Monday, 2 December 2019

Menemukan kalimat utama, dan kalimat penjelas yang tidak padu

Teks berikut untuk soal nomor  1 s.d 3. Bacalah dengan cermat!

(1)Hasrat berolah raga timbul pada bayi ketika mulai menggerakkan kaki dan tangannya.  (2) Ia dengan gembira menyepak-nyepakkan kaki seperti seorang pemain sepak bola. (3)  Tangannya  menggapai  seperti mencari suatu benda yang tidak kelihatan. (4) Gerakan yang tanpa disadari ini justru merupakan latihan awal bagi otot-otot. (5) Otot yang bergerak dengan teratur, menyebabkan ia elastis dan kenyal serta aliran darah dapat berjalan dengan lancar.  (6)“Olahraga” tanpa disadari ini sama halnya dengan anak kecil yang sedang mengejar-ngejar seekor ayam atau teman-temannya. (7) Peralatan olahraga sebenarnya juga tidak terlalu mahal tergantung jenis dan bahannya. (8) Mereka asyik bermain dan tak menyadari bahwa semua alat tubuh itu berfungsi.

1. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor....
A.(1)
B.(2)
C.(3)
D.(4)
E.(7)

Jawaban: A

Pembahasan:

Bagaimana cara menemukan kalimat utama pada suatu paragraf? Mungkin pelajar Indonesia yang budiman masih ada yang bingung atau kesulitan, ya. Jangan Khawatir. Saya bersama www.kumpulansoalbahasa.blogspot.com akan membantu. Soal model seperti ini pasti selalu muncul pada ujian bahasa Indonesia. Tapi jangan khawatir. semakain banyak kita berlatih pasti ada jalan menuju roma hehehe...

Kalimat utama adalah kalimat yang paling umum/ paling luas pada suatu paragraf. Kalimat ini menjadi pusat pengembangan ide dalam suatu paragraf. Kalimat utama ini bisa berdiri sendiri tanpa membutuhkan kalimat-kalimat lain dalam sebuah paragraf, dan ini lain halnya dengan kalimat penjelas.

Kalimat penjelas merupakan kalimat yang menjelaskan ide pokok dalam suatu kalimat utama. Kalimat ini tidak bisa berdiri sendiri. Karena di dalamnya mengandung kata acuan yang sesuai dengan ide pokok pada kalimat utama.

Mari kita bahas soal di atas.

A. Kalimat (1)Hasrat berolah raga timbul pada bayi ketika mulai menggerakkan kaki dan tangannya.

Kalimat (1) adalah kalimat utama. Sebab kalimat ini menjadi pusat pengembangan ide pokok. Tidak terdapat kata acuan pada kalimat ini, sehingga kalimat ini bisa berdiri sendiri.


B. Kalimat (2) Ia dengan gembira menyepak-nyepakkan kaki seperti seorang pemain sepak bola.

Kalimat (2) adalah kalimat penjelas. Sebab dalam kalimat ini  terdapat kata acuan ia yang mengacu pada kalimat utama. Sehingga kalimat ini tidak bisa berdiri sendiri.


C Kalimat (3)  Tangannya  menggapai  seperti mencari suatu benda yang tidak kelihatan.

Kalimat (3) adalah kalimat penjelas. Sebab dalam kalimat ini  terdapat kata acuan -nya yang mengacu pada kalimat utama. Sehingga kalimat ini tidak bisa berdiri sendiri.

D. Kalimat (4) Gerakan yang tanpa disadari ini justru merupakan latihan awal bagi otot-otot.

Kalimat (4) adalah kalimat penjelas. Sebab dalam kalimat ini  terdapat kata acuan -ini yang mengacu pada kalimat utama. Sehingga kalimat ini tidak bisa berdiri sendiri.

E. Kalimat (7) Peralatan olahraga sebenarnya juga tidak terlalu mahal tergantung jenis dan bahannya.

Kalimat ini bukan kalimat utama. Karena tidak nyambung dengan kalimat utama. kalimat utama paragraf tersebut terletak pada awal kalimat.

