mengapa suara tonggeret digunakan sebagai petanda musim kemarau oleh petani?

A. Suara tersebut digunakan untuk mengusir hama tanaman.

B. Suara tersebut menjadi tanda cuaca panas.

C. Suara tersebut memberi petunjuk tentang gempa bumi.

D. Suara tersebut menandakan waktu berburu.

E. Suara tersebut menandakan waktu beristirahat.


Jawaban: B

Pembahasan:Suara tonggeret telah digunakan oleh petani sebagai pertanda musim kemarau akan datang karena suara ini sering terdengar di penghujung musim hujan alias saat cuaca mulai panas.


Soal 13: Apa peran tymbal dalam menghasilkan suara pada tonggeret?

A. Mengeluarkan kelenjar beracun.

B. Mengatur suhu tubuh.

C. Menghasilkan getaran pada sayap.

D. Menghasilkan getaran pada perut.

E. Menghasilkan bau yang menarik.


Jawaban: D

Pembahasan: Tymbal adalah organ dalam perut tonggeret yang menghasilkan suara nyaring melalui getaran yang dihasilkan oleh otot-otot penggerak.


Soal 14: Mengapa suara tonggeret tidak lagi dapat diandalkan sebagai tanda musim kemarau?

A. Burung sering meniru suara tonggeret.

B. Tonggeret tidak lagi memiliki tymbal.

C. Suara tonggeret terlalu lemah.

D. Suara tonggeret telah berubah akibat perubahan iklim.

E. Suara tonggeret hanya terdengar saat hujan.


Jawaban: D

Pembahasan: Perubahan iklim telah mempengaruhi pola suara tonggeret sehingga suara ini kurang dapat diandalkan sebagai petunjuk cuaca.


Soal 15: Apa yang menjadi pakan utama bagi tonggeret dewasa?

A. Serangga kecil.

B. Nektar bunga.

C. Daun dan batang tanaman.

D. Buah-buahan.

E. Akar tanaman.


Jawaban: C

Pembahasan: Tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang tanaman menggunakan mulut seperti jarum.


Soal 16: Berapa lama tonggeret dewasa umumnya hidup di pepohonan?

A. 1-2 minggu.

B. 3-4 minggu.

C. 2-3 bulan.

D. 6-7 bulan.

E. 1 tahun.


Jawaban: B

Pembahasan:Tonggeret dewasa umumnya hidup di pepohonan selama 2-4 minggu.


Soal 17: Mengapa hanya tonggeret jantan yang bersuara nyaring?

A. Mereka ingin mengusir predator.

B. Mereka sedang mencari makanan.

C. Suara mereka digunakan untuk komunikasi antarjantan.

D. Suara mereka bertujuan menarik perhatian burung pemangsa.

E. Suara mereka digunakan untuk menarik perhatian betina.


Jawaban: E

Pembahasan:Tonggeret jantan menghasilkan suara nyaring untuk menarik perhatian tonggeret betina selama musim kawin.


Soal 18: Apa yang membedakan suara dari setiap jenis tonggeret?

A. Warna tubuh.

B. Ukuran tubuh.

C. Bentuk sayap.

D. Suara yang unik.

E. Pola bintik di tubuh.


Jawaban: D

Pembahasan: Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang unik.


Soal 19: Apa tujuan dari rongga udara dalam perut tonggeret?

A. Menyimpan makanan.

B. Memperkuat sayap.

C. Menghasilkan suara.

D. Tempat bersembunyi.

E. Mengatur suhu tubuh.


Jawaban: C

Pembahasan: Rongga udara dalam perut tonggeret berfungsi sebagai amplifier yang memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.


Soal 20: Apa yang menjadi makanan utama bagi tonggeret saat masih dalam bentuk nimfa?

A. Serangga kecil.

B. Nektar bunga.

C. Daun dan batang tanaman.

D. Buah-buahan.

E. Akar tanaman.


Jawaban: E

Pembahasan:Saat masih dalam bentuk nimfa, tonggeret mengandalkan cairan dari akar pohon untuk bertahan hidup.


Soal 21: Apa yang menjadikan suara tonggeret penting bagi petani?

A. Suara tonggeret dapat membunuh hama tanaman.

B. Suara tonggeret membantu mengusir burung.

C. Suara tonggeret adalah pertanda datangnya musim kawin.

D. Suara tonggeret dapat memprediksi cuaca hujan.

E. Suara tonggeret dapat membantu petani dalam menentukan waktu tanam.


Jawaban: E

Pembahasan: Suara tonggeret telah digunakan oleh petani sebagai pertanda waktu yang tepat untuk menanam palawija, seperti jagung dan kacang.


Soal 22: Apa yang membedakan suara tonggeret jantan dan betina?

A. Intensitas suara.

B. Warna tubuh.

C. Ukuran tubuh.

D. Bentuk sayap.

E. Pola bintik di tubuh.


Jawaban: A

Pembahasan: Suara tonggeret jantan lebih nyaring dibandingkan dengan betina. Hal ini terkait dengan tujuan mereka dalam menarik perhatian betina selama musim kawin.


