Thursday, 18 November 2021

Menganalisis makna dan lambang dan makna suatu puisi

 KEPADA PEMINTA-MINTA


Baik-baik, aku akan menghadap Dia

Menyerahkan diri dari dosa

Tapi jangan tentang lagi aku

Nanti darahku jadi beku


Jangan lagi kau bercerita 

Sudah tercacar semua di muka 

Nanah meleleh dari muka 

Sambil berjalan kau usap juga 


Bersuara tiap kau melangkah 

Mengerang tiap kau memandang 

Menetes dari suasana kau datang Sembarang kau merebah 


Mengganggu dalam mimpiku 

Mengempas aku di bumi keras 

Di bibirku terasa pedas 


Chairil Anwar 


1. Makna lambang kata darahku jadi beku adalah ..., 

A. mati 

B. cemas 

C. takut 

D. lelah 

E. hilang 

Kunci:A


2. Maksud puisi tersebut adalah .... 

A. si pengemis selalu ingat akan dosa-dosa yang telah dilakukannya selama ia hidup di dunia.


B. penderitaan si aku dan si pengemis sama hanya masalah yang dihadapinya yang sangat berbeda 


C. seseorang merasa berdosa karena telah membiarkan pengemis menderita 


D. rasa di hempas ke bumi perasaan pengemis karena sangat menderita hidupnya di dunia ini.


E. si aku jangan selalu hidup meminta-minta karena itu adalah perbuatan dosa yang tidak diampuni Tuhan 

Kunci: A

Wednesday, 17 November 2021

Menyusun kalimat efektif

 Bacalah kalimat berikut dengan saksama! 


Kegelisahan Syaiful adalah juga merupakan kegundahan banyak warga Pulau Bangka ini karena sudah delapan tahun mereka hidup dari menambang timah. 


1. Kalimat tersebut dapat diperbaiki dengan ,... 


A. menghilangkan kata adalah , 

B. membubuhkan tanda koma sebelum kata karena 

C. menghilangkan kata juga,

D. menambahkan kata mereka sebelum kata sudah 

E. menghilangkan kata banyak 


Kunci: A 


Pembahasan: 


Kalimat tersebut menunjukkan gejala pleonasme (penggunaan kata yang berlebihan). Kata adalah sama maknanya dengan merupakan. Jadi, cukup digunakan salah satu saja. 



2. Kalimat berikut ini yang seluruhnya ditulis sesuai dengan aturan EYD adalah .... 

A. Wawancara dilakukan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan struktur sosial di desa, yang meliputi. Kelas atas, kelas menengah, kelas bawah. B. Pengamatan secara mendalam dilakukan untuk memperoleh data tentang, perilaku kelompok elit maupun massa. 

C. Untuk memperoleh data tentang lokasi desa dan kependudukan dilakukan pengumpulan data melalui dokumen-dokumen yang ada di kelurahan. D  Keabsahan data dilakukan dengan memeriksa kredibilitas, keteralihan, kebergantungan dan kepastian dari sumber data. 

E. Dari kajian peralihan status sosial ekonomi ke kelompok pamong desa, dapat dikemukakan intisarinya sebagai berikut.



Kunci: E 


Pembahasan: Tanda koma digunakan untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat jika anak kalimat itu mendahului induk kalimatnya. 



3. Kalimat berikut yang seluruhnya ditulis sesuai dengan aturan ejaan yang baku adalah .... 


A. Hampir setiap buku Bahasa Indonesia membahas masalah ejaan. 


B. Dalam tulisannya masih banyak terdapat kesalahan ejaan, walaupun ia sudah tahu aturan ejaan yang baku. 


C. Kata-kata asing dalam teks ilmiah penulisannya perlu digaris-bawahi atau dicetak Miring, 


D. Kata universitas sebagai nama diri ditulis dengan huruf awal kapital. 


E. Setiap siswa perlu memiliki buku Pedoman Ejaan Yang Disempurnakan.


Kunci: D 


Pembahasan: Kata Bahasa Indonesia pada jawaban (A) seharusnya ditulis bahasa Indonesia. Kalimat pada jawaban (B) seharusnya tidak terdapat tanda koma (,) karena tanda koma tidak digunakan untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat jika anak kalimat itu mengiringi induk kalimatnya. 


4. Kalimat berikut ini yang seluruhnya ditulis sesuai dengan EYD adalah .... 


A. Pada peringatan kemerdekaan tahun ini akan diadakan lomba bola voli antar sekolah. 


B. Untuk meningkatkan kemampuan bermain peran, mahasiswa program Seni Peran biasanya mengadakan festival drama. 


C. Buku ekonomi setebal itu hanya sedikit membahas teori mikro ekonomi. 


D. Pasca lebaran orang sibuk mempersiapkan diri untuk kembali ke pekerjaannya semula. 


E. Masyarakat saat ini sibuk dengan urusannya masing-masing, sehingga program Dasa Wisma pun tidak dapat berjalan lancar. 


