Sunday, 10 November 2019

kumpulan soal bahasa Indonesia kelas 12

Cermati pernyataan berikut ini!
Seni dapat memperkaya kehidupan seseorang karena dapat memberikan pengalaman emosi atau pengalaman keindahan. Sebuah karya seni disebut bermutu jika pengalaman emosi atau pengalaman keindahan yang khas dan bermakna, diberikan karya seni itu.

1. Kalimat kritik yang sesuai dengan pernyataaan tersebut adalah …
A. Perlu diingat, pengalaman emosi setiap orang berbeda dalam menikmati karya seni.
B. Namun, sayangnya tidak semua karya seni memiliki kualitas yang bermakna.
C. Tetapi, pengalaman keindahan yang didapat setiap orang berbeda.
D. Namun, sayangnya makna seni tidak selalu bermakna khas.
E. Sayangnya, karya seni tidak bermakna apa-apa bagi seseorang.

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1)Kejayaan bangsa tak lepas dari penerapan konsep kepemimpinan yang ideal sebagaimana diajarkan para leluhur. (2)Seorang pemimpin harus memiliki darma ksatria, yakni titik konsentrasi dalam konsep kepemimpinan ideal. (3)Dengan begitu, ia  tidak lupa diri akan tugas pokoknya dalam membina masyarakat atau rakyatnya. (4)Mental dan spirit harus terjaga agar tidak menjadi liar. (5)Selain itu, pemimpin mudah terpengaruh atau sebaliknya menjadi lemah.
2. Kalimat utama paragraf tersebut adalah …
A. kalimat (1)
B. kalimat (2)
C. kalimat (3)
D. kalimat (4)
E. kalimat (5)

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Bagi para perajin batik, membatik pada awalnya hanyalah pekerjaan sampingan. Pekerjaan itu dilakukan di sela-sela kesibukannya menjadi ibu rumah tangga, mengurus tanaman, mengurus ternak, atau kebutuhan pokok yang lain. Pendapatan mereka masih sangat tergantung orderan dari perusahaan batik. Mereka tidak bisa mengembangkan usaha batik tulis sendiri karena kendala modal dan pemasaran. Program-program pendampingan untuk mereka seperti yang ada sekarang IOM (International Organization for Migration) dan JRF (Java Reconstruction Fund) belum menjadi garapan pemerintah.

3. Ide pokok paragraf tersebut adalah …
A. program pendampingan perajin batik
B. pekerjaan sampingan perajin batik
C. membatik pekerjaan sampingan
D. pendapatan para perajin batik
E. kesibukan para perajin batik

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
(1)Indonesia adalah penghasil utama minyak sawit mentah (CPO) dengan produksi 19,2 ton pada 2008. (2)CPO kini menguasai 27 persen pangsa pasar minyak nabati dunia, mengalahkan minyak kedelai dan kanola. (3)Harga CPO pun kini menarik sehingga mendorong pengusaha terus berekspansi. (4)Diperkirakan 2,8 juta hektar lahan gambut masuk konsesi kelapa sawit. (5)Menurut Irsal, lahan dengan ketebalan gambut kurang dari tiga meter dapat ditanami kelapa sawit selama dikelola taat asas. (6)Pemerintah akan menerbitkan berbagai regulasi untuk itu.

4. Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor …
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (6)

5. Makna regulasi pada paragraf tersebut adalah …
A. teratur
B. pengaturan
C. pengatur
D. persatuan
E. organisasi

6. Kata tidak baku pada paragraf tersebut adalah …
A. ton
B. persen
C. pangsa
D. konsesi
E. hektar



advertise


Advertise
Bacalah penggalan biografi di bawah ini dengan saksama!
Gelar sarjana sastra diraihnya pada 1957, dan doktor honoris causa, delapan belas tahun kemudian -- keduanya di Fakultas Sastra UI. Ia juga sempat mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS. Ia menguasai bahasa Inggris, Belanda, Prancis, dan Jerman.
Ada kisah unik saat ia menempuh pendidikan di UI. Saat itu, HB Jassin merangkap sebagai mahasiswa dan mahaguru sekaligus. Ketika kuliah sastra-lama, terutama mata pelajaran Jawa Kuno, Sanskerta, HB Jassin menjadi mahasiswa, tekun duduk bersama mahasisawa lainnya dan penuh perhatian pada mata kuliahnya. Akan tetapi, begitu berganti mata kuliah Sastra Modern, Masa Kekinian, HB Jassin berdiri dan maju ke depan, berdiri di podium lalu memberi kuliah, karena memang sebagai doktor Sastra Modern.

7. Hal yang menarik dari biografi di atas adalah ...
A. H.B. Jassin mendapat gelar doktor honoris causa.
B. H.B. Jassin mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS.
C. Ia memberikan teladan kepada para mahasiswa untuk rajin belajar, tekun, teliti dan sungguh-sungguh dengan menjadi mahasiswa dan mahaguru sekaligus.
D. Ia mengajarkan mata kuliah sastra modern.
E. Ia tidak menguasai mata kuliah sastra lama.

