Friday 9 April 2021

KUmpulan soal bahasa Indonesia

 

 

 

SELAMAT MENGERJAKAN

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan bulatan ( ● )  huruf A, B, C, D, E pada LJK!

 

Bacalah teks di bawah ini secara saksama!

 

Pembeli : “Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?”

Penjual : “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.”

Pembeli : “Boleh kurang kan, Bang?”

Penjual : “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus lho, Bu. Ini bukan karbitan.Masak pohon.”

Pembeli : “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh ribu saja ya?”

Penjual : “Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu.”

Pembeli : “Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, kan Bang?”

Penjual : “Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi.”

Pembeli : “Iya, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk.”

Penjual : “Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.”

Pembeli : “Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.”

Akhirnya, penjual mempersilakan pembeli untuk memilih dan  menimbang sendiri mangga yang dibelinya.

 

1.      Bagaimana cara pembeli menawar harga mangga tersebut?

a.       Sedang musim mangga, jadi harga seharusnya lebih rendah.

b.      Berusaha menolak harga yang ditawar karena mangganya masak pohon.

c.       Terjadi kesepakatan walau harga tidak setinggi harapan penjual dan tidak serendah harapan pembeli.

d.      Penjual mengizinkan ibu itu memilih mangga yang akan dibeli, asal bukan yang besar-besar.

e.       Dengan cara konvensional.

 

A

2.      Berikut ini merupakan  tanggapan penjual mangga ...

a.       Sedang musim mangga, jadi harga seharusnya lebih rendah.

b.      Berusaha menolak harga yang ditawar karena mangganya masak pohon.

c.       Terjadi kesepakatan walau harga tidak setinggi harapan penjual dan tidak serendah harapan pembeli.

d.      Penjual mengizinkan ibu itu memilih mangga yang akan dibeli, asal bukan yang besar-besar.

e.       Dengan cara konvensional.

B

 

3.      Apakah pada akhir dialog terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli?

a.       Sedang musim mangga, jadi harga seharusnya lebih rendah.

b.      Berusaha menolak harga yang ditawar karena mangganya masak pohon.

c.       Terjadi kesepakatan walau harga tidak setinggi harapan penjual dan tidak serendah harapan pembeli.

d.      Penjual mengizinkan ibu itu memilih mangga yang akan dibeli, asal bukan yang besar-besar.

e.       Dengan cara konvensional.

 

C

4.      Bagaimana kesepakatan itu terjadi?

a.       Sedang musim mangga, jadi harga seharusnya lebih rendah.

b.      Berusaha menolak harga yang ditawar karena mangganya masak pohon.

c.       Terjadi kesepakatan walau harga tidak setinggi harapan penjual dan tidak serendah harapan pembeli.

d.      Penjual mengizinkan ibu itu memilih mangga yang akan dibeli, asal bukan yang besar-besar.

e.       Kesepakatan tidak pernah terjadi, akhirnya mereka bentrok.

D

 

5.  Berikut ini merupakan contoh proses negosiasi adalah ....

a.  menyewa sepeda motor

b.  membeli roti di swalayan

c.  tawar-menawar harga sepatu

d.  pertandingan balap karung 

e.  berbincang dengan teman soal nilai ulangan

 

C

 

6. Berikut ini sikap yang baik setelah negosiasi yang dilakukan tidak diterima adalah ....

a.  menerima dengan lapang dada hasil negosiasi

b.  memaksakan kehendak dengan berbagai cara

c.  mencari bantuan orang lain dengan cara kasar

d.  menerima hasil negosiasi dengan ucapan kasar

e.  membujuk orang lain untuk memusuhi lawan kita.

 

A

7. Tujuan dari dilakukannya suatu negosiasi adalah ....

a.   memaksa orang lain untuk mengalah

b.  untuk mencari siapa yang kuat fisiknya

c.  mengalahkan orang lain dalam suatu dialog

d.  berusaha meyakinkan orang lain dengan berbagai cara

e.  mencari kesepakatan dari dua pihak yang berbeda pendapat

E

 

8. “Maaf Pak, kalau misalnya sepatu ini saya beli dengan harga Rp50 ribu, boleh apa tidak?”