Kunci: B  


Perbandingan sudut pandang yang digunakan dalam kutipan novel

 Bacalah kedua kutipan teks novel berikut!

Teks I

Tak susah melukiskan sekolah kami, karena sekolah kami adalah salah satu dari ratusan atau mungkin ribuan sekolah miskin di seantero negeri ini yang jika disenggol sedikit saja oleh kambing yang senewen, bisa rubuh berantakan. Kami memiliki enam kelas kecil-kecil. pagi untuk SD Muhammadiyah dan sore untuk SMP Muhammadiah. Maka kami, sepuluh siswa baru ini bercokol selama sembilan tahun di sekolah yang sama dan kelas-kelas yang sama, bahkan susunan kawan sebangku pun tak berubah selama Sembilan tahun SD dan SMP itu.

(Laskar Pelangi, Andrea Hirata)

Teks 2

Setelah aku diwisuda sebagai sarjana ilmu hukum, aku kemudian memilih pulang ke Rimbo Pematang. Aku membantu mengajar di SMA Rimbo Parit dengan status honorer, sekolah tempatku menyelesaikan sekolah dulu. Aku memegang mata pelajaran Tata Negara dan Sejarah. Seperti ketika sekolah dulu, aku bolak-balik dari rumah ke kota kecamatan tersebut: dari rumah jalan kaki beberapa ratus meter ke dermaga penyeberangan dengan perahu di pinggir sungai, kemudian melanjutkan perjalanan dengan transportasi darat ke Rimbo Parit. Begitu setiap hari pulang-pergi.

(Nyanyi Sunyi dari Indragiri , Hary B. Kori'un)

Perbandingan sudut pandang yang digunakan dalam kedua teks di atas adalah ...

A. Teks 1 menggunakan sudut pandang orang III, teks 2 menggunakan sudut pandang orang I

B. Teks 1 menggunakan sudut pandang orang ke-1. teks 2 menggunakan sudut pandang orang ke-3

C. Teks 1 menggunakan sudut pandang orang I, teks 2 menggunakan sudut pandang orang I

D. Teks 1 menggunakan sudut pandang orang III, teks 2 menggunakan sudut pandang orang III

E. Teks 1 menggunakan sudut pandang orang III jamak, teks 2 menggunakan sudut pandang orang III tunggal

Jawaban: C







Menganalisis peribahasa dalam kutipan novel

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!

Sungguh amat disayangkan, keluarga besar itu kini bercerai-berai. Terjadinya sebuah kesalahpahaman itulah yang akhirnya memicu perselisihan di antara mereka. Apalagi kurangnya komunikasi dan kuantitas interaksi itulah akhimya menimbulkan pertikaian yang tak terelakkan lagi antarorang-orang dalam keluarga tersebut. 


Peribahasa/ gaya bahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ... 

A. Air diminum rasa duri 

B. Air besar batu bersibak 

C. Air tenang menghanyutkan 

D. Air beriak tanda tak dalam 

E. Adat diisi lembaga dituang. 

Kunci jawaban: B

Tuesday, 16 November 2021

Menganalisis Nilai moral yang terkandung dalam kutipan hikayat

 bacalah paragraf berikut dengan saksama!


Anakku yang rajin dan baik budi! Ayahmu tak mampu memberi apa-apa selain kalung batu hijau ini, bukannya warna kuning kesayanganmu!" kata sang raja. Raja memang sudah mencari-cari kalung batu kuning di berbagai negeri, namun benda itu tak pernah ditemukannya. 


"Sudahlah Ayah, tak mengapa. Batu hijau pun cantik! Lihat, serasi benar dengan bajuku yang berwarna kuning,” kata Puteri Kuning dengan lemah lembut. 



Nilai moral yang terkandung dalam kutipan hikayat Bunga Kemuning tersebut adalah .... 


A. seorang anak yang berbakti pada orang tuanya 


B. seorang anak yang memiliki sifat jahat 


C. seorang ayah yang meminta maaf kepada anaknya karena tidak membawa oleh-oleh yang dijanjikan. 


D. seorang anak yang marah karena tidak dibelikan oleh-oleh.


E. seorang anak yang memiliki sifat manja.

Jawaban: A

Menganalisis opini penulis dalam kutipan tajuk rencana

Bacalah teks tajuk rencana berikut dengan cermat!

