Monday, 4 September 2023

PTS bahasa Indonesia kelas X SMA

 Belalang Anggrek


Teman-teman, kali ini saya akan menyampaikan laporan hasil observasi yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Objek yang diobservasi adalah belalang anggrek. Pertama-tama, saya akan menyampaikan informasi umum terkait dengan belalang anggrek. Belalang anggrek atau Hymenopus Coronatus adalah salah satu jenis belalang sentadu atau belalang sembah yang hidup di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya. Seperti namanya, belalang ini memiliki bentuk dan warna yang menyerupai bunga anggrek.


Pada bagian berikutnya, saya akan menjelaskan ciri khas belalang anggrek yang terdiri atas bagian tubuh, bentuk tubuh, makanan, dan daur hidupnya. Bagian tubuh belalang anggrek terdiri atas kepala, toraks, dan abdomen. Di bagian kepala terdapat mata majemuk, mulut, dan dua buah antena seperti benang. Seperti jenis belalang sentadu lainnya, kepala belalang anggrek dapat berputar 360°. Di bagian toraks terdapat tiga pasang kaki. Kaki depan belalang anggrek yang panjang dan kuat dilengkapi dengan duri dan capit. Belalang anggrek memiliki dua pasang sayap yang menutupi bagian abdomennya. Sayap depan berfungsi melindungi sayap belakang sehingga teksturnya lebih keras.


Ukuran tubuh belalang anggrek berbeda antara jantan dan betina. Panjang tubuh belalang anggrek jantan sekitar 2,5 s.d. 3 cm sedangkan betina 6 s.d. 7 cm. Tubuh mereka berwarna putih dengan aksen merah muda lembut atau cerah. Beberapa belalang, bahkan berwarna benar-benar putih atau merah jambu. Namun, belalang anggrek dapat mengubah warna tubuhnya dalam hitungan sehari bergantung pada kondisi lingkungan, seperti kelembapan dan kondisi cahaya.


Belalang anggrek merupakan predator polifagus atau pemakan beberapa jenis mangsa. Mereka memangsa serangga lain yang ber- tubuh lebih kecil, seperti jangkrik, capung, lebah, dan lalat. Belalang anggrek menggunakan bentuk dan warna tubuhnya untuk menarik perhatian mangsa. Saat mangsa mendekat, mereka akan menggunakan kaki depannya untuk menangkapnya. Belalang sembah hanya memangsa hewan yang masih hidup.


Belalang anggrek merupakan hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Fase hidupnya terdiri dari telur, nimfa, dan dewasa. Belalang betina dapat bertelur sampai 300 butir. Telur tersebut diletakkan dalam sarang berbentuk buih putih yang disebut ooteka. Ooteka lama-lama akan mengeras dan melindungi telur-telur dari panas dan hujan. Telur-telur tersebut membutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk menetas. Saat menetas, nimfa belalang sembah sudah menyerupai belalang anggrek dewasa. Itulah mengapa belalang anggrek disebut mengalami metamorfosis tidak sempurna.


Sebagai penutup, saya akan menyampaikan manfaat belalang anggrek. Belalang anggrek berguna bagi manusia untuk membasmi hama berupa serangga. Karena keindahannya, belalang anggrek juga dijadikan peliharaan.


Demikian laporan hasil observasi saya. Terima kasih atas perhatian teman-teman semua.


Berdasarkan teks tersebut, jawablah soal-soal berikut ini


Berikut adalah 20 soal pilihan ganda berdasarkan teks tentang belalang anggrek beserta kunci jawaban dan pembahasannya:


1. Apa objek yang diobservasi dalam laporan ini?

   a. Bunga anggrek

   b. Serangga lain

   c. Belalang anggrek

   d. Kumbang

   e. Lebah


   Jawaban: c. Belalang anggrek

   Pembahasan: Teks menyebutkan bahwa objek yang diobservasi adalah belalang anggrek.


2. Apa yang dimaksud dengan metamorfosis tidak sempurna?

   a. Perubahan warna tubuh belalang

   b. Proses perubahan menjadi dewasa

   c. Perubahan dari telur menjadi nimfa

   d. Proses perubahan menjadi dewasa yang mirip dengan bentuk dewasa

   e. Perubahan bentuk kepala belalang


   Jawaban: d. Proses perubahan menjadi dewasa yang mirip dengan bentuk dewasa

   Pembahasan: Metamorfosis tidak sempurna adalah proses perubahan yang membuat nimfa mirip dengan bentuk dewasa.


3. Apa yang menjadi makanan belalang anggrek?

   a. Bunga anggrek

   b. Serangga lain yang lebih besar

   c. Daun-daun

   d. Nektar bunga

   e. Serangga lain yang lebih kecil


   Jawaban: e. Serangga lain yang lebih kecil

   Pembahasan: Teks menyebutkan bahwa belalang anggrek memangsa serangga lain yang lebih kecil.


4. Apa yang dilakukan belalang anggrek saat mangsa mendekat?

   a. Mencoba menghindar

   b. Mencoba bersembunyi

   c. Menggunakan sayap depan untuk menangkapnya

   d. Menyembunyikan diri di bawah daun

   e. Menggali lubang untuk bersembunyi


   Jawaban: c. Menggunakan sayap depan untuk menangkapnya

   Pembahasan: Teks menyebutkan bahwa saat mangsa mendekat, belalang anggrek menggunakan kaki depannya untuk menangkapnya.


5. Apa yang dimaksud dengan ooteka?

   a. Sarang belalang anggrek

   b. Makanan utama belalang anggrek

   c. Sayap depan belalang anggrek

   d. Telur belalang anggrek

   e. Kepala belalang anggrek


   Jawaban: d. Telur belalang anggrek

   Pembahasan: Ooteka adalah sarang yang melindungi telur-telur belalang anggrek.


6. Berapa lama telur belalang anggrek membutuhkan waktu untuk menetas?

   a. 1 minggu

   b. 2 minggu

   c. 4 minggu

   d. 6 minggu

   e. 8 minggu


   Jawaban: d. 6 minggu

   Pembahasan: Teks menyebutkan bahwa telur-telur belalang anggrek membutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk menetas.


7. Apa manfaat belalang anggrek bagi manusia?

   a. Menjadi peliharaan yang lucu

   b. Menghasilkan madu

   c. Memakan serangga yang menjadi hama

   d. Menjadi bunga hias

   e. Menghasilkan nectar


   Jawaban: c. Memakan serangga yang menjadi hama

   Pembahasan: Teks menyebutkan bahwa belalang anggrek berguna bagi manusia untuk membasmi hama berupa serangga.


8. Berapa pasang sayap yang dimiliki oleh belalang anggrek?

   a. Satu pasang

   b. Dua pasang

   c. Tiga pasang

   d. Empat pasang

   e. Lima pasang


   Jawaban: c. Tiga pasang

   Pembahasan: Teks menyebutkan bahwa belalang anggrek memiliki dua pasang sayap.


9. Apa yang menjadi ciri khas kepala belalang anggrek?

   a. Mata bulat

   b. Antena pendek

   c. Mata majemuk

   d. Sayap besar

   e. Tidak dapat berputar 360°


   Jawaban: c. Mata majemuk

   Pembahasan: Teks mencatat bahwa kepala belalang anggrek memiliki mata majemuk.


10. Apa yang dimaksud dengan "predator polifagus"?

    a. Makhluk yang memakan tumbuhan

    b. Makhluk yang memakan serangga lain

    c. Makhluk yang hanya memakan daging

    d. Makhluk yang hanya memakan nectar

    e. Makhluk yang hanya memakan daun-daun


    Jawaban: b. Makhluk yang memakan serangga lain

    Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa belalang anggrek adalah predator polifagus yang memakan beberapa jenis serangga lain.


11. Apa yang menjadi peran sayap depan belalang anggrek?

    a. Melindungi tubuh dari panas

    b. Melindungi tubuh dari hujan

    c. Melindungi sayap belakang

    d. Mempercepat gerakan

    e. Membantu berputar 360°


    Jawaban: c. Melindungi sayap belakang

    Pembahasan: Teks mencatat bahwa sayap depan berfungsi melindungi sayap belakang.


12. Apa yang dimaksud dengan nimfa dalam daur hidup belalang anggrek?

    a. Bentuk dewasa belalang anggrek

    b. Bentuk pupa belalang anggrek

    c. Bentuk telur belalang anggrek

    d. Bentuk larva belalang anggrek

    e. Bentuk remaja belalang anggrek


    Jawaban: d. Bentuk larva belalang anggrek

    Pembahasan: Nimfa adalah bentuk larva belalang anggrek.


13. Apa fungsi dari mata majemuk pada kepala belalang anggrek?

    a. Melihat dalam gelap

    b. Menghindari predator

    c. Menarik perhatian mangsa

    d. Memandu terbang

    e. Mempercepat gerakan


    Jawaban: c. Menarik perhatian mangsa

    Pembahasan: Teks menyebutkan bahwa belalang anggrek menggunakan bentuk dan warna tubuhnya untuk menarik perhatian mangsa.


14. Berapa pasang kaki yang dimiliki oleh belalang anggrek?

    a. Satu pasang

    b. Dua pasang

    c. Tiga pasang

    d. Empat pasang

    e. Lima pasang


    Jawaban: c. Tiga pasang

    Pembahasan: Teks mencatat bahwa belalang anggrek memiliki tiga pasang kaki.


15. Apa yang dimaksud dengan "sayap depan yang lebih keras"?

    a. Sayap depan yang terbuat dari kayu

    b. Sayap depan yang lebih besar

    c. Sayap depan yang lebih tebal

    d. Sayap depan yang tidak bisa digerakkan

    e. Sayap depan yang terbuat dari logam


    Jawaban: c. Sayap depan yang lebih tebal

    Pembahasan: Teks menyebutkan bahwa sayap depan belalang anggrek lebih keras dan berfungsi melindungi sayap belakang.


16. Mengapa belalang anggrek dapat mengubah warna tubuhnya?

    a. Untuk bersembunyi dari predator

    b. Untuk menarik perhatian mangsa

    c. Karena cuaca yang berubah

    d. Karena ingin berubah menjadi bunga anggrek

    e. Karena sayapnya yang keras


    Jawaban: a. Untuk bersembunyi dari predator

    Pembahasan: Teks menyebutkan bahwa belalang anggrek dapat mengubah warna tubuhnya sebagai salah satu strategi untuk bersembunyi dari predator.


17. Apa yang dimaksud dengan "kaki depan yang dilengkapi dengan duri dan capit"?

    a. Kaki depan yang pendek

    b. Kaki depan yang tumpul

    c. Kaki depan yang panjang

    d. Kaki depan yang tajam

    e. Kaki depan yang tidak memiliki duri


    Jawaban: d. Kaki depan yang tajam

    Pembahasan: Teks menyebutkan bahwa kaki depan belalang anggrek dilengkapi dengan duri dan capit.


18. Apa yang dimaksud dengan "kelembapan dan kondisi cahaya" dalam teks?

    a. Keadaan cuaca

    b. Makanan belalang anggrek

    c. Kondisi lingkungan

    d. Cara belalang anggrek berkomunikasi

    e. Warna tubuh belalang anggrek


    Jawaban: c. Kondisi lingkungan

    Pembahasan: Teks menyebutkan bahwa warna tubuh belalang anggrek dapat berubah bergantung pada kondisi lingkungan seperti kelembapan dan cahaya.


19. Berapa panjang tubuh belalang anggrek betina?

    a. Sekitar 1 cm

    b. Sekitar 3 cm

    c. Sekitar 5 cm

    d. Sekitar 7 cm

    e. Sekitar 10 cm


    Jawaban: d. Sekitar 7 cm

    Pembahasan: Teks menyebutkan bahwa panjang tubuh belalang anggrek betina adalah sekitar 6 s.d. 7 cm.


20. Apa yang dimaksud dengan "predator" dalam teks?

    a. Makhluk yang memakan tumbuhan

    b. Makhluk yang memakan serangga lain

    c. Makhluk yang hanya memakan daging

    d. Makhluk yang hanya memakan nectar

    e. Makhluk yang hanya memakan daun-daun


    Jawaban: b. Makhluk yang memakan serangga lain

    Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa belalang anggrek adalah predator yang memakan beberapa jenis serangga lain.