Jadi jawabannya adalah A.



2. Ide pokok paragraf tersebut adalah....

A.bayi menggerakkan kaki dan tangannya
B.menggerakkan kaki dan tangannya
C.olahraga mulai menggerakkan kaki dan tangannya
D.hasrat berolahraga bayi
E.ketika bayi mulai menggerakkan kaki dan tangannya

Jawaban D

Pembahasan:

Cara menganalisis ide pokok adalah  sebagai berikut.
(1) tentukan kalimat utama
(2) Kemudian temukan inti kalimat utama.

(1)Hasrat berolah raga timbul pada bayi ketika mulai menggerakkan kaki dan tangannya.

Inti kalimat utama tersebut adalah  opsi hasrat berolahraga bayi.



3. Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor....

A.(3)
B.(4)
C.(5)
D.(6)
E.(7)

Jawaban E

Pembahasan:

Cara mengerjakan soal seperti ini adalah, kita cari kalimat utama. Kemudian kita cari kalimat lain yang tidak berkaitan dengan kalimat utama.

Kalimat utama paragraf di atas adalah

(1)Hasrat berolah raga timbul pada bayi ketika mulai menggerakkan kaki dan tangannya.

Opsi A, B, C, D berkaitan dengan kalimat utama. Tetapi tidak untuk opsi E  (7) Peralatan olahraga sebenarnya juga tidak terlalu mahal tergantung jenis dan bahannya.

Jadi, jelaskan jawababnya adalah E.

Demikian pembahasan kumpulan soal bahasa Indonesia kali ini. Semakin banyak yang berkunjung, saya akan semakin semangat dalam mengulas soal-soal bahasa Indonesia.

Nantikan postingan saya berikutnya ya. Terima kasih.


Sunday, 1 December 2019

Soal tentang surat lamaran pekerjaan

Besar harapan saya dapat diterima bekerja di perusahaan bapak. Atas perhatiannya saya menghaturkan banyak terimakasih. 

Perbaikan kalimat yang tercetak miring tersebut adalah....

A. Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.

B. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

C. Atas perhatian, saya mengucapkan terima kasih.

D. Atas perhatian Bapak, saya menyampaikan terima kasih.

E. Atas perhatian Bapak. Saya mengucapkan terima kasih.

Jawaban: D

Pembahasan:

Jawaban A salah. Kata ganti -nya adalah kata ganti orang ketiga. Kata ganti orang ketiga sama dengan kata dia, ia, beliau, mereka. Penggunaan kata ganti orang ketiga akan menjadikan kalimat ini rancu. Kata atas perhatiannya sama dengan kata atas perhatian beliau. Ini anehkan?

Kesalahan juga ada pada kata mengucapkan. Bahasa dalam surat kurang tepat jika menggunakan kata mengucapkan. Kata yang tepat dalam bahasa adalah kata  menyampaikan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 

Cara menganalisis sudut pandang dalam cerpen

Bacalah kutipan cerpen berikut ini dengan saksama!

“Night club, Pak, pusat kehidupan malam di kota ini. Tempat orang-orang kaya membuang duitya. Lampunya lima watt, remang-remang, perempuan cantik, dan musik gila-gilaan. Pendeknya, yahud,” ujar penjaga sambil mengacungkan jempolnya.

“Lantas, apa yang mereka bikin di situ?” suaranya tercekik, membayangkan ketakutan yang besar.

“Berdansa, bersenang-senang, dan minum minuman keras. Biasa, Pak, Jakarta,” jawabnya ringan.

“Astaga, Gusti Pangeran Nyuwun Ngapura . . adikku sering ke situ?” ujarnya lirih mengandung sendu.

“Tidak ke situ. Ke Paprika, tapi sama saja. Malah karcisnya mahal di sana, enam ratus ribu.”

