SELAMAT MENGERJAKAN
Bacalah penggalan teks laporan hasil observasi berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
(1) Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. (2) Wayang kulit dilihat dari umur, dan gaya pertunjukannya pun dibagi lagi menjadi bermacam jenis. (3) Wayang wong adalah salah satu pertunjukkan wayang yang diperankan langsung oleh orang. (4) Wayang golek adalah jenis wayang yang mempertunjukkan boneka kayu. (5) Ada juga wayang suket yaitu wayang yang terbuat dari rumput dan wayang motekar atau wayang plastik berwarna. (6)Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan.
|
1. Ide pokok paragraf di atas adalah ….
A. Wayang adalah seni pertunjukan warisan budaya asli Indonesia.
B. Wayang merupakan wujud ekspresi kebudayaan
C. Wayang wong adalah pertunjukkan yang diperankan langsung oleh orang.
D. Wayang golek adalah jenis wayang yang mempertunjukkan boneka kayu.
E. Wayang suket yaitu wayang yang terbuat dari rumput
2. Urutan kalimat pada paragraf di atas merupakan ….
A. Pendapat, pendapat, fakta, fakta, pendapat, fakta
B. Fakta, fakta, fakta, fakta, fakta, pendapat
C. Pendapat, pendapat, pendapat, fakta, fakta, pendapat
D. Fakta, pendapat, pendapat, fakta, fakta, pendapat
E. Fakta, pendapat, fakta, pendapat, fakta, pendapat
3. Bacalah penggalan teks laporan hasil observasi berikut dengan saksama!
Wayang kulit dilihat dari umurnya, dan gaya pertunjukannya pun dibagi lagi menjadi bermacam jenis. Jenis yang paling terkenal, karena diperkirakan memiliki umur paling tua adalah wayang purwo. Purwo berasl dari bahasa Jawa, yang berarti awal. Wayang ini terbuat dari kulit kerbau yang ditatah, dan dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pedalangan, diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit yang terdiri atas tuding dan gapit.
|
Penggalan teks laporan hasil observasi di atas, termasuk deskripsi ….
A. Identifikasi
B. Klasifikasi
C. Deskripsi bagian
D. Deskripsi mafaat
E. Deskriptif subjektif
4. Bacalah penggalan teks laporan hasil observasi berikut dengan saksama!
Wayang adalah seni dekoratif yang merupakan ekspresi kebudayaan nasional. Di samping merupakan ekspresi kebudayaan nasional juga berfungsi sebagai media pendidikan, media informasi dan media hiburan.
|
Penggalan teks laporan hasil observasi di atas, termasuk deskripsi ….
A. Identifikasi
B. Klasifikasi
C. Deskripsi bagian
D. Deskripsi mafaat
E. Deskriptif subjektif.
Teks laporan hasil observasi untuk soal nomor 5 dan 6!
Sejumlah Pemulung Kepung Kolong Stasiun Sawah Besar
1) 1) Bangunan kios onderdil di jalan Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Barat, telah ditertibkan oleh aparat gabungan. 2) Puluhan pemulung mengepung area bangunan yang sudah rata dengan tanah itu. 3) “Lumayan Mas, masih ada besi-besi yang bisa dijual lagi. 4) Kayu-kayunya juga lumayan,” Ujar Sudirman. 5) Menurut pria yang mengenakan topi hijau itu, dirinya baru saja datang karena diberitahu temannya.
Bapak dua anak itu menjelaskan beberapa temannya ada yang sudah bolak-balik sebanyak dua kali.
“Ada yang fokus memunguti besi-besi serta rolling door-nya. Ada juga yang mencari kayu dan papan. Bahkan, teman saya sampai rela menyewa mobil supaya bisa membawa banyak,” katanya.
Para pemulung ini tidak bekerja sendirian. Mereka saling membantu satu sama lain, lalu membagi rata hasilnya. Bahkan, beberapa pemulung ada yang mengajak anaknya untuk mengangkut puing-puing tersebut.
