Friday 1 September 2023

Rubrik Hasil Penilaian Sidak Sampah di Kelas X s.d XII

 Rubrik Hasil Penilaian Sidak Sampah di Kelas X s.d XII 


Dalam rangka mengevaluasi keberhasilan pengelolaan sampah di kelas X s.d. XII setelah pelaksanaan sidak, rubrik berikut akan digunakan untuk memberikan penilaian terhadap setiap kelas. Penilaian ini mencakup beberapa aspek penting terkait kebersihan, pengelolaan sampah, dan kesadaran lingkungan. Setiap aspek akan dinilai berdasarkan skala penilaian dari 1 hingga 5, di mana 1 adalah yang terendah dan 5 adalah yang tertinggi.


A. Kebersihan Umum Kelas (Total Skor Maksimal: 15 poin)


1. Kebersihan Lantai dan Permukaan Meja:

   - 1: Sangat kotor dan berantakan.

   - 2: Kotor dan berantakan.

   - 3: Sedikit kotor dan berantakan.

   - 4: Rapi tetapi ada beberapa kotoran.

   - 5: Sangat rapi dan bersih.


2. Kebersihan Peralatan dan Alat Tulis:

   - 1: Sangat kotor dan tidak teratur.

   - 2: Kotor dan tidak teratur.

   - 3: Sedikit kotor dan tidak teratur.

   - 4: Rapi tetapi ada beberapa peralatan yang kotor.

   - 5: Sangat rapi dan teratur.


3. Kebersihan Jendela dan Pintu:

   - 1: Sangat kotor dan tidak terawat.

   - 2: Kotor dan tidak terawat.

   - 3: Sedikit kotor dan tidak terawat.

   - 4: Rapi tetapi ada beberapa kotoran.

   - 5: Sangat rapi dan terawat.


B. Pengelolaan Sampah (Total Skor Maksimal: 15 poin)


1. Penempatan Tempat Sampah:

   - 1: Tempat sampah tidak tersedia.

   - 2: Tempat sampah terbatas dan tidak teratur.

   - 3: Tempat sampah cukup dan teratur.

   - 4: Tempat sampah mencukupi dan rapi.

   - 5: Tempat sampah mencukupi, rapi, dan jelas terpisah organik dan non-organik.


2. Pemilahan Sampah:

   - 1: Tidak ada pemilahan sampah.

   - 2: Pemilahan tidak konsisten.

   - 3: Pemilahan terlihat namun tidak teratur.

   - 4: Pemilahan dilakukan dengan baik.

   - 5: Pemilahan dilakukan dengan baik dan konsisten.


3. Program Daur Ulang dan Reduksi Plastik:

   - 1: Tidak ada program daur ulang atau upaya pengurangan plastik.

   - 2: Program daur ulang atau pengurangan plastik tidak terlalu terlihat.

   - 3: Program daur ulang atau pengurangan plastik ada namun belum konsisten.

   - 4: Program daur ulang dan pengurangan plastik terlihat dan dilakukan dengan baik.

   - 5: Program daur ulang dan pengurangan plastik terlihat, konsisten, dan efektif.


C. Kesadaran Lingkungan (Total Skor Maksimal: 10 poin)


1. Partisipasi dalam Kegiatan Lingkungan:

   - 1: Tidak ada partisipasi dalam kegiatan lingkungan.

   - 2: Partisipasi rendah dan tidak aktif.

   - 3: Partisipasi cukup aktif dalam beberapa kegiatan.

   - 4: Partisipasi aktif dalam sebagian besar kegiatan.

   - 5: Partisipasi sangat aktif dan berdampak positif.


2. Pengetahuan tentang Pengelolaan Sampah:

   - 1: Tidak memiliki pengetahuan tentang pengelolaan sampah.

   - 2: Pengetahuan sangat terbatas.

   - 3: Memiliki pengetahuan dasar tentang pengelolaan sampah.

   - 4: Memiliki pengetahuan yang baik tentang pengelolaan sampah.

   - 5: Memiliki pengetahuan mendalam dan mampu berbagi informasi kepada orang lain.


D. Total Skor (Maksimal 40 poin)


Nilai= (skor nilai/40)x100


E. Kesimpulan

- 81-100: Sangat baik, kelas memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi dan menerapkan pengelolaan sampah dengan baik.

- 61-80: Baik, kelas sudah menjaga kebersihan dan melakukan upaya pengelolaan sampah.

- 41-60: Cukup, terdapat beberapa upaya namun perlu perbaikan dalam pengelolaan sampah dan kesadaran lingkungan.

- 21-40: Kurang, pengelolaan sampah dan kesadaran lingkungan perlu perhatian serius.

- 0-20: Sangat kurang, diperlukan perubahan besar dalam pengelolaan sampah dan kesadaran lingkungan.


F. Saran

- Tindakan perbaikan yang diperlukan untuk mencapai skor yang lebih tinggi.

- Rekomendasi untuk program edukasi dan kesadaran lingkungan.


G. Catatan

- Catatan tambahan terkait temuan khusus dalam penilaian.

,.........

No comments:

Post a Comment