“Enam ratus ribu, sama dengan dua bulan gajiku, ” keluhnya pelan Lampu-lampu yang berkilauan terasa menusuk-nusuk matanya, sedang kebisingan kota menyayat-nyayat hatinya. Samar-samar mulai disadarinya bahwa dia tengah kehilangan adiknya, Paijo tercinta. (Jakarta, Totilawati Tjitrawarsita)

 1. Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan tersebut adalah....
A. Orang pertama pelaku utama
B. Orang pertama pelaku sampingan
C. Orang ketiga terbatas
D. Orang ketiga tidak terbatas
E. Orang ketiga serbatahu.

Jawaban: A

Pembahasan:
Sudut pandang adalah pusat pengisahan dalam suatu novel dan cerpen.
Cerita di atas menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama.
Pusat cerita ada pada tokoh Aku (yang dipanggil Pak oleh penjaga).

Tokoh aku menjadi pusat cerita, karena peristiwa yang diceritakan dalam alur berdasarkan pengamatan tokoh tersebut.

Jadi, kunci jawaban yang tepat adalah A. 

Thursday, 28 November 2019

Menemukan kalimat penjelas yang tidak padu dalam suatu paragraf

Bacalah paragraf berikut ini secara cermat!

(1) Icon Kota Banjarmasin sebagai Kota Sungai seakan terjerembab ke dalam berbagai masalah. (2) Sungai yang diharapkan menjadi denyut nadi kehidupan masyarakat kota terlibas oleh kuatnya kepentingan. (3) Alhasil, sungai tidak lagi menjadi icon kehidupan, malah terjamah oleh kepentingan pribadi. (4) Kebijakan normalisasi sungai yang menjadi andalan pemangku kebijakan terkendala oleh tidak adanya keberanian pemangku kebijakan. (5) Tiap pagi dan sore banyak masyarakat Banjarmasin mandi di Sungai.

Kalimat penjelas yang tidak padu adalah ….

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

Cara menemukan kalimat penjelas yang tidak padu adalah sebagai berikut, Langkah pertama, kita temukan terlebih dahulu kalimat Utama. Langkah kedua, kita analisis kalimat yang tidak nyambung/ tidak padu dengan kalimat Utama.

Mari kita baca sekali lagi teks berikut secara cermat!

(1) Icon Kota Banjarmasin sebagai Kota Sungai seakan terjerembab ke dalam berbagai masalah. (2) Sungai yang diharapkan menjadi denyut nadi kehidupan masyarakat kota terlibas oleh kuatnya kepentingan. (3) Alhasil, sungai tidak lagi menjadi icon kehidupan, malah terjamah oleh kepentingan pribadi. (4) Kebijakan normalisasi sungai yang menjadi andalan pemangku kebijakan terkendala oleh tidak adanya keberanian pemangku kebijakan. (5) Tiap pagi dan sore banyak masyarakat Banjarmasin mandi di Sungai.

Setelah kita cermati paragraf tersebut, maka dapat kita simpulkan bahwa kalimat Utama terletak di awal paragraf.

(1) Icon Kota Banjarmasin sebagai Kota Sungai seakan terjerembab ke dalam berbagai masalah.

Kalimat (2), (3) dan (4) masih berkaitan dengan kalimat (1). tetapi kalimat (5) tidak padu dengan kalimat (1).

Jadi, jawaban soal tersebut adalah E.

Menemukan ide pokok dalam paragraf

Selamat pagi Pelajar Indonesia. Mumpung saya tidak mengajar saya mau nulis lagi, ah.

Saya akan membahas soal bahasa Indonesia tentang bagaimana caranya menganalisis ide pokok dalam suatu paragraf.

berikut ini soalnya.

1. Bacalah kutipan teks cerita sejarah berikut ini secara saksama!

JAKARTA-- Untuk pertama kalinya dalam sejarah, seorang pembalap asal Indonesia akan berlaga di arena balap mobil paling bergengsi di dunia, Formula Satu (F1). Tim asal Inggris, Manor Racing Ltd, memastikan secara resmi bahwa mereka mengontrak Rio Haryanto sebagai salah satu pembalap Utama dalam ajang F1 musim 2016 ini.
                                              (sumber- Republika, 19 Februari 2016. Koran Republika.co.id).

