Wednesday 8 December 2021

Kalimat induktif

 Bacalah teks berikut!


(1)Pendekatan proses dalam menulis sudah menjadi trend yang baik saat ini. (2)Pada pelajaran menulis kemudian mengumpulkannya dan mengembalikan tulisan itu dengan memberikan nilai A, B, atau C. (3)Sangatlah absurd, apabila kemampuan menulis hanya dinilai dari satu produk tulisan saja tanpa melihat bagaimana siswa berjuang menjadikan tulisannya baik. (4)Sama halnya mengetahui kualitas seekor kambing tidak bisa hanya dengan mencicipi satu tusuk satenya saja. (5)Oleh karena itu, menilai kemampuan menulis siswa sebaiknya berasal dari beberapa genre tulisan siswa.


Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ....

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)


Kunci jawaban: E

Kalimat utama adalah kalimat yang menjadi pusat ide dalam pengembangan suatu paragraf. Kalimat ini bisa diletakkan di awal, di tengah, di awal dan di tengah, menyebar di seluruh kalimat dalam suatu paragraf.


Kalimat di atas menggunakan pola pengembangan induktif. Kalimat utama induktif ditandai dengan penyimpulan di akhir paragraf. Jawaban yang tepat yaitu E.



Sunday 5 December 2021

Contoh kumpulan soal menemukan kalimat utama dan kalimat penjelas dalam suatu paragraf.

 Menemukan Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf


1. Kalimat Utama 


Kalimat utama merupakan kalimat berisi ide pokok. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf.


Ciri kalimat utama di antaranya:


a. mengandung permasalahan yang dapat diuraikan lebih lanjut;

b. biasanya berupa kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri;

c. mempunyai arti jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lain;

d. dapat dibentuk tanpa kata sambung atau transisi; dan

e.dalam paragraf induktif, kalimat utama sering kali ditandai kata-kata kunci, seperti jadi atau dengan demikian.


2. Kalimat Penjelas 


Kalimat penjelas adalah kalimat yang menjelaskan kalimat utama. Kalimat penjelas berisi informasi yang mendukung kalimat utama. Kalimat penjelas harus berkaitan dengan pokok ide yang termuat dalam kalimat utama. Kalimat penjelas disebut juga kalimat pendukung.


Contoh kumpulan soal menemukan kalimat utama dan kalimat penjelas dalam suatu paragraf.


Perhatikan paragraf berikut!


1) Sejumlah lembaga pecinta satwa mengecam peredaran senjata api jenis senapan angin di pasar bebas. 2) Mereka menuding banyak pemburu menggunakan senapan angin untuk menembaki satwa liar di alam bebas. 3) Sebagai contoh, sebanyak 23 kasus penembakan orang utan mengguna kan senapan angin terjadi selama dua tahun terakhir. 4) Para aktivis menggelar kampanye mendesak sejumlah pihak terkait agar meng hentikan peredaran senapan angin secara bebas. 5) Mereka meminta polisi menggelar razia dan memproses hukum kepemilikan senapan angin yang disalahgunakan. 


Disadur dari: https://nasional.tempo.co/, 10 Oktober 2016


Kalimat utama paragraf tersebut adalah pada kalimat ....


A. 1) 

B. 2)

C. 3)

D. 4)

E. 5)


Jawaban: A


Kalimat utama merupakan kalimat berisi ide pokok. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat di awal paragraf. Perhatikan kalimat Sejumlah lembaga pecinta satwa mengecam peredaran senjata api jenis senapan angin di pasar bebas. Kalimat-kalimat berikutnya merupakan kalimat penjelas. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban A.



Soal nomor 2


Perhatikan paragraf berikut!


1) Warga Kemang, salah satu kawasan elite di Jakarta Selatan, bercerita tentang kesusahan yang mereka alami setelah hujan mengguyur Jakarta dengan cukup intens hari itu. 2) Tampak banyak mobil terendam, sebagian terlihat bagian atapnya saja. 3) Seorang warga mengatakan bahwa biasanya di wilayah itu jarang banjir sampai masuk rumahnya meskipun hanya berjarak 150 meter dari Sungai Krukut. 4) Saat hujan malam itu arus Sungai Krukut sangat deras sehingga tembok pembatas di empat titik jebol. 5) Air pun meluap ke seluruh permukiman dan kawasan sekolah di Bandung. 6) Dari kejadian tersebut dapat disimpulkan bahwa sungai bisa menjadi sumber bencana dan sumber banjir. 


