Tuesday, 24 November 2020

soal bahasa Indonesia KD 3.1 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.

 Bacalah teks berikut ini secara cermat!

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet Iain.(1) Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi.(2) Air 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil2) tersedia di Bumi.(3)Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air; dan lautan es.(4)Air dalam objek-objek tersebut bergerak; mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. (5)

5. Kalimat simpleks dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor …

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3 

C. 3 dan 4

D. 4 dan 5

E. 1 dan 5


Kunci jawaban B

Kalimat simpleks adalah sama pengertiannya dengan kalimat tunggal atau sederhana. Dalam kalimat ini terdapat hanya satu kata kerja aksi. 

Berikut penjelasan dari saya.

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet Iain.(1) Kalimat tersebut adalah kalimat kompleks. Karena  menggunakan lebih dari satu kata kerja aksi.

Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi.(2) Kalimat tersebut adalah kalimat simpleks karena hanya terdapat 1 kata kerja aksi.


Air 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil2) tersedia di Bumi.(3) Kalimat tersebut adalah kalimat simpleks karena hanya terdapat 1 kata kerja aksi.



Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air; dan lautan es.(4)Kalimat tersebut adalah kalimat kompleks. Karena  menggunakan lebih dari satu kata kerja aksi.

Air dalam objek-objek tersebut bergerak; mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. (5) Kalimat tersebut adalah kalimat kompleks. Karena  menggunakan lebih dari satu kata kerja aksi.

Monday, 23 November 2020

Kumpulan soal Menemukan makna tersirat teks anekdot

Menemukan makna tersirat teks anekdot

Bacalah teks anekdot berikut ini secara cermat!

Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana. Saat tiba sesi tanya jawab si Lia bertanya pada dosen, ”Apa kepanjangan dari KUHP,Pak?” Lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi dilemparkannya pada si Ahmad. “Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara Lia!” pinta beliau. Dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak!” tegasnya. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad, “Saudara Ahmad, darimana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar si Ahmad, pertanyaan tersebut dijawabnya pula dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan ‘Pengalaman adalah guru yang terbaik’ begitu, Pak!” Seisi kelas tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang.


1. Kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian... 

A. Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis Perkara 

B. Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana 

C. Sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen 

D. Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban Ahmad 

E. Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad menjawa pertanyaan dosen.

Jawaban: A

Kelucuan teks anekdot tersebut ada pada saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi hasih uang habis perkara. Buktinya, saat Ahmad ditanya dosen apa kepanjangan dari singkatan KUHP, dia menjawab kasih uang habis perkara, teman-teman sekelas pada tertawa. Ini bukti bahwa kalimat tersebut lucu.


2. Makna tersirat pada teks anekdot tersebut adalah... 

A. Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab Undang Hukum Pidana. 

B. Mengkritik bapak dosen yang sedang memberikan kuliah hukum pidana. 

C. Menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau disuap. 

D. Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik. 

E. Menyindir Lia yang bertanya kepanjangan KUHP.

Jawaban: C

Isi teks anekdot di atas adalah menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau disuap. Teks anekdot di atas tidak menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya yang ada di dalam Kitab Undang Hukum Pidana,juga tidak mengkritik bapak dosen, juga tidak menyindir lia. Untuk jawaban D "Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik" juga salah, karena kalimat tersebut bukanlah hal yang penting dalam cerita di atas. Inti dari cerita di atas adalah menyindir oknum penegak hukum yang mau disuap dengan uang "Kasih Uang Habis Perkara".

Menemukan Makna Tersirat pada suatu Anekdot

 Menemukan makna tersirat pada teks anekdot

Cermatilah gambar berikut ini!


Makna yang tersirat berdasarkan gambar tersebut adalah...

A. Hukum di negeri ini sudah adil

B. Banyak koruptor yang menyuap dengan sejumlah uang demi diringankan kasusnya

C. Dengan uang, kasus menjadi ringan.

D. Vonis hukuman yang dijatuhkan tidak sebanding dengan apa yang diperbuat.

E. Hakim sudah berlaku adil bagi koruptor.


Makna tersirat adalah makna implisit. Makna tersirat adalah makna suatu wacana secara tersembunyi/ dan tidak dinyatakan secara jelas. Dari gambar di atas kita dapat menyaksikan dua orang. Orang yang pertama adalah koruptor yang membawa uang, orang yang ke-2 adalah seseorang yang dirantai tangannya sambil tersenyum. Dia kelihatan senang karena beban rantai yang berat dapat diimbangi dengan uang. Ini menunjukkan bahwa, koruptor yang memegang uang banyak, dapat meringankan kasus yang terjadi. Jadi, jawaban yang paling sesuai adalah B.

Sunday, 22 November 2020

kumpulan soal KD 3.1 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.

kumpulan soal KD 3.1 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.

Bacalah 2 kutipan teks laporan hasil observasi berikut dengan saksama! 