Ide pokok dalam teks tersebut adalah ...
A. Untuk pertama kalinya dalam sejarah.
B. Tim asal Inggris berlaga di Formula 1 (F1)
C. Pembalap Indonesia akan berlaga.
D. Manor racing Ltd. memastikan.
E. Mereka mengontrak Rio Haryanto.

Jawaban: C

Pembahasan:

Bagaimana cara menemukan ide pokok dalam suatu paragraf, ya? Mudah sekali saudara-saudara.
Begini caranya:
1) temukan kalimat utama
2) temukan ide pokok.

Mari kita baca lagi teks berikut ini, ya.

JAKARTA-- Untuk pertama kalinya dalam sejarah, seorang pembalap asal Indonesia akan berlaga di arena balap mobil paling bergengsi di dunia, Formula Satu (F1). Tim asal Inggris, Manor Racing Ltd, memastikan secara resmi bahwa mereka mengontrak Rio Haryanto sebagai salah satu pembalap Utama dalam ajang F1 musim 2016 ini.
                                              (sumber- Republika, 19 Februari 2016. Koran Republika.co.id).

Kalimat Utama paragaf tersebut ada pada awal kalimat. Mengapa kalimat Utama ada di awal paragraf. Sebab kalimat pertama merupakan kalimat yang paling umum dsan luas pada paragraf tersebut. Kalimat pertama menjadi pusat ide pengembangan paragraf.

Setelah kita menemukan kalimat Utama, langkah berikutnya kita analisis inti kalimat utama.

Perhatikan kalimat berikut ini:

JAKARTA-- Untuk pertama kalinya dalam sejarah, seorang pembalap asal Indonesia akan berlaga di arena balap mobil paling bergengsi di dunia, Formula Satu (F1).

Cara menemukan kalimat inti , kita buang keterangan pada suatu kalimat.

JAKARTA-- Untuk pertama kalinya dalam sejarah (keterangan), seorang pembalap asal Indonesia (subjek) akan berlaga (predikat) di arena balap mobil paling bergengsi di dunia, Formula Satu (F1) (keterangan).

seorang pembalap asal Indonesia (inti subjek adalah pembalap Indonesia) akan berlaga (predikat).

Jadi, jawaban soal di atas adalah C Pembalap Indonesia akan berlaga.


penggunaan imbuhan me- dalam soal

Selamat Pagi Pelajar Indonesia! 
Wah, ternyata banyak yang mengunjungi blog saya. Saya jadi semangat membahas kumpulan soal bahasa Indonesia. Karena saya memang berprofesi sebagai guru bahasa Indonesia Hehehe. 

Kali ini, saya akan membahas soal bahasa Indonesia yang berkaitan dengan penggunaan imbuhan. Ayo, langsung saja di baca, ya. Nanti saya jelaskan. 


 Perhatikan paragraf berikut dengan baik! 

Setelah mendapat teori dari instruktur, mereka berusaha memraktekkan teori tersebut dengan benar. Ternyata masih ada beberapa orang yang melakukan kesalahan sama. Meski demikian, orang-orang itu tak berusaha mengkomunikasikan kepada instruktur mereka dengan baik. Hal ini bisa terjadi karena peserta kurang mempelajari petunjuk yang telah disampaikan oteh instruktur. 

Penulisan kata berimbuhan yang tepat dalam paragraf tersebut adalah ....

A. memraktekkan, mengkomunikasikan, mempelajari 

B. memraktekkan, mengomunikasikan, mempelajari 

C. memraktikkan, mengomunikasikan, memelajari 

D. mempraktikan, mengomunikasikan, memelajari 

E. mempraktikkan, mengomunikasikan, memelajari.

Apa jawabannya, ya? 

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

Semua kata yang menggunakan suka awal k, p, t, s akan mengalami perubahan apabila bergabung dengan imbuhan me-. 


 Memraktekkan salah. Kata dasar praktek adalah tidak baku. Yang betul praktik bukan praktek. 

