Thursday 18 November 2021

Menganalisis makna dan lambang dan makna suatu puisi

 KEPADA PEMINTA-MINTA


Baik-baik, aku akan menghadap Dia

Menyerahkan diri dari dosa

Tapi jangan tentang lagi aku

Nanti darahku jadi beku


Jangan lagi kau bercerita 

Sudah tercacar semua di muka 

Nanah meleleh dari muka 

Sambil berjalan kau usap juga 


Bersuara tiap kau melangkah 

Mengerang tiap kau memandang 

Menetes dari suasana kau datang Sembarang kau merebah 


Mengganggu dalam mimpiku 

Mengempas aku di bumi keras 

Di bibirku terasa pedas 


Chairil Anwar 


1. Makna lambang kata darahku jadi beku adalah ..., 

A. mati 

B. cemas 

C. takut 

D. lelah 

E. hilang 

Kunci:A


2. Maksud puisi tersebut adalah .... 

A. si pengemis selalu ingat akan dosa-dosa yang telah dilakukannya selama ia hidup di dunia.


B. penderitaan si aku dan si pengemis sama hanya masalah yang dihadapinya yang sangat berbeda 


C. seseorang merasa berdosa karena telah membiarkan pengemis menderita 


D. rasa di hempas ke bumi perasaan pengemis karena sangat menderita hidupnya di dunia ini.


E. si aku jangan selalu hidup meminta-minta karena itu adalah perbuatan dosa yang tidak diampuni Tuhan 

Kunci: A

No comments:

Post a Comment