Disadur dari: "Jika Kali Krukut Meluap" dalam Kompas, 30 Agustus 2016


Kalimat penjelas tidak padu dalam paragraf tersebut ditunjukkan oleh angka...


A. 1)

B. 2)

D. 4)

E. 5)

C. 3)


Jawaban: E


Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan oleh kalimat 6). Kalimat-kalimat sebelumnya adalah kalimat penjelas dari pokok informasi yang termuat dalam kalimat utama. Kalimat penjelas yang tidak berkaitan dengan pokok informasi dalam paragraf ditunjukkan oleh angka 5), Jadi, kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada pilihan jawaban E.

Memaknai Kata/Istilah


Paragraf disusun dari kalimat-kalimat saling berkaitan. Kalimat dalam paragraf disusun dari beberapa kata. Setiap kata tersebut memiliki makna atau arti. Saat menyusun paragraf, pemilihan kata atau istilah sangat penting. Oleh karena itu, dalam membentuk kalimat atau paragraf sebuah kata harus benar-benar dipilih agar mampu menyampaikan maksud penulis.


Kata-kata atau istilah yang digunakan dapat berupa kata baku, kata bersinonim, kata berantonim, kata bermakna konotasi atau denotasi, dan kata yang mengalami perubahan makna. Istilah berhubungan dengan pengungkapan makna konsep, proses, keadaan atau sifat di bidang tertentu.


Makna kata atau istilah yang sering muncul dalam soal UN adalah makna kata leksikal. Makna leksikal merupakan makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal dapat dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).


Contoh soal:


Soal nomor 1


Bacalah paragraf berikut!

Secara harfiah, luasan hutan mangrove memang hanya sekira 3% dari luas seluruh kawasan hutan dan 25% dari seluruh hutan mangrove dunia. Namun, jika dilihat dari perannya, kawasan vegetasi ini pantas di perhitungkan. Oleh karena itu, Pemerintah telah mengeluarkan peraturan mengenai peruntukan hutan mangrove, yakni sebagai hutan konservasi, hutan produksi, dan hutan bagi penggunaan lain.


Disadur dari: Arifin Arief, Hutan Mangrove: Fungsi dan Manfaatnya, Yogyakarta, Kanisius, 2007

Makna kata konservasi dalam paragraf tersebut adalah ....

A. perlindungan

B. penjagaan

C. penataan

D. pengelolaan

E. pengawetan


Jawaban: A

Menurut KBBI, kata konservasi bermakna pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban A.


Soal nomor 2

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

Disintegrasi merupakan proses pembentukan nilai-nilai baru, baik yang akan mengurangi ikatan dalam masyarakat maupun pembauran dalam masyarakat. Disintegrasi dalam kehidupan bermasyarakat harus diimbangi dengan reintegrasi. Tujuannya mengembalikan keadaan yang diinginkan sesuai dengan persatuan dan keutuhan masyarakat. Reintegrasi terlaksana apabila norma-norma atau nilai-nilai baru telah melembaga dalam diri warga masyarakat. 


Disadur dari: Bagia Waluya, Sosiologi Bandung. Setia Puma Inves, 2007


Makna kata disintegrasi dalam paragraf ter sebut adalah.....

A. perpisahan 

B. perbedaan

C. perselisihan

D. permusuhan

E. perpecahan

Jawaban: E Menurut KBBI, kata disintegrasi bermakna ke adaan tidak bersatu padu; keadaan terpecah belah; hilangnya keutuhan atau persatuan; perpecahan. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban E.


Friday 3 December 2021

Menemukan Hal yang dilaporkan dalam kutipan teks laporan hasil observasi


1.     Cermatilah kutipan teks di bawah ini!

 

Gamelan Jawa, Gamelan Bali, dan Gamelan Sunda memiliki perbedaan karakteristik tempo. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut dan slow, sedangkan gamelan Bali dimainkan dengan tempo yang lebih cepat. Hal ini berbeda pula dengan gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi suara seruling. Perbedaan alat dan karakteristik gamelan, baik Jawa, Bali, maupun Sunda, mengindikasikan bahwa setiap daerah memiliki pandangan hidup dan budaya yang berbeda. Pandangan tersebut diekspresikan melalui gamelan. Dengan mempelajari ketiga jenis gamelan tersebut, kita akan semakin mencintai keberagaman budaya Indonesia.

 

Hal yang dilaporkan pada paragraf tersebut adalah ...

