Sunday 27 November 2022

Kumpulan soal bahasa Indonesia kelas X

 BAHASA INDONESIA KELAS X

MULTIPLE CHOICE

  1. Cermatilah penggalan teks laporan berikut dengan saksama!

Dunia Jamur

Yang termasuk dunia jamur adalah khamir, kapang, dan cendawan. Jamur menyerap mineral dan nutrisi dari bahan organik. Jamur bukan tumbuhan karena tidak berfotosintesis. Jamur mikoriza memiliki hubungan simbiosis dengan tumbuhan. Jamur hidup pada (dan di dalam) akar tumbuhan, menyerap nitrogen dari tanah, dan menukarnya dengan karbon pada tumbuhan. Banyak jenis jamur berfungsi sebagai pengurai dan penting untuk ekologi hutan. Kapang dan khamir digunakan untuk membuat keju, bir, dan antibiotik, seperti penisilin.

Hal yang dibahas dalam teks laporan hasil observasi tersebut adalah ….

  1. Ciri-ciri dan manfaat jamur

  2. Jenis-jenis jamur dan fungsinya 

  3. Cara hidup dan berkembang biak jamur

  4. Habitat dan cara jamur mendapatkan makanan

  5. Fungsi dan cara hidup jamur

ANS:B


  1. Cermatilah penggalan teks laporan berikut dengan saksama!

Dunia Jamur

Yang termasuk dunia jamur (1) adalah khamir, kapang, dan cendawan. Jamur menyerap mineral (2) dan nutrisi dari bahan organik. Jamur bukan tumbuhan karena tidak berfotosintesis.(3) Jamur mikoriza memiliki hubungan simbiosis dengan tumbuhan. Jamur hidup pada (dan di dalam) akar tumbuhan, (4) menyerap nitrogen dari tanah, dan menukarnya dengan karbon pada tumbuhan. Banyak jenis jamur berfungsi sebagai pengurai dan penting untuk ekologi hutan. Kapang dan khamir digunakan untuk membuat keju, (5) bir, dan antibiotik, seperti penisilin.

Frasa verba dalam bacaan tersebut ditandai nomor  ….

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

  5. 5

    ANS:B


  1. Cermatilah penggalan teks laporan berikut dengan saksama!

Dunia Jamur

Yang termasuk dunia jamur adalah khamir, kapang, dan cendawan.(1) Jamur menyerap mineral dan nutrisi dari bahan organik.(2) Jamur bukan tumbuhan karena tidak berfotosintesis.(3) Jamur mikoriza memiliki hubungan simbiosis dengan tumbuhan.(4) Jamur hidup pada (dan di dalam) akar tumbuhan, menyerap nitrogen dari tanah, dan menukarnya dengan karbon pada tumbuhan.(5) Banyak jenis jamur berfungsi sebagai pengurai dan penting untuk ekologi hutan.(6) Kapang dan khamir digunakan untuk membuat keju, bir, dan antibiotik, seperti penisilin.(7)

Kalimat simpleks dalam teks laporan hasil observasi tersebut terdapat pada nomor ….

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

  5. 6

ANS:C


  1. Cermatilah penggalan teks laporan berikut dengan saksama!


Berdasarkan sifat dan bentuknya, sampah dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Kedua jenis sampah tersebut dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Paragraf tersebut merupakan teks laporan hasil observasi  bagian struktur yang berupa … .