8. Pertanyaan yang sesuai dengan isi biografi tersebut adalah …
A. Mengapa H.B. Jassin memilih kuliah di UI?
B. Bagaimana riwayat pendidikan dasar H.B. Jassin?
C. Bahasa asing apa saja yang dia ajarkan?
D. Apa kisah unik saat dia menempuh kuliah di UI?
E. Kapan H.B. Jassin memperoleh gelar dokter?
9. Untuk mengembangkan topik pembinaan keamanan lingkungan RT menjadi tulisan yang runtut, disusunlah kerangka sebagai berikut…
1) sasaran pembinaan keamanan lingkungan RT
2) pentingnya pembinaan keamanan lingkungan RT
3) langkah pembinaan keamanan lingkungan RT
4) bentuk pembinaan keamanan lingkungan RT
Urutan kerangka yang paling tepat untuk tema karangan tersebut adalah …
A. 2-1-4-3
B. 1-2-3-4
C. 4-3-2-1
D. 2-3-1-4
E. 1-4-2-3

Bacalah penggalan tajuk rencana di bawah ini dengan saksama!
Toko modern mulai menjamur di sejumlah pelosok desa di DIY. Bahkan, tidak sedikit toko modern yang berbentuk minimarket waralaba tersebut beroperasi 24 jam. Menjamurnya toko modern ini dikhawatirkan dapat mematikan usaha para pedagang  tradisional di sekitarnya. Masyarakat lebih memilih berbelanja di toko modern karena lebih lengkap dan beroperasi 24 jam. Hal ini harus segera diatasi. Peraturan pemerintah daerah yang mengatur keberadaan toko modern harus terus disosialisasi dan dipatuhi semua pihak.
10. Penulis dalam tajuk tersebut berpihak kepada …
A. pemerintah
B. pedagang tradisional
C. pemilik toko modern
D. semua pihak
E. masyarakat

11. Makna kata waralaba dalam teks di atas adalah …
A. cara mendapatkan keuntungan
B. sistem pembagian wilayah pemasaran
C. kerja sama di bidang usaha dengan sistem bagi hasil sesuai dengan kesepakatan
D. kerja sama di bidang usaha dengan cara membeli merek dagang
E. keuntungan yang sama antara pemilik modal dan mitra
Bacalah penggalan tajuk rencana di bawah ini dengan saksama!
(1)Tidak terlihat upaya konkret pada pihak terkait hingga saat ini untuk menghentikan perusakan hutan. (2)Semua pihak berpikir dengan kebutuhan jangka pendek masing-masing, tanpa memikirkan masa depan anak cucu umat manusia. (3)Tampaknya kepentingan sesaat atas kekayaan ternyata mampu menutupi mata mereka akan keluhuran alam yang harus dipelihara, dilindungi, dan dipenuhi kebutuhannya untuk tidak dihancurkan. (4)Dengan demikian, tampaknya ke depan perlu ada perubahan mendasar dalam cara berpikir manusia. (5) Lingkungan perlu dipandang sebagai sahabat yang harus diperhatikan, dilindungi, dan dilestarikan.

12. Opini penulis tajuk terdapat pada kalimat nomor …
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (4) dan (5)

Perhatikan tabel berikut ini!
Tabel Persentrase Pekerja Dunia Berdasarkan Usia dan Kemajuan Negara
Usia
Negara Maju (%)
Negara Berkembang (%)
6 – 14 th
25
45
15 – 64 th
60
50
65 ke atas
15
5
13.Pernyataan yang sesuai dengan tabel di atas adalah …
A. Persentase pekerja anak-anak di negara berkembang sebanding dengan pekerja yang ada di negara maju.
B. Persentase pekerja tertinggi di negara maju dan di negara berkembang berada pada rentang usia 15 – 64 tahun.
C. Persentase pekerja lansia di negara maju maupun di negara berkembang hampir sama.
D. Persentase pekerja produktif di negara maju sama dengan persentase pekerja produktif di negara berkembang.
E. Pekerja anak-anak di negara maju kualitasnya lebih baik meskipun persentasenya lebih kecil.
14. Kesimpulan berdasarkan data tabel di atas adalah …
A. Persentase pekerja lansia di negara maju dan di negara berkembang cenderung lebih kecil daripada pekerja usia 0 – 14 tahun maupun usia 15 – 64 tahun.
B. Persentase pekerja anak-anak di negara maju lebih kecil dibanding di negara berkembang karena negara maju membatasi pekerja anak-anak.
C. Persentase pekerja lansia di negara maju dan negara berkembang berbeda karena kondisi para lansia juga berbeda.
D. Persentase pekerja produktif di negara maju ternyata paling tinggi karena kemajuan teknologi.
E. Persentase pekerja produktif di negara maju lebih besar karena kesejahteraan di negara itu lebih baik.

Bacalah penggalan hikayat di bawah ini dengan saksama!
Syahdan akan permaisuri Kuripan pun ingin rasanya ia hendak berputera laki-laki yang baik parasnya. Maka kata Permaisuri, “Kakang Aji ingin pula rasanya kita ini peroleh anak.”
Maka kata Nata, “Sungguh seperti kata Tuan, Kakanda pun demikian juga. Bila gerangan Kakang ini beroleh putera dengan Yayi akan jadi ganti Kakanda di dalam dunia ini, kalau-kalau kita berdua dikehendaki Sang Yang Sukma, kembali ke kayangan.”
Maka kata Permaisuri, “Kakang Aji marilah kita memuja pada segala dewa-dewa memohon kalau-kalau dianugerahkan oleh Dewata mulia akan seorang anak.”