Friday, 1 September 2023

Rubrik Hasil Penilaian Sidak Sampah di Kelas X s.d XII

 Rubrik Hasil Penilaian Sidak Sampah di Kelas X s.d XII 


Dalam rangka mengevaluasi keberhasilan pengelolaan sampah di kelas X s.d. XII setelah pelaksanaan sidak, rubrik berikut akan digunakan untuk memberikan penilaian terhadap setiap kelas. Penilaian ini mencakup beberapa aspek penting terkait kebersihan, pengelolaan sampah, dan kesadaran lingkungan. Setiap aspek akan dinilai berdasarkan skala penilaian dari 1 hingga 5, di mana 1 adalah yang terendah dan 5 adalah yang tertinggi.


A. Kebersihan Umum Kelas (Total Skor Maksimal: 15 poin)


1. Kebersihan Lantai dan Permukaan Meja:

   - 1: Sangat kotor dan berantakan.

   - 2: Kotor dan berantakan.

   - 3: Sedikit kotor dan berantakan.

   - 4: Rapi tetapi ada beberapa kotoran.

   - 5: Sangat rapi dan bersih.


2. Kebersihan Peralatan dan Alat Tulis:

   - 1: Sangat kotor dan tidak teratur.

   - 2: Kotor dan tidak teratur.

   - 3: Sedikit kotor dan tidak teratur.

   - 4: Rapi tetapi ada beberapa peralatan yang kotor.

   - 5: Sangat rapi dan teratur.


3. Kebersihan Jendela dan Pintu:

   - 1: Sangat kotor dan tidak terawat.

   - 2: Kotor dan tidak terawat.

   - 3: Sedikit kotor dan tidak terawat.

   - 4: Rapi tetapi ada beberapa kotoran.

   - 5: Sangat rapi dan terawat.


B. Pengelolaan Sampah (Total Skor Maksimal: 15 poin)


1. Penempatan Tempat Sampah:

   - 1: Tempat sampah tidak tersedia.

   - 2: Tempat sampah terbatas dan tidak teratur.

   - 3: Tempat sampah cukup dan teratur.

   - 4: Tempat sampah mencukupi dan rapi.

   - 5: Tempat sampah mencukupi, rapi, dan jelas terpisah organik dan non-organik.


2. Pemilahan Sampah:

   - 1: Tidak ada pemilahan sampah.

   - 2: Pemilahan tidak konsisten.

   - 3: Pemilahan terlihat namun tidak teratur.

   - 4: Pemilahan dilakukan dengan baik.

   - 5: Pemilahan dilakukan dengan baik dan konsisten.


3. Program Daur Ulang dan Reduksi Plastik:

   - 1: Tidak ada program daur ulang atau upaya pengurangan plastik.

   - 2: Program daur ulang atau pengurangan plastik tidak terlalu terlihat.

   - 3: Program daur ulang atau pengurangan plastik ada namun belum konsisten.

   - 4: Program daur ulang dan pengurangan plastik terlihat dan dilakukan dengan baik.

   - 5: Program daur ulang dan pengurangan plastik terlihat, konsisten, dan efektif.


C. Kesadaran Lingkungan (Total Skor Maksimal: 10 poin)


1. Partisipasi dalam Kegiatan Lingkungan:

   - 1: Tidak ada partisipasi dalam kegiatan lingkungan.

   - 2: Partisipasi rendah dan tidak aktif.

   - 3: Partisipasi cukup aktif dalam beberapa kegiatan.

   - 4: Partisipasi aktif dalam sebagian besar kegiatan.

   - 5: Partisipasi sangat aktif dan berdampak positif.


2. Pengetahuan tentang Pengelolaan Sampah:

   - 1: Tidak memiliki pengetahuan tentang pengelolaan sampah.

   - 2: Pengetahuan sangat terbatas.

   - 3: Memiliki pengetahuan dasar tentang pengelolaan sampah.

   - 4: Memiliki pengetahuan yang baik tentang pengelolaan sampah.

   - 5: Memiliki pengetahuan mendalam dan mampu berbagi informasi kepada orang lain.


D. Total Skor (Maksimal 40 poin)


Nilai= (skor nilai/40)x100


E. Kesimpulan

- 81-100: Sangat baik, kelas memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi dan menerapkan pengelolaan sampah dengan baik.

- 61-80: Baik, kelas sudah menjaga kebersihan dan melakukan upaya pengelolaan sampah.

- 41-60: Cukup, terdapat beberapa upaya namun perlu perbaikan dalam pengelolaan sampah dan kesadaran lingkungan.

- 21-40: Kurang, pengelolaan sampah dan kesadaran lingkungan perlu perhatian serius.

- 0-20: Sangat kurang, diperlukan perubahan besar dalam pengelolaan sampah dan kesadaran lingkungan.


F. Saran

- Tindakan perbaikan yang diperlukan untuk mencapai skor yang lebih tinggi.

- Rekomendasi untuk program edukasi dan kesadaran lingkungan.


G. Catatan

- Catatan tambahan terkait temuan khusus dalam penilaian.

,.........

Sunday, 27 August 2023

Sinopsis film Greenland (2020): Keberanian dan Cinta dalam Menghadapi Kehancuran Global

Sinopsis film Greenland adalah termasuk Teks eksposisi.



Dalam film yang penuh aksi dan ketegangan ini, "Greenland" yang disutradarai oleh Ric Roman Waugh, penonton diajak dalam perjalanan mengharukan yang menggambarkan perjuangan seorang keluarga dalam menghadapi ancaman bencana global. Dibintangi oleh Gerard Butler sebagai John Garrity, Morena Baccarin sebagai Allison, Roger Dale Floyd sebagai Nathan, dan Scott Glenn, film ini menggambarkan betapa besar tekad manusia dalam menghadapi situasi yang penuh ketidakpastian.


Kisah dimulai dengan pengenalan karakter utama, John Garrity, seorang insinyur struktural yang hidup bersama istrinya, Allison, dan putra mereka yang berusia tujuh tahun, Nathan. Mereka menjalani kehidupan biasa hingga dunia tiba-tiba terguncang oleh pengumuman akan kedatangan komet besar yang berpotensi menghancurkan Bumi. Sementara berita ini menyebar, masyarakat di seluruh dunia dilanda kepanikan dan ketidakpastian. Namun, pemerintah Amerika Serikat mengumumkan bahwa ada perlindungan dalam bentuk tempat evakuasi rahasia yang disediakan untuk sejumlah kecil orang terpilih.


Dalam upaya putus asa untuk menyelamatkan keluarganya, John menerima pesan teks misterius yang mengundangnya untuk bergabung dengan kelompok yang akan diangkut ke tempat aman. Ini adalah titik balik dalam cerita, di mana keluarga Garrity harus mengatasi berbagai rintangan, termasuk rasa putus asa manusia di sekitar mereka yang juga ingin diselamatkan.


Perjalanan mereka penuh dengan ujian emosional dan fisik. Mereka harus melintasi medan yang berbahaya, menghindari kerusuhan massal, dan menghadapi dilema moral yang sulit. Dalam upaya untuk melindungi Nathan, John dan Allison berjuang dengan keputusan yang mungkin mengubah nasib keluarga mereka selamanya.


Saat komet semakin mendekat, perjuangan mereka semakin rumit. Ketidakpastian dan tekanan dari luar terus mengancam integritas keluarga. Namun, di tengah semua ini, "Greenland" juga menggambarkan solidaritas dan kepedulian manusia. Banyak momen mengharukan yang menyoroti interaksi antara orang asing yang bersatu demi keberlangsungan hidup bersama.


"Greenland" bukan hanya tentang bencana dan kehancuran, tetapi juga tentang kekuatan cinta dan keberanian manusia dalam menghadapi ketidakpastian dan situasi ekstrim. Dengan aksi yang mendebarkan, efek visual yang mengesankan, dan performa akting yang kuat, film ini menghadirkan cerita yang menggugah perasaan dan mengingatkan kita akan pentingnya keluarga, keberanian, dan solidaritas dalam menghadapi tantangan yang tak terduga.

Saturday, 26 August 2023

Menganalisis Dampak Keputusan Wasit dalam Final AFF U-23: Kritik dan Harapan



Olahraga sepak bola telah lama menjadi panggung bagi emosi dan gairah dari para pemain dan penonton. Tidak jarang, keputusan wasit dalam pertandingan menjadi sorotan utama, terutama ketika dampaknya terasa begitu besar dalam hasil akhir. Baru-baru ini, Final AFF U-23 memicu perbincangan sengit terkait keputusan wasit yang diklaim merugikan Timnas Indonesia. Mari kita telaah lebih dalam tentang beberapa momen kontroversial dalam pertandingan tersebut.


Dalam laga yang penuh gairah ini, banyak pihak merasa bahwa wasit kurang memberikan ketegasan dalam pengambilan keputusan. Salah satu momen yang mengundang kontroversi adalah ketika pemain Indonesia, Onsinde, dinyatakan dalam posisi offside. Ini bukanlah kejadian pertama dalam turnamen ini, yang membuat keputusan wasit semakin diperbincangkan. Kecaman juga datang saat pemain Vietnam terlihat melakukan handball, namun wasit tidak mengambil tindakan apapun.


Namun, tidak hanya keputusan yang mungkin merugikan Timnas Indonesia yang menjadi sorotan. Pemain Indonesia, Haykal, dilaporkan mengalami cedera akibat siku maut dari pemain Vietnam, yang nampak sangat disengaja. Keputusan wasit untuk tidak mengambil tindakan dalam insiden ini menyebabkan frustrasi yang lebih dalam.


Tidak dapat dipungkiri bahwa keputusan wasit memiliki dampak besar dalam jalannya pertandingan. Dalam momen-momen krusial seperti ini, keadilan menjadi faktor kunci dalam menjaga integritas olahraga. Kritik terhadap keputusan wasit bukanlah hal yang baru, namun, membangun kesadaran akan pentingnya evaluasi dan peningkatan dalam sistem pengawasan menjadi penting untuk menjaga kualitas pertandingan.


Melihat dari sudut pandang positif, pengalaman ini juga mengingatkan kita tentang peran pentingnya sportivitas dalam olahraga. Meskipun kontroversi hadir, para pemain dan tim harus tetap menjunjung tinggi etika dan profesionalisme. Reaksi yang berlebihan dapat merusak citra olahraga dan mengaburkan fokus pada usaha keras para atlet.


Kritik yang disampaikan dengan baik dan konstruktif dapat menjadi katalisator perubahan yang positif. Pertandingan seperti Final AFF U-23 memicu refleksi tentang bagaimana sistem pengambilan keputusan dapat lebih dioptimalkan. Bukan hanya pihak berkepentingan yang memiliki peran dalam ini, namun juga otoritas olahraga yang perlu melihat peluang untuk meningkatkan kualitas pengawasan pertandingan.


Momen ketegangan dalam Final AFF U-23 juga menimbulkan pertanyaan tentang keberuntungan dan skill dalam olahraga. Sebagian menganggap bahwa pelatih tertentu lebih terampil dalam menangani turnamen, sementara yang lain melihat potensi jangka panjang dalam pengembangan tim di bawah arahan yang berbeda. Dalam hal ini, Indra Syafri dianggap sebagai pelatih yang memiliki keahlian khusus dalam turnamen, sedangkan pelatih saat ini, STY, lebih difokuskan pada membangun fondasi tim yang kuat dan berdaya saing dalam jangka panjang.


Perbandingan antara pelatih-pelatih ini memberikan gambaran tentang berbagai pendekatan yang bisa diambil dalam memimpin tim. Setiap pelatih memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing, serta cara pandang yang berbeda terkait pengembangan tim. Ini menunjukkan bahwa dalam dunia sepak bola, tidak ada pendekatan yang mutlak benar, namun yang terpenting adalah hasil akhir yang diinginkan oleh para pemain, staf, dan penggemar.


Dalam mengevaluasi situasi ini, penting untuk tetap menjaga perspektif yang seimbang. Kritik dan kekecewaan terhadap keputusan wasit adalah hal yang sah dalam semangat kompetisi. Namun, sebagai komunitas sepak bola, kita juga harus mampu melihat potensi pembelajaran dan perbaikan dari setiap pengalaman. Semoga, melalui kritik yang konstruktif dan upaya bersama, kita dapat menciptakan lingkungan olahraga yang lebih adil dan profesional di masa depan.


Dalam akhirnya, olahraga selalu menjadi ajang di mana emosi, semangat, dan perjuangan bersatu. Final AFF U-23 mungkin telah meninggalkan kenangan kontroversial, namun pengalaman ini juga mengingatkan kita akan nilai-nilai sportivitas, etika, dan semangat fair play. Dengan menjaga keseimbangan antara kritik dan harapan, kita dapat mendorong pertumbuhan positif dalam olahraga yang kita cintai.