|
5. Informasi penting dalam teks laporan hasil opservasi tersebut adalah …
A. Petugas aparat gabungan membantu para pemulung mengambil besi dan kayu.
B. Para pemulung menjual besi dan kayu kepada pengepul barang bekas.
C. Para pemulung menjual besi dan kayu tersebut kepada pengepul barang bekas.
D. Pemulung mengepung bekas kios onderdil, mengambil besi dan kayu bekas.
E. Keluarga pemulung beramai-ramai memungut puing-puing bekas bangunan.
6. Kalimat kompleks pada paragraf pertama terdapat pada nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
7. Bacalah kutipan laporan hasil observasi berikut dengan saksama!
Selain topeng, barang-barang tradisional juga dipamerkan di D’topeng. Barang-barang tradisional yang mengisi etalase-etalase museum ini adalah senjata tradisional, perhiasan wanita zaman dahulu yang berbahan dasar logam, batik-batik motif lama, dan hiasan rumah kuno. Berdasarkan bahan dasarnya, barang-barang tersebut juga dapat dikelompokkan menjadi empat. Barang-barang berbahan dasar kayu, seperti hiasan rumah, berupa kepala kerbau berasal dari Toraja. Barang-barang berbahan dasar batu, seperti alat penusuk jeruk, berasal dari Batak. Barang-barang berbahan dasar kain, seperti batik berbagai motif, berasl dari Yogyakarta dan Jawa Tengah.
|
Informasi penting yang terdapat dalam laporan hasil observasi tersebut adalah …
A. D’topeng adalah museum yang berisi berbagai jenis topeng dari berbagai daerah di Indonesia.
B. D’topeng memamerkan topeng dan berbagai macam hiasan rumah kuno yang terbuat dari berbagai bahan dasar.
C. Benda-benda yang terdapat di D’topeng berasal dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.
D. D’topeng diminati banyak wisatawan asing karena memiliki berbagai jenis koleksi topeng nusantara.
E. Miniature rumah kuno dan senjata tradisional nusantara juga dikoleksi oleh D’topeng.
8. Bacalah teks berikut ini secara cermat!
Teks laporan di atas berbentuk...
A. definisi
B. eksposisi
C. klasifikasi
D. deskripsi
E. argumentasi.
9. Pernyataan deskripsi yang salah paragraf di atas terdapat pada kalimat ke......
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5.
10. Bacalah teks berikut ini secara saksama!
Teks laporan di atas berbentuk...
A. definisi
B. inerasi
C. persuasi
D. deskripsi
E. Argumentasi.
Bacalah kutipan laporan hasil observasi berikut dengan saksama!
11. Teks laporan hasil observasi tersebut membahas masalah …
A. Keberadaan transportasi darat memadati lalu lintas.
B. Penumpukan sarana dan prasarana lalu lintas melebihi batas.
C. Peristiwa kecelakaan lalu lintas akibat konflik antar pengendara.
D. Kemacetan lalu lintas diakibatkan penumpukan kendaraan.
E. Aktivitas manusia terhambat akibat kecelakaan kendaraan.
Bacalah dua teks laporan hasil observasi berikut dengan saksama!
12. Persamaan isi dari kedua teks laporan hasil observasi tersebut adalah …
A. Kedua teks tersebut berisi pengamatan mengenai tingkat pendidikan dan pengangguran di Indonesia.
B. Kedua teks membahas masalah kemiskinan yang berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat.
C. Kedua teks tersebut berisi pengamatan mengenai masalah kesenjangan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.
D. Kedua teks membahas tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di kota-kota besar.
E. Kedua teks tersebut membahas masalah tingginya pertumbuhan penduduk dan rendahnya perekonomian negara.
Bacalah kutipan laporan hasil observasi berikut dengan saksama!
13. Kalimat kompleks setara ditunjukkan oleh kalimat nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
Teks laporan hasil opservasi untuk soal nomor 14 dan 15!
14. Interpretasi tepat sesuai isi teks laporan tersebut adalah …
A. Kampung 1001 Malam berdiri sejak tahun 1980-an yang dihuni oleh warga miskin.
B. Penerangan di Kampung 1001 Malam hanya cahaya bintang dan sinar rembulan.
C. Kampung 1001 Malam merupakan kampung tanpa penerangan yang dihuni oleh pemulung, peminta-minta, dan penjahat.
D. Jumlah warga miskin di Surabaya semakin banyak sehingga mereka tinggal di Kampung 1001 Malam.
E. Pemerintah Kota Surabaya menampung pemulung, peminta-minta, dan penjahat di Kampung 1001 Malam.
15. Kalimat definisi dalam teks laporan tersebut adalah …
A. Tidak ada lampu listrik yang menerangi kegelapan warga saat itu.
B. Mereka hanya ditemani temaram cahaya bintang dan rembulan atau lampu ‘oblek’.
C. Sehari-harinya mereka menyebar ke pelosok-pelosok Kota Surabaya.
D. Kesulitan memiliki rumah membuat mereka menetap ‘seenaknya’.
E. Kampung di bawah jembatan Tol Dupak Surabaya adalah Kampung 1001 Malam.
16. Bacalah kalimat kompleks berikut dengan saksama!
Agar paragraf di atas koheren dan kohesif, sebaiknya menggunakan kata penghubung...