Soal 23: Apa yang dimaksud dengan organ tymbal pada tonggeret?

A. Organ penghasil cairan beracun.

B. Struktur di kepala untuk berburu.

C. Organ untuk mendengar suara.

D. Organ penghasil suara nyaring.

E. Struktur di tubuh untuk berkomunikasi.


Jawaban: D

Pembahasan: Organ tymbal adalah organ dalam perut tonggeret yang menghasilkan suara nyaring melalui getaran yang dihasilkan oleh otot-otot penggerak.


Soal 24: Mengapa suara tonggeret tidak lagi efektif sebagai petanda musim kemarau?

A. Suara mereka telah berubah menjadi lebih lemah.

B. Burung sering meniru suara tonggeret.

C. Perubahan iklim mempengaruhi pola suara mereka.

D. Suara mereka hanya terdengar saat hujan.

E. Suara mereka tidak terdengar oleh petani.


Jawaban: C

Pembahasan: Perubahan iklim telah mempengaruhi pola suara tonggeret sehingga suara ini kurang dapat diandalkan sebagai petunjuk cuaca.


Soal 25: Apa yang menjadi pakan utama bagi tonggeret dewasa?

A. Serangga kecil.

B. Nektar bunga.

C. Daun dan batang tanaman.

D. Buah-buahan.

E. Akar tanaman.


Jawaban: C

Pembahasan: Tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang tanaman menggunakan mulut seperti jarum.


Soal 26: Berapa lama tonggeret dewasa umumnya hidup di pepohonan?

A. 1-2 minggu.

B. 3-4 minggu.

C. 2-3 bulan.

D. 6-7 bulan.

E. 1 tahun.


Jawaban: B

Pembahasan:Tonggeret dewasa umumnya hidup di pepohonan selama 2-4 minggu.


Soal 27: Mengapa hanya tonggeret jantan yang bersuara nyaring?

A. Mereka ingin mengusir predator.

B. Mereka sedang mencari makanan.

C. Suara mereka digunakan untuk komunikasi antarjantan.

D. Suara mereka bertujuan menarik perhatian burung pemangsa.

E. Suara mereka digunakan untuk menarik perhatian betina.


Jawaban: E

Pembahasan: Tonggeret jantan menghasilkan suara nyaring untuk menarik perhatian tonggeret betina selama musim kawin.


Soal 28: Apa yang membedakan suara dari setiap jenis tonggeret?

A. Warna tubuh.

B. Ukuran tubuh.

C. Bentuk sayap.

D. Suara yang unik.

E. Pola bintik di tubuh.


Jawaban: D

Pembahasan: Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang unik.


Soal 29: Apa tujuan dari rongga udara dalam perut tonggeret?

A. Menyimpan makanan.

B. Memperkuat sayap.

C. Menghasilkan suara.

D. Tempat bersembunyi.

E. Mengatur suhu tubuh.


Jawaban: C

Pembahasan: Rongga udara dalam perut tonggeret berfungsi sebagai amplifier yang memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.


Soal 30: Apa yang menjadi makanan utama bagi tonggeret saat masih dalam bentuk nimfa?

A. Serangga kecil.

B. Nektar bunga.

C. Daun dan batang tanaman.

D. Buah-buahan.

E. Akar tanaman.


Jawaban: E

Pembahasan: Saat masih dalam bentuk nimfa, tonggeret mengandalkan cairan dari akar pohon untuk bertahan hidup.


Semoga soal-soal di atas bermanfaat. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin pembahasan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya!

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Novel "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata

 


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Novel "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata


Definisi Umum:

Novel "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata adalah sebuah karya sastra yang mengisahkan tentang perjalanan perjuangan sekelompok anak-anak miskin di desa Gantong, Belitong, untuk meraih pendidikan yang lebih baik. Dalam ceritanya, buku ini membawa pesan inspiratif mengenai tekad, persahabatan, dan semangat dalam menghadapi tantangan kehidupan.


Deskripsi Bagian:


1. Pengenalan Karakter dan Latar Belakang:

   Novel ini dimulai dengan memperkenalkan pembaca pada karakter-karakter utama, termasuk Ikal, Lintang, Mahar, Harun, A Kiong, dan Sahara. Melalui narasi, pembaca diberi gambaran tentang kehidupan mereka di desa Gantong yang sederhana dan kondisi sosial-ekonomi mereka yang minim. Penulis menguraikan lingkungan di sekitar mereka serta kerumitan perasaan dan dinamika hubungan antarkarakter.


2. Perjuangan dalam Pendidikan dan Pertumbuhan Karakter:

   Setiap perbab dalam novel ini menyoroti berbagai rintangan dan tantangan yang dihadapi oleh Laskar Pelangi dalam mengejar pendidikan di SD Muhammadiyah yang terancam ditutup. Bagian-bagian ini menguraikan beragam situasi yang menggambarkan usaha keras mereka untuk tetap bersekolah, termasuk usaha mengumpulkan dana dan mengatasi hambatan dari berbagai pihak. Penulis menggambarkan perubahan dalam karakter mereka seiring dengan pertumbuhan, penemuan identitas diri, serta semangat untuk meraih impian meskipun dalam kondisi yang sulit.


