Wednesday 2 December 2020

soal pilihan ganda KD 4.1. Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis

soal pilihan ganda KD 4.1. Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis

Bacalah teks berikut ini secara cermat!

(1) Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai World Wonder Heritage. (2) Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Tengah, bahkan di Indonesia. (3) Candi Buddha yang menjadi lambang Provinsi Jawa Tengah ini dibangun pada masa Pemerintahan Wangsa Syailendra berkuasa, yakni sekitar 700 SM dan tahun 825 M. (4) Kawasan wisata ini sangat mudah dijangkau oleh sarana transportasi baik dari Kota Solo atau dari Jogjakarta. (5) Jika Candi Borobudur memiliki area yang sangat luas, pengunjung disarankan untuk tidak membawa barang yang banyak.


Penggunaan kata penghubung yang tidak tepat terdapat pada kalimat bernomor... 

A. (1) dan (2) 

B. (2) dan (3) 

C. (1) dan (3) 

D. (3) dan (4) 

E. (3) dan (5) 


PEMBAHASAN:

Konjungsi adalah kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Agar suatu paragraf membentuk kesatuan makna, dan isi, maka dibutuhkan yang namanya konjungsi.

Jawaban yang benar pada soal tersebut adalah E. Konjungsi yang tidak tepat pemakaiannya terdapat pada kalimat (3) dan (5). Konjungsi yang seharusnya digunakan pada kalimat (3) adalah hingga, sedangkan pada kalimat (5) seharusnya oleh karena.


No comments:

Post a Comment