A. setelah, untuk, sebab
B. jika, agar, tetapi
C. sebelum, andai, sebab
D. sesudah, jika, tetapi
E. biarkan, telah, agar.
Bacalah teks berikut ini dengan saksama!
17. Kata yang tidak baku pada paragraf di atas adalah ….
A. dunia
B. studi
C. Obyek
D. suatu
E. Morfologi.
18. Bacalah penggalan teks laporan hasil observasi berikut dengan saksama !
Ide pokok paragraf di atas adalah ….
A. Wayang adalah seni pertunjukan warisan budaya asli Indonesia.
B. Wayang merupakan wujud ekspresi kebudayaan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan.
C. Wayang wong adalah pertunjukkan yang diperankan langsung oleh orang.
D. Wayang golek adalah jenis wayang yang mempertunjukkan boneka kayu.
E. Wayang suket yaitu wayang yang terbuat dari rumput
19. Bacalah teks di bawah ini secara cermat!
Kata penghubung yang tepat untuk kalimat laporan observasi di atas adalah ....
A. dan
B. sebab
C. ketika
D. dengan
E. jika
20. Bacalah teks di bawah ini secara cermat!
Perbaikan kata-kata tidak baku dalam paragraf tersebut adalah ....
A. Festifal, imaji, obyek
B. festival, imajinasi, objek
C. pestipal, imaji, objek
D. festival, imajinasi, obyek
E. festifal, imajinasi, objek
21. Berikut ini contoh tesis yang kurang baik dalam sebuah teks eksposisi adalah kalimat…
A. Pendidikan menurut KBBI adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
B. Masalah kesejahteraan guru menjadi salah satu masalah pendidikan Indonesia.
C. Jika dibandingkan dengan negara lain, pendidikan di Indonesia bisa dikatakan sangat tertinggal.
D. Masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan pendidikan yang seadanya.
E. Mutu pendidikan harus semakin ditingkatkan oleh pemerintah.
22. Bacalah teks di bawah ini!
Teks eksposisi di atas agar menjadi kalimat yang baik benar adalah…
A. Kita butuh air untuk memenuhi cairan di dalam tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.
B. Kita butuh air untuk terpenuhi cairan di dalam tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.
C. Kita butuh air untuk terpenuhi cairan di dalam tubuh sekaligus dipercegah dehidrasi.
D. Kita butuh air untuk memenuhkan cairan di dalam tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.
E. Kita butuh air untuk diperpenuhi cairan di dalam tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.
23. Bacalah teks eksposisi berikut ini secara cermat!
Kalimat yang menunjukkan letak bagian argumen muncul pada nomor….
A. 1, 3, dan 4
B. 2, 3, dan 5
C. 3, 4, dan 5
D. 2, 5, dan 6
E. 2, 7, dan 8
24. Ciri dari sebuah teks eksposisi adalah sifatnya yang ilmiah.Cara mengetahuinya hal tersebut adalah...
A. Dengan fakta-fakta yang bisa dibuktikan
B. Tidak ada data-data angka.
C. Semua data bersifat subjektif.
D. Bersifat alami
E. Menjelaskan masalah yang umum.
Cermatilah teks berikut dengan saksama untuk soal no. 37, 38, dan 39!
Kegiatan yang dilakukan pada usaha pembesaran ikan nila ialah memelihara benih ikan ini dari ukuran gelondongan kecil atau gelondongan besar selama beberapa bulan. Dari usaha ini akan dihasilkan ikan ukuran konsumsi.
Ukuran ikan nila konsumsi ada beberapa macam. Untuk konsumen lokal yang daya belinya masih rendah lebih menyenangi ikan yang berukuran 100 – 200 g/ekor karena harganya relative lebih murah. Adapun untuk konsumen golongan menengah ke atas lebih menyukai ikan yang berukuran 400 – 1.000 g/ekor