Deskripsi Manfaat:


1. Pentingnya Pendidikan dan Tekad:

   Melalui perjalanan pendidikan para karakter, novel ini menunjukkan bagaimana pendidikan memiliki peran besar dalam mengubah nasib dan memberi harapan baru. Buku ini memberikan pelajaran tentang pentingnya memiliki tekad yang kuat dalam menghadapi tantangan pendidikan dan meraih keberhasilan meskipun dari latar belakang yang sulit.


2. Dampak Guru dan Hubungan Antara Manusia:

   Penekanan diberikan pada hubungan istimewa antara guru, terutama Bu Mus, dengan murid-muridnya. Cerita ini membuktikan bagaimana seorang guru yang peduli dan inspiratif memiliki potensi untuk mengubah arah hidup siswa. Hubungan manusia yang mendalam dan berdampak positif menjadi salah satu nilai utama dalam novel ini.


3. Nilai Persahabatan dan Keberanian:

   Melalui interaksi antaranggota Laskar Pelangi, pembaca diajak untuk mengamati perkembangan hubungan persahabatan yang kuat. Konflik dan dukungan di antara mereka menggambarkan bagaimana nilai-nilai persahabatan dan keberanian dapat mengatasi segala rintangan. Hal ini memberikan pelajaran penting tentang pentingnya memiliki teman sejati dan berani dalam menghadapi masalah.


Kesimpulan:


Dengan mendetailkan setiap perbab dalam novel, kita dapat memahami lebih dalam tentang perjuangan anak-anak Laskar Pelangi dalam mendapatkan pendidikan serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Novel ini memberikan gambaran komprehensif tentang tekad, persahabatan, dan semangat dalam menghadapi tantangan, memberikan pembaca pesan yang menginspirasi dan mengangkat semangat manusia dalam mengatasi kesulitan.

30 soal pilihan ganda yang dibuat berdasarkan teks tentang kunang-kunang beserta dengan pilihan jawaban dan pembahasan:

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!



Kunang-Kunang 


Kunang-kunang merupakan jenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan dari "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah. Terdapat lebih dari 2000 spesies kunang-kunang yang tersebar di daerah tropis di dunia.


Kunang-kunang hidup di tempat-tempat lembab, seperti rawa-rawa, hutan bakau, dan daerah yang dipenuhi pepohonan. Kunang-kunang juga ditemukan pada daerah perkuburan yang tanahnya relatif gembur dan tidak banyak terganggu oleh aktivitas manusia. Kunang-kunang bertelur saat hari gelap. Telur-telurnya yang berjumlah antara 100 hingga 500 butir diletakkan di tanah, ranting, rumput, di tempat berlumut atau di bawah dedaunan.


Pada umumnya, kunang-kunang akan keluar pada malam hari, namun ada juga kunang-kunang yang beraktivitas di siang hari. Mereka yang keluar siang hari ini umumnya ditemukan tidak mengeluarkan cahaya.


Berdasarkan hasil pengamatan, tubuh kunang-kunang betina lebih besar dibandingkan kunang-kunang jantan. Tubuh kunang- kunang terdiri dari tiga bagian: kepala, thorax, dan perut (abdomen). Kunang-kunang memiliki dua pasang sayap. Sepasang sayap penutup yang bertekstur keras melindungi sayap di bawahnya sekaligus melindungi tubuh kunang-kunang. Panjang badannya sekitar 2 Cm. Hampir seluruh bagian tubuh kunang-kunang berwarna gelap dan berwarna titik merah pada bagian penutup kepala. Warna kuning pada bagian penutup sayap, bermata majemuk, dan berkaki enam.


Makanan kunang-kunang adalah cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, serangga, atau cacing. Bahkan kunang-kunang memangsa jenisnya sendiri. Makanan bagi hewan penting untuk pertumbuhan. Dengan makanan pertumbuhan akan maksimal. Asupan yang maksimal dapat memberikan kebugaran bagi makhluk hidup.


Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak berbahaya, malah tidak mengandung ultraviolet dan inframerah. Cahaya ini dipergunakan kunang-kunang untuk memberi peringatan kepada pemangsa bahwa kunang-kunang tidak enak dimakan dan untuk menarik pasangannya. Keahlian mempertontonkan cahaya tidak hanya dimiliki oleh kunang-kunang dewasa, bahkan larva. Kunang-kunang betina sengaja berkelap-kelip untuk mengundang pejantan. Setelah pejantan mendekat, sang betina memangsanya. Kunang-kunang jantan lebih sedikit bercahaya dibandingkan dengan kunang-kunang betina.


Kunang-kunang merupakan penanda kesehatan sebuah ekosistem (bioindikator) sehingga dapat membantu manusia untuk menilai apakah sebuah daerah masih bersih dan alami atau sudah tercemar. Kunang-kunang juga membantu petani dalam proses penyerbukan dan sebagai pembasmi hama alami.