15. Isi cerita kutipan di atas adalah …
A. Permaisuri Kuripan menginginkan seorang anak.
B. Keinginan Raja Kuripan untuk segera mendapatkan penggantinya.
C. Permohonan Permaisuri Kuripan kepada dewa.
D. Raja dan Permaisuri Kuripan menginginkan seorang anak.
E. Raja Kuripan merasa akan segera dikehendaki Sang Yang Sukma.

16. Nilai kehidupan yang tersirat dalam cerita di atas adalah …
A. nilai moral
B. nilai agama
C. nilai sosial
D. nilai pendidikan
E. nilai budaya

Bacalah kutipan cerita berikut ini!
Ketika matahari telah sampai pada titik pertengahannya, waktu aku sedang mengangkuti tempat nasi, dan piring-piring dari dapur ke meja makan untuk persiapan makan siang kami, dari jalan protokol sana aku mendengar suara sirine meraung-raung. Kalau di Jakarta, aku kenali suara itu sebagai tanda ada kebakaran atau ada pembesar lewat. Tetapi di sini aku belum tahu sebagai tanda apa.
17.Latar waktu dalam cerita di atas adalah …
A. pagi hari
B. siang hari
C. sore hari
D. senja hari
E. saat sirine meraung-raung

Bacalah kutipan cerita berikut ini!
Bangkai-bangkai burung kesayangan Atik telah kuambil, kukubur dengan segala dedikasi. Kurungan-kurungan telah kubersihkan. Dan sayu aku teringat, betapa sayang si Atik kepada burung-burungnya.
18. Watak tokoh aku dalam cerita di atas dideskripsikan melalui …
A. pikiran tokoh
B. tingkah laku tokoh
C. dialog antartokoh
D. perasaan tokoh
E. reaksi tokoh lain

Perhatikan kutipan puisi berikut ini!
Kami telah meninggalkan engkau
Tasik yang tenang tiada beriak
Diteduhi gunung yang rindang
Dari angin dan topan
Sebab sekali kami terbangun
Dari mimpi yang nikmat
19. Cuplikan puisi di atas menyatakan …
A. kesedihan
B. kegalauan
C. ketenteraman
D. kerinduan
E. kemalangan

Perhatikan kutipan puisi berikut ini!
Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu, miskin harta

20. Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang …
A. waktu sore hari
B. kehidupan manusia
C. suasana senja
D. masa tua
E. perasaan manusia

21. Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah …
A. sedih
B. duka
C. sepi
D. sunyi
E. gelisah

22. Maksud puisi tersebut adalah …
A. Penyesalan seorang karena telah melewati masa mudanya
B. Seseorang yang menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga timbul penyesalan karena hidupnya menderita
C. Kehidupan seseorang tidak abadi
D. Seseorang yang miskin ilmu dan miskin harta dalam hidupnya
E. Seseorang yang menderita hidupnya karena tidak memiliki ilmu dan harta

23. Kalimat di bawah ini yang merupakan kalimat esai adalah …
A. Bentuk puisi Masduki mengalir bagaikan air bah. Dengan bentuk seperti ini, segera terasa power-nya yang besar.
B. Adik-adik sekalian, edisi bulan lalu kita berkenalan dengan Juniarso Ridwan, penyair asal Jawa Barat masa kini.
C. Kali ini kita memutar jarum sejarah ke abad 19. Kita arahkan pandangan kita ke Kepulauan Riau, tepatnya ke Pulau Penyengat.
D. Pada abad ke-19 di Pulau Penyengat lahir seorang pujangga kenamaan, yaitu Raja Ali Haji (1809 – 1873).
E. Di samping penyair, ia adalah ulama dan penasihat Kesultanan Riau – Lingga yang sangat terkenal di dalam dan luar negeri.

24. Kurang pikir kurang siasat
Tentu dirimu kelak tersesat
Maksud gurindam di atas adalah …
A. Orang harus rajin berpikir
B. Sebelum melakukan tindakan harus berpikir cermat
C. Setiap tindakan perlu dipikirkan dengan cermat
D. Setiap perbuatan harus dipikir dengan cermat agar tidak menyesal
E. Berpikir sebelum bertindak

Perhatikan kutipan pantun berikut ini!
Asam kandis asam gelugur
Ketiga asam riang-riang
Menangis mayat di pintu kubur
Teringat badan tidak sembahyang

25. Maksud isi pantun di atas adalah …
A. Manusia akan menangis saat dibangkitkan dalam kubur
B. Jika tidak rajin sembahyang akan menangis di pintu kuburan
C. Jika tidak pernah sembahyang kelak akan menyesal di alam kubur
D. Orang-orang menangisi mayat yang dibawa ke pintu kubur
E. Setiap orang akan mati maka harus belajar sembahyang

Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!
(1) Anak-anak keluarga miskin pada umumnya memasuki sekolah biasa dengan biaya murah.
(2).Sebaliknya, aanak-anak keluarga kaya kebanyakan memasuki sekolah mahal dengan fasilitas lengkap dan modern.
(3) Apakah hal itu layak dipertahankan?
(4) Sekolah saat ini bagai sebuah lembaga yang terkotak-kotak.
(5) Jika demikian halnya, lembaga sekolah seolah-olah melegalkan eksklusivisme.

