Thursday 14 October 2021

Kumpulan soal teks anekdot

 

Suatu hari di sekolah dalam mata pelajaran kimia, seorang guru menguji murid -muidnya dengan memberikan pertanyaan.

Guru : “Susi, sebutkan contoh reaksi kimia yang sudah kamu tahu!”

Susi :  “Dalam proses pembuatan bioetanol, glukosa diubah menjadi alcohol melalui proses fermentasi dengan salah satu rumusan C6H12O6 — > 2C2H5OH+2CO2+2NADH2+Energi”

Guru : “Bagus sekali susi, sekarang Juki, sebutkan contoh yang lain!”

Pada waktu itu Juki sedang melamun, ia belum sarapan karena bangun kesiangan padahal ibunya membuat nasi pecel yang sangat enak untuk sarapan. Oleh sebab itu ia tidak berkonsentrasi dan menjawab pertanyaan gurunya dengan seenaknya.

Juki :  “beras dimasak menjadi nasi pak, lalu tempe mentah dicampur garam, bawang, dan ketumbar kemudian digoreng rasanya sangat gurih. Bila nasi dan tempe ini dipadukan dan ditambah dengan sambal pecel serta rebusan sayur dan kecambah, perbaduan beberapa unsur tersebut menjadi sarapan yang istimewa pak!”

(spontan seluruh kelas riuh karena tertawa)

Guru : “ Tenang…tenang…jangan ramai. Juki, kenapa jawabanmu demikian?”

Juki : “Itu reaksi kimiawi pak!”

Guru : “Maksudmu?”

Juki : “Bukankah bapak bilang bahwa semua proses pembuatan makanan merupakan proses kimiawi? Saya kira jawaban saya tadi merupakan jawaban yang paling mudah dimengerti tanpa harus menggunakan lambang rumus kimia yang bikin lapar pak.”

(Sekali lagi semua murid tertawa melihat kelakuan Juki yang spektakuler)

 

Pertanyaan :

1.     Judul yang tepat untuk teks tersebut ialah…

a.      Keluarga cemara

b.     Pecel ayam

c.      Reaksi kimia

d.     Nasi pecel ibu Juki

e.      Tempe

2.     Berdasarkan teks diatas yang termasuk bagian reaksi yaitu…

a.      Suatu hari di sekolah dalam mata pelajaran kimia, seorang guru menguji murid-muidnya dengan memberikan pertanyaan

b.     Rumusan C6H12O6 — > 2C2H5OH+2CO2+2NADH2+Energi

c.      Pada waktu itu Juki sedang melamun, ia belum sarapan karena bangun kesiangan padahal ibunya membuat nasi pecel yang sangat enak untuk sarapan

d.     Oleh sebab itu ia tidak berkonsentrasi dan menjawab pertanyaan gurunya dengan seenaknya.

e.      (spontan seluruh kelas riuh karena tertawa)

3.     Bagian yang termasuk abstraksi yaitu …

a.      Suatu hari di sekolah dalam mata pelajaran kimia, seorang guru menguji murid-muidnya dengan memberikan pertanyaan

b.     “Itu reaksi kimiawi pak!”

c.      Rumusan C6H12O6 — > 2C2H5OH+2CO2+2NADH2+Energi

d.     “Bagus sekali susi, sekarang Juki, sebutkan contoh yang lain!”

e.      Oleh sebab itu ia tidak berkonsentrasi dan menjawab pertanyaan gurunya dengan seenaknya.

4.     Berdasarkan  teks diatas kata yang digunakan untuk menunjukan cerita masa lampau yaitu…

a.      Pada zaman dahulu

b.     Suatu hari

c.      Pada tahun …

d.     Kemarin

e.      Suatu saat

5.     Berdasarkan teks tersebut menggunakan kata seru untuk menegaskan hal-hal tertentu yaitu…

a.      “Susi, sebutkan contoh reaksi kimia yang sudah kamu tahu!”

b.     “Bagus sekali susi, sekarang Juki, sebutkan contoh yang lain!”

c.      “beras dimasak menjadi nasi pak, lalu tempe mentah dicampur garam, bawang, dan ketumbar kemudian digoreng rasanya sangat gurih

d.     “ Tenang…tenang…jangan ramai. Juki, kenapa jawabanmu demikian?”

e.      “Itu reaksi kimiawi pak!”

 

 

No comments:

Post a Comment