(Diadaptasi dari: Kadariah, 2017)


Soal berikut ini adalah 30 soal pilihan ganda yang dibuat berdasarkan teks tentang kunang-kunang beserta dengan pilihan jawaban dan pembahasan:


Soal 1: Apa yang membuat kunang-kunang bersinar di malam hari?

A. Sinar ultraviolet

B. Sinar inframerah

C. Sinar dingin

D. Sinar matahari

E. Sinar laser


Jawaban: C. Sinar dingin


Pembahasan: Pada teks dijelaskan bahwa kunang-kunang menghasilkan cahaya yang jelas terlihat di malam hari melalui "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah.


---


Soal 2: Di mana kunang-kunang umumnya ditemukan?

A. Gurun pasir

B. Gunung berapi

C. Daerah perkotaan

D. Rawat rawa

E. Kutub utara


Jawaban: D. Rawa-rawa


Pembahasan: Teks mengatakan bahwa kunang-kunang hidup di tempat-tempat lembab seperti rawa-rawa, hutan bakau, dan daerah yang dipenuhi pepohonan.


---


Soal 3: Berapa jumlah telur kunang-kunang yang biasanya diletakkan dalam satu tempat bertelur?

A. 10-50 butir

B. 50-100 butir

C. 100-500 butir

D. 500-1000 butir

E. Lebih dari 1000 butir


Jawaban: C. 100-500 butir


Pembahasan:Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang bertelur pada hari gelap dan meletakkan telur-telurnya, yang bisa berjumlah antara 100 hingga 500 butir, di berbagai tempat seperti tanah, ranting, rumput, dan daun-daunan.


---


Soal 4: Apa tujuan kunang-kunang betina memancarkan cahaya saat berkelap-kelip?

A. Untuk mencari makanan

B. Untuk memberi peringatan kepada pemangsa

C. Untuk menarik pasangan

D. Untuk berburu mangsa

E. Untuk mengusir serangga lain


Jawaban: C. Untuk menarik pasangan


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang betina menggunakan cahaya yang dipancarkan saat berkelap-kelip untuk menarik pejantan dan pasangan.


---


Soal 5: Apa peran kunang-kunang sebagai bioindikator?

A. Membantu dalam proses penyerbukan

B. Menjadi pembasmi hama alami

C. Memberi peringatan kepada pemangsa

D. Menilai kebersihan dan kealamian suatu daerah

E. Menghasilkan cahaya ultraviolet


Jawaban: D. Menilai kebersihan dan kealamian suatu daerah


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang berfungsi sebagai penanda kesehatan ekosistem (bioindikator) yang membantu manusia menilai apakah sebuah daerah masih bersih dan alami atau sudah tercemar.


---


Soal 6: Apa yang menjadi makanan utama kunang-kunang?

A. Nectar bunga

B. Ikan dan plankton

C. Serangga dan cacing

D. Daging burung

E. Tumbuhan berdaun lebar


Jawaban: C. Serangga dan cacing


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa makanan kunang-kunang meliputi cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, serangga, atau cacing.


---


Soal 7: Bagaimana kunang-kunang menghasilkan cahaya?

A. Dari sinar ultraviolet

B. Dari panas tubuhnya

C. Dari reaksi kimia dalam tubuhnya

D. Dari panas matahari

E. Dari sinar inframerah


Jawaban: C. Dari reaksi kimia dalam tubuhnya


Pembahasan: Meskipun tidak disebutkan secara eksplisit dalam teks, cahaya kunang-kunang dihasilkan melalui reaksi kimia yang dikenal sebagai bioluminesensi.


---


Soal 8: Apa yang menjadi peran cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang?

A. Memikat mangsa

B. Mengusir pemangsa

C. Menyediakan panas bagi kunang-kunang

D. Memancing hujan

E. Mencairkan salju di sekitarnya


Jawaban: B. Mengusir pemangsa


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang digunakan untuk memberi peringatan kepada pemangsa bahwa kunang-kunang tidak enak dimakan.


---


Soal 9: Apa peran kunang-kunang dalam penyerbukan?

A. Menjaga tanah tetap subur

B. Membantu pertumbuhan tumbuhan air

C. Menghasilkan madu

D. Membantu penyerbukan tumbuhan

E. Membantu menghasilkan oksigen


Jawaban: D. Membantu penyerbukan tumbuhan


Pembahasan: Teks tidak secara langsung membahas tentang peran kunang-kunang dalam penyerbukan, tetapi opsi ini tidak benar-benar sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.


---


Soal 10: Di mana kunang-kunang umumnya tidak ditemukan?

A. Rawa-rawa

B. Hutan bakau

C. Ranting pohon

D. Daerah yang banyak pepohonan

E. Gurun pasir


Jawaban: E. Gurun pasir


Pembahasan: Teks mengatakan bahwa kunang-kunang umumnya ditemukan di daerah lembab seperti rawa-rawa, hutan bakau, dan daerah dengan banyak pepohonan, bukan di gurun pasir.


---


Soal 11: Apa yang dilakukan kunang-kunang betina setelah pejantan mendekat saat ia berkelap-kelip?

