Wednesday 13 October 2021

Kumpulan soal bahasa teks anekdot

 Teks 1

Saya tinggal di sebuah kecamatan di Semarang. Saya mempunyai pengalaman yang memalukan menjelang Lebaran tahun lalu.

Kejadiannya sore hari di sebuah tempat pencucian motor. Waktu itu tepat hari terakhir bulan puasa dan besoknya lebaran. Aku bersama kakakku mencuci motor, dan waktu itu tempat pencucian motor sangat ramai. Sambil menunggu motor dicuci sambil duduk di kursi panjang yang ada di dekat cucian. Banyak juga yang lagi antri menunggu motor dicuci salah satunya adalah bapak-bapak yang duduk tepat di samping Aku. Aku bersama kakakku ngobrol sambil duduk menunggu motor dicuci.

Tiba-tiba mataku tertuju pada sebuah mobil yang sedang dicuci. Mobilnya warnanya hijau tidak

jelas. Jadi aku bilang sama kakakku. “Kalau aku punya uang banyak, tidak akan membeli mobil dengan warna seperti itu. Jelek sekali. Dan tidak kelihatan mewahnya.” Kakakku juga ikut terpancing. Jadi kami terus menjelek-jelekan mobil tersebut. Setelah motor kami sudah selesai dicuci. Kami bermaksud hendak membayar. Dan bapak-bapak dan yang duduk di sebelah kami juga mau bayar.

Ternyata setelah membayar, bapak-bapak menuju menuju mobil yang kami cela tadi

Ya Allah..., malu sekali          , karena bapak-bapak yang duduk di sebelah kami ternyata pemilik mobil

yang kami cela tadi.

Sepertinya puasa kami tidak diterima karena tidak bisa menjaga bicara dengan mencela mobil bapak-bapak tadi.

Pertanyaan bacaan teks anekdot pertama:

1. Struktur Paragraf ketiga pada teks anekdot tersebut berupa…

A.      Abstrak

B.      Koda

C.      Reaksi

D.      Krisis

E.      Orientasi

2. Koda pada teks tersebut terdapat pada paragraf ke…

A.      Satu

B.      Dua

C.      Tiga

D.      Empat

E.      Lima

3. Apa hal yang membuat puasa mereka tidak diterima, adalah…

A.      Tidak bisa menjaga bicara dengan mencela mobil bapak bapak tadi.

B.      Menghina pakaian orang lain

C.      Marah marah kepada pencuci mobil mereka


D.      Merendahkan pencuci mobil yang mencucikan mobil mereka

E.      Berkata tidak sopan kepada bapak-bapak

4. Maksud dari kata mencela pada teks tersebut adalah…

A.      Memuji

B.      Memuja

C.      Menghina

D.      Menyukai

E.      Melantan

5. Kaidah kebahasaan yang terkandung pada kalimat ‘’ saya mempunyai pengalaman yang memalukan menjelang lebaran tahun lalu.’’ Adalah…

A.      Kalimat retoris

B.      Kalimat perintah

C.      Penggunaan konjungsi

D.      Kata kerja aksi

E.      Menyatakan peristiwa masalalu

 

 

Kunci Jawaban: 1.D 2.E 3.A 4.C 5.E


No comments:

Post a Comment