Sunday 4 October 2020

Soal pilihan ganda mengidentifikasi kalimat fakta dan kalimat opini dalam teks Eksposisi

Selamat pagi para pelajar Indonesia. Semoga selalu sehat, ya. Kali ini saya akan membahas  Soal pilihan ganda mengidentifikasi kalimat fakta dan kalimat opini dalam teks Eksposisi 


Bacalah teks eksposisi berikut ini secara cermat!

(1) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. (2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara. (3) Namun, setiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakkan roda perindustriannya. (4) Kalau dituliskan di dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) Meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum sampai membuat kita sesak nafas.

1. Kalimat fakta dalam paragraf tersebut ditunjukkan pada nomor ...

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (E)

Jawaban: A kalimat pada nomor (1).

Pembahasan:

Menurut KBBI Kalimat fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yg merupakan kenyataan; sesuatu yg benar-benar ada atau terjadi.

Ciri-ciri kalimat fakta berisi peristiwa yang benar-benar telah terjadi. Di dalam kalimat fakta terdapat data-data yang mutlak kebenarannya. 


Opini menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), terdiri dari 3 pengertian yakni pendapat, pikiran dan pendirian. Atau dapat disimpulkan bahwa opini adalah pendapat, pikiran seseorang yang belum tentu benar karena tidak/belum ada bukti kebenarannya. Opini merupakan lawan/kebalikan dari fakta, dan sering juga disebut juga sebagai pendapat. Kalimat opini adalah suatu kalimat yang berisi hasil gagasan, pendapat, atau perkiraan orang baik perorangan maupun kelompok.

Ciri-ciri kalimat opini berisi peristiwa yang belum terjadi. Di dalam kalimat opini terdapat kata-kata yang menunjukkan peristiwa itu belum terjadi, atau masih dalam rencana. Contohnya kata yang menyatakan opini adalah: harus, akan, kurang lebih, cukup besar, agak besar.


No comments:

Post a Comment