A. Ia menghindar dan bersembunyi

B. Ia terbang menjauh dari pejantan

C. Ia memeriksa kondisi pejantan terlebih dahulu

D. Ia memangsa pejantan

E. Ia merangkul pejantan


Jawaban: D. Ia memangsa pejantan


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa setelah pejantan mendekat saat kunang-kunang betina berkelap-kelip, sang betina memangsanya.


---


Soal 12: Apa yang membuat kunang-kunang bersinar terlihat?

A. Cahaya matahari

B. Panas tubuhnya

C. Cahaya bulan

D. Sinar ultraviolet

E. Bioluminesensi


Jawaban: E. Bioluminesensi


Pembahasan: Meskipun istilah "bioluminesensi" tidak disebutkan secara langsung dalam teks, itu adalah proses yang menjelaskan mengapa kunang-kunang mengeluarkan cahaya.


---


Soal 13: Apa manfaat dari kemampuan kunang-kunang berkelap-kelip bagi betina?

A. Menarik perhatian manusia

B. Mengusir serangga lain

C. Melindungi diri dari pemangsa

D. Menarik perhatian pejantan

E. Memangsa mangsa lebih mudah


Jawaban: D. Menarik perhatian pejantan


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang betina menggunakan cahaya berkelap-kelip untuk menarik perhatian pejantan.


---


Soal 14: Bagaimana kunang-kunang memperingatkan pemangsa potensial?

A. Melolong seperti serigala

B. Mengeluarkan bau tak sedap

C. Berteriak keras

D. Mengeluarkan cahaya yang tidak disukai pemangsa

E. Mengeluarkan racun dari tubuhnya


Jawaban: D. Mengeluarkan cahaya yang tidak disukai pemangsa


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang digunakan sebagai peringatan kepada pemangsa bahwa mereka tidak enak dimakan.


---


Soal 15: Apa yang membuat kunang-kunang berbeda dari serangga lainnya?

A. Warna terang dan mencolok

B. Kemampuan terbang cepat

C. Kemampuan berbicara dengan manusia

D. Kemampuan melihat di malam hari

E. Cahaya yang dihasilkan


Jawaban: E. Cahaya yang dihasilkan


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa yang membedakan kunang-kunang adalah kemampuannya menghasilkan cahaya.


---


Soal 16: Bagaimana kunang-kunang membantu dalam proses penyerbukan?

A. Mencium bunga untuk menarik serangga lain

B. Menjaga tanah tetap subur

C. Membantu penyerbukan tumbuhan dengan membawa serbuk sari

D. Menciptakan angin yang membantu penyerbukan

E. Menyebarkan spora tumbuhan


Jawaban: C. Membantu penyerbukan tumbuhan dengan membawa serbuk sari


Pembahasan: Teks tidak secara langsung membahas peran kunang-kunang dalam penyerbukan, tetapi opsi ini tidak sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.


---


Soal 17: Bagaimana kunang-kunang membantu petani?

A. Dengan menciptakan naungan di ladang

B. Dengan memberi tahu kapan waktu tanam yang tepat

C. Dengan membawa pupuk alami

D. Dengan membantu dalam proses penyerbukan tanaman

E. Dengan menjaga hama tetap dalam kendali


Jawaban: D. Dengan membantu dalam proses penyerbukan tanaman


Pembahasan: Teks tidak secara khusus menyebutkan bagaimana kunang-kunang membantu petani, tetapi opsi ini lebih sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.


---


Soal 18: Mengapa kunang-kunang umumnya ditemukan di daerah lembab?

A. Karena suka berendam di air

B. Karena lebih mudah bersembunyi dari pemangsa

C. Karena cahaya lebih terlihat di tempat lembab

D. Karena banyak mangsa di daerah lembab

E. Karena kondisi lembab mendukung perkembangan telur


Jawaban: E. Karena kondisi lembab mendukung perkembangan telur


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang ditemukan di tempat lembab seperti rawa-rawa dan hutan bakau, karena tempat-tempat tersebut cocok untuk meletakkan telur dan perkembangan kunang-kunang.


---


Soal 19: Apa yang dimaksud dengan "sinar dingin" yang dihasilkan oleh kunang-kunang?

A. Sinar matahari di pagi hari

B. Sinar inframerah

C. Sinar ultraviolet

D. Cahaya yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah

E. Sinar sinar-X


Jawaban: D. Cahaya yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang menghasilkan "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah.


---


Soal 20: Apa tujuan kunang-kunang mengeluarkan cahaya saat berkelap-kelip?

A. Untuk berburu mangsa

B. Untuk menghangatkan tubuhnya

C. Untuk memberi peringatan kepada pemangsa

D. Untuk menunjukkan kecantikannya

E. Untuk memancing ikan


Jawaban: C. Untuk memberi peringatan kepada pemangsa


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang digunakan sebagai peringatan kepada pemangsa bahwa kunang-kunang tidak enak dimakan.


---


Soal 21: Apa yang dilakukan kunang-kunang betina setelah pejantan mendekat saat ia berkelap-kelip?