  1. Penegasan ulang

  2. pernyataan umum

  3. pembahasan

  4. deskripsi bagian

  5. deskripsi manfaat

ANS:B


  1. Kalimat berikut yang merupakan kalimat deskripsi adalah … .

  1. Wayang ini terbuat dari kulit kerbau yang ditatah, dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit yang terdiri dari: tuding dan gapit 

  2. Baik sampah organik maupun anorganik sesungguhnya sangat bermanfaat bagi kehidupan apabila manusia dapat mengolahnya dengan baik. Sampah anorganik dapat didaur ulang dan menghasilkan barang yang bernilai guna, misalnya kerajinan tangan. Sampah organik yang berupa daun-daun dapat diolah menjadi kompos sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman

  3. Kelelawar disebut sebagai hewan yang menakutkan karena selalu dihubungkan dengan mitos vampir. Bagaimana fakta sebenarnya tentang kelelawar? Hewan ini termasuk jenis mamalia, hewan beranak dan menyusui, seperti anjing, kucing, sapi, dan lain-lain. Hewan menyusui ini berasal dari ordo Chiroptera. Hanya ada tiga jenis kelelawar di dunia yang mengisap darah. Tiga jenis kelelawar yang hidup di bagian tengah dan selatan Amerika tersebut menggigit hewan ternak dan mengisap hanya sedikit darahnya tanpa membahayakan nyawa. Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang

  4. Selain untuk dipamerkan, benda-benda di D’topeng ini juga dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya. Selanjutnya, D’topeng berfungsi pula sebagai museum, yaitu sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal

  5. Banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau menjebol bendungan sehingga air keluar dari batasan alaminya

ANS:A


  1. Bacalah teks berikut dengan saksama !

Kelelawar disebut sebagai hewan yang menakutkan karena selalu dihubungkan dengan mitos vampir. Bagaimana fakta sebenarnya tentang kelelawar? Hewan ini termasuk jenis mamalia, hewan beranak dan menyusui, seperti anjing, kucing, sapi, dan lain-lain. Hewan menyusui ini berasal dari ordo Chiroptera. Hanya ada tiga jenis kelelawar di dunia yang mengisap darah. Tiga jenis kelelawar yang hidup di bagian tengah dan selatan Amerika tersebut menggigit hewan ternak dan mengisap hanya sedikit darahnya tanpa membahayakan nyawa. Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang.

Paragraf tersebut merupakan teks laporan hasil observasi  bagian struktur yang berupa … .

  1. Penegasan ulang

  2. pernyataan umum

  3. pembahasan

  4. deskripsi bagian

  5. deskripsi manfaat


  1. Kalimat  definisi terdapat dalam kalimat … .

  1. Pakaian suku Badui Dalam  pun tidak berkancing atau kerah. Uniknya, semua yang dipakai suku Badui Dalam  adalah hasil produksi mereka sendiri. Biasanya para perempuan yang bertugas membuatnya. Mereka dilarang memakai pakaian modern

  2. Sampah anorganik dapat didaur ulang dan menghasilkan barang yang bernilai guna, misalnya kerajinan tangan. Sampah organik yang berupa daun-daun dapat diolah menjadi kompos sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman

  3. Sampah merupakan barang sisa yang tidak memiliki nilai ekonomi. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi ini terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh manusia maupun alam

  4. Hanya ada tiga jenis kelelawar di dunia yang mengisap darah. Tiga jenis kelelawar yang hidup di bagian tengah dan selatan Amerika tersebut menggigit hewan ternak dan mengisap hanya sedikit darahnya tanpa membahayakan nyawa. Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang

  5. Berdasarkan sifat dan bentuknya, sampah dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Kedua jenis sampah tersebut dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar

ANS:C


  1. Kalimat pengklasifikasian terdapat pada … .

  1. Selain untuk dipamerkan, benda-benda di D’topeng ini juga dimanfaatkan sebagai media pelestarian budaya. Selanjutnya, D’topeng berfungsi pula sebagai museum, yaitu sebagai konservasi benda-benda langka agar terhindar dari perdagangan illegal

  2. Badui Dalam  belum mengenal budaya luar dan terletak di hutan pedalaman. Karena belum mengenal kebudayaan luar, suku Badui Dalam   masih memiliki budaya yang sangat asli.Mereka dikenal sangat taat mempertahankan adat istiadat dan warisan nenek moyangnya. Mereka memakai pakaian yang berwarna putih dengan ikat kepala putih serta membawa golok

  3. Berdasarkan sifat dan bentuknya, sampah dibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Kedua jenis sampah tersebut dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar

  4. Sampah anorganik dapat didaur ulang dan menghasilkan barang yang bernilai guna, misalnya kerajinan tangan. Sampah organik yang berupa daun-daun dapat diolah menjadi kompos sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman

  5. Widoro bukol, mimba, dan pilang merupakan tumbuhan yang mampu mengadaptasi dalam kondisi yang amat sangat kering. Keadaan ke-3 tumbuhan tersebut masih kelihatan hijau, walaupun tumbuhan lainnya sudah layu dan mongering

ANS:C


  1. Perhatikan kata-kata berikut!

  1. gabungan

  2. terorganisasi

  3. bergabung

  4. dikelompokkan

  5. mencerna

  6. makanan

  7. Pencernaan

  8. Menyusun 

Jenis kata verba yang berubah menjadi nomina adalah …

  1. 1), 3), dan 6).

  2. 2), 3), dan 4).

  3. 3), 4), dan 5).

  4. 1), 6), dan 7). 

  5. 4), 6), dan 7).

ANS:D


  1. Bacalah teks berikut dengan saksama!

Kebiasaan membaca mempunyai peranan yang penting, maka sekolah seharusnya memiliki program yang secara sistematis bisa menumbuhkan kebiasaan membaca. Meskipun keluarga berperan besar dalam menumbuhkan kebiasaan membaca, sekolah perlu secara terprogram menumbuhkan kebiasaan membaca siswanya. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa banyak sekali waktu yang dihabiskan oleh siswa di sekolah dan tidak semua siswa memiliki latar belakang keluarga yang memiliki budaya gemar membaca yang bisa menularkan kebiasaan tersebut

Gagasan utama paragraf di atas adalah ….

  1. Sekolah perlu menumbuhkan kebiasaan membaca para siswa. 

  2. Keluarga perlu menumbuhkan kebiasaan membaca para siswa.

  3. Keluarga perlu mendukung untuk menumbuhkan kebiasaan membaca para siswa.

  4. Siswa perlu ditumbuhkan kebiasaan membacanya.

  5. Banyak waktu yang dihabiskan siswa disekolah.

ANS:A


  1. Bacalah teks berikut dengan saksama!

Tanaman Langka di Indonesia

Negara di Indonesia kaya akan bermacam-macam tanaman dan menjadi kekayaan alam. Dari sekian tanaman banyak jenis tanaman tersebut, terdapat beberapa tanaman masuk dalam kategori langka dan harus dilindungi sehingga dapat terus tumbuh, berkembang, dan tidak punah. Perlu kesadaran untuk keperluan pribadi.

Adapun jenis-jenis tanaman langka dan harus dilindungi adalah balam suntai, pohon ulin, cendana, dammar kopal keruling, dan enau atau aren. Satu demi satu jenis-jenis tanaman tersebut akan dijelaskan. Berikut penjelasan yang dimaksud.

Balam suntai adalah salah satu jenis tanaman langka asli Indonesia. Tanaman langka ini memiliki kualitas kayu baik. Kelas keawetan tanaman langka ini adalah kelas IV dan kekuatannya kelas II. Maka, tidaklah heran jika tanaman langka ini dicari banyak orang.

Pohon ulin, tanaman langka ini juga dikenal dengan kayu besi. Tanaman ini khas Kalimantan yang memiliki diameter 60-120 cm dan tinggi 20-30 m. tanaman langka ini adalah satu komoditas kayu paling laku karena kualitas kayunya.

Cendana atau cendana wangi merupakan tanaman langka penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayu cendana digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum serta sangkur keris. Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertembuhannya karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Kayu cendana wangi kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Minyak dasar kayu cendana sangat mahal dalam bentuk murni. 

Damar kopal keruling tanaman langka ini berasl dari Papua. Dammar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Tanaman langka ini tingginya bisa mencapai 60 m dan diameternya 2 m.