Monday, 21 August 2023

Mengidentifikasi Isi Teks Editorial

 



Kado Tahun Baru 2014 dari Pertamina


Pertamina mengirim kado Tahun Baru 2014 yang pahit kepada masyarakat. Menaikkan harga elpiji tabung 12 kg lebih dari 50 persen. Akibatnya sampai di tingkat konsumen harganya menjadi Rp125.000,00 hingga Rp130.000,00. Bahkan di lokasi yang relatif jauh dari pangkalan, mencapai Rp150.000,00-Rp200.000,00.


Sungguh, kenaikan harga itu merupakan kado yang tidak simpatik, tidak bijak, dan tidak logis. Masyarakat sebagai konsumen menjadi terkaget-kaget karena kenaikan tanpa didahului sosialisasi. Pertamina memutuskan secara sepihak seraya mengiringinya dengan alasan yang terkesan logis. Merugi Rp22 triliun selama 6 tahun sebagai dampak kenaikan harga di pasar internasional serta melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.


Kenaikan harga itu mengharuskan Presiden Republik Indonesia yang sedang melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur meminta Wakil Presiden Republik Indonesia menggelar rapat mendadak dengan para menteri terkait. Mendengarkan penjelasan Direksi Pertamina dan pandangan Menko Ekuin, yang kesimpulannya dilaporkan kepada Presiden. Berdasar kesimpulan rapat itulah, Presiden kemudian membuat keputusan harga elpiji 12 kg yang diumumkan pada Minggu kemarin.


Kita mengapresiasi langkah cekatan pemerintah dalam mengapresiasi kenaikan harga elpiji non-subsidi 12 kg itu seraya mengiringinya dengan pertanyaan. Benarkah pemerintah tidak tahu atau tidak diberitahu mengenai rencana Pertamina menaikkan secara sewenang-wenang. Pertamina merupakan perusahaan negara yang diamanati undang-undang sebagai pengelola minyak dan gas bumi untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Rasanya mustahil kalau pemerintah, dalam hal ini Menko Ekuin dan Menteri BUMN tidak tahu, tidak diberi tahu serta tidak dimintai pandangan, pendapat, dan pertimbangannya.


Kalau dugaan kita yang seperti itu benar adanya, bisa saja di antara kita menengarai langkah pemerintah itu sebagai reaksi semu. Reaksi yang muncul sebagai bentuk kekagetan atas reaksi keras yang ditunjukkan pimpinan DPR RI, DPD RI, dan masyarakat luas. Malah boleh jadi ada politisi yang mengategorikannya sebagai reaksi yang cenderung bersifat pencitraan sehingga terbangun kesan bahwa pemerintah memperhatikan kesulitan sekaligus melindungi kebutuhan rakyat.



Kita tidak bisa menerima sepenuhnya alasan merugi Rp22 triliun selama 6 tahun menjadi regulator elpiji sehingga serta-merta Pertamina menaikkan harga elpiji? Dalam peran dan tugasnya yang mulia inilah Pertamina tidak bisa semata-mata menjadikan harga pasar dunia sebagai kiblat dalam membuat keputusan. Sebab di sisi lain perusahaan memperoleh keuntungan besar atas hasil tambang minyak dan gas yang dieksploitasi dari perut bumi Indonesia.


Keuntungan besar itulah yang seharusnya digunakan untuk sebesar-besar kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Caranya dengan mengambil atau menyisihkan sepersekian persen keuntungan untuk menyubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah.


1. Coba tulis kembali judul tulisan yang kamu baca!


2. Apa yang kamu pahami dari judul tersebut? 


Jawab:


Dari judul "Kado Tahun Baru 2014 dari Pertamina," saya memahami bahwa teks ini berkaitan dengan tindakan atau keputusan yang diambil oleh Pertamina pada awal tahun 2014, yang mungkin berkaitan dengan hadiah atau perubahan yang diumumkan atau diberlakukan oleh perusahaan tersebut. "Kado Tahun Baru" bisa diartikan sebagai tindakan atau keputusan yang diambil pada periode awal tahun baru, dan "dari Pertamina" menunjukkan bahwa subjek yang melakukan tindakan ini adalah perusahaan minyak dan gas tersebut. Teks kemungkinan membahas perubahan harga atau kebijakan terkait dengan produk atau layanan yang disediakan oleh Pertamina.




Rumuskan dalam kalimat baru pemahamanmu tersebut!



Jawab:

Judul "Kado Tahun Baru 2014 dari Pertamina" mengindikasikan bahwa teks membicarakan tentang langkah atau keputusan yang diambil oleh Pertamina pada awal tahun 2014, mungkin berhubungan dengan perubahan atau pemberian yang diumumkan oleh perusahaan tersebut. Ini menyoroti kemungkinan perubahan harga atau kebijakan terkait produk atau layanan Pertamina.



3. Apa kata kunci paragraf pertama?


Kata kunci dari paragraf tersebut adalah "Pertamina," "kado Tahun Baru 2014," "harga elpiji tabung 12 kg," "50 persen," "tingkat konsumen," "Rp125.000,00 hingga Rp130.000,00," "lokasi yang relatif jauh," "Rp150.000,00-Rp200.000,00." Paragraf ini menjelaskan bagaimana Pertamina telah melakukan kenaikan harga elpiji tabung 12 kg yang signifikan pada awal Tahun Baru 2014, lebih dari 50 persen dari harga sebelumnya. Dampak dari kenaikan harga ini adalah naiknya harga elpiji di tingkat konsumen menjadi kisaran Rp125.000,00 hingga Rp130.000,00, bahkan di lokasi yang lebih jauh dari pangkalan, harga bisa mencapai kisaran Rp150.000,00 hingga Rp200.000,00.


4. Rumuskan kembali dalam kalimat baru pernyataan umum dalam paragraf pertama berdasarkan kata kunci yang kamu temukan!


Jawab;


Pada awal tahun 2014, Pertamina memberikan "kado" yang tidak menyenangkan kepada masyarakat dengan menaikkan harga elpiji tabung 12 kg lebih dari 50 persen. Ini berdampak pada peningkatan harga untuk konsumen, yang bisa mencapai kisaran antara Rp125.000,00 hingga Rp130.000,00, dan bahkan lebih tinggi lagi di lokasi yang lebih jauh dari pangkalan, yakni sekitar Rp150.000,00 hingga Rp200.000,00.


5. Apa kata kunci dalam paragraf kedua?


Jawab:

Kata kunci dari paragraf ini adalah "kenaikan harga," "kado yang tidak simpatik," "tidak bijak," "tidak logis," "masyarakat," "konsumen," "sosialisasi," "Pertamina," "mutus secara sepihak," "alasan yang terkesan logis," "merugi Rp22 triliun," "6 tahun," "pasar internasional," "melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS." Paragraf ini menggambarkan reaksi masyarakat terhadap kenaikan harga elpiji oleh Pertamina dan menyebutkan alasan serta dampak yang diduga menjadi latar belakang kenaikan harga tersebut.



6. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumentasi dalam paragraf kedua berdasarkan kata kunci yang kamu temukan!



Jawab:



Kenaikan harga yang terjadi di sini dapat dianggap sebagai pemberian yang kurang disukai, tidaklah bijak, dan terasa tidak masuk akal. Masyarakat sebagai konsumen merasa terkejut karena kenaikan tersebut tidak diberitahukan sebelumnya. Pertamina memutuskan untuk menaikkan harga ini tanpa melibatkan pemberitahuan sebelumnya, tetapi mereka mencoba memberikan alasan yang tampak masuk akal. Mereka mengklaim bahwa kerugian sebesar Rp22 triliun selama 6 tahun akibat kenaikan harga di pasar internasional dan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menjadi latar belakang dari keputusan ini.



7. Apa kata kunci dalam paragraf ketiga?


Jawaban;


 Kata kunci dari paragraf ini adalah "kenaikan harga," "Presiden Republik Indonesia," "kunjungan kerja," "Jawa Timur," "Wakil Presiden Republik Indonesia," "rapat mendadak," "para menteri terkait," "penjelasan Direksi Pertamina," "pandangan Menko Ekuin," "kesimpulannya dilaporkan kepada Presiden," "kesimpulan rapat," "keputusan harga elpiji 12 kg," "Minggu kemarin." Paragraf ini menggambarkan bagaimana reaksi atas kenaikan harga elpiji oleh Pertamina mempengaruhi tindakan pemerintah. Presiden Republik Indonesia mengambil langkah untuk mengatasi masalah ini dengan meminta Wakil Presiden untuk mengadakan rapat mendadak dengan para menteri terkait. Di rapat ini, penjelasan dari Direksi Pertamina dan pandangan dari Menteri Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Menko Ekuin) didengarkan, dan hasilnya dilaporkan kepada Presiden. Keputusan harga elpiji 12 kg diambil berdasarkan kesimpulan dari rapat ini dan diumumkan pada Minggu sebelumnya.


8. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumentasi dalam paragraf ketiga berdasarkan kata kunci yang kamu temukan!



Jawaban:


Kenaikan harga tersebut mengakibatkan situasi di mana Presiden Republik Indonesia yang sedang melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur merasa perlu meminta Wakil Presiden Republik Indonesia untuk mengadakan rapat mendadak bersama para menteri terkait. Dalam rapat tersebut, mereka mendengarkan penjelasan dari Direksi Pertamina serta pandangan dari Menko Ekuin. Hasil kesimpulan dari rapat tersebut kemudian dilaporkan kepada Presiden. Berdasarkan kesimpulan rapat inilah Presiden akhirnya mengambil keputusan mengenai harga elpiji 12 kg yang diumumkan pada Minggu yang lalu.


9. Apa kata kunci dalam paragraf keempat?


Jawab:


Kenaikan harga elpiji non-subsidi 12 kg, apresiasi terhadap langkah cekatan pemerintah, rencana kenaikan harga oleh Pertamina, pengelolaan minyak dan gas bumi oleh Pertamina, peran Menko Ekuin dan Menteri BUMN, pandangan dan pertimbangan pemerintah.



10. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumentasi dalam paragraf keempat berdasarkan kata kunci yang kamu temukan!


Jawaban:


Kenaikan harga elpiji non-subsidi 12 kg telah diapresiasi sebagai langkah cekatan dari pemerintah. Namun, muncul pertanyaan mengenai apakah pemerintah sebenarnya tidak mengetahui atau tidak diinformasikan terlebih dahulu tentang rencana kenaikan harga ini oleh Pertamina. Sebagai perusahaan negara yang memiliki tugas mengelola minyak dan gas bumi untuk kemakmuran rakyat, sulit dipercaya jika pemerintah, termasuk Menko Ekuin dan Menteri BUMN, tidak memiliki pengetahuan atau tidak diminta pendapat mereka mengenai hal ini.


11.Apa kata kunci dalam paragraf kelima?



Jawaban:


Dugaan mengenai reaksi semu pemerintah, kekagetan atas reaksi keras DPR RI dan DPD RI, respons terhadap masyarakat, politisi yang mengategorikan sebagai pencitraan, perhatian pemerintah terhadap kesulitan dan kebutuhan rakyat.



12.  Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumentasi dalam paragraf kelima berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.



Jawaban:


Kemungkinan bahwa reaksi pemerintah hanyalah semu dapat timbul, terutama karena tanggapan ini muncul setelah reaksi keras dari pimpinan DPR RI, DPD RI, dan masyarakat secara luas. Beberapa bahkan berpendapat bahwa langkah ini dapat dikategorikan sebagai upaya pencitraan politik, yang menciptakan kesan bahwa pemerintah peduli terhadap kesulitan rakyat dan berupaya melindungi kebutuhan mereka.


13. Apa kata kunci dalam paragraf kelima?


Jawab:


Alasan merugi Pertamina, kenaikan harga elpiji, peran dan tugas Pertamina, harga pasar dunia, keputusan berdasarkan harga pasar dunia, keuntungan Pertamina, tambang minyak dan gas, eksploitasi sumber daya alam Indonesia.



14. Rumuskan kembali dalam kalimat baru argumentasi dalam paragraf keenam berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.



Jawaban:


Alasan kenaikan harga elpiji oleh Pertamina yang didasarkan pada kerugian sebesar Rp22 triliun selama 6 tahun, sebagai regulator elpiji, tidak dapat diterima begitu saja. Peran mulia Pertamina sebagai regulator tidak boleh hanya mengambil harga pasar dunia sebagai pertimbangan utama dalam pengambilan keputusan. Perlu diingat bahwa Pertamina juga memperoleh keuntungan yang signifikan dari eksploitasi sumber daya minyak dan gas bumi di Indonesia.