Naiknya harga cabai akhir-akhir ini membuat rakyat menjerit. Betapa tidak. Harga cabai yang pada kisaran normal hanya 20 ribuan per kilo, kini harganya mencapai Rp120 000,00 per kilonya. Sebuah harga sayuran yang menyamai harga daging sapi. Pemerintah berdalih, naiknya harga Cabai ini disebabkaan oleh faktor cuaca. Cuaca yang tidak menentu di beberapa daerah membuat para petani gagal panen. Selain itu juga masalah distribusi ke pasar-pasar yang terganggu. Untuk mengatasinya, pemerintah melakukan operasi pasar. Namun, perlu diingat. Operasi pasar hanya berlaku sesaaat dan setelah itu harga kembali melambung tinggi. Pemerintah perlu segera mengambil langkah strategis untuk mengatasi naiknya harga cabai yang tidak wajar ini. 


Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah .... 

A. Kenaikan harga cabai yang melambung tinggi membuat rakyat kecil menjerit. 

B. Naiknya harga cabai ini disebabkan oleh faktor cuaca yang membuat petani gagal panen. 

C. Distribusi ke pasar-pasar tradisional terganggu menyebabkan harga cabai naik tinggi. 

D. Pemerintah melakukan operasi pasar untuk mengatasi naiknya harga cabai. 

E. Pemerintah perlu segera mengambil langkah strategis untuk mengatasi naiknya harga cabai. 

Kunci jawaban:E

Pembahasan:

Tajuk rencana biasanya menggunakan pola penalaran induktif. Dan ini terbukti. Paragraf di atas menggunakan pola penalaran induktif, yang kalimat intinya ada di akhir paragraf. 



Menganalisis makna lambang dalam karya sastra

 Cermati penggalan novel berikut ini!


Tulisan tersebut setidaknya menjadi harapan terakhirku. Ibu, maafkan aku bila selama ini banyak salah terhadapmu. Ayah, terima kasih karena telah merawat Keke tanpa pernah menyerah. Kedua kakakku yang selalu ada ketika kubutuhkan. Pak Iyus, sahabat-sahabatku yang telah memberikan aku kenangan ketika aku bersama kalian. Dan yang terakhir Andi, orang yang tidak akan pernah Sirna dalam hidupku. Walau aku tidak mempunyai napas untuk menghirup udara, tapi aku mempunyai napas untuk mengingat kalian selamanya. 


Setelah apa yang ingin kusampaikan telah selesai, Seluruh keluargaku mulai mengikhlaskan aku untuk pergi. Air mata menjadi tanda terakhir ketika aku mulai mengantuk. Aku merasa lelah, aku ingin memejamkan mataku kembali. Tapi aku melupakan satu hadiah yang kubawa dari kakak untuk orang-orang yang kusayangi. Sayangnya aku baru menyadari bunga melati yang kubawa itu telah hilang saat aku berlari oleh angin. 


Tapi aku masih bisa memohon pada kakak cantik yang berada di sana, yang sedang menungguku. Bolehkan aku meminta untuk memberikan harum bunga melati kepada setiap orang yang kutinggalkan? Biarkan harum tersebut menghapus duka dalam hati mereka, biarkan harum tersebut membawaku kepadamu. Karena aku telah siap untuk tinggal bersama di istanamu. Dan biarkan harum tersebut mengakhiri duka sedih ini menjadi kebahagiaan. Biarkan harum tersebut menjadi pertanda aku telah pergi dari dunia ini. 


(dari Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Danova) 



Makna lambang bunga melati dalam teks tersebut adalah ... 


A. Teman yang mengantarkan Keke menuju istananya di langit. 


B. Kebahagiaan yang diturunkan dari Tuhan melalui tokoh kakak. 


C. Harum melati akan membuat orang-orang yang ditinggalkan bahagia. 


D. Rasa sayang Keke kepada orang-orang yang ditinggalkannya. 


E. Mengubah sedih menjadi berbahagia melepas kepergiannya. 


Kunci jawaban: D

Menganalisis konflik novel

 Cermati penggalan novel berikut ini!


Tulisan tersebut setidaknya menjadi harapan terakhirku. Ibu, maafkan aku bila selama ini banyak salah terhadapmu. Ayah, terima kasih karena telah merawat Keke tanpa pernah menyerah. Kedua kakakku yang selalu ada ketika kubutuhkan. Pak Iyus, sahabat-sahabatku yang telah memberikan aku kenangan ketika aku bersama kalian. Dan yang terakhir Andi, orang yang tidak akan pernah Sirna dalam hidupku. Walau aku tidak mempunyai napas untuk menghirup udara, tapi aku mempunyai napas untuk mengingat kalian selamanya. 


Setelah apa yang ingin kusampaikan telah selesai, Seluruh keluargaku mulai mengikhlaskan aku untuk pergi. Air mata menjadi tanda terakhir ketika aku mulai mengantuk. Aku merasa lelah, aku ingin memejamkan mataku kembali. Tapi aku melupakan satu hadiah yang kubawa dari kakak untuk orang-orang yang kusayangi. Sayangnya aku baru menyadari bunga melati yang kubawa itu telah hilang saat aku berlari oleh angin. 