Enau atau aren adalah palma terpenting setelah kelapa karena merupakan tanaman serbaguna, palma berukuran besar dapat mencapai tinggi 25 m. berdiameter hingga 65 cm, batang pokoknya kukuh, dan pada bagian atas diselimuti oleh serabut berwarna hitam yang dikenal sebagai ijuk, injuk, juk, atau duk. Ijuk sebenarnya adalah bagian dari pelepah daun yang menyelubungi batang.  Pohon enau popular sebagai pohon serbaguna, terutama sebagai penghasil gula.

Informasi penting yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi tersebut adalah ….

  1. Negara Indonesia kaya akan bermacam-macam tanaman dan menjadi kekayaan alam.

  2. Perlu kesadaran untuk menyelamatkan tanaman langka tersebut agar tidak punah dan tidak diambil secara sembarangan hanya untuk keperluan pribadi. 

  3. Balam suntai adalah salah satu tanaman langka asli Indonesia yang memiliki kualitas kayu baik. Kelas keawetannya adalah kelas IV dan kekuatannya kelas II.

  4. Pohon ulin juga merupakan tanaman langka yang dikenal dengan kayu besi. Tanaman langka ini salah satu komoditas kayu paling laku karena kualitasnya.

  5. Pohon enau popular sebagai tanaman serbaguna, terutama sebagai penghasil gula.

ANS:B


  1. Bacalah teks berikut dengan saksama!

Tanaman Langka di Indonesia

Negara di Indonesia kaya akan bermacam-macam tanaman dan menjadi kekayaan alam. Dari sekian tanaman banyak jenis tanaman tersebut, terdapat beberapa tanaman masuk dalam kategori langka dan harus dilindungi sehingga dapat terus tumbuh, berkembang, dan tidak punah. Perlu kesadaran untuk keperluan pribadi.

Adapun jenis-jenis tanaman langka dan harus dilindungi adalah balam suntai, pohon ulin, cendana, dammar kopal keruling, dan enau atau aren. Satu demi satu jenis-jenis tanaman tersebut akan dijelaskan. Berikut penjelasan yang dimaksud.

Balam suntai adalah salah satu jenis tanaman langka asli Indonesia. Tanaman langka ini memiliki kualitas kayu baik. Kelas keawetan tanaman langka ini adalah kelas IV dan kekuatannya kelas II. Maka, tidaklah heran jika tanaman langka ini dicari banyak orang.

Pohon ulin, tanaman langka ini juga dikenal dengan kayu besi. Tanaman ini khas Kalimantan yang memiliki diameter 60-120 cm dan tinggi 20-30 m. tanaman langka ini adalah satu komoditas kayu paling laku karena kualitas kayunya.

Cendana atau cendana wangi merupakan tanaman langka penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayu cendana digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum serta sangkur keris. Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya memerlukan pohon inang untuk mendukung pertembuhannya karena perakarannya sendiri tidak sanggup mendukung kehidupannya. Kayu cendana wangi kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Minyak dasar kayu cendana sangat mahal dalam bentuk murni. 

Damar kopal keruling tanaman langka ini berasl dari Papua. Dammar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Tanaman langka ini tingginya bisa mencapai 60 m dan diameternya 2 m.

Enau atau aren adalah palma terpenting setelah kelapa karena merupakan tanaman serbaguna, palma berukuran besar dapat mencapai tinggi 25 m. berdiameter hingga 65 cm, batang pokoknya kukuh, dan pada bagian atas diselimuti oleh serabut berwarna hitam yang dikenal sebagai ijuk, injuk, juk, atau duk. Ijuk sebenarnya adalah bagian dari pelepah daun yang menyelubungi batang.  Pohon enau popular sebagai pohon serbaguna, terutama sebagai penghasil gula.

Teks laporan hasil observasi tersebut membahas masalah ….