26. Kalimat-kalimat di atas dapat diurutkan sehingga membentuk paragraf padu dengan susunan …
A. (1),(2),(3),(4),(5)
B. (5),(1),(2),(4),(3)
C. (4),(1),(2),(5),(3)
D. (1),(2),(4),(3),(5)
E. (3),(1),(2),(5),(4)

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Papeda, bubur sagu kental dan lengket yang mesti dimakan dengan kuah ikan, kini menjadi penganan istimewa dan
barang langka. Makanan ini hanya dijumpai pada saat perayaan adat, perkawinan, atau kelahiran anak. Kaum muda, usia 30-an ke bawah, tidak suka lagi makanan papeda. Mereka lebih suka makan nasi.

27. Kalimat yang tepat untuk mengakhiri paragraf di atas adalah …
A. Papeda dimakan orang tua bersama-sama dengan anak muda.
B. Hanya orang tua saja yang makan papeda.
C. Oleh karena itu, papeda hampir tidak dikenal oleh kaum muda.
D. Sedari kecil anak muda makan papeda.
E. Mereka sudah terbiasa makan papeda ini.

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Jika diumpamakan permata … . Namun, jika diibaratkan gadis, pesonanya laksana perawan kencur. Maklum, karena Pulau Nusa Penida yang terletak di sebelah selatan Pulau Bali itu memiliki hamparan pantai berpasir putih kekuning-kuningan. Dari Denpasar, Nusa Penida bisa ditempuh 1,5 jam setelah melalui jalur darat dan menumpang kapal motor sekitar 36 menit dari Pelabuhan Padangbai.
28. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskriptif di atas adalah …
A. Indahnya Pantai Nusa Penida seperti butir pasir di laut.
B. Keelokan Nusa Penida laksana surga di khatulistiwa.
C. Pesona Pantai Nusa Penida bak mutiara.
D. Keindahan Pantai Nusa Penida ibarat bidadari turun dari kahyangan.
E. Indahnya Pantai Nusa Penida laksana dewa dewi surga turun ke dunia.

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
November 2010, erupsi Merapi yang terletak di perbatasan DIY – Jawa Tengah mengakibatkan adanya perubahan ekosistem di kawasan tersebut. Akhir November itu pula, Gunung Sorik Marapi di Sumatera Barat memuntahkan lahar. Kerugian cukup besar akibat erupsi itu. Di Jawa Timur, Gunung Bromo dan Gunung Ijen memuntahkan material dari perutnya sehingga kerugian miliaran rupiah. Di Maluku Utara, tepatnya di Ternate, Gunung Gamalama pun meletus. Akibatnya, Bandara Baabullah tutup total karena tertutup abu vulkanik. Sementara Gunung Sindoro di Jawa Tengah mulai bergemuruh sehingga diberi status siaga. Begitupun Gunung Krakatau di Selat Sunda melontarkan abu vulkanik ratusan kali.
29. Kesimpulan paling tepat generalisasi di atas adalah …
A. Dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak gunung berapi.
B. Wilayah Indonesia kaya gunung berapi yang masih aktif.
C. Di seluruh Indonesia terdapat gunung berapi yang masih aktif.
D. Di wilayah laut Indonesia pun terdapat gunung berapi.
E. Di Indonesia sering terjadi bencana karena banyak gunung berapi yang aktif.

Cermatilah  silogisme di bawah ini dengan saksama!
Premis Umum : Siswa yang gemar membaca tentu memiliki banyak ide.
Premis Khusus : …
30. Kesimpulan : Alif memiliki banyak ide.
Pernyataan yang tepat untuk melengkapi silogisme di atas adalah …
A. Semua siswa harus gemar membaca
B. Semua ide berasal dari membaca
C. Alif seorang siswa yang gemar membaca
D. Alif seorang siswa yang gemar menulis
E. Alif memiliki banyak ide karena gemar membaca

Bacalah penggalan pidato di bawah ini dengan saksama!
Saudara-saudara yang saya hormati,
.... Bangsa kita kini sedang terlibat perang, melawan jaringan kekerasan dan kebencian yang jauh jangkauannya. Ekonomi kita sangat lemah akibat ketamakan dan tindakan tidak bertanggung jawab oleh sebagian pihak, tetapi juga karena kegagalan kita secara kolektif untuk membuat pilihan-pilihan sulit, dan kegagalan kita mempersiapkan bangsa ini bagi abad baru.
31. Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato rumpang di atas adalah …
A. Kita harus maklum bahwa bangsa Indonesia sedang menghadapi bencana.
B. Sudah kita pahami bersama bahwa kita sedang berada di tengah krisis.
C. Telah kita ketahui bersama bahwa bangsa kita adalah bangsa yang kuat.
D. Saya sampaikan kabar buruk.
E. Mungkin Saudara-saudara tidak menyadari hal ini.

Bacalah penggalan tajuk rencana di bawah ini dengan saksama!
Fisika adalah sains atau ilmu tentang alam dalam arti luas. Fisika … gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Fisikawan … perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang … segala materi hingga perilaku alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos. Beberapa sifat yang … dalam fisika merupakan sifat yang ada dalam semua sistem materi yang ada, seperti hukum kekekalan energi. Sifat semacam ini … hukum fisika.
32. Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A. mempelajari, belajar, pembentukan, diajari, disebut
B. mempelajari, diajari, membentuk, dipelajari, disebutkan
C. pelajaran, mempelajari, dibentuk, diajarkan, disebutkan
D. mengajarkan, belajar, dibentukkan, dipelajarkan, disebut
E. mempelajari, mempelajari, membentuk, dipelajari, disebut
Bacalah teks di bawah ini dengan saksama!