A. Keindahan suatu gamelan patut diekspresikan agar dapat dipandang atau diapresiasi.

B. Masyarakat Jawa, Bali, dan Sunda memandang gamelan sebagai budaya yang diekspresikan.

C. Ketiga jenis gamelan di Indonesia memiliki pandangan yang berbeda yang perlu diekspresikan.

D. Perbedaan alat dan karakteristik masyarakat Jawa, Bali, dan Sunda diekspresikan melalui gamelan.

E Pandangan hidup dan budaya masyarakat Jawa, Bali, dan Sunda diekspresikan melalui gamelan.

 

E

Thursday 2 December 2021

Melengkapi kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan

 Bacalah kutipan berikut!


Entah karena apa pagi itu orang-orang Desa Thongthong berlarian ke sana kemari. Sesungguhnya apa yang mereka cari. Tak seperti biasanya, masyarakat Thongthong itu hampir semuanya berhamburan ke perkebunan sebelah barat desa. Para petani, pedagang, buruh bangunan, pekerja pabrik, pegawai negeri, bahkan para pelajarnya hari itu mereka tidak ada yang berangkat kerja maupun sekolah. Sekali-kali tampak mereka mendongakkan kepala mereka ke arah pepohonan.


"Cepat ke sini, itu burungnya kelihatan. Sekarang ada di atas mahoni." ujar seseorang.


"Ya, tenang saja. ayo, jangan berisik. Takutnya si Miliar akan terbang." kata seseorang yang lain, masih sambungnya,"Heii hati-hati jangan berisik. Lebih baik beberapa orang saja. Jangan sampai si Miliar terbang!"


"Siyap", sambung orang lain lagi.


"Yang penting, jangan lupa, nanti kalau si Miliar ketangkap", teriak orang-orang nyaris bersamaan.


"Okeee," sambung yang lain lagi.


Karena mereka sangat berisik maka si Miliar pun terbanglah..... Penduduk Thongthong berupaya menangkapnya. Namun, binatang mungil lucu itu tak memedulikan mereka.


Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut adalah ...


A. Saat ini burung harapan desa itu terbang masih di sekitar mereka.

B. Sekali ini burung impian Desa Thongthong mengejek mereka.

C. Kali ini burung yang konon bernilai milyaran itu terbang jauh.

D. Apa daya burung bernilai milyaran itu terbang pergi saja.

E. Ternyata burung sialan itu tak mau ditangkap mereka.


Kunci jawaban D


Perhatikan kalimat sebelumnya dan sesudah. Opsi yang paling tepat untuk bagian rumpang tersebut adalah D Apa daya burung bernilai milyaran itu terbang pergi saja.





Menganalisis pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tajuk wacana

 Cermati kutipan editorial berikut dengan baik!


(1)Di sini pemilihan tema tayangan menjadi sangat penting. (2)Orang tua harus menghindarkan tayangan atau game berbau kekerasan dari anak-anak. (3)Karena tayangan tersebut secara jangka panjang bisa menumbuhkan karakter yang keras kepada anak. (4)Kedua, faktor eksternal, yakni lingkungan sekitar termasuk sekolah. (5)Selain keluarga, anak juga berinteraksi di lingkungan rumahnya.


Pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tajuk wacana tersebut adalah....

A. masyarakat

B. orang tua

C. pemerintah

D. sekolah

E. lembaga


Kunci jawaban B


Pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tajuk wacana  di atas adalah orang tua. Pihak yang ditujukan adalah pihak yang terlibat secara langsung.

Membandingkan isi dua pantun

 

Bacalah dua pantun berikut!  Pantun 1  Kelapa gading buahnya banyak  Lebat berjurai di pangkal pelepah Bila berunding sesama bijak  Kusut selesai, sengketa pun sudah  Perbedaan isi pantun tersebut adalah ...  Pantun 1  A.  Bila bermusyawarah harus bijaksana agar Jika iman kuat penderitaan hidup terasa ringan.  perselisihan selesai dengan baik. B. Hidup hendaknya penuh dengan sabar dan penuh pertimbangan.  C Benang kusut tidak akan terurai jika orang tuanya tak bijaksana.  D Segala persengketaan akan diatasi jika masyarakatnya penyabar.  E. Perundingan yang diikuti orang-orang baik maka akan selesai dengan lancar.  Pantun 2  Pulau Bintan di Selat Melaka  Dekatlah dengan Pulau Penyengat Kalau iman melekat di dada  Berat dan ringan tidak mengumpat  Pantun 2  Jika iman sudah melekat di dada maka tidak mengumpat.  Berat dan ringan sama dipikul pertanda iman kuat.  Tidak mengumpat di kala menderita tanda iman melekat.  Keimanan seseorang akan tampak pada tingkah-lakunya.
Kunci jawaban E

Kita cermati isi kedua pantun di atas.
Isi pantun yang pertama sebagai berikut.