      Dalam negosiasi, kalimat tersebut merupakan ....

a.  kesepakatan   d.   penutup

b.  penawaran     e.   konflik

c.  sanggahan

 

B

9. “Baiklah, harga saya turunkan 25 persen, tetapi sesuai janji, Anda harus membeli kulkas ini sebanyak dua unit!”

      Pada negosiasi, kalimat tersebut merupakan bentuk ....

a.  kesepakatan   d.   penutup

b.  penawaran     e.   konflik

c.  sanggahan

 

A

 

Perhatikan contoh negosiasi berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!

Pembeli           : (1)”Harga sekilo daging  sapi  berapa Bu?”

Penjual            : (2)”Rp60 ribu, Bu!”

Pembeli           : (3)”Kalau belinya 2 kilo, dapat potongan harga apa tidak, Bu?”

Penjual            : (4)”Maaf tidak bisa Bu, itu saja saya untungnya mepet lho, Bu?”

Pembeli           : (5)”Kalau misalnya diberi bonus tulangnya bisa apa tidak, Bu?”

Penjual            : (6)”Boleh deh, kebetulan ini saya ada tulang iga yang belum terjual sejak pagi tadi.”

Pembeli           :  (7)”Baik Bu, saya jadi beli daging 2 kilogram, sama bonus tulang iganya ya!”

 

10. Kalimat yang menunjukkan cara mempertahankan pendapat dalam negosiasi ditunjukkan oleh kalimat nomor ....

a.  3

b.  4

c.  5

d.  6

e.  7

 

B

 

11. Dari negosiasi tersebut, tujuan pembeli melakukan negosiasi adalah untuk ....

a.  menguji pendapat dari penjual

b.  mencari cara mengolah daging sapi 

c.  mendapatkan harga serendah mungkin

d.  mendapatkan barang sebanyak mungkin

e.  mengetahui informasi tentang harga daging

D

 

 

 

12. Berikut ini bukan merupakan unsur-unsur debat ...

 

a.       Mosi

b.      tim afirmasi dan tim oposisi

c.       tim netral, penonton/  juri yang dipanggil

d.      moderator, penulis

e.       Tim pencatat waktu.

E

 

13. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!

 

Selamat siang,

Siang ini kita akan mengikuti kegiatan debat antara  Tim Afirmasi dari  SMA Pembangunan  Jaya, Tim Oposisi dari  SMK Nusantara,  serta Tim Netral dari MA Al-Ikhlas.

Pagi  ini  kedua  tim  akan  berdebat  tentang Bahasa         Indonesia tergantung pada bahasa asing.

Sebelum melaksanakan debat, saya akan membacakan  tata  tertib  debat  sebagai berikut.

 

Tugas di atas di lakukan oleh ...

a.       tim afirmasi

b.      tim oposisi

c.       tim netral

d.      penonton/  juri yang dipanggil

e.        moderator

 E

 

14. Unsur manusia dalam debat adalah ...

a.       moderator

b.       Tim Afirmasi

c.        Tim Oposisi

d.       Tim Netral

e.        Mosi.

E

15. Bacalah nukilan teks debat di bawah ini!

Memang benar pendapat yang menyatakan bahwa bencana alam terjadi karena ulah manusia. Namun, perlu diingat bahwa umur bumi yang makin tua juga menyebabkan terjadinya bencana alam bertubi-tubi. Perubahan iklim global ditambah ulah manusia yang merusak alam semakin memperparah bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini.

 

Mosi nukilan teks debat tersebut adalah ...

a.         Bencana alam disebabkan oleh ulah manusia.

b.        umur bumi yang makin tua juga menyebabkan terjadinya bencana alam bertubi-tubi.

c.         Perubahan iklim global

d.       ulah manusia yang merusak alam semakin memperparah bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini.

e.         ulah manusia yang merusak alam semakin memperparah bencana.

 

A

16. Bacalah nukilan teks debat di bawah ini!

 

Aksi brutal para supporter sepak bola yang sering terjadi akhir-akhir ini merupakan bukti bahwa masyarakat kita sedang sakit. Masyarakat lelah dengan tuntutan kehidupan yang keras. Sepakbola yang seharusnya menjadi ajang untuk menumbuhkan sportivitas dan menjalin persatuan, justru menjadi pelampiasan rasa tidak puas rakyat terhadap kehidupan. Himbauan pemimpin dan  tindakan tegas dari kepolisian terbukti tidak sanggup menghentikan aksi brutal para supporter sepak bola di tanah air. Tewasnya dua suporter

bola di tanah air dalam bentrok antar supporter bola dalam laga Piala TNI baru-baru ini makin menguatkan dugaaan bahwa masyarakat kita sedang sakit.