15. Apa saja fakta dalam teks tersebut?



Jawaban:


a. Kenaikan Harga Elpiji: Pada Tahun Baru 2014, Pertamina menaikkan harga elpiji tabung 12 kg lebih dari 50 persen. Harga di tingkat konsumen menjadi sekitar Rp125.000,00 hingga Rp130.000,00, dan bahkan bisa mencapai Rp150.000,00-Rp200.000,00 di lokasi yang lebih jauh dari pangkalan.


b. Kenaikan Harga tanpa Sosialisasi: Kenaikan harga elpiji tersebut dilakukan tanpa sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat, sehingga menyebabkan kekagetan di kalangan konsumen.


c. Alasan Kenaikan Harga oleh Pertamina: Pertamina mengambil keputusan kenaikan harga elpiji dengan alasan kerugian sebesar Rp22 triliun selama 6 tahun akibat kenaikan harga di pasar internasional dan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.


d. Tanggapan Pemerintah: Presiden Republik Indonesia terpaksa mengadakan rapat mendadak dengan para menteri terkait, termasuk Direksi Pertamina dan Menko Ekuin, untuk membahas kenaikan harga elpiji. Hasil rapat ini kemudian digunakan oleh Presiden untuk membuat keputusan harga elpiji.


e. Reaksi Terhadap Kenaikan Harga: Ada reaksi keras dari pimpinan DPR RI, DPD RI, dan masyarakat luas terhadap kenaikan harga elpiji, yang menyebabkan respons pemerintah.


f. Pertanyaan Terhadap Reaksi Pemerintah: Ada pertanyaan mengenai apakah reaksi pemerintah hanya bersifat semu dan merupakan respons atas reaksi keras dari berbagai pihak.


g. Peran Pertamina: Pertamina adalah perusahaan negara yang diamanati oleh undang-undang sebagai pengelola minyak dan gas bumi untuk kepentingan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.


h. Keuntungan Pertamina: Pertamina memperoleh keuntungan besar dari hasil eksploitasi minyak dan gas di Indonesia, yang seharusnya digunakan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.


i. Usulan Subsidi: Ada usulan agar sebagian keuntungan Pertamina digunakan untuk mensubsidi kebutuhan bahan bakar kalangan masyarakat menengah ke bawah.


16. Apa yang menjadi opini redaktur atas fakta tersebut?

Opini redaktur terhadap fakta tersebut tampaknya adalah bahwa kenaikan harga elpiji non-subsidi 12 kg yang dilakukan oleh Pertamina sebagai kado Tahun Baru 2014 merupakan langkah yang tidak disambut baik oleh masyarakat. Kenaikan harga yang mencapai lebih dari 50 persen telah berdampak signifikan pada konsumen, dengan harga yang melonjak menjadi Rp125.000,00 hingga Rp130.000,00, dan bahkan lebih tinggi di lokasi yang lebih terpencil.


Opini tersebut juga menyoroti bahwa kenaikan harga tersebut dianggap tidak simpatik, bijak, dan logis, terutama karena tidak ada sosialisasi sebelumnya kepada masyarakat. Pertamina mengambil keputusan ini dengan alasan kerugian sebesar Rp22 triliun selama 6 tahun akibat kenaikan harga di pasar internasional dan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Namun, penulis mengkritik bahwa alasan tersebut tidak dapat diterima begitu saja.


Selanjutnya, redaktur menyoroti bahwa presiden Republik Indonesia terpaksa harus melakukan rapat mendadak dengan para menteri terkait dan mendengarkan penjelasan dari Direksi Pertamina serta pandangan Menko Ekuin sebelum membuat keputusan harga elpiji 12 kg. Opini ini juga mencermati bahwa ada dugaan reaksi semu dari pemerintah terhadap kenaikan harga ini, yang dianggap sebagai respons terhadap reaksi keras dari DPR RI, DPD RI, dan masyarakat luas.


Terakhir, redaktur menyuarakan ketidaksetujuan terhadap alasan Pertamina yang merugi sebagai regulator elpiji untuk menaikkan harga secara mendadak. Pendapat ini merujuk pada peran mulia Pertamina sebagai pengelola minyak dan gas bumi untuk kemakmuran rakyat. Redaktur menekankan bahwa keuntungan besar yang diperoleh oleh perusahaan seharusnya digunakan untuk kesejahteraan rakyat, mungkin melalui subsidi bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah.


17. Menurutmu, tanggapan redaktur tersebut ditujukan kepada siapa? Masyarakat atau pemerintah?



Jawaban:


Tanggapan redaktur tersebut lebih ditujukan kepada pemerintah daripada kepada masyarakat. Redaktur mengekspresikan kekritisan terhadap langkah-langkah dan alasan yang diambil oleh pemerintah, khususnya Pertamina, dalam konteks kenaikan harga elpiji non-subsidi 12 kg. Opini tersebut mengajukan pertanyaan mengenai ketidakbijakan dan ketidaksimpatikan dalam tindakan pemerintah serta meragukan alasan yang diberikan oleh Pertamina.


Redaktur menyoroti reaksi dan langkah-langkah pemerintah, seperti rapat mendadak dan keputusan harga, serta menggugat kebijakan yang diambil oleh Pertamina sebagai badan negara yang memiliki tanggung jawab untuk kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, tanggapan ini lebih mengarah pada kritik terhadap keputusan dan tindakan pemerintah daripada hanya mengomentari pandangan masyarakat.


18. Bagaimana sikap redaksi terhadap peristiwa tersebut? Mendukung, menolak, atau netral?


Berdasarkan tulisan yang diberikan, sikap redaksi terhadap peristiwa tersebut adalah kritis dan menunjukkan ketidaksetujuan terhadap langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah dan Pertamina terkait kenaikan harga elpiji non-subsidi 12 kg. Redaktur secara tegas mengkritik tindakan tersebut dengan menyebutnya "pahit," "tidak simpatik," "tidak bijak," dan "tidak logis."


Opini redaktur juga mengungkapkan keraguan terhadap alasan kerugian yang diberikan oleh Pertamina sebagai justifikasi kenaikan harga, serta menggambarkan reaksi pemerintah sebagai mungkin "reaksi semu" yang dipicu oleh tekanan dari berbagai pihak, termasuk pimpinan DPR RI, DPD RI, dan masyarakat. Redaktur juga mengajukan alternatif pendekatan untuk menggunakan keuntungan besar yang diperoleh oleh perusahaan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat.


Dengan demikian, sikap redaksi dalam hal ini adalah kritis dan menunjukkan penolakan terhadap langkah-langkah pemerintah dan Pertamina dalam kenaikan harga elpiji non-subsidi 12 kg, serta mengemukakan pandangan alternatif terhadap pengelolaan keuntungan dan dampaknya terhadap rakyat.


19. Bagaimana saran atau rekomendasi redaksi terhadap pihak yang dituju dalam teks editorial tersebut?


Jawaban:


a. Pemerintah dan Pertamina:

   - Transparansi dan Komunikasi: Disarankan agar pemerintah dan Pertamina meningkatkan transparansi dalam proses pengambilan keputusan yang berdampak pada masyarakat. Sosialisasi dan komunikasi yang lebih baik mengenai rencana kenaikan harga sebelumnya bisa membantu mengurangi kejutan dan keresahan di kalangan masyarakat.

   - Pertimbangan Dampak Sosial: Direkomendasikan agar pihak terkait lebih mempertimbangkan dampak sosial dari kenaikan harga, terutama terhadap kelompok masyarakat yang lebih rentan terhadap dampak ekonomi negatif. Pertimbangan tersebut harus melampaui pertimbangan keuangan semata.

   - Alternatif Solusi:Pemerintah dan Pertamina sebaiknya mempertimbangkan alternatif solusi untuk mengatasi tantangan ekonomi, seperti subsidi terarah bagi kelompok masyarakat yang membutuhkan atau strategi lain yang mengurangi beban ekonomi masyarakat.


b. Pimpinan DPR RI, DPD RI, dan Politisi:

   - Kolaborasi Konstruktif: Disarankan agar pimpinan DPR RI, DPD RI, dan politisi lainnya menjalin dialog yang lebih konstruktif dan terbuka dengan pemerintah dan Pertamina. Kolaborasi ini dapat membantu mencari solusi bersama yang lebih akomodatif terhadap kepentingan masyarakat.


c. Masyarakat:

   - Keterlibatan Aktif: Masyarakat diajak untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan masukan dan mengawasi keputusan yang diambil oleh pemerintah dan perusahaan negara. Keterlibatan masyarakat dapat membantu mendorong transparansi dan pertimbangan yang lebih komprehensif.


d. Pertamina:

   - Keseimbangan Antara Profit dan Kesejahteraan: Pertamina disarankan untuk mempertimbangkan dengan cermat keseimbangan antara tujuan keuntungan perusahaan dengan tanggung jawabnya sebagai pengelola minyak dan gas bumi demi kesejahteraan rakyat.


e. Pemerintah:

   - Pertimbangan Kebijakan Jangka Panjang: Pemerintah seharusnya mempertimbangkan dampak jangka panjang dari kebijakan ekonomi, termasuk kenaikan harga energi, terhadap stabilitas sosial dan ekonomi masyarakat.


f. Seluruh Pihak:

   - Dialog Terbuka: Disarankan agar semua pihak terlibat dalam dialog terbuka dan saling mendengarkan untuk mencapai pemahaman bersama dan solusi yang lebih baik.


Semoga ini membantu!




20. Buatlah ringkasan dengan menggunakan jawaban-jawabanmu sebelumnya!



Jawaban:


Ringkasan dari jawaban-jawaban sebelumnya:


Dalam konteks kenaikan harga elpiji non-subsidi 12 kg oleh Pertamina, teks editorial mengekspresikan kritik dan ketidaksetujuan terhadap tindakan dan alasan pemerintah serta Pertamina. Kenaikan harga yang signifikan tanpa sosialisasi lebih awal dianggap tidak simpatik dan tidak bijak. Editorial meragukan alasan kerugian yang diberikan oleh Pertamina dan mengkritik reaksi pemerintah sebagai mungkin semu, sebagai tanggapan terhadap tekanan dari DPR RI, DPD RI, dan masyarakat.


Saran atau rekomendasi yang diajukan adalah transparansi dan komunikasi yang lebih baik, pertimbangan yang lebih komprehensif terhadap dampak sosial, dan pertimbangan alternatif terhadap solusi ekonomi. Redaktur juga menginginkan Pertamina untuk menjaga keseimbangan antara profit dan kesejahteraan rakyat, sambil mendorong pemerintah untuk mempertimbangkan dampak jangka panjang dari kebijakan ekonomi. Pimpinan DPR RI, DPD RI, dan politisi disarankan untuk menjalin dialog konstruktif, dan masyarakat diundang untuk keterlibatan aktif dalam proses pengambilan keputusan.


Semua saran ini bertujuan untuk mencapai transparansi, pertimbangan yang lebih baik, dan solusi yang lebih inklusif terhadap kenaikan harga elpiji dan dampaknya pada masyarakat.


Monday, 7 August 2023

Mengidentifikasi Struktur Teks cerita sejarah Mangir karya Pramoedya Ananta Toer

Mengidentifikasi Struktur Teks cerita sejarah Mangir karya Pramoedya Ananta Toer


Berikut adalah penjelasan tentang masing-masing bagian dalam struktur teks cerita sejarah:


1. Pengenalan Situasi Cerita:

Bagian ini memperkenalkan latar belakang cerita, tokoh-tokoh utama, dan suasana pada masa tersebut. Di sini, pembaca diperkenalkan dengan informasi dasar yang diperlukan untuk memahami konteks cerita.


2. Pengungkapan Peristiwa:

Bagian ini menguraikan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kronologis tertentu. Peristiwa-peristiwa ini bisa melibatkan perkembangan sosial, politik, budaya, atau faktor-faktor lain yang relevan dengan cerita sejarah.


3. Menuju Konflik:

Pada titik ini, tegangan mulai terbangun dan konflik muncul. Konflik bisa bersifat antara individu, kelompok, atau bahkan konflik internal tokoh utama. Situasi semakin memanas dan arah cerita menjadi lebih jelas.


4. Puncak Konflik:

Ini adalah titik tertinggi dari konflik dalam cerita. Konflik mencapai intensitasnya yang maksimal, dan tokoh-tokoh dihadapkan pada situasi yang kritis. Keputusan besar diambil dan memiliki dampak besar pada perkembangan cerita.