A. Ia menghindar dan bersembunyi

B. Ia terbang menjauh dari pejantan

C. Ia memeriksa kondisi pejantan terlebih dahulu

D. Ia memangsa pejantan

E. Ia merangkul pejantan


Jawaban: D. Ia memangsa pejantan


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa setelah pejantan mendekat saat kunang-kunang betina berkelap-kelip, sang betina memangsanya.


---


Soal 22: Apa yang membuat kunang-kunang bersinar terlihat?

A. Cahaya matahari

B. Panas tubuhnya

C. Cahaya bulan

D. Sinar ultraviolet

E. Bioluminesensi


Jawaban: E. Bioluminesensi


Pembahasan: Meskipun istilah "bioluminesensi" tidak disebutkan secara langsung dalam teks, itu adalah proses yang menjelaskan mengapa kunang-kunang mengeluarkan cahaya.


---


Soal 23: Bagaimana kunang-kunang memperingatkan pemangsa potensial?

A. Melolong seperti serigala

B. Mengeluarkan bau tak sedap

C. Berteriak keras

D. Mengeluarkan cahaya yang tidak disukai pemangsa

E. Mengeluarkan racun dari tubuhnya


Jawaban: D. Mengeluarkan cahaya yang tidak disukai pemangsa


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang digunakan sebagai peringatan kepada pemangsa bahwa mereka tidak enak dimakan.


---


Soal 24: Apa peran kunang-kunang dalam penyerbukan?

A. Menjaga tanah tetap subur

B. Membantu penyerbukan tumbuhan dengan membawa serbuk sari

C. Menyebarkan spora tumbuhan

D. Menghasilkan madu

E. Menarik perhatian pemangsa


Jawaban: B. Membantu penyerbukan tumbuhan dengan membawa serbuk sari


Pembahasan: Teks tidak secara khusus membahas peran kunang-kunang dalam penyerbukan, tetapi opsi ini lebih sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.


---


Soal 25: Bagaimana kunang-kunang membantu petani?

A. Dengan menciptakan naungan di ladang

B. Dengan memberi tahu kapan waktu tanam yang tepat

C. Dengan membawa pupuk alami

D. Dengan membantu dalam proses penyerbukan tanaman

E. Dengan menjaga hama tetap dalam kendali


Jawaban: D. Dengan membantu dalam proses penyerbukan tanaman


Pembahasan: Teks tidak secara khusus membahas bagaimana kunang-kunang membantu petani, tetapi opsi ini lebih sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.


---


Soal 26: Mengapa kunang-kunang umumnya ditemukan di daerah lembab?

A. Karena suka berendam di air

B. Karena lebih mudah bersembunyi dari pemangsa

C. Karena cahaya lebih terlihat di tempat lembab

D. Karena banyak mangsa di daerah lembab

E. Karena kondisi lembab mendukung perkembangan telur


Jawaban: E. Karena kondisi lembab mendukung perkembangan telur**


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang ditemukan di tempat lembab seperti rawa-rawa dan hutan bakau, karena tempat-tempat tersebut cocok untuk meletakkan telur dan perkembangan kunang-kunang.


---


Soal 27: Apa yang dimaksud dengan "sinar dingin" yang dihasilkan oleh kunang-kunang?

A. Sinar matahari di pagi hari

B. Sinar inframerah

C. Sinar ultraviolet

D. Cahaya yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah

E. Sinar sinar-X


Jawaban: D. Cahaya yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang menghasilkan "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah.


---


Soal 28: Apa tujuan kunang-kunang mengeluarkan cahaya saat berkelap-kelip?

A. Untuk berburu mangsa

B. Untuk menghangatkan tubuhnya

C. Untuk memberi peringatan kepada pemangsa

D. Untuk menunjukkan kecantikannya

E. Untuk memancing ikan


Jawaban: C. Untuk memberi peringatan kepada pemangsa


Pembahasan:Teks menjelaskan bahwa cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang digunakan sebagai peringatan kepada pemangsa bahwa kunang-kunang tidak enak dimakan.


---


Soal 29: Bagaimana kunang-kunang membantu dalam proses penyerbukan?

A. Mencium bunga untuk menarik serangga lain

B. Menjaga tanah tetap subur

C. Membantu penyerbukan tumbuhan dengan membawa serbuk sari

D. Menciptakan angin yang membantu penyerbukan

E. Menyebarkan spora tumbuhan


Jawaban: C. Membantu penyerbukan tumbuhan dengan membawa serbuk sari


Pembahasan: Teks tidak secara khusus membahas peran kunang-kunang dalam penyerbukan, tetapi opsi ini lebih sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.


---


Soal 30: Bagaimana kunang-kunang membantu petani?

A. Dengan menciptakan naungan di ladang

B. Dengan memberi tahu kapan waktu tanam yang tepat

C. Dengan membawa pupuk alami

D. Dengan membantu dalam proses penyerbukan tanaman

E. Dengan menjaga hama tetap dalam kendali


Jawaban: D. Dengan membantu dalam proses penyerbukan tanaman


Pembahasan: Teks tidak secara khusus membahas bagaimana kunang-kunang membantu petani, tetapi opsi ini lebih sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.