Safitri sangat berhati-hati dalam bergaul ketika ia sudah berada di sekolah barunya. Ia khawatir ada tingkah lakunya yang tidak sesuai dengan kebiasaan tman-temannya. Ia pun tahu bahwa setiap tempat ataupun setiap sekolah punya kebiasaan masing-masing yang boleh jadi berbeda dengan kebiasaan teman-temannya terdahulu.
33. Sikap Safitri tersebut sesuai dengan peribahasa …
A. Pucuk dicinta ulam pun tiba
B. Tak ada gading yang tak retak
C. Bayang-bayang sepanjang badan
D. Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian
E. Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya

Bacalah paragraf di bawah ini dengan saksama!
Sudah tidak … orang tuanya di rumah … menasihati anaknya bahkan sudah … dipertemukan di sekolah antara anak, orang tua, guru BP, wali kelas, dan kepala sekolah. Anak ini tetap saja terlambat dengan berbagai alasan yang tidak masuk akal … anak ini memang kepala batu.
34. Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …
A. berkurang-berkurang, berulang-berulang, berkali-berkali, agak-agaknya
B. terulang-ulang, sesekali, sering-sering, kayak-kayaknya
C. kurang-kurang, berulang-ulang, berkali-kali, rupa-rupanya
D. bosan-bosannya, sering-sering, beribu-ribu, mirip-mirip
E. jemu-jemunya, beribu-ribu, terulang-ulang, seperti-seperti

35. Alinea penutup pada surat resmi berikut ini yang sesuai dengan kaidah baku bahasa Indonesia adalah …
A. Demikian harap dimaklumi dan kami tunggu khabar selanjutnya.
B. Demikian agar maklum hendaknya.
C. Harapan kami semoga kerja sama ini dapat ditingkatkan.
D. Mudah-mudahan bahan pertimbangan ini bermanfaat.
E. Demikian agar instruksi ini Bapak melaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

36. Paragraf pembuka surat dinas yang tidak baik adalah …
A. Untuk menjawab pertanyaan Saudara melalui telepon tentang ada tidaknya instruktur yang akan dikirim ke daerah, kami dapat menjelaskannya sebagai berikut.
B. Sehubungan dengan surat kami tanggal 5 Mei 2011 No. 425/NN/ 2011, dengan ini kami mohon agar Saudara …
C. Bersama ini saya kirimkan contoh laporan teknis yang Saudara minta.
D. Kami mohon bantuan Saudara menyampaikan hal-hal berikut kepada karyawan Saudara.
E. Membalas surat Bapak tanggal 23 April 2011, No. 433/ PP/ 2011, tentang informasi program kegiatan, saya ingin menanggapinya sebagai berikut.

37. Penulisan judul karya tulis yang sesuai dengan EYD adalah …
A. Batu Gamping Kawasan Karts dan Permasalahannya.
B. Batu Gamping Kawasan Karts dan Permasalahannya
C. Batu Gamping Kawasan Karts Dan Permasalahannya
D. Batu gamping kawasan karts dan permasalahannya
E. Batu Gamping Kawasan Karts dan permasalahannya

38. Tema karya tulis: Persamaan hak antara laki-laki dan perempuan
Rumusan masalah yang tepat berdasarkan tema di atas adalah …
A. Bagaimanakah cara mengatasi kesenjangan hak laki-laki dengan perempuan?
B. Apakah cara mengatasi kesenjangan antara laki-laki dan perempuan?
C. Siapakah yang berhak mengatasi kesenjangan hak antara laki-laki dan perempuan?
D. Apakah kewajiban kaum laki-laki hanya mencari nafkah untuk menghidupi keluarga?
E. Bagaimanakah hak untuk mengurus rumah tangga antara suami dan istri itu sendiri?

39. Tema karya tulis: Perlunya Penggunaan Pupuk Organik di Kalangan petani
Latar belakang yang sesuai dengan tema di atas adalah …
A. Memperkenalkan pupuk pertanian yang berkualitas.
B. Kesadaran konsumen atas produk pertanian yang aman dan sehat.
C. Membangkitkan kesadaran petani untuk menggunakan pupuk organik.
D. Memperkenalkan pupuk organik kepada petani.
E. Mengajak petani menggunakan pupuk organik demi kesuburan tanah.

Cermatilah penggalan puisi berikut ini!
Tuhan Telah Menegurmu
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
Lewat perut anak-anak yang kelaparan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup sopan
Lewat semayup suara adzan
Tuhan telah menegurmu dengan cukup menahan kesabaran
Lewat gempa bumi yang berguncang
Deru angin yang meraung
Hjan dan banjir yang melintang pukang
Tidakkah kau dengar?
40. Kata yang tepat untuk melengkapi penggalan puisi di atas adalah …
A. raung
B. marah
C. dahsyat
D. kencang
E. pelan

41. Majas metafora digunakan dalam kalimat ...
A. Bulan bersembunyi di balik awan.
B. Suami banyak berperan sebagai tiang keluarga.
C. Kamu mundur ke belakang menghadapi situasi krisis ini.
D. Ia merasa kesepian di Jakarta yang ramai ini.
E. Datanglah ke pondok kami di Pondok Indah.