5. Penyelesaian:

Setelah mencapai puncak konflik, cerita mulai mereda menuju resolusi. Konflik utama diselesaikan, dan akibat-akibat dari keputusan yang diambil pada puncak konflik mulai tampak. Pembaca mendapatkan pemahaman tentang bagaimana segala sesuatu berakhir.


6. Koda:

Bagian ini memberikan penutup untuk cerita. Bisa berupa pandangan terakhir tentang nasib tokoh-tokoh utama, dampak jangka panjang dari peristiwa cerita, atau pesan moral yang bisa diambil dari cerita tersebut.


Dalam konteks cerita sejarah, struktur ini membantu mengatur narasi untuk memastikan bahwa pembaca atau pendengar memahami dengan baik bagaimana peristiwa-peristiwa sejarah saling terkait dan bagaimana dampaknya berkembang dari waktu ke waktu.



Untuk lebih meningkatkan pemahamanmu terhadap struktur novel sejarah, analisislah dengan memanfaatkan kutipan novel Mangir karya Pramoedya Ananta Toer berikut ini.


Mangir





Karya Pramoedya Ananta Toer


Di bawah bulan malam ini, tiada setitik pun awan di langit. Dan bulan telah terbit bersamaan dengan tenggelamnya matari. Dengan cepat ia naik dari kaki langit, mengunjungi segala dan semua yang tersentuh cahayanya. Juga hutan, juga laut, juga hewan dan manusia. Langit jernih, bersih, dan terang. Di atas bumi Jawa lain lagi keadaannya gelisah, resah, seakan-akan manusia tak membutuhkan ketenteraman lagi.


1. Abad Keenam Belas Masehi


Bahkan juga laut Jawa di bawah bulan purnama sidhi itu gelisah. Ombak- ombak besar bergulung-gulung memanjang terputus, menggunung, melandai, mengejajari pesisir pulau Jawa. Setiap puncak ombak dan riak, bahkan juga busanya yang bertebaran seperti serakan mutiara-semua-dikuningi oleh cahaya bulan. Angin meniup tenang. Ombak-ombak makin menggila.


Sebuah kapal peronda pantai meluncur dengan kecepatan tinggi dalam cuaca angin damai itu. Badannya yang panjang langsing, dengan haluan dan buritan meruncing, timbul-tenggelam di antara ombak-ombak purnama yang menggila. Layar kemudi di haluan menggelembung membikin lunas menerjang serong gunung-gunung air itu-serong ke barat laut. Barisan dayung pada dinding kapal berkayuh berirama seperti kaki-kaki pada ular naga. Layarnya yang terbuat dari pilinan kapas dan benang sutra, mengilat seperti emas, kuning dan menyilaukan.


Sang Patih berhenti di tengah-tengah pendopo, dekat pada Damarsewu, menegur. "Dingin-dingin begini anakanda datang. Pasti ada sesuatu keluarbiasaan. Mendekat sini, anakanda." Dan Patragading berjalan mendekat dengan lututnya sambil mengangkat sembah, merebahkan diri pada kaki Sang Patih. "Ampuni patik, membangunkan Paduka pada malam buta begini Kabar duka, Paduka. Balatentara Demak di bawah Adipati Kudus memasuki Jepara tanpa diduga-duga, menyalahi aturan perang."


"Allah Dewa Batara!" sahut Sang Patih. "Itu bukan aturan raja-raja! Itu aturan brandal!"


"Balatentara Tuban tak sempat dikerahkan, Paduka."


"Bagaimana Bupati Jepara?"


"Tewas enggan menyerah Paduka," Patragading mengangkat sembah. "Sisa balatentara Tuban mundur ke timur kota. Jepara penuh dengan balatentara Demak. Lebih dari tiga ribu orang."


"Begitulah kata warta," Pada meneruskan dengan hati-hati matanya tertuju pada Boris. "Semua bangunan batu di atas wilayah Kota, gapura, arca, pagoda, kuil, candi, akan dibongkar. Setiap batu berukir telah dijatuhi hukum buang ke laut! Tinggal hanya pengumumannya."


"Disambar petirlah dia!" Boris meraung, seakan batu-batu itu bagian dari dirinya sendiri. "Dia hendak cekik semua pernahat dan semua dewa di kahyangan, Dikutuk dia oleh Batara Kala!" Tiba-tiba suaranya turun mengiba-iba: "Apa lagi artinya pengabdian? Aku pergi! Jangan dicari. Tak perlu dicari!" Meraung.


la lari keluar ruangan, langsung menuju ke pelataran depan. Diangkatnya tangga dan dengannya melangkahi pagar papan kayu. Dari balik pagar orang berseru-seru, "Lari dari asrama! Lari!"


Mula-mula pertikaian berkisar pada kelakuan Trenggono yang begitu sampai hati membunuh abangnya sendiri, kemudian diperkuat oleh sikapnya yang polos terhadap peristiwa Pakuan. Mengapa Sultan tak juga menyatakan sikap menentang usaha Portugis yang sudah mulai melakukan perdagangan ke Jawa? Sikap itu semakin ditunggu semakin tak datang. Para musafir yang sudah tak dapat menahan hati lagi telah bermusyawarah dan membentuk utusan untuk menghadap Sultan. Mereka ditolak dengan alasan: apa yang terjadi di Pajajaran tak punya sangkut paut dengan Demak dan musafir.


Jawaban itu mengecewakan para musafir. Bila demikian, mereka menganggap, sudah tak ada perlunya lagi para musafir mengagungkan Demak karena keagungannya memang sudah tak ada lagi. Apa gunanya armada besar peninggalan Unus, yang telah dua tahun disiapkan kalau bukan untuk mengusir Portugis dan dengan demikian terjamin dan melindungi Demak sebagai negeri Islam pertama-tama di Jawa? Masuknya Peranggi ke Jawa berarti ancaman langsung terhadap Islam. Kalau Trenggono tetap tak punya sikap, jelas dia tak punya sesuatu urusan dengan Islam.


Orang menarik kesimpulan dari perkembangan terakhir: antara anak dan ibu takkan ada perdamaian lagi. Dan pertanyaan kemudian yang timbul: Adakah Sultan akan mengambil tindakan terhadap ibunya sendiri sebagaimana ia telah melakukannya terhadap abang-kandungnya.


Pangeran Seda Lepen? Orang menunggu dan menunggu dengan perasaan prihatin terhadap keselamatan wanita tua itu. Sultan Trenggono tak mengambil sesuatu tindakan terhadap ibunya. Ia makin keranjingan membangun pasukan daratnya. Hampir setiap hari orang dapat melihat ia berada di tengah-tengah pasukan kuda kebanggaannya, baik dalam latihan, sodor, maupun ketangkasan berpacu samba memainkan pedang menghajar boneka yang digantungkan pada sepotong kayu. Ia sendiri ikut dalam latihan-latihan ini.


Dan dalam salah satu kesempatan semacam ini pernah ia berkata secara terbuka, "Tak ada yang lebih ampuh daripada pasukan kuda. Lihat, kawula kami semua!" Dan para perwira pasukan kuda pada berdatangan dan merubungnya, semua di atas kuda masing-masing.


"Pada suatu kali, kaki kuda Demak akan mengepulkan debu di seluruh bumi Jawa. Bila debunya jatuh kembali ke bumi, ingat-ingat para kawula, akan kalian lihat, takkan ada satu tapak kaki orang Peranggi pun tampak. Juga tapak- tapaknya di Blambangan dan Pajajaran akan musnah lenyap tertutup oleh debu kuda kalian." Seluruh Tuban kembali dalam ketenangan dan kedamaian-kota dan pedalaman. Sang Patih Tuban mendiang telah digantikan oleh Kala Cuwil, pemimpin pasukan gajah. Nama barunya: Wirabumi. Panggilannya yang lengkap: Gusti Patih Tuban Kala Cuwil Sang Wirabumi. Dan sebagai patih ia masih tetap memimpin pasukan gajah, maka Kala Cuwil tak juga terhapus dalam sebutan. Pasar kota dan pasar bandar ramai kembali seperti sediakala. Lalu lintas laut, kecuali dengan Atas Angin, pulih kembali. Sang Adipati telah menjatuhkan titah: kapal-kapal Tuban mendapat perkenan untuk berlabuh dan berdagang di Malaka ataupun Pasai.



Mari kita analisis cerita "Mangir" dengan menggunakan struktur teks cerita sejarah yang terdiri atas pengenalan situasi cerita, pengungkapan peristiwa, menuju konflik, puncak konflik, penyelesaian, dan koda:


1. Pengenalan Situasi Cerita:

Cerita dimulai dengan deskripsi suasana malam di bawah bulan purnama di Pulau Jawa. Pembaca diperkenalkan pada latar belakang waktu dan suasana yang tenang, terang, dan damai. Ini menciptakan latar belakang dan suasana awal cerita.


2. Pengungkapan Peristiwa:

Cerita mengungkapkan situasi laut Jawa yang gelisah di bawah bulan purnama. Kapal peronda pantai meluncur dengan cepat melalui ombak-ombak yang membesar. Ada percakapan antara Sang Patih dan Patragading yang mengungkapkan peristiwa penting seperti serangan Balatentara Demak ke Jepara. Ini adalah awal dari peristiwa-peristiwa yang akan mempengaruhi cerita.


3. Menuju Konflik:

Konflik mulai berkembang ketika serangan Balatentara Demak ke Jepara diungkapkan. Ada pertanda kekacauan dan ancaman perang. Jepara diserang dan dihadapkan pada situasi yang tak terduga. Konflik muncul karena ketidakpastian dan perbedaan pandangan antara kelompok yang terlibat.


4. Puncak Konflik:

Puncak konflik dalam potongan cerita ini adalah ketika Sang Patih mengetahui bahwa Balatentara Demak telah memasuki Jepara dan menyalahi aturan perang. Sang Patih merasa marah dan mengutuk tindakan brutal ini sebagai "aturan brandal." Ini menciptakan ketegangan yang signifikan dan menunjukkan eskalasi konflik yang mungkin akan berdampak besar pada jalan cerita.


5. Penyelesaian:

Penyelesaian dalam potongan cerita ini belum dijelaskan. Namun, bisa diasumsikan bahwa konflik antara Balatentara Demak dan Jepara akan mengarah pada tindakan dan keputusan yang akan menentukan bagaimana konflik ini akan diselesaikan. Penyelesaian ini mungkin akan melibatkan pertempuran atau perundingan di kemudian hari.


6. Koda:

Potongan cerita ini tidak mencapai koda, sehingga tidak ada informasi tambahan atau penutupan yang diberikan untuk memberikan pemahaman lebih lanjut tentang nasib tokoh-tokoh utama atau dampak jangka panjang dari peristiwa yang telah terjadi.


Dalam analisis ini, kita melihat bagaimana potongan cerita "Mangir" mengikuti struktur teks cerita sejarah yang terdiri atas pengenalan situasi cerita, pengungkapan peristiwa, menuju konflik, puncak konflik, dan membentuk dasar bagi penyelesaian dan koda yang mungkin ada dalam cerita keseluruhannya.

Sunday, 6 August 2023

berikut adalah 30 kumpulan soal pilihan ganda mengenai tonggeret beserta pilihan jawaban

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!



Tonggeret


Tonggeret (Cicadidae) merupakan serangga yang memiliki suara paling nyaring. Terdapat lebih dari 2.000 jenis tonggeret yang hidup di dunia. Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang berbeda.


Tonggeret mampu menghasilkan suara nyaring lantaran memiliki tymbal yang terdapat dalam perut. Organ itu berupa membran yang dilengkapi dengan otot-otot penggerak. Ketika otot-otot itu digerakkan, membran akan bergetar. Getaran itulah yang menghasilkan suara. Suara itu dapat semakin keras karena perut tonggeret memiliki rongga udara yang berfungsi seperti amplifier. Rongga itu memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.


Hanya tonggeret jantan yang bersuara nyaring. Mereka mengeluarkan suara begitu keras untuk menarik perhatian tonggeret betina. Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang unik. Tonggeret tidak dapat kawin dengan jenis yang berbeda. Selain untuk menarik perhatian betina, suara nyaring tersebut pun berguna untuk melindungi mereka dari serangan burung yang akan memangsanya.