Saturday, 5 August 2023

Contoh teks laporan hasil observasi kota Sleman

Teks laporan hasil observasi adalah jenis teks yang berisi informasi yang diperoleh melalui pengamatan sistematis terhadap suatu fenomena atau objek. Tujuan dari teks ini adalah untuk menyajikan data yang telah dikumpulkan selama observasi dan menganalisisnya dengan cara yang sistematis dan obyektif. Laporan hasil observasi dapat digunakan dalam berbagai konteks, seperti penelitian ilmiah, studi lapangan, analisis sosial, atau evaluasi kinerja suatu proses atau objek.



struktur teks laporan hasil observasi yang terdiri dari definisi umum, deskripsi-deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat:


Definisi Umum: Definisi umum adalah bagian pembuka dalam laporan hasil observasi. Di sini, penulis memberikan gambaran umum tentang topik yang akan diamati dan dijelaskan dalam laporan. Definisi umum ini berfungsi untuk memberikan latar belakang kepada pembaca mengenai apa yang akan dibahas dalam laporan observasi. Dalam definisi umum, penulis dapat menjelaskan tujuan observasi, mengidentifikasi fenomena atau objek yang diamati, dan memberikan konteks mengenai mengapa observasi tersebut dilakukan.


Deskripsi-Deskripsi Bagian: Bagian ini merupakan inti dari laporan hasil observasi. Di sini, penulis akan memberikan detail tentang berbagai bagian atau aspek yang diamati selama proses observasi. Setiap bagian atau aspek ini akan dijelaskan secara terperinci, menyajikan data yang dikumpulkan selama observasi. Deskripsi-deskripsi ini harus objektif, jelas, dan rinci agar pembaca dapat memahami dengan baik apa yang telah diamati oleh penulis.


Misalnya, jika observasi dilakukan terhadap suatu lingkungan alam, deskripsi-deskripsi bagian dapat mencakup detail mengenai flora dan fauna yang ada, kondisi cuaca, morfologi tanah, dan sebagainya. Jika observasi dilakukan pada manusia atau perilaku sosial, deskripsi-deskripsi bagian dapat mencakup perilaku, interaksi, ekspresi, dan sejenisnya.


Deskripsi Manfaat: Setelah memberikan deskripsi rinci tentang berbagai bagian atau aspek yang diamati, bagian terakhir dari laporan hasil observasi adalah deskripsi manfaat. Di sini, penulis menjelaskan mengapa observasi ini memiliki nilai atau relevansi penting. Deskripsi ini dapat merujuk pada tujuan awal observasi dan menguraikan bagaimana temuan dari observasi dapat memberikan wawasan baru, informasi bermanfaat, atau kontribusi terhadap pengetahuan atau praktik di bidang yang terkait.


Deskripsi manfaat juga bisa merujuk pada potensi implikasi praktis dari hasil observasi, seperti dalam pengambilan keputusan, perencanaan, atau perbaikan proses. Bagian ini seharusnya memperkuat alasan mengapa observasi ini bernilai dan relevan untuk dibahas.


Dengan mengikuti struktur ini, teks laporan hasil observasi akan menjadi lebih terorganisir, informatif, dan memungkinkan pembaca untuk memahami secara menyeluruh apa yang telah diamati dan apa implikasinya.



Berikut contoh teks laporan hasil observasi:


Teks Laporan Hasil Observasi: Kota Sleman, Yogyakarta




1. Definisi Umum:

Kota Sleman merupakan salah satu wilayah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Dikenal dengan keindahan alamnya dan keberagaman budayanya, Kota Sleman memiliki perpaduan antara kemajuan perkotaan dan pesona alam yang menarik. Observasi ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali lebih dalam tentang aspek-aspek yang membangun identitas kota ini, mulai dari lingkungan fisik, kehidupan masyarakat, hingga aspek budaya yang melekat di dalamnya.


2. Deskripsi Bagian:

a. Lingkungan Fisik:Dalam observasi ini, berbagai aspek lingkungan fisik Kota Sleman diamati. Ditemukan bahwa kota ini memiliki iklim tropis dengan cuaca yang cenderung hangat sepanjang tahun. Keberagaman topografi terlihat dari dataran rendah hingga pegunungan, mempengaruhi pola penanaman dan pemanfaatan lahan. Selain itu, sungai-sungai seperti Kali Gajahwong dan Kali Code memainkan peran penting dalam tata air dan kehidupan masyarakat.


b. Kehidupan Masyarakat: Observasi juga melibatkan pengamatan terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat Kota Sleman. Terlihat bahwa masyarakat memiliki semangat gotong royong yang kuat, terlihat dari kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan dan mengadakan kegiatan sosial bersama. Kehidupan pedesaan dan perkotaan berdampingan, dengan masyarakat yang menjaga tradisi sambil tetap mengadopsi inovasi modern.


c. Aspek Budaya: Aspek budaya sangat melekat dalam kehidupan masyarakat di Kota Sleman. Observasi menunjukkan bahwa seni dan budaya lokal seperti tari-tarian tradisional dan pertunjukan seni daerah tetap dijaga dan diteruskan dari generasi ke generasi. Pameran kerajinan tangan lokal dan festival budaya menjadi wadah bagi masyarakat untuk merayakan warisan budaya mereka.