Kata mengkomunikasikan adalah kata yang tidak baku. Kata tersebut berasal dari kata komunikasi. Seharusnya kata itu apabila diberi imbuhan me-kan maka kata komunikasi yang bersuku awal k akan mengalami perubahan menjadi mengomunikasikan. Ingat hukum huruf k, p, t, s dalam bahasa Indonesia. 

Kata mempelajari juga salah. Yang benar adalah memelajari. Memelajari dari kata dasar pelajar. Kata pelajar diberi imbuhan me-i huruf p mengalami peluluhan sehingga kata tersebut menjadi memelajari.

Jadi, jawaban soal tersebut adalah E. 

Begitu para pelajar Indonesia. Nantikan lagi Postingan saya berikutnya, ya.

Wednesday, 27 November 2019

Kumpulan soal menganalisis bacaan

Bacalah teks berikut dengan cerdas!


(1 ) Pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan akhlak. (2) Tujuan pendidikan karakter adalah membentuk pribadi anak supaya menjadi manusia, warga masyarakat, dan warga negara yang baik. (3) Oleh karena itu. pendidikan karakter dalam konteks pendidikan di Indonesia adalah pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia sendiri.

1. Makna kata esensi yang  digunakan dalam teks ekposisi di atas adalah ....
A. Sumber
B. Dasar
C. Inti
D. Sari
E. Bukan isi

Jawab: C

Pembahasan:
Makna kata esensi adalah inti atau hal yang pokok. Jadi jawabannya adalah opsi C.

2. Konjungsi antarkalimat pada kalimat nomor 3 teks di atas menyatakan....
A. Hubungan pertentangan
B. Hubungan temporal
C. Hubungan pengakibatan
D. Hubungan syarat
E. Hubungan penyebaban.

Jawaban: C
Pembahasan :

Kalimat ke-3 terdapat konjungsi oleh karena itu. Konjungsi tersebut adalah Konjungsi yang menyatakan hubungan penyebaban.

3. Kalimat pertama pada paragraf tersebut adalah kalimat....
A. Aktif transitif
B. Aktif intransitif
C. Pasif
D. Elipsis
E. Inversi.
Jawaban: A transitif

Pembahasan :
Kalimat transitif adalah kalimat yang menggunakan kata kerja yang memerlukan objek.

Pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan akhlak.

Kalimat tersebut terdapat kata kerja aktif transitif.  Kata kerja tersebut adalah kata memiliki. Kata itu adalah kata kerja aktif transitif. Karena memerlukan objek yaitu esensi. Jadi, jawabannya adalah A.

latihan soal dan pembahasan mengenai struktur teks laporan hasil observasi

Halo para pelajar Indonesia! Selamat pagi! 
Semoga selalu sehat ya. 

Saya akan membahas soal teks laporan hasil observasi.

Bacalah teks laporan hasil observasi berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!

Hanya sebagian kecil (antara 50-100 spesies) bambu yang relatif aman populasinya karena telah dibudidayakan secara luas. Sementara, sekitar setengah dari jumlah spesies bambu rawan kepunahan karena kelestariannya bergantung pada keberadaan tutupan hutan, yang terus menyusut hari demi hari. Sekitar 250 spesies di antaranya bahkan hanya hidup di area berhutan kurang dari 2000 km², yang tersebar di masing-masing wilayah agihannya. Pada sisi yang lain, masih sangat sedikit yang diketahui mengenai sifat-sifat biologis dan ekologis kebanyakan jenis itu. Kerentanan ini masih ditambah lagi dengan sifat intrinsik bambu perihal perbungaan serempak yang diikuti dengan kematian massal pada jenis-jenis bambu tertentu; yang apabila berbetulan dengan kejadian kebakaran atau kerusakan hutan yang luas, dapat mengarahkan jenis-jenis itu pada kepunahan. Sejauh ini, Daftar merah IUCN baru mendaftar sekitar 20 spesies bambu Amerika, 16 bambu Asia, dan satu Afrika; tak satupun dari 25 spesies asli Madagaskar, walau 10 spesies di antaranya cuma didapati pada habitat seluas kurang dari 2000 km², yang tercantum di situ.