Bila berunding sesama bijak
Kusut selesai, sengketa pun sudah.

Arti dari isi pantun tersebut adalah perundingan yang diikuti orang-orang baik maka akan selesai dengan lancar.

Isi pantun ke-2 adalah:

Kalau iman melekat di dada
Berat dan ringan tidak mengumpat

Isi pantun tersebut adalah keimanan seseorang akan tampak pada tingkah lakunya.

Menganalisis Amanat yang terdapat dalam kutipan karya sastra

 Bacalah kutipan cerpen berikut!


"Seharusnya yang berterima kasih itu pemerintah, Ivan. Kau dan komunitasmu yang mencetuskan ide ini, anggota geng motor yang stereotipnya sering membuat onar. Tapi kau berhasil mengubah pandangan kami. Saya aja nggak nyangka ada 900 warga yang ikut Hari Kuuyuan ini."


Sebenarnya ini bukan ide saya Pak. Sekitar sebulan lalu saya melihat anak kecil berenang di sungai ini saat hujan. Saya menegurnya karena berbahaya, tapi dia bilang dia sedang kukuyuan, terus saya melihatnya memungut sampah. Saya langsung tertohok. Saya baru melihat ada anak kecil yang peduli dengan lingkungan sekitarnya. Kalau kita menemukannya di sini, kita harus berterima kasih padanya, Pak."


"Masya Allah. Saya ingin memberinya santunan. Semoga saja kau masih mengingat wajahnya."


"Saya masih ingat kok." (Pretty Angelia, Kukuyuan)


Amanat yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ....


A. Sebaiknya kita membersihkan sampah di lingkungan sungai.

B. Sebaiknya kita mengucapkan terima kasih kepada seseorang. 

C. Seorang anak kecil mampu menyadarkan kita untuk berbuat baik.

D. Seorang anak kecil yang memungut sampah karena ia anak pemulung. 

E. Pejabat yang akan memberikan santunan kepada anak kecil yang berjasa.


Kunci jawaban: C

Jawaban soal tersebut mengerucut pada opsi A atau C. Jawaban yang benar adalah C.

Amanat adalah pesan penulis yang ingin disampaikan kepada pembaca. Pesan penulis yaitu sebaiknya kita membersihkan sampah di lingkungan sungai.

Kalau kita perhatikan opsi A adalah jawaban yang kurang tepat. Opsi tersebut bukan merupakan amanat. Opsi tersebut adalah nilai-nilai yang bisa kita gunakan untuk sehari-hari.


Tuesday 30 November 2021

Kumpulan soal bahasa Indonesia kelas X semester 1

 Bacalah teks laporan hasil observasi berikut ini dengan cermat!



(1)Terumbu karang adalah salah satu ekosistem utama pesisir dan laut yang dibangun terutama oleh biota laut penghasil kapur khususnya jenis-jenis karang batu dan algae berkapur. (2)Ekosistem ini memiliki nilai ekologis yang tinggi sebagai habitat bagi berbagai biota laut. (3)Sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal akan kecantikan bawah lautnya, Karimunjawa memiliki ekosistem terumbu karang yang cukup luas dan juga menjadi ekosistem utama di Taman Nasional tersebut. (4)Taman Nasional Karimunjawa mempunyai total luas kawasan sebesar 111.625 hektare dengan wilayah perairan mendominasi seluas 110.117 hektare.(5) Citra satelit menunjukkan bahwa luasan ekosistem terumbu karang di Taman Nasional Karimunjawa mencapai 713,11 hektare.


Sumber: https://www.greenpeace.org/indonesia/publikasi/1341/laporan-kerusakan-terumbu-karang-karimunjawa/


Soal nomor 1. 

Kalimat yang menunjukkan definisi terdapat pada nomor


A. (1)

B. (2)

C. (3) 

D. (4)

E. (5)


Soal nomor 2. 

Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan laporan hasil observasi di atas adalah....