Cermatilah teks berikut!

Teks 1
Beberapa hal yang membangun cerita dalam cerpen itu adalah sebuah struktur pengalaman yang disusun sedemikian rupa agar menarik untuk dibaca atau dinikmati. Untuk itulah, ketika kita membacanya pun, kita harus mendekatinya dalam sebuah keunikan sebuah karya.



Teks 2
Pada dasarnya cerpen yang ditulis seseorang mengungkapkan struktur pengalaman yang dituangkan dalam paragraf-paragraf. Agar enak dibaca, penulis cerpen menata dan mengatur unsur-unsur pembangun cerpen tersebut sebaik-baiknya sehingga tidak membosankan pembaca, bahkan justru menjadi asyik dinikmati.
42. Topik yang diungkapkan dalam dua teks di atas menunjukkan adanya kesamaan, yaitu .
A. tujuan membaca cerpen
B. unsur pembangun cerpen
C. kreativitas penulis cerpen
D. minat membaca cerpen
E. cerpen sebagai sebuah karya
Cermatilah teks berikut!
Teks 1
Dalam makanan sehari-hari vitamin C dapat ditemukan dalam aneka sayuran, seperti brokoli, cabai merah, seledri, dan aneka buah seperti tomat, jeruk, dan strawberi. Sebagi perawatan kecantikan, vitamin C dapat dioleskan ke permukaan kulit dalam bentuk gel, krim, serum, atau dicampur dalam tabir surya. Khusus serum, jenis serum vitamin C inilah yang paling banyak dipakai.


Teks 2
Secara tidak sadar kita setiap hari telah mengonsumsi vitamin C. Ketika kita makan dengan sayur apa saja, dan ketika kita makan buah apa saja, yang terbetik dalam niat awal bukan ingin mengonsumsi vitamin C. Kita lebih didominasi oleh ketertarikan sayur karena dirasakan sedap. Dan, kita tertarik untuk makan buah jeruk karena didorong oleh rasa hausnya.
43. Dua teks yang membicarakan topik vitamin C tersebut menunjukkan adanya perbedaan dalam penyajian, yaitu teks 1 …, sedangkan teks 2 .
A. keberadaan dan pemanfaatannya  vs perilaku orang mengonsumsi vitamin C
B. berbagai sayuran dan buah vs kenikmatan mengonsumsi vitamin C
C. kebutuhan orang untuk vitamin C vs pengetahuan orang tentang vitamin C
D. manfaat dan kegunaan vitamin C vs kebutuhan orang akan vitamin C
E. pemahaman informasi vitamin C vs ketertarikan orang terhadap vitamin C

Bacalah teks berikut dengan saksama!
Kecenderungan pada sebagian remaja adalah tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah. Wujud dari kecenderungan tersebut adalah munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan sering menyimpang dari aturan yang berlaku di sekolah. Penyebabnya, karena sejak kecil orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak. Wajarnya, orang tua harus mampu memberikan hukuman pada saat anak memunculkan perilaku yang salah dan memberikan pujian atau hadiah saat anak memunculkan perilaku yang baik atau benar.

44. Apa penyebab sebagian remaja tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah? Jawaban yang tepat sesuai dengan paragraf tersebut adalah karena
A. Munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan menyimpang dari aturan.
B. Orang tua tidak pernah memberikan hukuman kepada anak yang salah.
C. Orang tua tidak pernah memberikan hadiah kepada anak yang baik.
D. Orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak.
E. Anak yang sering melakukan kesalahan di sekolah orang tua tidak menghukumnya.

Bacalah paragraf deskripsi berikut!
Pada malam hari, pemandangan rumah terlihat begitu eksotis. . Dari luar, bangunan ini tampak indah, mampu memberikan pancaran hangat bagi siapa saja yang memandanginya. Lampu-lampu taman yang bersinar menambah kesan eksotis yang telah ada.

45. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi di atas adalah
A. Buahnya bulat, berbentuk bulat dengan warna keemasan.
B. Di pojoknya terlihat pohon setinggi setengah meter.
C. Di atas areal daun-daun pohon kelapa tampak.
D. Aneka macam tanaman buah berjejer rapi, seperti mangga, belimbing, dan jambu.
E. Apalagi dengan cahaya lampu yang memantul dari seluruh penjuru rumah.

Orang ini sangat lugu, tetapi keluguannya tidak mempengaruhi mental dan fisiknya (1). Keluguannya tidak menghilangkan kewibawaannya, justru menanamkan rasa hormat dan santun setiap orang kepadanya (2). Dia selalu mempunyai banyak teman dan saudara yang sangat menyayangi (3). Kerendahan hatinyalah yang membuat dia selalu mempunyai banyak teman dan saudara (4). Kesombongan dapat membuat kewibawaan dan pergaulan berkurang dalam masyarakat (5).