Tapi aku masih bisa memohon pada kakak cantik yang berada di sana, yang sedang menungguku. Bolehkan aku meminta untuk memberikan harum bunga melati kepada setiap orang yang kutinggalkan? Biarkan harum tersebut menghapus duka dalam hati mereka, biarkan harum tersebut membawaku kepadamu. Karena aku telah siap untuk tinggal bersama di istanamu. Dan biarkan harum tersebut mengakhiri duka sedih ini menjadi kebahagiaan. Biarkan harum tersebut menjadi pertanda aku telah pergi dari dunia ini. 


(dari Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Danova) 



Konflik dalam teks tersebut adalah ... 


A. Keluarga Keke baru mengikhlaskan dirinya pergi setelah dia menuliskan pesan. 


B. Keke merasa kecapekan menuliskan pesan terakhir untuk keluarganya. 


C. Keke lupa membawa melati hadiah dari kakaknya, ternyata hilang terbawa angin. 


D. Pada detik-detik terakhir hidupnya, Keke meninggalkan pesan untuk keluarganya. 


E. Keke kesulitan menyampaikan pesan pada detik-detik terakhir hidupnya. 


Kunci jawaban: E


Pembahasan:

Konflik dalam suatu novel adalah suatu hal yang wajib dihadirkan. Jika suatu novel tidak ada konflik, maka ini bukanlah suatu cerita. Ini berarti kesuksesan jalan cerita suatu novel, bergantung pada si pengarang dalam menceritakan konflik.


Konflik kutipan novel di atas adalah si tokoh utama yang mengalami konflik batin. Konflik itu yaitu opsi E. Keke kesulitan menyampaikan pesan pada detik-detik terakhir hidupnya. 






Menganalisis kalimat yang tidak padu dalam suatu paragraf

Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1) Selain tak mandiri, pengelolaan sumber daya alam juga cenderung mengabaikan kelestarian. (2) Pohon yang dibabat jauh lebih banyak dari yang ditanam. (3) Pembukaan lahan perkebunan atau pertanian dengan membakar hutan. (4) Menangkap ikan dengan menggunakan bom. (5) Sementara itu pejabat korup dengan mudah memberikan konsesi pemanfaatan hutan tanpa memperdulikan daya dukung dan kelestarian lingkungan. 


Kalimat yang tidak padu dalam teks di atas adalah .... 

A. kalimat (1) 

B. kalimat (2) 

C. kalimat (3) 

D. kalimat (4) 

E. kalimat (5).


Kunci jawaban: E


Pembahasan:


Paragraf di atas adalah paragraf yang tidak kohesif tetapi Koheren. Mengapa demikian? Karena ada satu kalimat yang tidak bertautan dengan kalimat utama. Kalimat tersebut adalah kalimat nomor 5.


Kalimat nomor 5 secara kekohesifan bertautan dengan kalimat sebelumnya. Tetapi kalimat ini tidak bertautan dengan ide pokok paragraf.


Sehingga, jawabnya yang tepat ada pada kalimat ke 5.






Hal yang dapat diteladani dari tokoh

 Cermati teks berikut !


“Ibaratnya, sekarang itu justru sedang tenang-tenangnya," ujar Tevi, berseling isakan samar. Itu pun, imbuh dia, Taufik masih bisa bercanda soal sakitnya. “Habis dicuci pakai Rinso (merek sabun cuci) darahnya." 


Ketegaran Taufik menjalani hari-hari sakit bertahun-tahun barangkali juga adalah turunan dari sang ayah, Daud. Taufik adalah anak sulung Daud, dari tiga bersaudara. Ketika jasad Taufik dikebumikan tepat di seberang rumah keluarga ini, berjeda masjid saja, Daud pun dalam kondisi tak sehat. 


Pagi tak akan sama lagi. 


Bagi Kompas.com, keluarga besar Grup Kompas Gramedia, terlebih untuk keluarga besar Daud, pagi sesudah Rabu ini tak akan lagi sama. Tak akan ada lagi suara sapaan ringan ditingkahi senyum yang juga tersorot dari mata lelaki beruban tersebut.



 Hal yang dapat diteladani dari tokoh Taufik dalam teks tersebut adalah .... 

A. Taufik masih sempat becanda soal sakitnya 

B. candaan soal sakit membantu meringankannya 

C. ketegaran Taufik menjalani hari-hari sakit bertahun-tahun 

D. ketegaran Taufik berasal dari ketegaran ayahnya, Pak Daud.

E Taufik adalah anak sulung dari tiga bersaudara dalam keluarga