A. Nilai ekonomis terumbu karang sangat tinggi sebagai tempat hidup biota laut lainnya.


B. Batu karang dapat menjadi tempat perlindungan bagi biota laut lainnya. 


C. Terumbu karang merupakan salah satu spesies yang termasuk dalam jenis batu karang dan algae berkapur.


D. Terumbu karang dibangun oleh biota laut penghasil kapur, khususnya jenis batu karang dan algae berkapur.


E. Pulau Karimunjawa sebagai tujuan wisata memiliki keindahan terumbu karang yang sudah terkenal di dunia.




Soal nomor 3

Bacalah teks laporan hasil observasi berikut dengan cermat!


Pelestarian in situ yaitu suatu upaya  pelestarian sumber daya alam hayati di habitat atau tempat aslinya. Hal itu dilakukan dengan pertimbangan karakteristik tumbuhan atau hewan tertentu sangat membahayakan kelestariannya apabila dipindahkan ke tempat lainnya, misalnya suaka margasatwa untuk badak bercula satu di Taman Nasional Ujung Kulon, Jawa Barat.


Pernyataan yang sesuai dengan isi laporan. tersebut adalah


A. Pelestarian in situ disebut juga dengan suaka margasatwa.


B. Pelestarian in situ terletak di Jawa Barat. 


C. Taman Nasional Ujung Kulon, Jawa Barat merupakan pelestarian in situ. 


D. Hewan dan tumbuhan akan mati bila dipindahkan ke tempat aslinya. 


E. Tumbuhan atau hewan dengan karakteristik tertentu harus dipindahkan ke taman nasional.




Soal nomor 4


Perhatikan kutipan berikut!


Perangkat keras komputer yang kita kenal bisa digolongkan dalam tiga kelompok yaitu peranti masukan (input device), peranti pengolah (processing unit), dan peranti keluaran (output device).


Peranti masukan adalah peralatan yang kita gunakan untuk memasukkan data ke komputer, seperti keyboard, mouse, dan scanner.


Peranti pengolah adalah peralatan yang melakukan pengolahan data menjadi informasi, atau yang menjadi "otak" mesin komputer dalam melaksanakan perintah yang diberikan. Peranti pengolah ini sering disebut CPU (central processing unit/unit pengolah pusat) atau disebut juga prosesor.


Peranti keluaran adalah peralatan yang digunakan untuk menampilkan informasi hasil olahan komputer, seperti monitor, printer, dan speaker.


Hal penting yang terdapat dalam kutipan buku di atas adalah.....


A. perangkat keras komputer dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu peranti masukan, peranti pengolah, dan peranti keluaran 


B. komputer digunakan untuk mempermudah pekerjaan administrasi karena memiliki fitur-fitur yang sesuai


C. setiap peranti dalam komputer disusun sedemikian rupa agar membentuk satu kesatuan yang sistematis


D. peranti keluaran merupakan salah satu peranti dari komputer yang digunakan untuk menampilkan informasi hasil olahan 


E. CPU merupakan bagian komputer yang sering disebut dengan otak komputer karena semua data ada dalam CPU.


Soal nomor 5

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

(1) Telah dikatakan bahwa polusi air  merupakan penyebab kematian dan penyakit yang utama di dunia. (2) Tercatat, terjadi kematian lebih dari 14.000 setiap harinya akibat polusi air. (3) Diperkirakan 700 juta orang India tidak memiliki akses ke toilet, dan 1.000 anak di India meninggal karena penyakit diare setiap hari. (4) Sekitar 90% kota-kota di Cina menderita polusi air hingga tingkatan tertentu, dan hampir 500 juta orang tidak memiliki akses lagi terhadap air minum yang aman. (5) Di tambah lagi selain polusi air merupakan masalah akut di negara berkembang, negara-negara industri (maju) masih berjuang dengan masalah polusi juga.


Verba penghubung dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor....


A. (1) dan (2) 

B. (1), (2), dan (3)

D. (3), (4), dan (5)

E. (1) dan (5)

C. (2), (3), dan (4)


Kutipan buku untuk soal nomor 6 dan 7.

 

Cerita anak terjemahan merupakan cerita anak berbahasa asing yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Cerita anak terjemahan disebut teenlite atau teen literature. Sekarang ini cerita anak terjemahan berkembang pesat di Indonesia. Bahkan, dapat dikatakan bahwa genre novel yang tengah populer pada masa ini adalah cerita anak terjemahan. Buktinya, karya fiksi teenlite ini dicetak hingga berulang-ulang.


Sumber: Realtas Kehidupan dalam Cerita Anak



Soal nomor 6

Gagasan pokok yang terdapat dalam kutipan buku tersebut terdapat dalam kalimat.....