1. Paragraf tersebut merupakan struktur bagian teks laporan hasil observasi yang berupa.... 
A. Pernyataan umum 
B. Deskripsi bagian 
C. Deskripsi umum 
D. Tesis
E. Deskripsi manfaat.

Jawaban B
Pembahasan:
Teks laporan hasil observasi terdiri atas 3 bagian. 1)pembuka=pernyataan umum, 2)isi=deskripsi bagian, 3) penutup=deskripsi manfaat. 

Struktur pembuka teks laporan hasil observasi biasanya terdapat kalimat definisi.
Kalimat definisi biasanya menggunakan kata kunci adalah, merupakan, ialah. 

Contoh kalimat definisi:
Pendidikan merupakan senjata yang paling ampuh, karena pendidikan mampu mengubah dunia. 

Bagian isi teks laporan hasil observasi memuat deskripsi bagian yang berisi fakta-fakta. Fakta tersebut bisa berupa bagian-bagian suatu objek. Bagian ini bisa membahas bentuk, ukuran, warna, jumlah, letak, suatu benda. 

Bagian penutup teks laporan hasil observasi adalah deskripsi manfaat. Pada bagian ini menjelaskan manfaat objek yang kita observasi/ amati. 

Teks soal di atas merupakan bagian isi teks laporan hasil observasi. Ini terbukti bahwa pada bagian ini bisa kita temukan pembahasan bentuk, ukuran, warna, jumlah, letak, suatu benda. Jadi,  jawaban soal di atas adalah B Deskripsi bagian.

Soal nomor 2
Ciri penanda bahwa paragraf tersebut merupakan teks laporan hasil observasi adalah... 
A. Isi berupa fakta 
B. Menyampaikan hal yang aktual 
C. Bersifat subjektif 
D. Terdapat deskripsi umum 
E. Tidak mengandung verba.

Kunci jawaban: A
 Pembahasan:
Berita aktual adalah berita yang baru saja terjadi. Teks tersebut bukan data aktual. Karena tidak membahas berisi data-data yang valid. 

Berita subjektif adalah berita yang tidak dilengkapi dengan data-data yang jelas. 

Teks di atas Bukan merupakan deskripsi umum teks laporan hasil observasi. Deskripsi umum biasanya terdapat kalimat definisi yang menggambarkan secara umum suatu objek. 

Teks laporan hasil observasi tersebut terdapat banyak kata kerja/ verba. 

Jadi, jawaban soal tersebut adalah A isi berupa fakta. Ada banyak data-data fakta yang bisa kita temukan.




Tuesday, 26 November 2019

cara menganalisis amanat

Halo, para peserta didik Indonesia. Selamat Pagi! 

Pada kesempatan kali ini, saya akan  menganalisis amanat dalam kutipan novel. 
Berikut ini kutipan novel yang akan saya ara analisis amanatnya.

Sekali lagi Hanafi bangkit dan berbaring, sambil tertawa terbahak-bahak, maka berkatalah ia, “ltulah yang kusegankan benar hidup di tanah Minangkabau ini, Bu. Di sini semua orang berkuasa, kepada semua kita berhutang, baik utang uang maupun utang budi.” Kemarahan Hanafi ditujukan kepada anaknya yang katanya sudah dimasuki oleh setan kepada Si Buyung yang masih belum datang, serta malunya kepada kawan-kawannya melihat istrinya datang yang tidak ubah rupanya dengan koki. Semuanya sudah bertumpuk di atas kepala Rapiah. Sambil merentangkan anak itu ke tangan ibunya, dikatainyalah istrinya di muka kawan-kawannya dengan segala nista dan penghinaan hingga ketiga tamunya itu menjadi resah dan prihatin atas sikap Hanafi kepada istrinya. 
      "Salah Asuhan" karya Abdul Muis 

Amanat yang terkandung dalam kutipan novel tersebut adalah ....