3. Deskripsi Manfaat:

Observasi ini memberikan wawasan mendalam tentang keunikan dan kekayaan Kota Sleman. Hasil pengamatan ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan program pelestarian lingkungan, mempromosikan pariwisata berkelanjutan, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga nilai-nilai budaya lokal. Informasi dari observasi ini juga dapat menjadi bahan referensi bagi pemerintah daerah dalam merencanakan pembangunan yang berkelanjutan dan memperkuat identitas kota dalam konteks nasional dan internasional.


Dengan demikian, observasi ini bukan hanya memberikan gambaran lebih mendalam tentang Kota Sleman, tetapi juga memiliki potensi untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan pelestarian kota ini dalam jangka panjang.



Bahasa yang Digunakan dalam Laporan Hasil Observasi


Bahasa yang digunakan dalam laporan hasil observasi umumnya bersifat ilmiah. Ini karena laporan hasil observasi merupakan bagian dari komunikasi ilmiah yang digunakan untuk menyampaikan temuan, data, dan informasi yang diperoleh dari observasi atau penelitian tertentu. Bahasa ilmiah memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dari bahasa sehari-hari atau bahasa populer. Beberapa ciri bahasa ilmiah yang umumnya ditemukan dalam laporan hasil observasi meliputi:

berikut adalah penjelasan lengkap tentang ciri-ciri bahasa ilmiah dalam teks laporan hasil observasi beserta contoh-contohnya:


Ketepatan dan Kehati-hatian: Bahasa ilmiah menggunakan kata-kata yang tepat dan hati-hati untuk menghindari ambiguitas atau interpretasi yang salah. Kata-kata digunakan dengan cermat untuk menjelaskan konsep atau temuan secara akurat.

Contoh: "Peningkatan suhu rata-rata global sebesar 1 derajat Celsius selama dua dekade terakhir telah menghasilkan perubahan signifikan dalam pola cuaca di seluruh dunia."


Objektivitas: Bahasa ilmiah cenderung netral dan tidak emosional. Penyampaian informasi didasarkan pada data dan fakta yang dapat diverifikasi.

Contoh: "Data analisis menunjukkan adanya korelasi positif antara tingkat polusi udara dan prevalensi masalah pernapasan pada populasi yang diteliti."


Jelas dan Terstruktur: Bahasa ilmiah memprioritaskan kejelasan dan struktur. Kalimat-kalimat cenderung lebih panjang dan kompleks, namun tetap teratur untuk memastikan informasi disampaikan dengan baik.

Contoh: "Hasil uji coba menunjukkan bahwa kelompok yang terpapar cahaya intensitas tinggi selama periode waktu yang lebih lama mengalami peningkatan produksi hormon melatonin yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok kontrol."


Kekhususan Istilah: Bahasa ilmiah menggunakan istilah-istilah teknis dan spesifik yang memiliki arti khusus dalam konteks ilmiah tertentu. Ini membantu menghindari kebingungan dan memastikan pemahaman yang akurat.

Contoh: "Klorofill-a merupakan pigmen fotosintesis utama pada tanaman dan alga yang berperan dalam menyerap energi cahaya untuk menghasilkan glukosa."


Referensi dan Sumber: Laporan hasil observasi dalam bahasa ilmiah sering mengandung referensi ke penelitian sebelumnya atau sumber-sumber yang mendukung temuan yang dijelaskan dalam laporan.

Contoh: "Temuan ini konsisten dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Smith et al. (2018), yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara signifikan mempengaruhi tingkat stres."


Satuan dan Pengukuran: Keterangan data dan hasil observasi dilengkapi dengan satuan pengukuran yang jelas untuk menghindari kerancuan.

Contoh: "Kecepatan reaksi kimia ini meningkat seiring peningkatan konsentrasi zat pengkatalis."


Tidak Mengandung Argumen Pribadi: Bahasa ilmiah berbasis pada fakta dan bukti yang dapat diuji, bukan pada opini atau argumen pribadi.

Contoh: "Meskipun beberapa penelitian mendukung hipotesis X, analisis kami tidak menghasilkan bukti yang cukup kuat untuk mendukung kesimpulan tersebut."


Netralitas dan Kehati-hatian dalam Pernyataan: Bahasa ilmiah mencerminkan netralitas dalam pernyataan dan menghindari overgeneralisasi atau klaim yang tidak dapat dibuktikan sepenuhnya.

Contoh: "Terdapat kemungkinan adanya faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap hasil ini, namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut."


Dengan memahami dan menerapkan ciri-ciri bahasa ilmiah ini, laporan hasil observasi Anda akan lebih tepat, jelas, dan dapat dipahami dengan baik oleh pembaca yang berkepentingan dalam bidang yang sama.