  1. Cendana merupakan tanaman langka penghasil kayu dan minyak.

  2. Nama-nama latin dari tanaman langka di Indonesia.

  3. Jenis tanaman langka di Indonesia. 

  4. Ajakan untuk menjaga dan melestarikan tanaman langka di Indonesia.

  5. Pohon enau merupakan tanaman penghasil gula.

ANS:C


  1. Cermatilah penggalan teks laporan  hasil observasi berikut!


Sedangkan,  menurut ordonya, kelinci diklasifikasikan menjadi beberapa jenis yakni lyon, anggora, american, 

Berdasarkan cuplikan english, himalayan, serta ducth.teks tersebut menu njukkan ciri laporan hasil observasi adalah … .

  1. Menambah pengetahuan dan wawasan

  2. Bersifat kekinian/terbaru

  3. Ditulis lengkap dan menyeluruh

  4. Mengandung fakta

  5. Bersifat subjektif

ANS:A


  1. Cermatilah gambar berikut!

Berikut adalah gejala yang ditunjukkan untuk mendeteksi penderita virus Covid 19, kecuali … . 

  1. demam

  2. sakit tenggorokan 

  3. letih lesu

  4. gangguan sesak pernafasan

  5. hipertensi

ANS:E


  1. Cermati topik dan gagasan pokok berikut! 

Topik : Pantai Natsepa 

 

(1)  Pantai Natsepa terletak kurang lebih sepuluh kilometer dari pusat kota. (2)  Pantai ini terlihat jelas karena letaknya hanya seratus meter dari jalan utama (3)  Di Pantai Natsepa ini, terdapat dua tempat yang telah dilengkapi fasilitas penginapan. (4)  Di beberapa tempat yang agak condong ke laut mengalami kerusakan.  (5)  Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing.  (6)  Bahkan, biasanya pengunjung sampai ke Pantai Liang. 


Kalimat laporan yang sesuai dengan topik tersebut adalah ….

  1.  (1), (2), (3), dan (4)  

  2. (1), (2), (3), dan (5) 

  3. (1), (3), (5), dan (6) 

  4. (2), (3), (5), dan (6) 

  5. (3), (4), (5), dan (6)

ANS:B


  1. Cermati paragraf berikut! 

 

Setiap malam berpuluh ribu tikus menyerbu desa-desa di Kecamatan Pracimantoro. Segala macam tanaman, sampai kepada pohon petai cina yang sudah tua, habis digerogoti tikus. Binatang piaraan seperti ayam, kambing, dan sapi, tidak luput dari serangan tikus yang ganas itu. Apalagi bahan makanan. Memang itu yang dicari. Habis tandas ditelan tikus. Bahkan, penduduk beberapa desa terpaksa diungsikan karena ketakutan. Sampai sekarang masih ada orang yang tidak mau pulang ke kampung halamannya. 

 

Paragraf tersebut melaporkan ....

  1. keganasan ribuan tikus 

  2. ketakutan penduduk desa 

  3. keadaan suatu perkampungan 

  4. kondisi tanaman di suatu tempat  

  5. kehidupan penduduk pedesaan

ANS:A


  1. Cermati paragraf berikut! 


Rombongan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, deretan siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan koreografi menggunakan benderanya masing masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli tubuh mereka dengan papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam "selimut" berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung 

 

Dalam struktur teks laporan observasi paragraf tersebut tergolong ke bagian …. 

  1. tesis 

  2. abstrak 

  3. definisi umum

  4. deskripsi manfaat 

  5. deskripsi per bagian

ANS:E


  1. Cermatilah dua teks berikut!

Teks ke- 1 

 

Buah pepaya berbentuk oval, berkulit halus, dan berwarna jingga kehijauan. Buah ini dikenal banyak mengandung vitamin C juga memiliki kandungan zat antioksidan yang baik. Kandungan vitamin C dan karoten dalam pepaya dapat mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit kanker, misalnya kanker paru-paru, kanker kolon, dan kanker payudara. Kandungan serat buah pepaya juga halus, sehingga baik dikonsumsi oleh kalangan balita sampai usia lanjut. 


