Tuesday 20 April 2021

Melengkapi Bagian yang Rumpang pada Teks Drama

 Teks Drama merupakan karya sastra yang berbentuk dialog. Teks drama terkadang disajikan tidak lengkap atau rumpang. Untuk melengkapi teks drama tersebut, Kita harus memahami isi teks drama itu. Kalimat tepat untuk melengkapi teks drama adalah kalimat yang berkaitan dengan kalimat sebelum dan atau sesudahnya. Cara melengkapi teks drama tersebut, kita harus bisa menemukan kata kunci yang bisa menjadi dasar untuk dapat menghubungkan maksud isi teks drama.

contoh soal


Gea: Aduh, kenapa posterku sobek? (menahan marah)

Dirga: [ ....]

Gea: Maaf .... maaf enak saja!

Dirga: [dengan amat menyesal] Iya, aku ganti postermu. Tapi Kamu mau memaafkan aku, kan?

Gea: Ya. Lain kali Kamu jangan ceroboh.

Dirga: (dengan tersenyum) Baiklah, Gea.


Dialog tepat untuk melengkapi nukilan drama tersebut adalah ...

A. Maafkan aku Gea. Aku tidak sengaja.

B. Maafkan aku, Dirga. Aku tidak sengaja.

C. Bagitu saja kok Kamu marah, Gea.

D. Baiklah aku akan beli yang baru.

E. Kok marah sama aku?


Jawabannya adalah A. Dialog drama yang rumpang dilengkapi dialog yang sesuai dengan ilustrasi. Cermati hubungan makna yang logis kalimat sebelum dan sesudah dialog yang dirumpangkan. Cermati tokoh atau pelaku dalam drama untuk melengkapi dialog rumpang tersebut. Kalimat tepat untuk melengkapi dialog rumpang tersebut terdapat pada opsi A. Opsi B, C, D, E tidak sesuai dengan isi teks drama.

No comments:

Post a Comment