Tuesday 24 November 2020

soal bahasa Indonesia KD 3.1 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.

 Bacalah teks berikut ini secara cermat!

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet Iain.(1) Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi.(2) Air 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil2) tersedia di Bumi.(3)Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air; dan lautan es.(4)Air dalam objek-objek tersebut bergerak; mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. (5)

5. Kalimat simpleks dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor …

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3 

C. 3 dan 4

D. 4 dan 5

E. 1 dan 5


Kunci jawaban B

Kalimat simpleks adalah sama pengertiannya dengan kalimat tunggal atau sederhana. Dalam kalimat ini terdapat hanya satu kata kerja aksi. 

Berikut penjelasan dari saya.

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet Iain.(1) Kalimat tersebut adalah kalimat kompleks. Karena  menggunakan lebih dari satu kata kerja aksi.

Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi.(2) Kalimat tersebut adalah kalimat simpleks karena hanya terdapat 1 kata kerja aksi.


Air 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil2) tersedia di Bumi.(3) Kalimat tersebut adalah kalimat simpleks karena hanya terdapat 1 kata kerja aksi.



Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air; dan lautan es.(4)Kalimat tersebut adalah kalimat kompleks. Karena  menggunakan lebih dari satu kata kerja aksi.

Air dalam objek-objek tersebut bergerak; mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. (5) Kalimat tersebut adalah kalimat kompleks. Karena  menggunakan lebih dari satu kata kerja aksi.

No comments:

Post a Comment