 

Mosi nukilan teks debat tersebut adalah ...

a.       Aksi brutal para supporter sepak bola akhir-akhir ini merupakan bukti bahwa masyarakat sedang sakit.

b.       Masyarakat lelah dengan tuntutan kehidupan yang keras.

c.        Sepakbola yang seharusnya menjadi ajang untuk menumbuhkan sportivitas dan menjalin persatuan

d.       Himbauan pemimpin dan  tindakan tegas dari kepolisian terbukti tidak sanggup menghentikan aksi brutal para supporter sepak bola di tanah air.

e.        Tewasnya dua suporter bola di tanah air.

A

 

17. Bacalah nukilan teks debat di bawah ini!

 

Banyak masyarakat beranggapan bahwa perubahan cuaca menjadi penyebab seseorang gampang sakit. Padahal yang terjadi tidak seperti itu. Ketika fisik seseorang kehujanan, kelelahan, kemudian terkena kuman ia akan lebih mudah sakit. Artinya, sakit itu disebabkan oleh kuman, bukan perubahan cuaca.

 

Mosi nukilan teks debat tersebut adalah ...

a.       Anggapan bahwa perubahan cuaca menjadi penyebab seseorang jatuh sakit.

b.       Ketika fisik seseorang kehujanan, kelelahan, kemudian terkena kuman ia akan lebih mudah sakit.

c.        Sakit itu disebabkan oleh kuman, bukan perubahan cuaca.

d.       Anggapan masyarakat tentang perubahan cuaca.

e.        Penyebab sakit adalah kuman.

A

 

Simaklah teks di bawah ini secara saksama!

Seorang pendaki tebing memiliki beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut antara lain: ia harus kuat, penuh perhitungan, belajar dari pengalaman, hati-hati, pantang menyerah, dan disiplin. Hal ini sama dengan seseorang yang sedang belajar untuk meraih cita-cita. Cita-cita akan tercapai jika seseorang tersebut memiliki persyaratan yang hampir sama seperti seseorang yang sedang mendaki tebing.

 

18.  Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...

a.    Jadi, persyaratan sukses seorang pelajar yang ingin meraih cita-cita; sama dengan seorang pendaki tebing.

b.    Jadi, seorang pendaki gunung dan pelajar mempunyai persyaratan yang hamper sama.

c.    Jadi, syarat orang yang ingin sukses dengan pendaki gunung dapat dipastikan hamper sama.

d.   Jadi, keduanya harus memiliki persyaratan yang sama seperti hati-hati, pantang menyerah, dan hati-hati.

e.    Jadi, kesuksesan seorang pelajar dan pendaki gunung memiliki kesamaan persyaratan.

 

A

Bacalah teks di bawah ini dengan saksama!

November 2010, erupsi Merapi yang terletak di perbatasan DIY - Jawa Tengah mengakibatkan adanya perubahan ekosistem di kawasan tersebut. Akhir November itu pula, Gunung Sorik Marapi di Sumatera Barat memuntahkan lahar. Kerugian cukup besar akibat erupsi itu. Di Jawa Timur, Gunung Bromo dan Gunung Ijen memuntahkan material dari perutnya sehingga kerugian miliaran rupiah. Di Maluku Utara, tepatnya di Ternate, Gunung Gamalama pun meletus. Akibatnya, Bandara Baabullah tutup total karena tertutup abu vulkanik. Sementara Gunung Sindoro di Jawa Tengah mulai bergemuruh sehingga diberi status siaga. Begitupun Gunung Krakatau di Selat Sunda melontarkan abu vulkanik ratusan kali.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


19.  Kesimpulan paling tepat generalisasi di atas adalah …

a.       Dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak gunung berapi.

b.      Wilayah Indonesia kaya gunung berapi yang masih aktif.

c.       Di seluruh Indonesia terdapat gunung berapi yang masih aktif.

d.      Di wilayah laut Indonesia pun terdapat gunung berapi.

e.       Di Indonesia sering terjadi bencana karena banyak gunung berapi yang aktif.