Teks ke-2 


Sirsak adalah salah satu buah ajaib yang banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan kanker. Hasil riset beberapa universitas itu membuktikan jika pohon ajaib dan buahnya ini bisa menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo. Terutama daun sirsak memiliki daya kerja memperlambat pertumbuhan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan.


Kalimat pertama yang digunakan dalam kedua teks di atas memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut adalah...

  1. Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat definisi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat deskripsi. 

  2. Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat definisi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat kompleks.

  3. Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat deskripsi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat definisi.

  4. Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat deskripsi sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat simpleks.

  5. Kalimat pertama pada teks ke-1 berupa kalimat simpleks sedangkan pada teks ke-2 berupa kalimat kompleks.

ANS:C


  1. Cermatilah teks berikut!

Gajah yang berada di luar habitat sekitar 635 ekor, di Pusat Pelatihan Gajah (PLG) 310 ekor, di taman rekreasi dan kebun binatang 173 ekor, dan di perusahaan Hak Pengusahaan Hutan (HPH) sekitar 152 ekor. 

Sumber : https://www.mataoker.com/2019/10/soallatihan-teks-laporan-hasil-observasi.html


Kutipan di atas termasuk dalam kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi, yaitu... 

  1. Penggunaan konjungsi  

  2. Penggunaan antonim  

  3. Penggunaan sinonim  

  4. Penggunaan data berupa angka  

  5. Kalimat definisi

ANS:D


  1. Bacalah teks berikut! 


Indonesia memiliki berbagai rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur. Salah satunya adalah kencur. Kencur                                                                   selain sebagai bumbu dapur juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional yaitu obat batuk herbal. Untuk obat batuk, kencur bisa dicampur dengan jeruk nipis, jahe, dan madu. 


Isi teks eksposisi di atas adalah…. 

  1. Indonesia memilik beragam rempah 

  2. Kencur bisa digunakan sebagai obat batuk 

  3. Kencur salah satu rempah 

  4. Jeruk nipis, jahe, dan madu harus dicampur kencur 

  5. Kencur adalah bumbu dapur yang berkhasiat

ANS:E


  1. Bacalah paragraf berikut dengan baik! 

1) Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini berlangsung sangat cepat. Perkembangan juga terasa dalam bidang telekomunikasi. 2) Telepon bukan lagi barang mewah. 3) Bahkan telepon genggam pun sudah dimiliki oleh hampir semua orang, karena komunikasi dan informasi merupakan hal yang diperlukan oleh setiap individu. 4)  Bahkan, mungkin kini sudah menjadi kebutuhan primer.  ...   

                

Kalimat yang paling tepat untuk simpulan teks eksposisi tersebut adalah… 

  1. Dengan demikian jelaslah, betapa besar peranan teknologi komunikasi dalam kehidupan. 

  2. Hal itu menandakan bahwa perkembangan teknologi akan maju. 

  3. Oleh karena itu, manfaatkanlah perkembangan teknologi dengan baik. 

  4. Hal itu membuat kinerja telekomunikasi perlu ditingkatkan. 

  5. Sehingga teknologi komunikasi menjadi dunia usaha yang diminati.

ANS:A


  1. Perhatikan teks eksposisi berikut! 

(1) Struktur bahasa akan memengaruhi pembentukan budaya serta tingkah laku. (2) Demikianlah teori yang pernah disampaikan oleh Sapir-Whorf. (3) Satu contoh yang pernah penulis temukan adalah mengenai perbedaan struktur bahasa Jerman dengan bahasa Indonesia. (4) Dalam banyak hal, struktur kalimat kompleks bahasa Jerman menekankan posisi predikat ada pada bagian akhir kalimat. (5) Jika kita ingin membentuk kalimat saya mau meminum kopi di kafe dalam bahasa Jerman, bentuk yang muncul adalah Ich moechte im kaffee einen kaffee trinken. (6) Bentuk kata trinken ‘meminum’ muncul pada bagian akhir kalimat. (7) Proses seperti ini ternyata berpengaruh pada cara orang Jerman yang selalu berusaha untuk tidak memotong pembicaraan saat berkomunikasi antarsesama. (8) Inilah satu alasan yang menunjukkan bahwa benarlah bahasa bisa memengaruhi budaya masyarakatnya. 