|
25. Topik paragraf pertama adalah … .
A. Pembenihan ikan
B. Usaha pembesaran nila
C. Jenis-jenis ikan nila
D. Ukuran ikan konsumsi
E. Waktu pemeliharaan ikan
26. Gagasan utama paragraf pertama adalah … .
A. Usaha ini akan menghasilkan ikan ukuran konsumsi
B. Kegiatan memelihara benih ikan
C. Kegiatan itu dilakukan pada usaha pembesaran ikan nila
D. Ukuran ikan meliputi gelondongan kecil atau gelondongan besar
E. Usaha pembesaran ikan nila meruapakan usaha memelihara ikan nila berukuran kecil menjadi besar
27. Gagasan utama pada paragraf kedua dinyatakan dalam kalimat … .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 1, 2
E. 1, 3
28. Cermatilah teks berikut !
Dengan demikian, jelaslah bahwa melalui pendidikan formal orang hanya mempelajari cara belajar, bukan cara menjalani hidup. Meskipun pendidikan formal diperlukan, pendidikan formal bukan satu-satunya jalan yang dapat ditempuh oleh setiap orang untuk menuju ke puncak kesuksesannya.
|
Dengan melihat diksi dan isi dapat ditentukan bahwa paragraf tersebut merupakan bagian struktur teks eksposisi yang berupa… .
A. abstrak
B. pernyataan pendapat
C. argumentasi
D. penegasan ulang pendapat
E. koda
Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal nomor 29 dan 30 !
Fakta menunjukkan jika di Indonesia setiap hari berbagai kasus kriminal yang melibatkan perilaku ekonomi silih berganti menghiasi media. Sebut saja kasus bank century merupakan contoh bagaimana perusahaan sangat berorientasi pada keuntungan, tanpa mengindahkan peraturan yang berlaku
|
29. Paragraf tersebut merupakan bagian struktur teks eksposisi yang berupa… .
A. abstrak
B. pernyataan pendapat
C. argumentasi
D. penegasan ulang pendapat
E. koda
30. Cuplikan paragraf tersebut menginformasikan … .
A. Kegiatan wisuda
B. Keadaan para siswa
C. Organisasi siswa
D. Hubungan pengurus sekolah
E. Kektifan suatu sekolah
Cermatilah wacana berikut untuk soal 31 dan 32!
Lesunya dunia usaha akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan sampai saat ini mengakibatkan rendahnya kesempatan kerja terutama bagi lulusan perguruan tinggi. Sementara di sisi lain jumlah angkatan kerja perguruan tinggi terus meningkat. Sampai tahun 2015 ada sekitar 2,3 juta angkatan kerja lulusan perguruan tinggi. Kesempatan kerja yang terbatas bagi lulusan perguruan tinggi menimbulkan dampak semakin banyak angka pengangguran sarjana di Indonesia. Menurut catatan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Depdiknas angka penganggguran sarjana di Indonesia lebih dari 300.000 orang
|
31. Gagasan utama penggalan teks eksposisi tersebut adalah … .
A. Jumlah pengangguran sarjana di Indonesia
B. Peningkatan angkatan kerja lulusan perguruan tingi
C. Dampak lesunya dunia usaha terhadap kesempatan kerja bagi sarjana
D. Rendahnya kesempatan kerja bagi lulusan perguruan tinggi
E. Meningkatnya junlah pengangguran lulusan perguruan tinggi di Indonesia
32. Pernyataan yang sesuai dengan isi penggalan teks eksposisi tersebut adalah … .
A. krisis ekonomi yang berkepanjangan mengakibatkan meningkatnya kesempatan kerja
B. Sampai tahun 2015 ada sekitar 3,2 juta angkatan kerja lulusan perguruan tinggi
C. Kesempatan kerja yang luas bagi lulusan perguruan tinggi menimbulkan dampak semakin banyak angka pengangguran sarjana di Indonesia
D. krisis ekonomi yang berkepanjangan sampai saat ini mengakibatkan rendahnya kesempatan kerja terutama bagi lulusan perguruan tinggi
E. catatan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Depdiknas angka kesempatan kerja sarjana di Indonesia lebih dari 300.000 orang
Cermatilah wacana berikut dengan saksama !