 

B

Perhatikan teks di bawah ini!

Pernyataan khusus:

1. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dari bahasa Arab terutama yang berkaitan dengan masalah agama, terutama agama Islam.

2. Contoh kosa kata hasil penyerapan dari bahasa Arab adalah musyawarah, hak, salat, dan taubat.

3. Bahasa Indonesia juga menyerap kosa kata dan istilah bidang teknologi dari bahasa Jepang, Jerman, Korea dan negara lainnya.

4. Kosa kata dan istilah teknologi hasil penyerapan dari negara-negara tersebut antara lain komputer, gadget, televisi, internet, dan astronot.

5. Tak hanya itu, bahasa Indonesia juga menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain.

6. Contoh kosa kata hasil penyerapan terakhir antara lain  karate, dansa, bakso, cwimie, dan kimono.

 

 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


20.  Kesimpulan generalisasi teks di atas adalah ...

a.       Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah dari bahasa asing untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.

b.      Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain.

c.       Bahasa Indonesia juga menyerap kosa kata dan istilah bidang teknologi dari negara asing.

d.      Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah dari Arab, Jepang, Jerman, Korea.

e.       Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.

A

 

Bacalah teks di bawah ini secara cermat!

Orang tua mendidik kita di rumah dengan penuh kasih sayang. Mereka mengajari kita banyak hal. Tak jarang kita dimarahi ketika kita nakal dan tidak mematuhi nasihat mereka. Di sekolah para guru juga mendidik kita dengan penuh kasih sayang. Guru-guru kita mengajari kita berbagai ilmu pengetahuan dan ketrampilan, bahkan juga memberikan teladan akhlak yang baik. Demi menanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab, para guru pun acapkali memberi hukuman pada kita.

 

21.  Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...

a.       Jadi, dapat dikatakan bahwa para guru adalah orang tua kita di sekolah.

b.      Jadi, dapat dikatakan bahwa orang tua adalah guru kita.

c.       Jadi, para guru bukan orang tua kita.

d.      Jadi, orang tua selalu mendidik kita seperti guru.

e.       Jadi, kita dimarahi guru di sekolah seperti halnya orang tua kita.

 

A

Bacalah teks di bawah ini secara saksama!

Penyedotan air semakin berlebih saat pasokan air tidak mencukupi laju pertambahan aktivitas komersial. Penyedotan secara berlebihan, terutama oleh pengelola gedung-gedung bertingkat, tidak hanya dilakukan pada sumur dalam, tetapi juga sumur dangkal. ... .

 

 
 

 

 

 

 

 


22.  Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran sebab-akibat maka jawaban yang paling tepat adalah ...

a.       Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai kering.

b.      Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dalam.

c.       Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dangkal.

d.      Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai berlebihan.

e.       Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai disedot.

 

A

23.    Rajinwati mendagangkan barang-barang elektronik di Jogjatronik.

Pola kalimat di atas adalah ...

a.       S-P-O-K

b.       S-P-Pel-K

c.        S-P-O

d.       S-P-K-O

e.        S-P-P

A

24.    Rajinwati berdagang barang-barang elektronik di Jogjatronik.

Pola kalimat di atas adalah ...

a.       S-P-O-K

b.       S-P-Pel-K

c.        S-P-O

d.       S-P-K-O

e.        S-P-P

B

 

Bacalah teks di bawah ini!

Pendidikan anak usia dini berusaha membina menumbuhkan, dan mengembangkan  seluruh  potensi  usia  dini  secara  optimal.  Pembinaan  ini akan membentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya. Dengan pembinaan ini siswa akan lebih siap untuk memasuki tahap pendidikan selanjutnya. Pendidikan anak usia dini juga membangun landasan bagi perkembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa. Selain itu, pendidikan anak usia dini akan mengembangkan potensi kecerdasan  spiritual,  intelektual,  dan  emosional. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa pendidikan anak usia dini memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak.

 

25.      Pola pengembangan paragraf di atas adalah ...

a.         Generalisasi

b.        Analogi

c.         Sebab-akibat

d.        Deduktif

e.         Akibat-sebab.

A

 

Bacalah teks di bawah ini!