A pertama

B. kedua 

C. ketiga

D. keempat

E. kelima



Soal nomor 7

Pernyataan yang sesuai dengan isi buku tersebut adalah.... 

A. Cerita anak terjemahan sangat populer di kalangan anak-anak.


B. Cerita anak terjemahan merebak karena remaja lebih suka fiksi dari luar negeri. 


C. Peristiwa yang terdapat dalam teenlite sangat menarik.


D. Cerita anak terjemahan merupakan cerita fiktif berbahasa asing yang di terjemahkan. 


E. Teenlite sangat sulit dimengerti karena berasal dari cerita berbahasa asing.


Soal nomor 8

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!


Untuk membentuk sedotan menjadi daun, dan mahkota bunga dapat mencontoh atau menjiplaknya dari pola dasar yang telah disiapkan sebelumnya. Kemudian, serut menggunakan sisir gerigi untuk membuat mahkota bunga sehingga bentuk lekukan dan goresan yang dihasilkan dapat mempertegas bentuk model.


Efek lain dari penyerutan ini adalah untuk menyamarkan bahan dasar plastik atau sedotan menjadi tidak kaku dan memberi kesan alami. Namun, tidak semua pola sedotan harus diserut. Ada beberapa pola yang cukup dibentuk dengan ditekan.


Sumber: Barkreasi dengan Sedotan, Maya S.


Pokok isi kutipan buku di atas menyatakan... 

A. pembentukan sedotan menjadi daun dan mahkota 


B. adanya efek serutan pada plastik 


C. bentuk pola dasar dalam membentuk daun dan mahkota 


D. fungsi sedotan dalam membentuk mahkota bunga


E. sedotan sebagai bahan membuat bunga plastik


Teks untuk soal nomor 9 dan 10.


MEDAN- Luas lahan pertanian di sejumlah provinsi sentra produksi padi terus mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh maraknya alih fungsi lahan dari pertanian menjadi industri, permukiman, hingga fasilitas instansi pemerintah seiring pemekaran daerah. Seperti dilansir kantor berita Antara, Dinas Pertanian Provinsi Sumatra Utara mencatat luas lahan pertanian berdasarkan data per tahun 2014 adalah 449.213 hektare (ha). Luas tersebut terdiri dari sawah irigasi 280,960 ha dan sawah nonirigasi 168.253 ha.


Soal nomor 9

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah... 

A. Luas lahan pertanian di sejumlah provinsi sentra produksi padi terus mengalami penurunan. 


B. Luas lahan pertanian semakin mengecil karena ada pembangunan gedung pemerintahan.


C. Luas sawah irigasi di beberapa daerah semakin menurun.


D. Luas areal persawahan dibagi menjadi dua, meliputi sawah irigasi dan sawah nonirigasi. 


E. Penurunan jumlah areal persawahan di Sumatra Utara disebabkan karena petani tidak mau menggarap lahan.


Soal nomor 10. 

Kutipan teks eksposisi tersebut merupakan bagian.

A. tesis.

B. konflik

C. referensi

D. argumentasi

E penegasan pendapat


Soal nomor 11. 

Bacalah paragraf berikut!


(1) Nasi jumlang merupakan salah satu makanan di Cirebon. (2) Nasi ini dibungkus daun jati dengan lauk yang bisa dipilih sendiri. (3) Daging, empal, tahu goreng, usus goreng tersedia di warung yang menjual nasi ini. (4) Sejumlah penikmat merasakan kelezatannya pada pagi hari. (5) Anda yang belum mencoba pasti penasaran.


Kalimat berisi opini dalam paragraf tersebut ditunjukkan pada nomor....


A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3) 

C. (3) dan (4)

D. (4) dan (5) 

E. (1) dan (5)


Teks eksposisi untuk soal nomor 12 dan 13.


Pemerintah memberikan tenggat kepada Apple Corps agar membangun pusat penelitian dan pengembangan di Indonesia. Hal ini merupakan bagian dari penerapan ketentuan mengenai kandungan lokal untuk telepon seluler generasi keempat yang akan diterapkan awal Januari 2017.


Jika sampai tenggat yang diberikan produsen ponsel premium asal AS itu tidak memenuhi ketentuan mengenal kandungan lokal. produknya tidak boleh beredar di Indonesia.