Saya percaya jika peluang bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa utama ASEAN sebetulnya masih terbuka lebar. Namun, hal tersebut tidak akan pernah terwujud tanpa adanya dukungan dari penuturnya. Harapan bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa utama ASEAN hanya akan menjadi mimpi apabila kita sebagai penuturnya tidak bangga menggunakan bahasa Indonesia.
|
33. Dalam paragraf tersebut terdapat verba yang menyatakan persepsi yaitu kata … .
A. percaya
B. menjadi
C. terbuka
D. terwujud
E. mimpi
34. Kata yang dicetak miring dalam paragraf tersebut merupakan konjungsi yang menyatakan … .
A. perlawanan
B. waktu
C. syarat
D. tujuan
E. cara
35. Pronomina yang dicetak tebal dalam paragraf tersebut merujuk pada … .
A. negara-negara ASEAN
B. penulis
C. pejabat Negara
D. pemerintah
E. rakyat Indonesia
36. Cermatilah wacana berikut dengan saksama!
Di Indonesia keterhubungan antar wilayah penting, tetapi belum terselesaikan. Infra struktur fisik akan meningkatkan produktifitas ekonomi nasional- keuangan, pangan, dan energi- selain mempermudah lalu lintas orang. Konektivitas di antara ekonomi anggota APEC akan menjadikan ekonomi kawasan Asia Pasifik lebih berdaya saing dan menjadi pusat pertumbuhan dunia. Lima gagasan diusulkan menjadikan Asia Pasifik lokomotif pertumbuhan dunia.
|
Penulisan yang benar kata-kata yang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah … .
A. antar wilayah, infrastruktur, produktifitas, konektifitas, diantara
B. antar wilayah, infrastruktur, produktivitas, konektifitas, di antara
C. antarwilayah, infrastruktur, produktivitas, konektivitas, di antara
D. antarwilayah, infra struktur, produktivitas, konektivitas, diantara
E. antarwilayah, infrastruktur, produktifitas, konektifitas, diantara.
37. Cermatilah wacana berikut ini dengan saksama!
Dalam teori kutukan sumber daya alam, mereka yang dikaruniai sumber daya alam melimpah justru menjadi bangsa yang tidak maju jika tidak hati-hati mengelolanya. Sumber daya alam yang melimpah cenderung membuat manusia santai dan malas karena mengandalkan sumber daya alam yang ada dengan mengambil dan menjualnya. Dikhawatirkan akan muncul masalah baru apabila sumber daya alam di Indonesia berkurang bahkan habis. Dengan demikian, dapat dikatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak berkualitas karena hanya bergantung pada sumber daya alam dan tingginya konsumsi masyarakat dalam negeri untuk barang impor.
|
Informasi pokok dalam paragraf tersebut adalah … .
A. Sumber daya alam yang melimpah cenderung membuat manusia santai dan malas
B. Pertumbuhan ekonomi Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan
C. Muncul kekhawatiran jika akan muncul masalah baru apabila sumber daya alam di Indonesia berkurang bahkan habis
D. Suber daya alam bisa menjadi kutukan jika terus diekplotasi, tanpa ada inovasi yang mengandalkan kemampuan sumber daya manusia
E. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak berkualitas karena bergantung pada sumber daya alam dan tingginya konsumsi masyarakat dalam negeri untuk barang impor.
38. Cermatilah teks berikut!
Organ adalah gabungan dari berbagai jenis jaringan yang terorganisasi dalam fungsi tertentu. Lambung merupakan salah satu organ yang menyusun system pencernaan manusia dan vertebrata. Lambung tersusun dari beberapa jaringan yaitu jaringan epithelium, jaringan ikat, jaringan otot, jaringan saraf. Jaringan-jaringan tersebut bergabung untuk melakukan fungsi yang sama, yaitu mencerna makanan.
|
Dilihat dari bentuknya teks tersebut di atas termasuk jenis teks eksposisi ...
A. proses
B. definisi
C. klasifikasi
D. desktiprif
E. Perbandingan.
39. Bacalah teks berikut!
Kalimat simpulan akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi tersebut adalah . . .
A. Indonesia akan menjadi bangsa besar dan bermartabat.
B. Korupsi harus diberantas sampai seakar-akarnya.
C. Pemerintah harus segera mengambil kebijakan.
D. Pelaku korupsi harus dihukum seberat-beratnya.
E. Pemuda harus belajar dengan giat.
40. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Penulisan kata yang salah dalam paragraf di atas terdapat pada kata ... .
A. remaja seharusnya para remaja
B. rokok seharusnya merokok
C. resiko seharusnya risiko
D. riset seharusnya reacet
E. kronis seharusnya keronis.
41. Bacalah teks anekdot berikut ini secara cermat!
Isi yang sesuai dengan teks tersebut adalah …
A. Kemarahan polisi saat melihat pengemudi becak berhenti di tempat yang salah.
B. Kebaikan hati pengemudi becak saat menjawab pertanyaan polisi
C. Kepandaian pengemudi becak saat memberi alasan atas pertanyaan polisi
D. Kemarahan pengemudi becak saat dimarahi polisi
E. Kelucuan beberapa pengemudi becak saat berurusan dengan polisi.
42. Bacalah teks berikut ini secara cermat!
Makna kata terinspirasi dan membidikkan pada teks tersebut adalah ...
