Saturday 16 November 2019

CARA MENEMUKAN KALIMAT TIDAK PADU PADA PARAGRAF

Cermati paragraf berikut ini secara saksama!

(1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di fasilitas iradiator untuk membuat materi genetik sorgum bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi. (3) Ia menanam benih sorgum di lahan-lahan kering Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dan hasilnya positif. (4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia menghasilkan kualitas unggul sorgum bernama Pahat.

Kalimat tidak padu dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor .....

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Jawaban: D

Pembahasan
Langkah-langkah menemukan kalimat tidak padu, pertama cari kalimat utama paragraf tersebut. kemudian yang kedua cari kalimat yang tidak padu dengan kalimat utama.

Kalimat utama adalah kalimat yang paling umum pada suatu paragraf. Kalimat utama bisa terletak di awal paragraf, di tengah paragraf, di akhir paragraf, di awal dan di akhir paragraf serta menyebar di seluruh kalimat pada suatu paragraf.

Perbedaan kalimat utama dengan kalimat penjelas adalah kalimat utama suatu paragraf bisa berdiri sendiri dan bermakna, tetapi kalimat penjelas tidak dapat berdiri sendiri, karena memerlukan kalimat lain.

Kalimat utama paragraf di atas adalah (1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di fasilitas iradiator untuk membuat materi genetik sorgum bermutasi.

Kalimat yang padu dengan kalimat utama adalah kalimat nomor (4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. Mengapa? Karena kalimat nomor (4) tidak nyambung dengan kalimat utama (kalimat nomor 1).

Kalimat nomor (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi merupakan kalimat yang padu. Mengapa? Sebab ada kata ganti -nya yang mengacu pada kalimat nomor (1). Kata ganti -nya mengacu pada Penelitian Badan Tenaga Nuklir Nasional yang memanfaatkan radiasi sinar gama.

Kalimat nomor (3) Ia menanam benih sorgum di lahan-lahan kering Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dan hasilnya positif, merupakan kalimat yang padu. Mengapa? Karena pada kalimat ini menggunakan kata ganti Ia yang mengacu pada kalimat utama. Kata ganti ia mengacu pada Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional.


 Kalimat (5) Ia menghasilkan kualitas unggul sorgum bernama Pahat, merupakan kalimat yang padu. Mengapa padu? karena pada kalimat ini terdapat kata ganti "Ia" yang mengacu pada Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional.

Jadi, jawaban soal tersebut adalah opsi  D kalimat nomor 4 yang berbunyi Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. Kalimat ini tidak berkaitan dengan kalimat utama. Paragraf tersebut jika menggunakan kalimat nomor 4, akan menghasilkan sebuah paragraf yang tidak kohesif.

No comments:

Post a Comment