Kalau kita lihat lebih jauh soal kandungan lokal, ini merupakan isu lama yang tak kunjung tuntas. Polemik yang cukup panjang mengenal format regulasi tingkat kandungan dalam negeri atau TKDN pada telepon seluler generasi keempat (4G) berujung pada tiga pola perhitungan. Pola pertama, TKDN yang berfokus manufaktur dengan bobot manufaktur 70%, pengembangan 20%, dan aplikasi 10%. Pola kedua, TKDN dengan fokus aplikasi dengan bobot manufaktur 10%, pengembangan 20%, dan aplikasi 70%. Ketiga, TKDN investasi yang bobotnya bergantung pada besarnya investasi yang ditanamkan oleh produsen dari luar negeri.


Sumber: http://koran bisnis.com/read/20161110 245/601021/menyoal-kandungan-lokal


Soal nomor 12. 

Kalimat berisi fakta yang sesuai dengan teks eksposisi tersebut adalah....


A. Polemik yang cukup panjang mengenai format regulasi tingkat kandungan dalam negeri atau TKDN pada telepon seluler generasi keempat (4G) berujung pada tiga pola perhitungan.


B. Kalau kita lihat lebih jauh soal kan dungan lokal, ini merupakan isu lama yang tak kunjung tuntas.


C. Pemerintah akan segera mencabut izin Apple Corps jika mereka tidak segera bekerja cepat. 


D. Produsen luar negeri sebaiknya segera membuat perhitungan jika izinnya tidak ingin dibekukan. 


E. Pemerintah mengimbau kepada Apple Corps agar membangun pusat penelitian dan pengembangan di Indonesia.


Soal nomor 13. 

Pendapat penulis terdapat dalam kalimat...


A. Pemerintah memberikan tenggat kepada Apple Corps agar membangun pusat penelitian dan pengembangan di Indonesia. 


B. Hal ini merupakan bagian dari penerapan ketentuan mengenai kandungan lokal untuk telepon seluler generasi keempat yang akan diterapkan awal Januari 2017. 


C. Jika sampai tenggat yang diberikan produsen ponsel premium asal AS itu tidak memenuhi ketentuan mengenai kandungan lokal, maka produknya tidak boleh beredar di Indonesia.


D. Kalau kita lihat lebih jauh soal kandungan lokal, ini merupakan isu lama yang tak kunjung tuntas.


E. Pola pertama TKDN yang berfokus manufaktur dengan bobot manufaktur 70%, pengembangan 20%, dan aplikasi 10%.




Teks eksposisi untuk soal nomor 14 dan 15.


Dewasa ini media dan sumber belajar semakin tanpa batas. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang informasi telah memperluas media untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Filosofi 'alam terkembang jadikan guru' benar-benar menjadi sebuah fenomena nyata dalam kehidupan manusia sehari-hari. Orang begitu mudah memperoleh informasi yang dibutuhkan. Adanya media jaringan internet yang menyediakan sumber belajar tanpa batas inilah yang membuktikan dunia semakin tanpa batas.


Sumber informasi dalam pembelajaran di sekolah pun menjadi sangat bervariatif. Di sekolah siswa tidak hanya mengandalkan guru sebagai sumber informasi satu-satunya. Begitu pula buku pelajaran dan lingkungan sekitarnya. Internet menjadi media belajar paling praktis untuk melengkapi semua media dan sumber belajar yang sudah ada.


Guru dan siswa lebih cepat memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk keperluan belajar dan pembelajaran. Fasilitas jaringan internet di sekolah, warung internet (warnet), gadget (seluler, notebook, dan tablet) adalah wahana akses informasi yang paling penting dalam pemanfaatan media internet dalam pembelajaran. Fasilitas tersebut sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.



Masalahnya sekarang, apakah para pendidik dan peserta didik benar-benar memanfaatkan semua sumber belajar itu dengan baik atau mereka hanya bermain-main dengan fasilitas tersebut. Dengan kata lain, sudahkah mereka memanfaatkan media internet secara efektif dalam menunjang proses pembelajaran. Sebaliknya, mereka menggunakan internet untuk kegiatan yang tidak menunjang pembelajaran.


Dikutip dengan pengubahan dari: https://www. matrapendidikan.com/2016/07/pemanfaatan internet-sebagai-media.html


14. Ide pokok yang mendasari terbentuknya teks eksposisi tersebut adalah....


A. masalah yang dihadapi dunia pendidikan dewasa ini


B. sumber informasi dalam pembelajaran di sekolah


C. media dan sumber belajar semakin tanpa batas


D. kemajuan zaman menuntut kemajuan. teknologi


E. pemanfaatan kemajuan teknologi komunikasi 


Soal nomor 15. 