A. teryakini, menunjukkan
B. dipahami, menjelaskan
C. diarahkan, diyakini
D. ditunjukkan, diarahkan
E. terilhami, mengarahkan
43. Bacalah teks berikut!
Interpretasi yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
A. Mengkritik ibu rumah tangga dalam menerima tamu.
B. Menyarankan masyarakat agar tidak terpengaruh dengan promosi.
C. Menyindir salesman yang berlebihan dalam mempromosikan barang.
D. Mengingatkan masyarakat agar berhati-hati dalam menghadapi salesman.
E. Mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap setiap salesman
44. Bacalah anekdot beriktu ini secara cermat!
Kelucuan anekdot tersebut adalah …
A. Nasib sial yang dialami orang I, yang merasa yakin dan percaya diri pendapatnya paling benar, tetapi kemudian hatinya menjadi kecut gara-gara keputusan hakim yang menyatakan ia justru yang bersalah.
B. Peristiwa yang aneh yang terjadi pada hakim.
C. Nasib sial yang dialami hakim yang merasa yakin dan percaya diri pendapatnya paling benar.
D. Warga jengkel melihat ada dua orang yang sedang bertengkar.
E. Nasib sial warga karena melihat hakimyang sedang bertengkar.
45. kritik dan pesan yang terkandung dalam teks di atas adalah …
A. jangan mudah menganggap orang lain bodoh. Boleh jadi diri sendiri itulah yang lebih bodoh dari orang lain. Hal ini tampak pada pernyataan hakim bahwa orang yang berdebat dengan orang tolol berarti ia lebih tolol karena ia sudah melakukan pekerjaan yang sia-sia, tidak ada gunanya.
B. Jadilah hakim yang adil jangan suka mau disuap.
C. Jadilah warga yang kritis mau mengkritik keputusan hakim.
D. Jangan suka bertengkar dengan hakim.
E. Jadilah orang yang selalu benar.
46. Bacalah teks anekdot berikut ini secara cermat!
KUHP
Seorang dokter fakultas hukum suatu universitas sedang memberi kan kuliah hukum pidana .Suasana biasa-biasa saja.
Saat sesi tanya jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP?, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen.
Dengan tegas Ahmad menjawab,”Kasih Uang Habis Perkara Pak!”
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, “Saudara Ahmad darimana saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, “Peribahasa Inggris menyatakan pengalaman adalah guru terbaik, Pak…!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu mereka tertawa terbahak-bahak.
Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal.
Pada kalimat “mahasiswa tercengang dan tertawa, sedangkan dosen menggeleng-gelengkan kepala’’ adalah termasuk kalimat struktur teks...
A. Orientasi
B. Abstraksi
C. Koda
D. Krisis
E. Reaksi
47. Saat sesi tanya jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP,
Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad.
“Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas
Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak ...!”
Kutipan diatas merupakan salah satu bagian dari struktur teks anekdot, yaitu....
A. Abstraksi
B. Krisis
C. Koda
D. Reaksi
E. Orientasi
48. Seorang dokter fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja.
Kutipan diatas merupakan salah satu bagian dari struktur teks anekdot, yaitu....
A. Abstraksi
B. Krisis
C. Koda
D. Reaksi
E. Orientasi
49. Gelak tawa mereda.Kelas kembali berlangsung aman.
Kutipan diatas merupakan salah satu bagian dari struktur teks anekdot, yaitu....
A. Abstraksi
B. Krisis
C. Koda
D. Reaksi
E. Orientasi.
50. Susunlah anekdot berikut sesuai dengan strukturnya!
1. Bu guru pun tersenyum.
2. Siapa yang bisa membuat perempamaan bagi penegak hukum di negeri kita? Tanya
3. Bu guru di depan kelas.
4. Bu guru bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek.
5. Tidak lalu kemudian seorang anak menjawab dengan lantang.
6. Hukum kantong kresek Bu, kata anak itu.
7. Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil BU, kalau kasus besar tidak pernah muat.
A. 1-2-3-4-5-6
B. 2-4-5-3-6-1
C. 2-4-3-5-1-6
D. 6-5-4-3-2-1
E. 3-2-1-4-5-6
KUNCI JAWABAN
No comments:
Post a Comment