Tonggeret dewasa hidup di pepohonan hanya selama 2 - 4 pekan. Beberapa hari setelah kawin, mereka akan mati. Beberapa spesies, bahkan cuma bertahan 3-4 hari. Saat bertelur, tonggeret betina menempelkan telur-telurnya di cabang atau batang pohon dan rerumputan. Namun setelah menetas, nimfa yang dihasilkan jatuh ke tanah. Mereka lalu menggali lubang sedalam 30-50 cm dan hidup dalam tanah selama 2-3 tahun. Namun, ada juga jenis tonggeret di Amerika Serikat yang dapat hidup di dalam tanah hingga 17 tahun. Tonggeret menyukai temperatur hangat, 24-30°C untuk tumbuh optimal. Pada kondisi itu, nimfa akan keluar dari tanah dan tumbuh menjadi dewasa.


Tonggeret termasuk jenis hewan herbivora. Tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang pohon menggunakan mulutnya yang seperti jarum. Saat masih berbentuk nimfa, tonggeret menghisap cairan dari akar pohon untuk bertahan hidup.


Petani kerap memanfaatkan suara keras tonggeret sebagai pertanda kemarau akan datang. Bunyi tonggeret ramai terdengar di penghujung musim hujan alias saat cuaca mulai panas. Saat tonggeret banyak bersuara, petani akan bersiap untuk bertanam palawija, seperti: jagung dan kacang, karena musim kemarau akan segera datang. Sayangnya, perubahan iklim menyebabkan suara tonggeret tidak lagi teratur sehingga tidak dapat lagi digunakan sebagai tanda musim kemarau akan datang. Meskipun begitu, tonggeret masih memiliki manfaat lain, yakni dijadikan santapan dengan cara digoreng atau dibakar.


Berdasarkan teks laporan hasil observasi tersebut, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!


berikut adalah 30 kumpulan soal pilihan ganda mengenai tonggeret beserta pilihan jawaban, dan pembahasannya:


Soal 1: Apa yang membuat tonggeret mampu menghasilkan suara nyaring?

A. Telinga khusus yang peka terhadap getaran.

B. Sayap yang bergetar dengan cepat.

C. Organ tymbal dalam perut.

D. Mulut yang besar dan kuat.

E. Kaki yang panjang dan fleksibel.


Jawaban: C

Pembahasan: Tonggeret menghasilkan suara nyaring melalui organ khusus yang disebut tymbal, yang terdapat dalam perut. Organ ini memiliki membran dan otot-otot penggerak yang saat digerakkan akan menghasilkan getaran, yang akhirnya menghasilkan suara nyaring.


Soal 2: Apa tujuan suara nyaring yang dihasilkan oleh tonggeret jantan?

A. Untuk mengusir predator.

B. Untuk menyuarakan rasa lapar.

C. Untuk menarik perhatian betina.

D. Untuk berkomunikasi dengan tonggeret lain.

E. Untuk memberi tahu tentang cuaca.


Jawaban: C

Pembahasan: Suara nyaring yang dihasilkan oleh tonggeret jantan bertujuan untuk menarik perhatian tonggeret betina selama musim kawin. Suara ini adalah cara komunikasi antara jantan dan betina.


Soal 3: Apa yang membedakan suara tonggeret jantan dan betina?

A. Intensitas suara.

B. Warna tubuh.

C. Ukuran tubuh.

D. Bentuk sayap.

E. Tanda di kepala.


Jawaban: A

Pembahasan:Suara tonggeret jantan lebih nyaring dibandingkan dengan betina. Hal ini terkait dengan tujuan mereka dalam menarik perhatian betina selama musim kawin.


Soal 4: Mengapa suara tonggeret bermanfaat untuk petani?

A. Suara mereka dapat mengusir hama tanaman.

B. Suara mereka memberi tahu tentang datangnya gempa bumi.

C. Suara mereka menjadi tanda musim kemarau.

D. Suara mereka membantu dalam pertanian organik.

E. Suara mereka mempengaruhi pola hujan.


Jawaban: C

Pembahasan:Suara tonggeret telah digunakan oleh petani sebagai pertanda musim kemarau akan datang. Namun, perubahan iklim telah membuat suara ini kurang dapat diandalkan sebagai petunjuk cuaca.


Soal 5: Apa yang menjadi pakan utama tonggeret dewasa?

A. Serangga kecil.

B. Bunga dan nektar.

C. Daun dan batang tanaman.

D. Akar tanaman.

E. Buah-buahan.


Jawaban: C

Pembahasan: Tonggeret dewasa adalah hewan herbivora yang mengisap sari makanan dari batang tanaman menggunakan mulut seperti jarum.


Soal 6: Berapa jumlah jenis tonggeret yang hidup di dunia?

A. Lebih dari 1.000 jenis.

B. Sekitar 500 jenis.

C. Lebih dari 5.000 jenis.

D. Sekitar 2.000 jenis.

E. Kurang dari 100 jenis.


Jawaban: D

Pembahasan:Terdapat lebih dari 2.000 jenis tonggeret yang hidup di dunia.


Soal 7: Apa yang dimaksud dengan tymbal pada tonggeret?

A. Sayap lipat yang melindungi tubuh.

B. Struktur khusus di kepala.

C. Organ penghasil kelenjar beracun.

D. Organ penghasil suara nyaring.

E. Ekor panjang untuk berayun.


Jawaban: D

Pembahasan: Tymbal adalah organ dalam perut tonggeret yang menghasilkan suara nyaring ketika otot-otot penggeraknya bergetar.


Soal 8: Mengapa hanya tonggeret jantan yang bersuara nyaring?

A. Suara mereka digunakan untuk melindungi diri.

B. Suara mereka membantu dalam berburu.

C. Suara mereka menarik perhatian burung.

D. Suara mereka untuk menarik perhatian betina.

E. Suara mereka adalah bentuk komunikasi sosial.


Jawaban: D

Pembahasan:Tonggeret jantan mengeluarkan suara nyaring untuk menarik perhatian betina selama musim kawin.


Soal 9: Apa fungsi rongga udara dalam perut tonggeret?

A. Tempat menyimpan makanan.

B. Tempat bersembunyi dari predator.

C. Tempat untuk menghasilkan suara.

D. Tempat bertelur.

E. Tempat mengatur suhu tubuh.


Jawaban: C

Pembahasan: Rongga udara dalam perut tonggeret berfungsi sebagai amplifier yang memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.


Soal 10: Mengapa beberapa jenis tonggeret mampu hidup di dalam tanah selama beberapa tahun?

A. Mereka mencari makan di dalam tanah.

B. Mereka bersifat herbivora.

C. Mereka memiliki organ khusus untuk menggali.

D. Mereka sedang menghindari cuaca buruk.

E. Proses pertumbuhan mereka lambat.


Jawaban: E

Pembahasan: Beberapa jenis tonggeret memiliki fase nimfa yang hidup di dalam tanah selama beberapa tahun sebelum muncul sebagai dewasa.


Soal 11: Apa yang menjadi tujuan utama suara nyaring yang dihasilkan oleh tonggeret jantan?

A. Berkomunikasi dengan tonggeret betina.

B. Menarik perhatian predator.

C. Mengusir serangga lain dari wilayahnya.

D. Mengumumkan waktu makan.

E. Memanggil burung pemangsa.


Jawaban: A

Pembahasan:Suara nyaring yang dihasilkan oleh tonggeret jantan bertujuan untuk berkomunikasi dengan tonggeret betina selama musim kawin.


Soal 12: Mengapa suara tonggeret digunakan sebagai petanda musim kemarau oleh petani?

A. Suara tersebut digunakan untuk mengusir hama tanaman.

B. Suara tersebut menjadi tanda cuaca panas.

C. Suara tersebut memberi petunjuk tentang gempa bumi.

D. Suara tersebut menandakan waktu berburu.

E. Suara tersebut menandakan waktu beristirahat.


Jawaban: B

Pembahasan:Suara tonggeret telah digunakan oleh petani sebagai pertanda musim kemarau akan datang karena suara ini sering terdengar di penghujung musim hujan alias saat cuaca mulai panas.


Soal 13: Apa peran tymbal dalam menghasilkan suara pada tonggeret?

A. Mengeluarkan kelenjar beracun.

B. Mengatur suhu tubuh.

C. Menghasilkan getaran pada sayap.

D. Menghasilkan getaran pada perut.

E. Menghasilkan bau yang menarik.


Jawaban: D

Pembahasan: Tymbal adalah organ dalam perut tonggeret yang menghasilkan suara nyaring melalui getaran yang dihasilkan oleh otot-otot penggerak.


Soal 14: Mengapa suara tonggeret tidak lagi dapat diandalkan sebagai tanda musim kemarau?

A. Burung sering meniru suara tonggeret.

B. Tonggeret tidak lagi memiliki tymbal.

C. Suara tonggeret terlalu lemah.

D. Suara tonggeret telah berubah akibat perubahan iklim.

E. Suara tonggeret hanya terdengar saat hujan.


Jawaban: D

Pembahasan: Perubahan iklim telah mempengaruhi pola suara tonggeret sehingga suara ini kurang dapat diandalkan sebagai petunjuk cuaca.


Soal 15: Apa yang menjadi pakan utama bagi tonggeret dewasa?

A. Serangga kecil.

B. Nektar bunga.

C. Daun dan batang tanaman.

D. Buah-buahan.

E. Akar tanaman.


Jawaban: C

Pembahasan: Tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang tanaman menggunakan mulut seperti jarum.


Soal 16: Berapa lama tonggeret dewasa umumnya hidup di pepohonan?

A. 1-2 minggu.

B. 3-4 minggu.

C. 2-3 bulan.

D. 6-7 bulan.

E. 1 tahun.


Jawaban: B

Pembahasan:Tonggeret dewasa umumnya hidup di pepohonan selama 2-4 minggu.


Soal 17: Mengapa hanya tonggeret jantan yang bersuara nyaring?

A. Mereka ingin mengusir predator.

B. Mereka sedang mencari makanan.

C. Suara mereka digunakan untuk komunikasi antarjantan.

D. Suara mereka bertujuan menarik perhatian burung pemangsa.

E. Suara mereka digunakan untuk menarik perhatian betina.


Jawaban: E

Pembahasan:Tonggeret jantan menghasilkan suara nyaring untuk menarik perhatian tonggeret betina selama musim kawin.


Soal 18: Apa yang membedakan suara dari setiap jenis tonggeret?

A. Warna tubuh.

B. Ukuran tubuh.

C. Bentuk sayap.

D. Suara yang unik.

E. Pola bintik di tubuh.


Jawaban: D

Pembahasan: Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang unik.


Soal 19: Apa tujuan dari rongga udara dalam perut tonggeret?

A. Menyimpan makanan.

B. Memperkuat sayap.

C. Menghasilkan suara.

D. Tempat bersembunyi.

E. Mengatur suhu tubuh.


Jawaban: C

Pembahasan: Rongga udara dalam perut tonggeret berfungsi sebagai amplifier yang memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.


Soal 20: Apa yang menjadi makanan utama bagi tonggeret saat masih dalam bentuk nimfa?

A. Serangga kecil.

B. Nektar bunga.

C. Daun dan batang tanaman.

D. Buah-buahan.

E. Akar tanaman.


Jawaban: E

Pembahasan:Saat masih dalam bentuk nimfa, tonggeret mengandalkan cairan dari akar pohon untuk bertahan hidup.


Soal 21: Apa yang menjadikan suara tonggeret penting bagi petani?

A. Suara tonggeret dapat membunuh hama tanaman.

B. Suara tonggeret membantu mengusir burung.

C. Suara tonggeret adalah pertanda datangnya musim kawin.

D. Suara tonggeret dapat memprediksi cuaca hujan.

E. Suara tonggeret dapat membantu petani dalam menentukan waktu tanam.


Jawaban: E

Pembahasan: Suara tonggeret telah digunakan oleh petani sebagai pertanda waktu yang tepat untuk menanam palawija, seperti jagung dan kacang.


Soal 22: Apa yang membedakan suara tonggeret jantan dan betina?

A. Intensitas suara.

B. Warna tubuh.

C. Ukuran tubuh.

D. Bentuk sayap.

E. Pola bintik di tubuh.


Jawaban: A

Pembahasan: Suara tonggeret jantan lebih nyaring dibandingkan dengan betina. Hal ini terkait dengan tujuan mereka dalam menarik perhatian betina selama musim kawin.


Soal 23: Apa yang dimaksud dengan organ tymbal pada tonggeret?