46. Kalimat penjelas yang tidak mendukung paragraf terdapat pada kalimat nomor .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 3 dan 5
E. 4 dan 5

Cermati daftar topik berikut ini!
1. Gersangnya hutan kita.
2. Perlunya seminar penyelamatan lingkungan hidup.
3. Cara mencangkok pohon lengkong.
4. Pentingnya disiplin berlalu lintas.
5. Pengembangan iptek tidak bisa liar.
6. Langkah-langkah reboisasi hutan.
47. Topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi karangan argumentasi adalah .
A. 1,2,3
B. 2,3,4
C. 3,4,5
D. 2,4,5
E. 2,4,6

Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Arafat ... seluruh hidupnya untuk bangsa Palestina. Selama ini Arafat ... posisi paling depan dan paling berbahaya dalam menghadapi agresi Israel. Arafat merupakan ikon perjuangan bangsa Palestina. Sekarang Arafat ... rakyat yang dicintainya. Tentu semua merasa kehilangan.
48. Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. sudah mengambil, telah menduduki, sudah tiada
B. tiada mengangkat, telah berdiri, telah merangkul
C. sudah menyisihkan, selalu mengambil, telah menarik
D. telah menghabiskan, selalu mengambil, telah meninggalkan
E. hampir menyumbangkan, telah mengambil, telah tiada

49. ... tim basket ... tim sepakbola SMA Negeri 9 Yogyakarta sama-sama tampil menawan.

Kata penghubung korelatif yang tepat untuk mengisi bagian rumpang dalam kalimat tersebut adalah ....
A. baik ..., melainkan ...
B. baik ..., maupun ...
C. entah ..., entah ...
D. bukan ..., tetapi ...
E. baik ..., melainkan ...

50. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Laki-laki bertubuh itu berjalan gontai di bawah terik matahari. Sebuah kaos oblong lusuh dan celana jin kumal menutupi tubuhnya yang kurus. Sepasang sandal jepit melekat di kakinya. .... Sebuah ransel berwarna hijau melekat di pundaknya. Dia terus berjalan menuruti kehendak hatinya.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang dalam paragraf tersebut adalah ...
A. Dia ingin segera menemui anaknya.
B. Rambutnya tak terurus, matanya cekung, tetapi pandangannya tajam.
C. Dia belum tahu ke mana dia pergi tertiup angin.
D. Wajahnya bersinar, rambutnya tersisir rapi.
E. Keriting rambutnya, pandangannya tajam kepada orang sekitar.