A. Berani menjelek-jeiekan istri kepada teman sendiri. 

B. Hanafi merasa lebih modern dibandingkan istrinya.

C. Tegar menghadapi suami yang suka menjelekannya.

D. Tidak baik menjelek-jelekan istri kepada orang lain. 

E. Dengki melihat istrinya sangat bersikap tradisional.

Kunci Jawaban D. 

Pembahasan :

Cara menganalisis amanat pada suatu novel adalah, kita identifikasi terlebih dahulu permasalahan dalam novel. Setelah kita menemukan permasalahan dalam novel, langkah berikutnya kita ambil pelajaran atau hikmah dari permasalahan yang terjadi.

Permasalahan yang terjadi pada kutipan novel "Salah Asuhan" di atas adalah sikap tokoh Hanafi yang menjelek-jelekkan istrinya sendiri. Berikut ini kutipannya. 

...
dikatainyalah istrinya di muka kawan-kawannya dengan segala nista dan penghinaan hingga ketiga tamunya itu menjadi resah dan prihatin atas sikap Hanafi kepada istrinya.


Amanat atau pelajaran yang dapat kita ambil adalah opsi D Tidak baik menjelek-jelekan istri kepada orang lain. 

Begitu para pelajar Indonesia, penjelasan saya mengenai cara menganalisis amanat pada suatu novel. 

Sekian dan sampai jumpa lagi pada pembahasan kumpulan soal bahasa Indonesia selanjutnya, ya. 

Saturday, 16 November 2019

CARA MENEMUKAN KALIMAT TIDAK PADU PADA PARAGRAF

Cermati paragraf berikut ini secara saksama!

(1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di fasilitas iradiator untuk membuat materi genetik sorgum bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi. (3) Ia menanam benih sorgum di lahan-lahan kering Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dan hasilnya positif. (4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia menghasilkan kualitas unggul sorgum bernama Pahat.

Kalimat tidak padu dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor .....

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Jawaban: D

Pembahasan
Langkah-langkah menemukan kalimat tidak padu, pertama cari kalimat utama paragraf tersebut. kemudian yang kedua cari kalimat yang tidak padu dengan kalimat utama.

Kalimat utama adalah kalimat yang paling umum pada suatu paragraf. Kalimat utama bisa terletak di awal paragraf, di tengah paragraf, di akhir paragraf, di awal dan di akhir paragraf serta menyebar di seluruh kalimat pada suatu paragraf.

Perbedaan kalimat utama dengan kalimat penjelas adalah kalimat utama suatu paragraf bisa berdiri sendiri dan bermakna, tetapi kalimat penjelas tidak dapat berdiri sendiri, karena memerlukan kalimat lain.

Kalimat utama paragraf di atas adalah (1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di fasilitas iradiator untuk membuat materi genetik sorgum bermutasi.

Kalimat yang padu dengan kalimat utama adalah kalimat nomor (4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. Mengapa? Karena kalimat nomor (4) tidak nyambung dengan kalimat utama (kalimat nomor 1).

Kalimat nomor (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi merupakan kalimat yang padu. Mengapa? Sebab ada kata ganti -nya yang mengacu pada kalimat nomor (1). Kata ganti -nya mengacu pada Penelitian Badan Tenaga Nuklir Nasional yang memanfaatkan radiasi sinar gama.

Kalimat nomor (3) Ia menanam benih sorgum di lahan-lahan kering Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur dan hasilnya positif, merupakan kalimat yang padu. Mengapa? Karena pada kalimat ini menggunakan kata ganti Ia yang mengacu pada kalimat utama. Kata ganti ia mengacu pada Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional.


 Kalimat (5) Ia menghasilkan kualitas unggul sorgum bernama Pahat, merupakan kalimat yang padu. Mengapa padu? karena pada kalimat ini terdapat kata ganti "Ia" yang mengacu pada Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional.

Jadi, jawaban soal tersebut adalah opsi  D kalimat nomor 4 yang berbunyi Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. Kalimat ini tidak berkaitan dengan kalimat utama. Paragraf tersebut jika menggunakan kalimat nomor 4, akan menghasilkan sebuah paragraf yang tidak kohesif.