Kalimat yang menunjukkan letak bagian argumen muncul pada nomor…. 

  1. 1, 3, dan 4 

  2. 2, 3, dan 5 

  3. 3, 4, dan 5 

  4. 2, 5, dan 6 

  5. 2, 7, dan 8

ANS:C


  1. Perhatikan teks berikut! 

Bersikap kritis dalam menerapkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. 


Kalimat yang tepat sebagai argumen yang mendukung tesis di atas adalah…. 

  1. Perlunya standardisasi pemakaian bahasa karena bahasa yang baik adalah bahasa yang konsisten dengan aturan yang telah dibuat.       

  2. Benar salahnya bahasa bukanlah hal yang maha penting menurut Kridalaksana. 

  3. Sulit menerapkan aturan dan kaidah berbahasa dalam keseharian. 

  4. Balai Bahasa tidak gencar dalam menyosialisasikan kaidah kebahasaan kepada masyarakat. 

  5. Pembelajaran bahasa di sekolah selama ini tidak terfokus pada masalah tata bahasa.

ANS:A


  1. Wabah virus corona ini telah ditetapkan sebagai status darurat dunia. 

Kalimat di atas adalah bagian dari ... dalam eksposisi. 

  1. argumentasi 

  2. thesis 

  3. rekomendasi 

  4. koda 

  5. abstraksi

ANS:C


  1. Untuk menguatkan gagasan yang disampaikan, penulis atau pembicara harus menyertakan .... 

  1. permasalahan 

  2. rekomendasi 

  3. alasan yang logis 

  4. analisis 

  5. perbandingan

ANS:C


  1. Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!

Bencana tanah longsor, banjir bandang, dan limpahan air sungai yang kerap terjadi di sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran sungai (DAS). Kawasan hulu hingga hilir perlu direhabilitasi pemerintah untuk mengatasi bencana hidrologi ini.  Pertumbuhan penduduk yang bermukim di daerah aliran sungai  telah melemahkan  daya dukung lingkungan kawasan tersebut.  Keberadaan manusia di kawasan hulu hingga hilir DAS mendorong konversi hutan menjadi areal perkebunan dan pemukimam. Berkurangnya areal vegetasi akan mengurangi daya serap air. Perubahan lahan menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan berupa erosi dan longsor.  Data Kementerian Pertanian dan Kementerian pekerjaan Umum menunjukkan bahwa dari 458 DAS di Indonesia 282 dalam kondisi kritis, 176 DAS juga berpotensi kritis. Kekritisan kawasan dilihat dari cakupan vegetasi dan tingkat erosi.


Teks tersebut dapat diklasifikasikan teks eksposisi karena.... 

  1. mengandung sebuah rekomendasi kepada pemerintah 

  2. mengungkapkan bencana banjir yang kerap terjadi 

  3. berisi pendapat penulis diikuti argumentasi 

  4. menjelaskan permasalahan banjir dan sebab-sebabnya 

  5. menjelaskan sebuah permasalahan

ANS:C


  1. Cermatilah wacana berikut!

Pendidikan merupakan senjata  yang paling ampuh, karena dengan pendidikan mampu mengubah dunia. Sebenarnya, apa arti itu pendidikan? Pendidikan adalah sebuah sarana dimana kita bisa mempelajari banyak hal yang sangat bermanfaat.


Pendidikan yang saat ini ada di negara kita sendiri, Indonesia, tergolong lumayan baik. Pemerintah sudah mengeluarkan dana untuk berbagai kepentingan, misalnya merenovasi dan membangun gedung sekolah, menggratiskan beberapa untuk biaya pendidikan. Apa yang harusnya sekarang disadari oleh para pelajar yaitu adanya keinginan belajar dan berprestasi.