A. Organ penghasil cairan beracun.

B. Struktur di kepala untuk berburu.

C. Organ untuk mendengar suara.

D. Organ penghasil suara nyaring.

E. Struktur di tubuh untuk berkomunikasi.


Jawaban: D

Pembahasan: Organ tymbal adalah organ dalam perut tonggeret yang menghasilkan suara nyaring melalui getaran yang dihasilkan oleh otot-otot penggerak.


Soal 24: Mengapa suara tonggeret tidak lagi efektif sebagai petanda musim kemarau?

A. Suara mereka telah berubah menjadi lebih lemah.

B. Burung sering meniru suara tonggeret.

C. Perubahan iklim mempengaruhi pola suara mereka.

D. Suara mereka hanya terdengar saat hujan.

E. Suara mereka tidak terdengar oleh petani.


Jawaban: C

Pembahasan: Perubahan iklim telah mempengaruhi pola suara tonggeret sehingga suara ini kurang dapat diandalkan sebagai petunjuk cuaca.


Soal 25: Apa yang menjadi pakan utama bagi tonggeret dewasa?

A. Serangga kecil.

B. Nektar bunga.

C. Daun dan batang tanaman.

D. Buah-buahan.

E. Akar tanaman.


Jawaban: C

Pembahasan: Tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang tanaman menggunakan mulut seperti jarum.


Soal 26: Berapa lama tonggeret dewasa umumnya hidup di pepohonan?

A. 1-2 minggu.

B. 3-4 minggu.

C. 2-3 bulan.

D. 6-7 bulan.

E. 1 tahun.


Jawaban: B

Pembahasan:Tonggeret dewasa umumnya hidup di pepohonan selama 2-4 minggu.


Soal 27: Mengapa hanya tonggeret jantan yang bersuara nyaring?

A. Mereka ingin mengusir predator.

B. Mereka sedang mencari makanan.

C. Suara mereka digunakan untuk komunikasi antarjantan.

D. Suara mereka bertujuan menarik perhatian burung pemangsa.

E. Suara mereka digunakan untuk menarik perhatian betina.


Jawaban: E

Pembahasan: Tonggeret jantan menghasilkan suara nyaring untuk menarik perhatian tonggeret betina selama musim kawin.


Soal 28: Apa yang membedakan suara dari setiap jenis tonggeret?

A. Warna tubuh.

B. Ukuran tubuh.

C. Bentuk sayap.

D. Suara yang unik.

E. Pola bintik di tubuh.


Jawaban: D

Pembahasan: Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang unik.


Soal 29: Apa tujuan dari rongga udara dalam perut tonggeret?

A. Menyimpan makanan.

B. Memperkuat sayap.

C. Menghasilkan suara.

D. Tempat bersembunyi.

E. Mengatur suhu tubuh.


Jawaban: C

Pembahasan: Rongga udara dalam perut tonggeret berfungsi sebagai amplifier yang memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.


Soal 30: Apa yang menjadi makanan utama bagi tonggeret saat masih dalam bentuk nimfa?

A. Serangga kecil.

B. Nektar bunga.

C. Daun dan batang tanaman.

D. Buah-buahan.

E. Akar tanaman.


Jawaban: E

Pembahasan: Saat masih dalam bentuk nimfa, tonggeret mengandalkan cairan dari akar pohon untuk bertahan hidup.


Semoga soal-soal di atas bermanfaat. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau ingin pembahasan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya!

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Novel "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata

 


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Novel "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata


Definisi Umum:

Novel "Laskar Pelangi" karya Andrea Hirata adalah sebuah karya sastra yang mengisahkan tentang perjalanan perjuangan sekelompok anak-anak miskin di desa Gantong, Belitong, untuk meraih pendidikan yang lebih baik. Dalam ceritanya, buku ini membawa pesan inspiratif mengenai tekad, persahabatan, dan semangat dalam menghadapi tantangan kehidupan.


Deskripsi Bagian:


1. Pengenalan Karakter dan Latar Belakang:

   Novel ini dimulai dengan memperkenalkan pembaca pada karakter-karakter utama, termasuk Ikal, Lintang, Mahar, Harun, A Kiong, dan Sahara. Melalui narasi, pembaca diberi gambaran tentang kehidupan mereka di desa Gantong yang sederhana dan kondisi sosial-ekonomi mereka yang minim. Penulis menguraikan lingkungan di sekitar mereka serta kerumitan perasaan dan dinamika hubungan antarkarakter.


2. Perjuangan dalam Pendidikan dan Pertumbuhan Karakter:

   Setiap perbab dalam novel ini menyoroti berbagai rintangan dan tantangan yang dihadapi oleh Laskar Pelangi dalam mengejar pendidikan di SD Muhammadiyah yang terancam ditutup. Bagian-bagian ini menguraikan beragam situasi yang menggambarkan usaha keras mereka untuk tetap bersekolah, termasuk usaha mengumpulkan dana dan mengatasi hambatan dari berbagai pihak. Penulis menggambarkan perubahan dalam karakter mereka seiring dengan pertumbuhan, penemuan identitas diri, serta semangat untuk meraih impian meskipun dalam kondisi yang sulit.


Deskripsi Manfaat:


1. Pentingnya Pendidikan dan Tekad:

   Melalui perjalanan pendidikan para karakter, novel ini menunjukkan bagaimana pendidikan memiliki peran besar dalam mengubah nasib dan memberi harapan baru. Buku ini memberikan pelajaran tentang pentingnya memiliki tekad yang kuat dalam menghadapi tantangan pendidikan dan meraih keberhasilan meskipun dari latar belakang yang sulit.


2. Dampak Guru dan Hubungan Antara Manusia:

   Penekanan diberikan pada hubungan istimewa antara guru, terutama Bu Mus, dengan murid-muridnya. Cerita ini membuktikan bagaimana seorang guru yang peduli dan inspiratif memiliki potensi untuk mengubah arah hidup siswa. Hubungan manusia yang mendalam dan berdampak positif menjadi salah satu nilai utama dalam novel ini.


3. Nilai Persahabatan dan Keberanian:

   Melalui interaksi antaranggota Laskar Pelangi, pembaca diajak untuk mengamati perkembangan hubungan persahabatan yang kuat. Konflik dan dukungan di antara mereka menggambarkan bagaimana nilai-nilai persahabatan dan keberanian dapat mengatasi segala rintangan. Hal ini memberikan pelajaran penting tentang pentingnya memiliki teman sejati dan berani dalam menghadapi masalah.


Kesimpulan:


Dengan mendetailkan setiap perbab dalam novel, kita dapat memahami lebih dalam tentang perjuangan anak-anak Laskar Pelangi dalam mendapatkan pendidikan serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Novel ini memberikan gambaran komprehensif tentang tekad, persahabatan, dan semangat dalam menghadapi tantangan, memberikan pembaca pesan yang menginspirasi dan mengangkat semangat manusia dalam mengatasi kesulitan.

30 soal pilihan ganda yang dibuat berdasarkan teks tentang kunang-kunang beserta dengan pilihan jawaban dan pembahasan:

Bacalah teks berikut ini dengan cermat!



Kunang-Kunang 


Kunang-kunang merupakan jenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan dari "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah. Terdapat lebih dari 2000 spesies kunang-kunang yang tersebar di daerah tropis di dunia.


Kunang-kunang hidup di tempat-tempat lembab, seperti rawa-rawa, hutan bakau, dan daerah yang dipenuhi pepohonan. Kunang-kunang juga ditemukan pada daerah perkuburan yang tanahnya relatif gembur dan tidak banyak terganggu oleh aktivitas manusia. Kunang-kunang bertelur saat hari gelap. Telur-telurnya yang berjumlah antara 100 hingga 500 butir diletakkan di tanah, ranting, rumput, di tempat berlumut atau di bawah dedaunan.


Pada umumnya, kunang-kunang akan keluar pada malam hari, namun ada juga kunang-kunang yang beraktivitas di siang hari. Mereka yang keluar siang hari ini umumnya ditemukan tidak mengeluarkan cahaya.


Berdasarkan hasil pengamatan, tubuh kunang-kunang betina lebih besar dibandingkan kunang-kunang jantan. Tubuh kunang- kunang terdiri dari tiga bagian: kepala, thorax, dan perut (abdomen). Kunang-kunang memiliki dua pasang sayap. Sepasang sayap penutup yang bertekstur keras melindungi sayap di bawahnya sekaligus melindungi tubuh kunang-kunang. Panjang badannya sekitar 2 Cm. Hampir seluruh bagian tubuh kunang-kunang berwarna gelap dan berwarna titik merah pada bagian penutup kepala. Warna kuning pada bagian penutup sayap, bermata majemuk, dan berkaki enam.


Makanan kunang-kunang adalah cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, serangga, atau cacing. Bahkan kunang-kunang memangsa jenisnya sendiri. Makanan bagi hewan penting untuk pertumbuhan. Dengan makanan pertumbuhan akan maksimal. Asupan yang maksimal dapat memberikan kebugaran bagi makhluk hidup.


Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak berbahaya, malah tidak mengandung ultraviolet dan inframerah. Cahaya ini dipergunakan kunang-kunang untuk memberi peringatan kepada pemangsa bahwa kunang-kunang tidak enak dimakan dan untuk menarik pasangannya. Keahlian mempertontonkan cahaya tidak hanya dimiliki oleh kunang-kunang dewasa, bahkan larva. Kunang-kunang betina sengaja berkelap-kelip untuk mengundang pejantan. Setelah pejantan mendekat, sang betina memangsanya. Kunang-kunang jantan lebih sedikit bercahaya dibandingkan dengan kunang-kunang betina.


Kunang-kunang merupakan penanda kesehatan sebuah ekosistem (bioindikator) sehingga dapat membantu manusia untuk menilai apakah sebuah daerah masih bersih dan alami atau sudah tercemar. Kunang-kunang juga membantu petani dalam proses penyerbukan dan sebagai pembasmi hama alami.


(Diadaptasi dari: Kadariah, 2017)


Soal berikut ini adalah 30 soal pilihan ganda yang dibuat berdasarkan teks tentang kunang-kunang beserta dengan pilihan jawaban dan pembahasan:


Soal 1: Apa yang membuat kunang-kunang bersinar di malam hari?

A. Sinar ultraviolet

B. Sinar inframerah

C. Sinar dingin

D. Sinar matahari

E. Sinar laser


Jawaban: C. Sinar dingin


Pembahasan: Pada teks dijelaskan bahwa kunang-kunang menghasilkan cahaya yang jelas terlihat di malam hari melalui "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah.


---


Soal 2: Di mana kunang-kunang umumnya ditemukan?

A. Gurun pasir

B. Gunung berapi

C. Daerah perkotaan

D. Rawat rawa

E. Kutub utara


Jawaban: D. Rawa-rawa


Pembahasan: Teks mengatakan bahwa kunang-kunang hidup di tempat-tempat lembab seperti rawa-rawa, hutan bakau, dan daerah yang dipenuhi pepohonan.


---


Soal 3: Berapa jumlah telur kunang-kunang yang biasanya diletakkan dalam satu tempat bertelur?

A. 10-50 butir

B. 50-100 butir

C. 100-500 butir

D. 500-1000 butir

E. Lebih dari 1000 butir


Jawaban: C. 100-500 butir


Pembahasan:Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang bertelur pada hari gelap dan meletakkan telur-telurnya, yang bisa berjumlah antara 100 hingga 500 butir, di berbagai tempat seperti tanah, ranting, rumput, dan daun-daunan.


---


Soal 4: Apa tujuan kunang-kunang betina memancarkan cahaya saat berkelap-kelip?

A. Untuk mencari makanan

B. Untuk memberi peringatan kepada pemangsa

C. Untuk menarik pasangan

D. Untuk berburu mangsa

E. Untuk mengusir serangga lain


Jawaban: C. Untuk menarik pasangan


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang betina menggunakan cahaya yang dipancarkan saat berkelap-kelip untuk menarik pejantan dan pasangan.


---


Soal 5: Apa peran kunang-kunang sebagai bioindikator?

A. Membantu dalam proses penyerbukan

B. Menjadi pembasmi hama alami

C. Memberi peringatan kepada pemangsa

D. Menilai kebersihan dan kealamian suatu daerah

E. Menghasilkan cahaya ultraviolet


Jawaban: D. Menilai kebersihan dan kealamian suatu daerah


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang berfungsi sebagai penanda kesehatan ekosistem (bioindikator) yang membantu manusia menilai apakah sebuah daerah masih bersih dan alami atau sudah tercemar.


---


Soal 6: Apa yang menjadi makanan utama kunang-kunang?