Seorang gadis cantik dapat diibaratkan mawar berduri, sedap dipandang dan harum  baunya. Akan tetapi, tidak  setiap orang  dapat  memetik  bunga  mawar dengan  mudah  karena  akan  tertusuk  durinya.  Seorang gadis  yang  memiliki sifat seperti bunga mawar, tidak mudah untuk didekati setiap laki-laki. la selalu menjaga dirinya agar tidak tersentuh . Dengan demikian, sikap seorang gadis hendaklah seperti mawar berduri yang indah dipandang dan harum baunya, tetapi pandai menjaga kesucian dirinya..

26.      Pola pengembangan paragraf di atas adalah ...

a.         Generalisasi

b.        Analogi

c.         Sebab-akibat

d.        Deduktif

e.         Akibat-sebab.

B

 

Bacalah teks di bawah ini!

 

Kehidupan  manusia  di dunia  ibarat  sebuah panggung  sandiwara. Masing- masing manusia mempunyai peran sesuai dengan nasibnya yang telah ditentukan Tuhan. Demikian juga pemain drama, semua pemain memiliki peran masing- masing sesuai dengan  peran  yang diberikan  sutradara.  Setiap manusia  harus menjalankan perannya sesuai dengan ajaran yang dianutnya. Begitu pula bermain sandiwara harus berperan sesuai dengan tuntutan sutradara agar pertunjukannya sukses. Dengan demikian, manusia yang hidupnya menjalankan perintah Tuhan dengan baik akan mendapatkan pahala yang luar biasa seperti seorang aktor mendapatkan piala citra dari peran terbaiknya dalam sebuah drama/film

27.      Pola pengembangan paragraf di atas adalah ...

a.         Generalisasi

b.        Analogi

c.         Sebab-akibat

d.        Deduktif

e.         Akibat-sebab.

B

28.      Berikut ini bukan merupakan pola penyajian biografi ...

a. Alur biografi berjalan maju (dari peristiwa masa lalu ke masa kini);

b. Menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu;

c. Gaya peceritaan dilakukan dengan cara deskriptif naratif atau gabungan antara deskriptif naratif dan dialog.

d. Menceritakan identitas pribadi (asal-usul keluarga), pendidikan, perjalanan karier, dan prestasi yang berhasil diraih.

e. Menggunakan sudut pandang orang kedua.

 Bacalah teks berikut ini secara saksama!

Sementara si Bungsu, Oge, meraih emas di panggung internasional. Semua anak mama tidak manja dengan  uang, sebab kami tidak punya uang, tutur mama Nelc.

 

29.    Kepribadian unggul tokoh adalah ...

a.         Tidak manja dan menerima keadaan.

b.        Memiliki rasa ingin tahu yang besar serta tidak mudah putus asa.

c.         Mempunyai tekad yang kuat dalam meraih cita-cita

d.        Peduli kepada sesama

e.         Tidak mudah putus asa

A

 

 

Bacalah teks di bawah ini!

 

Lelaki bertubuh gempal tersebut semula ingin menjadi pilot. Namun, karena kedua matanya minus 3,25, dia harus mengalihkan impiannya.

Kalau nggak bisa menerbangkan pesawat, saya

harus bisa membuat pesawat. Setidaknya, memahami teknologi pesawat terbang, tegasnya.

 

30.    Kepribadian unggul tokoh adalah ...

a.         Tidak manja dan menerima keadaan.

b.        Memiliki rasa ingin tahu yang besar serta tidak mudah putus asa.

c.         Mempunyai tekad yang kuat dalam meraih cita-cita

d.        Peduli kepada sesama

e.         Tidak mudah putus asa

 

E

 

 

Bacalah nukilan teks biografi di bawah ini ...

Saya ingin jadi ilmuwan. Sebenarnya ilmu itu untuk mempermudah hidup. Ilmu pengetahuan

dan teknologi itu membuat hidup manusia menjadi nyaman. Saya berharap kalau saya menjadi ilmuwan, saya dapat membuat hidup manusia menjadi lebih  nyaman, kata dia.

 

31.    Kepribadian unggul tokoh adalah ...

a.       Tidak manja dan menerima keadaan.

b.       Memiliki rasa ingin tahu yang besar serta tidak mudah putus asa.

c.        Mempunyai tekad yang kuat dalam meraih cita-cita

d.       Peduli kepada sesama

e.        Tidak mudah putus asa

D

 

 

B

 

No comments:

Post a Comment