Thursday 2 December 2021

Menganalisis Amanat yang terdapat dalam kutipan karya sastra

 Bacalah kutipan cerpen berikut!


"Seharusnya yang berterima kasih itu pemerintah, Ivan. Kau dan komunitasmu yang mencetuskan ide ini, anggota geng motor yang stereotipnya sering membuat onar. Tapi kau berhasil mengubah pandangan kami. Saya aja nggak nyangka ada 900 warga yang ikut Hari Kuuyuan ini."


Sebenarnya ini bukan ide saya Pak. Sekitar sebulan lalu saya melihat anak kecil berenang di sungai ini saat hujan. Saya menegurnya karena berbahaya, tapi dia bilang dia sedang kukuyuan, terus saya melihatnya memungut sampah. Saya langsung tertohok. Saya baru melihat ada anak kecil yang peduli dengan lingkungan sekitarnya. Kalau kita menemukannya di sini, kita harus berterima kasih padanya, Pak."


"Masya Allah. Saya ingin memberinya santunan. Semoga saja kau masih mengingat wajahnya."


"Saya masih ingat kok." (Pretty Angelia, Kukuyuan)


Amanat yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ....


A. Sebaiknya kita membersihkan sampah di lingkungan sungai.

B. Sebaiknya kita mengucapkan terima kasih kepada seseorang. 

C. Seorang anak kecil mampu menyadarkan kita untuk berbuat baik.

D. Seorang anak kecil yang memungut sampah karena ia anak pemulung. 

E. Pejabat yang akan memberikan santunan kepada anak kecil yang berjasa.


Kunci jawaban: C

Jawaban soal tersebut mengerucut pada opsi A atau C. Jawaban yang benar adalah C.

Amanat adalah pesan penulis yang ingin disampaikan kepada pembaca. Pesan penulis yaitu sebaiknya kita membersihkan sampah di lingkungan sungai.

Kalau kita perhatikan opsi A adalah jawaban yang kurang tepat. Opsi tersebut bukan merupakan amanat. Opsi tersebut adalah nilai-nilai yang bisa kita gunakan untuk sehari-hari.


No comments:

Post a Comment