Monday 23 November 2020

Kumpulan soal Menemukan makna tersirat teks anekdot

Menemukan makna tersirat teks anekdot

Bacalah teks anekdot berikut ini secara cermat!

Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana. Saat tiba sesi tanya jawab si Lia bertanya pada dosen, ”Apa kepanjangan dari KUHP,Pak?” Lalu dosen tidak menjawab sendiri, tetapi dilemparkannya pada si Ahmad. “Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara Lia!” pinta beliau. Dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak!” tegasnya. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad, “Saudara Ahmad, darimana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar si Ahmad, pertanyaan tersebut dijawabnya pula dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan ‘Pengalaman adalah guru yang terbaik’ begitu, Pak!” Seisi kelas tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang.


1. Kelucuan teks anekdot terdapat pada bagian... 

A. Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis Perkara 

B. Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana 

C. Sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen 

D. Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban Ahmad 

E. Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad menjawa pertanyaan dosen.

Jawaban: A

Kelucuan teks anekdot tersebut ada pada saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi hasih uang habis perkara. Buktinya, saat Ahmad ditanya dosen apa kepanjangan dari singkatan KUHP, dia menjawab kasih uang habis perkara, teman-teman sekelas pada tertawa. Ini bukti bahwa kalimat tersebut lucu.


2. Makna tersirat pada teks anekdot tersebut adalah... 

A. Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab Undang Hukum Pidana. 

B. Mengkritik bapak dosen yang sedang memberikan kuliah hukum pidana. 

C. Menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau disuap. 

D. Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik. 

E. Menyindir Lia yang bertanya kepanjangan KUHP.

Jawaban: C

Isi teks anekdot di atas adalah menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau disuap. Teks anekdot di atas tidak menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya yang ada di dalam Kitab Undang Hukum Pidana,juga tidak mengkritik bapak dosen, juga tidak menyindir lia. Untuk jawaban D "Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik" juga salah, karena kalimat tersebut bukanlah hal yang penting dalam cerita di atas. Inti dari cerita di atas adalah menyindir oknum penegak hukum yang mau disuap dengan uang "Kasih Uang Habis Perkara".

No comments:

Post a Comment