Tuesday 20 October 2020

PENGGUNAAN KONJUNGSI DALAM KALIMAT EFEKTIF

Cermati kalimat-kalimat di bawah ini.

1.         Seorang jurnalis harus peka dengan berbagai macam peristiwa yang terjadi.

2.         Seorang jurnalis menyampaikan berita sesuai dengan peristwa yang terjadi.

 

Kedua kalimat tersebut jika digabungkan menjadi kalimat yang efektif adalah ….

A.    Seorang jurnalis harus peka dengan berbagai macam peristiwa yang terjadi karena ia menyampaikan berita sesuai dengan peristwa tersebut.

B.     Seorang jurnalis harus peka dengan berbagai macam peristiwa yang terjadi oleh karena seorang jurnalis menyampaikan berita sesuai dengan peristwa tersebut.

C.     Seorang jurnalis harus peka dengan berbagai macam peristiwa yang terjadi oleh sebab itu ia menyampaikan berita sesuai dengan peristwa yang terjadi.

D.    Seorang jurnalis harus peka dengan berbagai macam peristiwa yang terjadi sebab seorang jurnalis menyampaikan berita sesuai dengan peristwa tersebut.

E.     Seorang jurnalis harus peka dengan berbagai macam peristiwa yang terjadi oleh ia menyampaikan berita sesuai dengan peristwa tersebut.

PEMBAHASAN:       Jawaban yang benar: A

Dalam menggabungkan dua kalimat menjadi sebuah kalimat bertingkat dapat digunakan konjungsi. Konjungsi adalah kata hubung yang berfungsi menggabungkan kata dengan kata, kalimat dengan kalimat, dan seterusnya. Kedua kalimat tersebut jika digabungkan menjadi kalimat efektif adalah Seorang jurnalis harus peka dengan berbagai macam peristiwa yang terjadi karena ia menyampaikan berita sesuai dengan peristwa tersebut.

 

No comments:

Post a Comment