Preposisi mereka mengacu pada


A. pengguna kemajuan

B. pengusaha

C. guru dan siswa

D. masyarakat luas

E. generasi muda



Kunci jawaban:

1. A

2. D

3. C

4. A 

5. E 

6.A

7. D 

8. A 

9A 

10. A 

11. D 

12.E 

13.B 

14. C 

15.C




Monday 29 November 2021

Kumpulan soal teks eksposisi

 Antisipasi Dampak Buruk Internet


Internet merupakan sesuatu yang paling melekat dan dianggap paling penting dalam kehidupan masa kini. Internet menjadi penting karena memiliki beragam manfaat yang menyangkut semua aktivitas kehidupan sehari-hari. Namun, di samping beragam manfaat yang didapat dari internet, internet juga membawa dampak buruk untuk kehidupan manusia masa kini.


Dampak positif internet dapat dirasakan dalam berbagai bidang kehidupan. Dampak buruk dari internet juga memengaruhi berbagai bidang. Pertama, membuat orang menjadi malas bergerak, contohnya malas untuk memasak, berbelanja atau mengendarai kendaraan sendiri bisa melakukan pemesanan makanan, belanja ataupun memakai jasa transportasi secara online. Kedua, internet bisa membuat malas berpikir, salah satu kasusnya adalah di dunia pendidikan. Ketika mendapat tugas dari guru atau dosen biasanya mengerjakan tugas dengan cara copy-paste dari internet, tanpa harus membaca, berpikir, dan menyusun tugas sendiri. Oleh karena itu, sekarang banyak kasus plagiat dari e-book dan e-journal. Ketiga, salah memanfaatkan internet, dengan internet semua orang bebas membuka semua situs.


Kita berkewajiban untuk menghindari atau menghentikan dampak buruk yang semakin banyak. Caranya adalah melalui kesadaran pribadi, membatasi diri dalam menggunakan internet. Selain itu, kita harus dapat memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif, tidak sepenuhnya bergantung dengan internet, membatasi waktu penggunaan internet jika terlalu sering juga akan mengganggu kesehatan mata. Setelah kesadaran diri untuk mencegah dampak buruk internet, mulailah ajak orang-orang sekitar untuk bersama-sama memanfaatkan internet dengan baik.


Pernyataan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah.


A. Adanya internet membuat generasi muda menjadi malas karena mereka menghabiskan waktu untuk melihat gadget yang mereka punya.


B. Internet memiliki manfaat yang banyak sekaligus berdampak buruk bagi kita. 


C. Membatasi diri dalam menggunakan internet tidak akan bisa mengatasi kecanduan akan penggunaan internet.


D. Internet sangat memudahkan manusia yang ada di bumi ini karena mereka bisa berkomunikasi dengan mudah. 


E. Adanya internet sangat membantu pelajar dalam proses belajar mengajar di sekolah.


Kunci jawaban: B



Soal nomor 2


Paragraf kedua dalam teks eksposisi di atas merupakan bagian teks eksposisi yang berupa


A. tesis

B. konflik

C. referensi

D. argumentasi 

E. penegasan pendapat


Kunci jawaban: D


Soal nomor 3


Kalimat yang berisi pendapat penulis adalah.... 

A. Internet merupakan sesuatu yang paling melekat dan dianggap paling penting dalam kehidupan masa kini. 


B. Di samping beragam manfaat yang didapat dari internet, internet juga membawa dampak buruk untuk kehidupan manusia masa kini.


C. Dampak positif internet dapat dirasakan dalam berbagai bidang kehidupan, dampak buruk dari internet juga mempengaruhi berbagai bidang.


D. Internet membuat orang semakin menjauh dan sosialisasi antarmanusia pun semakin berkurang.


E. Caranya adalah melalui kesadaran pribadi, membatasi diri dalam meng gunakan internet.



Kunci jawaban C



Soal nomor 4. 


Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ... 


A. Bagaimana pengaruh internet terhadap kehidupan generasi muda?


B. Siapakah pihak yang bertanggung jawab terhadap penggunaan internet? 


C. Apa yang dapat dilakukan untuk mengu rangi dampak buruk penggunaan internet?


D. Mengapa internet bisa membuat manusia lebih mudah berkomunikasi? 


E. Sejauh mana pengaruh internet terhadap perkembangan jiwa seseorang?


Kunci jawaban: C