Kunci jawaban

Kunci

1. Jawab : B
Kalimat kritik berisi tanggapan atas kekurangan suatu karya. Kalimat Namun, sayangnya tidak semua karya seni memiliki kualitas yang bermakna termasuk kalimat kritik.
2. Jawab : A
Kalimat utama berisi topik paragraf. Biasanya, isi kalimat utama dijelaskan pada kalimat lainnya. Kalimat utama tersebut terapat pada kalimat (1).
3. Jawab : C
Ide pokok paragraf tersebut adalah membatik pekerjaan sampingan.  Ide tersebut terdapat pada kalimat (1).  
4. Jawab : A
Kalimat fakta adalah kalimat yang berisi peristiwa yang telah terjadi. Kalimat (1) dan (2) merupakan kalimat fakta.   
5. Jawab : B  
 Menurut KBBI, regulasi berarti pengaturan.  
6. Jawab : E
Hektar termasuk bentuk tak baku, seharusnya hektare.  
7. Jawab : C
Hal menarik dalam biografi tersebut adalah kebiasaannya rajin belajar, tekun, teliti, dan bersungguh-sungguh ketika menjadi mahasiswa dan mahaguru.
8. Jawab : D
Pertanyaan yang sesuai dengan isi biografi adalah Apa kisah unik saat dia menempuh kuliah di UI?  Pertanyaan tersebut dapat dijawab, yaitu dia menjadi mahasiswa sekaligus mahaguru di UI.
9. Jawab : A
Kerangka karangan garis besar karangan. Urutan kerangka karangan harus sistematis dan logis. Urutan yang logis adalah 2-1-4-3.  
10. Jawab : B
Dalam tajuk tersebut, penulis berpihak pada pedagang tradisional. Penulis mengkhawatirkan nasib pedagang dan berpesan kepada semua pihak agar menaati peraturan yang ada.
11. Jawab : C
Waralaba berarti kerja sama di bidang usaha dengan sistem bagi hasil sesuai dengan kesepakatan
12. Jawab : E   
Opini penulis merupakan pendapat penulis sesuai dengan hasil pembahasan masalah yang ada.   
13. Jawab : B
 Pernyataan  Persentase pekerja tertinggi di negara maju dan di negara berkembang berada pada rentang usia 15 – 64 tahun sesuai dengan isi tabel.
14. Jawab : A
Kesimpulan merupakan pernyataan umum berdasarkan data pada tabel.  
15. Jawab : D  
Kutipan tersebut menceritakan keinginan Raja dan Permaisuri Kuripan untuk memiliki seorang anak.  
16. Jawab : B
Nilai agama yang terkandung dalam kutipan cerita tersebut adalah perkataan Permaisuri untuk memohon kepada Tuhan (dewa-dewa) agar dianugerahi anak.  
17. Jawab : B
Kalimat Ketika matahari telah sampai pada titik pertengahannya menunjukkan latar waktu siang hari.
18. Jawab : B  
Watak tokoh aku dideskripsikan melalui tingkah laku tokoh aku yang mengubur bangkai burung kesayangan Atik dengan segala dedikasi   
19. Jawab : C
Gambaran tempat dalam puisi tersebut menimbulkan suasana damai/ tenteram.  
20. Jawab : D
Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang masa tua sesuai dengan larik sebelumnya Hari mudaku sudah pergi..
21. Jawab : A  
Puisi tersebut berisi penyesalan sehingga mengandung suasana sedih
22. Jawab : B  
Maksud puisi tersebut adalah Seseorang yang menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga timbul penyesalan karena hidupnya menderita   
23. Jawab : A
Kalimat esai adalah kalimat yang berisi pembahasan atau ulasan mengenai sesuatu.  
24. Jawab : D
Maksud gurindam tersebut adalah Setiap perbuatan harus dipikir dengan cermat agar tidak menyesal  di kemudian hari.
25. Jawab : C  
Maksud isi pantun terdapat pada baris ketiga dan keempat.   
26. Jawab : C
Paragraf padu terbentuk dengan menata kalimat secara logis.  Urutan kalimat yang logis adalah (4),(1),(2),(5),(3)
27. Jawab : C
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Oleh karena itu, papeda hampir tidak dikenal oleh kaum muda karena mengandung hubungan akibat yang logis.
28. Jawab : C  
Paragraf deskripsi berisi gambaran atau lukisan suatu objek.  
29. Jawab : B
Kesimpulan generalisasi bersifat umum berdasarkan pernyataan khusus.
30. Jawab : C
Rumus silogisme adalah
PU :A-B
PK :C-A
K :C-B
31. Jawab : B  
Hubungan antarkalimat dalam teks pidato harus logis.
32. Jawab : E  
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah  mempelajari, mempelajari, membentuk, dipelajari, disebut
33. Jawab : E
Pucuk dicinta ulam pun tiba : mendapatkan sesuatu sesuai dengan yang diharapkan
Tak ada gading yang tak retak : tidak ada sesuatu yang sempurna
Bayang-bayang sepanjang badan :
Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian : bersusah-susah terlebih dahulu dan kelak akan menuai kesenangan
Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya : tiap-tiap daerah memiliki aturan yang berbeda-beda
34. Jawab : C
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah kurang-kurang, berulang-ulang, berkali-kali, rupa-rupanya
35. Jawab : C  
Surat resmi harus menggunakan bahasa ragam baku.  Kalimat penutup surat resmi yang tepat adalah Harapan kami semoga kerja sama ini dapat ditingkatkan.
36. Jawab : E
Kalimat  Membalas surat Bapak tanggal 23 April 2011, No. 433/ PP/ 2011, tentang informasi program kegiatan, saya ingin menanggapinya sebagai berikut tidak baku, seharusnya Sehunungan dengan surat Bapak tanggal 23 April 2011, No. 433/ PP/ 2011, tentang informasi program kegiatan, saya sampaikan hal-hal  sebagai berikut
37. Jawab : B
Judul ditulis dengan huruf kapital setiap awal kata, kecuali kata tugas yang tidak mengawali judul. Penulisan judul yang tepat adalah Batu Gamping Kawasan Karts dan Permasalahannya
38. Jawab : A  
Rumusan masalah berupa pertanyaan yang relevan dengan tema karya tulis. Rumusan yang sesuai adalah Bagaimanakah cara mengatasi kesenjangan hak laki-laki dengan perempuan?
39. Jawab : B
Latar belakang penelitian berisi alas an dilakukannya penelitian. Latar belakang yang tepat adalah  Kesadaran konsumen atas produk pertanian yang aman dan sehat. 
40. Jawab : D
Diksi dalam puisi harus memperhatikan kepaduan makna dan rima. Kata yang tepat untuk melengkapi bait puisi tersebut adalah kencang karena sesuai dengan rima akhirnya (…ang)


41. Jawab : B   
Majas metafora membandingkan sesuatu dengan sesuatu secara langsung, tanpa kata penghubung  
42. Jawab : B
Kedua teks tersbut mengemukakan unsure pembangun puisi  
43. Jawab : A
Perbedaan kedua teks tersebut adalah keberadaan dan pemanfaatannya  vs perilaku orang mengonsumsi vitamin C
44. Jawab : D  
Penyebab sebagian remaja tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah adalah orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak  
45. Jawab : E
Paragraf deskripsi berisi gambaran suatu objek dari sudut pandang ruang. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Apalagi dengan cahaya lampu yang memantul dari seluruh penjuru rumah  
46. Jawab : D
Kalimat (3) dan (5) tidak menjelaskan ide pokok paragraf.
47. Jawab : D   
Karangan argumentasi berisi alas an untuk meyakinkan pendapat kepada pembaca. Topik-topik yang sesuai untuk karangan argumenatasi adalah 2,4, dan 5
48. Jawab : D  
Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf adalah telah menghabiskan, selalu mengambil, telah meninggalkan  
49. Jawab : B
Kata hubung korelatif merupakan kata hubung yang berpasangan. Untuk melengkapi kalimat dengan kata hubung yang tepat harus memperhatikan pasangan dan makna yang tepat   
50. Jawab : B
Paragraf tersebut berisi deskripsi seseorang. Kalimat yang tepat untuk melengkapinya adalah Rambutnya tak terurus, matanya cekung, tetapi pandangannya tajam.    

No comments:

Post a Comment