 

Teks ke- 1

 

       Buah pepaya berbentuk oval, berkulit halus, dan berwarna jingga kehijauan. Buah ini dikenal banyak mengandung vitamin C juga memiliki kandungan zat antioksidan yang baik. Kandungan vitamin C dan karoten dalam pepaya dapat mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit kanker, misalnya kanker paru-paru, kanker kolon, dan kanker payudara. Kandungan serat buah pepaya juga halus, sehingga baik dikonsumsi oleh kalangan balita sampai usia lanjut.

 

Teks ke-2

 

     Sirsak adalah salah satu buah ajaib yang banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan kanker. Hasil riset beberapa universitas itu membuktikan jika pohon ajaib dan buahnya ini bisa menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo. Terutama daun sirsak memiliki daya kerja memperlambat pertumbuhan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan. 

 

1.       Persaaman isi teks laporan hasil observasi di atas adalah ...

A.   Kedua teks tersebut menjelaskan manfaat buah dapat mengobati penyakit kanker.

B.   Kedua teks teks menjelaskan ciri-ciri buah.

C.   Kedua teks tersebut menjelaskan kandungan gizi yang terdapat dalam buah.

D.   Kedua teks tersebut menginformasikan zat antioksidan yang dapat mencegah kanker.

E.    Kedua teks tersebut menjelaskan daya kerja kandungan zat dalam buah  

 

Jawab: A

Pembahasan:

Persamaan kedua teks bacaan tersebut sama-sama membahas manfaat buah yang dapat untuk mengobati penyakit kanker.

 

 

2.       Kalimat pertama yang digunakan dalam kedua teks di atas memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut adalah ....

A.   Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat definisi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat deskripsi.

B.   Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat definisi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat kompleks.

C.   Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat deskripsi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat definisi.

D.   Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat deskripsi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat simpleks.

E.    Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat simpleks sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat kompleks

 

Jawab: C

Pembahasan:

Kalimat 1 teks ke-1 “Buah pepaya berbentuk oval, berkulit halus, dan berwarna jingga kehijauan.”

Kalimat tersebut adalah kalimat deskriptif. Mengapa deskriptif, karena dalam kalimat tersebut dijelaskan bentuk buah papaya, keadaan kulit buah papaya yang halus, keadaan kulit buah papaya yang berwarna jingga kehijauan. Dari penjelasan tersebut maka kita diajak untuk membayangkan bentuk buah pepaya. Dari penjelasan kalimat pertama tersebut kita dapat informasi selengkap-lengkapnya tentang buah papaya. Apa itu? Bentuknya, warnanya, kandungannya. Wacana yang di dalamnya terdapat informasi/ keadaan suatu benda sejelas-jelasnya, pembaca seolah-olah diajak untuk berimajinasi visual/ penglihatan, imajinasi perabaan, atau mungkin diajak untuk berimajinasi yang lain, itulah yang disebut wacana desripsi.

 

Kalimat 1 teks ke-2 adalah kalimat definisi. Kalimat definisi kalimat definisi merupakan kalimat yang terdiri atas susunan kata-kata yang menjelaskan tentang sesuatu hal yang khusus secara terperinci mengenai identitas, keterangan, makna, dan sifat yang nantinya akan menjadi sesuatu yang umum untuk diketahui. Dalam kalimat definisi biasanya digunakan kata ‘adalah’, ‘yaitu’, ‘merupakan’, dan lainnya, yang mengarah kepada arti penjelasan.

Jadi kunci jawaban soal di atas adalah C kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat deskripsi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat definisi.

 


Saturday, 21 November 2020

Soal bahasa Indonesia kelas X 4.2 Mengkonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), serta struktur dan kebahasaan

Soal bahasa Indonesia kelas X 4.2 Mengkonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), serta struktur dan kebahasaan


Cermatilah kalimat-kalimat di bawah ini!

(1) Katakan, uang adalah kebutuhan dan uang adalah bagian hidup yang tak bisa dilepaskan dari setiap orang.

(2) Membiasakan diri mengelola keuangan sejak dini akan sangat membantu seorang wanita kelak setelah dia dewasa.

(3) Karenanya, anak perempuan perlu belajar mengelola keuangan.

(4) Termasuk belajar cara menawar dan memperoleh harga yang paling murah setiap kali bertransaksi.

(5) Tapi tak perlu disampaikan bahwa uang adalah kunci kebahagiaan, atau sebaliknya, uang adalah sumber kejahatan.



Kalimat-kalimat di atas dapat diurutkan sehingga membentuk paragraf padu dengan susunan …

A. (1),(3),(4),(2),(5)

B. (2),(3),(4),(5),(1)

C. (3),(2),(1),(5),(4)

D. (4),(3),(2),(1),(5)

E. (5),(4),(3),(2),(1)


Jawab : B  

Urutan kalimat agar menjadi paragraf padu adalah (2),(3),(4),(5),(1). Perhatikan kepaduan antarkalimat!