A. Nectar bunga

B. Ikan dan plankton

C. Serangga dan cacing

D. Daging burung

E. Tumbuhan berdaun lebar


Jawaban: C. Serangga dan cacing


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa makanan kunang-kunang meliputi cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, serangga, atau cacing.


---


Soal 7: Bagaimana kunang-kunang menghasilkan cahaya?

A. Dari sinar ultraviolet

B. Dari panas tubuhnya

C. Dari reaksi kimia dalam tubuhnya

D. Dari panas matahari

E. Dari sinar inframerah


Jawaban: C. Dari reaksi kimia dalam tubuhnya


Pembahasan: Meskipun tidak disebutkan secara eksplisit dalam teks, cahaya kunang-kunang dihasilkan melalui reaksi kimia yang dikenal sebagai bioluminesensi.


---


Soal 8: Apa yang menjadi peran cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang?

A. Memikat mangsa

B. Mengusir pemangsa

C. Menyediakan panas bagi kunang-kunang

D. Memancing hujan

E. Mencairkan salju di sekitarnya


Jawaban: B. Mengusir pemangsa


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang digunakan untuk memberi peringatan kepada pemangsa bahwa kunang-kunang tidak enak dimakan.


---


Soal 9: Apa peran kunang-kunang dalam penyerbukan?

A. Menjaga tanah tetap subur

B. Membantu pertumbuhan tumbuhan air

C. Menghasilkan madu

D. Membantu penyerbukan tumbuhan

E. Membantu menghasilkan oksigen


Jawaban: D. Membantu penyerbukan tumbuhan


Pembahasan: Teks tidak secara langsung membahas tentang peran kunang-kunang dalam penyerbukan, tetapi opsi ini tidak benar-benar sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.


---


Soal 10: Di mana kunang-kunang umumnya tidak ditemukan?

A. Rawa-rawa

B. Hutan bakau

C. Ranting pohon

D. Daerah yang banyak pepohonan

E. Gurun pasir


Jawaban: E. Gurun pasir


Pembahasan: Teks mengatakan bahwa kunang-kunang umumnya ditemukan di daerah lembab seperti rawa-rawa, hutan bakau, dan daerah dengan banyak pepohonan, bukan di gurun pasir.


---


Soal 11: Apa yang dilakukan kunang-kunang betina setelah pejantan mendekat saat ia berkelap-kelip?

A. Ia menghindar dan bersembunyi

B. Ia terbang menjauh dari pejantan

C. Ia memeriksa kondisi pejantan terlebih dahulu

D. Ia memangsa pejantan

E. Ia merangkul pejantan


Jawaban: D. Ia memangsa pejantan


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa setelah pejantan mendekat saat kunang-kunang betina berkelap-kelip, sang betina memangsanya.


---


Soal 12: Apa yang membuat kunang-kunang bersinar terlihat?

A. Cahaya matahari

B. Panas tubuhnya

C. Cahaya bulan

D. Sinar ultraviolet

E. Bioluminesensi


Jawaban: E. Bioluminesensi


Pembahasan: Meskipun istilah "bioluminesensi" tidak disebutkan secara langsung dalam teks, itu adalah proses yang menjelaskan mengapa kunang-kunang mengeluarkan cahaya.


---


Soal 13: Apa manfaat dari kemampuan kunang-kunang berkelap-kelip bagi betina?

A. Menarik perhatian manusia

B. Mengusir serangga lain

C. Melindungi diri dari pemangsa

D. Menarik perhatian pejantan

E. Memangsa mangsa lebih mudah


Jawaban: D. Menarik perhatian pejantan


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang betina menggunakan cahaya berkelap-kelip untuk menarik perhatian pejantan.


---


Soal 14: Bagaimana kunang-kunang memperingatkan pemangsa potensial?

A. Melolong seperti serigala

B. Mengeluarkan bau tak sedap

C. Berteriak keras

D. Mengeluarkan cahaya yang tidak disukai pemangsa

E. Mengeluarkan racun dari tubuhnya


Jawaban: D. Mengeluarkan cahaya yang tidak disukai pemangsa


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang digunakan sebagai peringatan kepada pemangsa bahwa mereka tidak enak dimakan.


---


Soal 15: Apa yang membuat kunang-kunang berbeda dari serangga lainnya?

A. Warna terang dan mencolok

B. Kemampuan terbang cepat

C. Kemampuan berbicara dengan manusia

D. Kemampuan melihat di malam hari

E. Cahaya yang dihasilkan


Jawaban: E. Cahaya yang dihasilkan


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa yang membedakan kunang-kunang adalah kemampuannya menghasilkan cahaya.


---


Soal 16: Bagaimana kunang-kunang membantu dalam proses penyerbukan?

A. Mencium bunga untuk menarik serangga lain

B. Menjaga tanah tetap subur

C. Membantu penyerbukan tumbuhan dengan membawa serbuk sari

D. Menciptakan angin yang membantu penyerbukan

E. Menyebarkan spora tumbuhan


Jawaban: C. Membantu penyerbukan tumbuhan dengan membawa serbuk sari


Pembahasan: Teks tidak secara langsung membahas peran kunang-kunang dalam penyerbukan, tetapi opsi ini tidak sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.


---


Soal 17: Bagaimana kunang-kunang membantu petani?

A. Dengan menciptakan naungan di ladang

B. Dengan memberi tahu kapan waktu tanam yang tepat

C. Dengan membawa pupuk alami

D. Dengan membantu dalam proses penyerbukan tanaman

E. Dengan menjaga hama tetap dalam kendali


Jawaban: D. Dengan membantu dalam proses penyerbukan tanaman


Pembahasan: Teks tidak secara khusus menyebutkan bagaimana kunang-kunang membantu petani, tetapi opsi ini lebih sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.


---


Soal 18: Mengapa kunang-kunang umumnya ditemukan di daerah lembab?

A. Karena suka berendam di air

B. Karena lebih mudah bersembunyi dari pemangsa

C. Karena cahaya lebih terlihat di tempat lembab

D. Karena banyak mangsa di daerah lembab

E. Karena kondisi lembab mendukung perkembangan telur


Jawaban: E. Karena kondisi lembab mendukung perkembangan telur


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang ditemukan di tempat lembab seperti rawa-rawa dan hutan bakau, karena tempat-tempat tersebut cocok untuk meletakkan telur dan perkembangan kunang-kunang.


---


Soal 19: Apa yang dimaksud dengan "sinar dingin" yang dihasilkan oleh kunang-kunang?

A. Sinar matahari di pagi hari

B. Sinar inframerah

C. Sinar ultraviolet

D. Cahaya yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah

E. Sinar sinar-X


Jawaban: D. Cahaya yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang menghasilkan "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah.


---


Soal 20: Apa tujuan kunang-kunang mengeluarkan cahaya saat berkelap-kelip?

A. Untuk berburu mangsa

B. Untuk menghangatkan tubuhnya

C. Untuk memberi peringatan kepada pemangsa

D. Untuk menunjukkan kecantikannya

E. Untuk memancing ikan


Jawaban: C. Untuk memberi peringatan kepada pemangsa


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang digunakan sebagai peringatan kepada pemangsa bahwa kunang-kunang tidak enak dimakan.


---


Soal 21: Apa yang dilakukan kunang-kunang betina setelah pejantan mendekat saat ia berkelap-kelip?

A. Ia menghindar dan bersembunyi

B. Ia terbang menjauh dari pejantan

C. Ia memeriksa kondisi pejantan terlebih dahulu

D. Ia memangsa pejantan

E. Ia merangkul pejantan


Jawaban: D. Ia memangsa pejantan


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa setelah pejantan mendekat saat kunang-kunang betina berkelap-kelip, sang betina memangsanya.


---


Soal 22: Apa yang membuat kunang-kunang bersinar terlihat?

A. Cahaya matahari

B. Panas tubuhnya

C. Cahaya bulan

D. Sinar ultraviolet

E. Bioluminesensi


Jawaban: E. Bioluminesensi


Pembahasan: Meskipun istilah "bioluminesensi" tidak disebutkan secara langsung dalam teks, itu adalah proses yang menjelaskan mengapa kunang-kunang mengeluarkan cahaya.


---


Soal 23: Bagaimana kunang-kunang memperingatkan pemangsa potensial?

A. Melolong seperti serigala

B. Mengeluarkan bau tak sedap

C. Berteriak keras

D. Mengeluarkan cahaya yang tidak disukai pemangsa

E. Mengeluarkan racun dari tubuhnya


Jawaban: D. Mengeluarkan cahaya yang tidak disukai pemangsa


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang digunakan sebagai peringatan kepada pemangsa bahwa mereka tidak enak dimakan.


---


Soal 24: Apa peran kunang-kunang dalam penyerbukan?

A. Menjaga tanah tetap subur

B. Membantu penyerbukan tumbuhan dengan membawa serbuk sari

C. Menyebarkan spora tumbuhan

D. Menghasilkan madu

E. Menarik perhatian pemangsa


Jawaban: B. Membantu penyerbukan tumbuhan dengan membawa serbuk sari


Pembahasan: Teks tidak secara khusus membahas peran kunang-kunang dalam penyerbukan, tetapi opsi ini lebih sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.


---


Soal 25: Bagaimana kunang-kunang membantu petani?

A. Dengan menciptakan naungan di ladang

B. Dengan memberi tahu kapan waktu tanam yang tepat

C. Dengan membawa pupuk alami

D. Dengan membantu dalam proses penyerbukan tanaman

E. Dengan menjaga hama tetap dalam kendali


Jawaban: D. Dengan membantu dalam proses penyerbukan tanaman


Pembahasan: Teks tidak secara khusus membahas bagaimana kunang-kunang membantu petani, tetapi opsi ini lebih sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.


---


Soal 26: Mengapa kunang-kunang umumnya ditemukan di daerah lembab?

A. Karena suka berendam di air

B. Karena lebih mudah bersembunyi dari pemangsa

C. Karena cahaya lebih terlihat di tempat lembab

D. Karena banyak mangsa di daerah lembab

E. Karena kondisi lembab mendukung perkembangan telur


Jawaban: E. Karena kondisi lembab mendukung perkembangan telur**


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang ditemukan di tempat lembab seperti rawa-rawa dan hutan bakau, karena tempat-tempat tersebut cocok untuk meletakkan telur dan perkembangan kunang-kunang.


---


Soal 27: Apa yang dimaksud dengan "sinar dingin" yang dihasilkan oleh kunang-kunang?

A. Sinar matahari di pagi hari

B. Sinar inframerah

C. Sinar ultraviolet

D. Cahaya yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah

E. Sinar sinar-X


Jawaban: D. Cahaya yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah


Pembahasan: Teks menjelaskan bahwa kunang-kunang menghasilkan "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet atau inframerah.


---


Soal 28: Apa tujuan kunang-kunang mengeluarkan cahaya saat berkelap-kelip?

A. Untuk berburu mangsa

B. Untuk menghangatkan tubuhnya

C. Untuk memberi peringatan kepada pemangsa

D. Untuk menunjukkan kecantikannya

E. Untuk memancing ikan


Jawaban: C. Untuk memberi peringatan kepada pemangsa


Pembahasan:Teks menjelaskan bahwa cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang digunakan sebagai peringatan kepada pemangsa bahwa kunang-kunang tidak enak dimakan.


---


Soal 29: Bagaimana kunang-kunang membantu dalam proses penyerbukan?

A. Mencium bunga untuk menarik serangga lain

B. Menjaga tanah tetap subur

C. Membantu penyerbukan tumbuhan dengan membawa serbuk sari

D. Menciptakan angin yang membantu penyerbukan

E. Menyebarkan spora tumbuhan


Jawaban: C. Membantu penyerbukan tumbuhan dengan membawa serbuk sari


Pembahasan: Teks tidak secara khusus membahas peran kunang-kunang dalam penyerbukan, tetapi opsi ini lebih sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.


---


Soal 30: Bagaimana kunang-kunang membantu petani?

A. Dengan menciptakan naungan di ladang

B. Dengan memberi tahu kapan waktu tanam yang tepat

C. Dengan membawa pupuk alami

D. Dengan membantu dalam proses penyerbukan tanaman

E. Dengan menjaga hama tetap dalam kendali


Jawaban: D. Dengan membantu dalam proses penyerbukan tanaman


Pembahasan: Teks tidak secara khusus membahas bagaimana kunang-kunang membantu petani, tetapi opsi ini lebih sesuai dengan informasi yang diberikan dalam teks.