Dengan tekad kuat untuk membangun semangat yang ada dalam diri pelajar, maka para pelajar harus segera menyadari bahwa pemerintah telah membantu mereka secara tak langsung dengan memudahkan proses penyelenggaraan pendidikan Indonesia. Pelajar harusnya memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikan yang ada sudah ditopang oleh pemerintah.


Dengan begitu, derajat bangsa Indonesia akan lebih diakui dikancah internasional dunia. Selain itu, Indonesia juga tidak akan dianggap remeh, sehingga mampu meningkatkan perekonomian dalam negeri. Namun, pendidikan yang ada sering kali dicemari oleh ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab, hal itu mencoreng dunia pendidikan Indonesia


Maka dari itu tugas kita sekarang adalah tetap mempertahankan pendidikan yang ada. Membantu keseimbangan dalam sistem pendidikan dan juga terus memperbaiki kekeliruan terkait pendidikan yang terjadi di sekitar kita


Pernyataan yang sesuai dengan teks eksposisi tersebut adalah … .

  1. Pendidikan adalah sebuah prasarana dimana kita bisa mempelajari banyak hal yang agak bermanfaat 

  2. pemerintah telah membantu mereka secara tak langsung dengan memudahkan proses penyelenggaraan pendidikan Indonesia.

  3. Pelajar harusnya memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikan yang ada belum ditopang oleh pemerintah.

  4. pendidikan yang ada selalu dicemari oleh ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab.

  5. Pemerintah belum mengeluarkan dana untuk berbagai kepentingan, misalnya merenovasi dan membangun gedung sekolah, menggratiskan beberapa untuk biaya pendidikan.

ANS:B


  1. Cermatilah wacana berikut 

Pendidikan merupakan senjata  yang paling ampuh, karena dengan pendidikan mampu mengubah dunia. Sebenarnya, apa arti itu pendidikan? Pendidikan adalah sebuah sarana dimana kita bisa mempelajari banyak hal yang sangat bermanfaat.

Pendidikan yang saat ini ada di negara kita sendiri, Indonesia, tergolong lumayan baik. Pemerintah sudah mengeluarkan dana untuk berbagai kepentingan, misalnya merenovasi dan membangun gedung sekolah, menggratiskan beberapa untuk biaya pendidikan. Apa yang harusnya sekarang disadari oleh para pelajar yaitu adanya keinginan belajar dan berprestasi.

Dengan tekad kuat untuk membangun semangat yang ada dalam diri pelajar, maka para pelajar harus segera menyadari bahwa pemerintah telah membantu mereka secara tak langsung dengan memudahkan proses penyelenggaraan pendidikan Indonesia. Pelajar harusnya memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikan yang ada sudah ditopang oleh pemerintah.

Dengan begitu, derajat bangsa Indonesia akan lebih diakui dikancah internasional dunia. Selain itu, Indonesia juga tidak akan dianggap remeh, sehingga mampu meningkatkan perekonomian dalam negeri. Namun, pendidikan yang ada sering kali dicemari oleh ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab, hal itu mencoreng dunia pendidikan Indonesia

Teks wacana tersebut termasuk teks eksposisi dengan adanya karakteristik  yang berupa … .

  1. tesis dan argumentasi

  2. argumentasi dan rekomendasi

  3. tesis dan abstraksi

  4. abstraksi dan koda

  5. orientasi dan abstraksi

ANS:A


  1. Cermatilah wacana berikut dengan saksama !


Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia.

Yang menandai teks tersebut sebagai tesis karena dalam teks terdapat … .

  1. adjectiva

  2. verba

  3. nomina

  4. adverbial

  5. numeral

ANS:A



  1. Cermatilah wacana berikut dengan saksama 

Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok Consuming Class. Angka itu adalah angka terbesar di dunia setelah China dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi.

 Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 milliar dolar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030 hanya Amerika, Jepang,China, Brasil, dan Rusia yang berada di atas Indonesia. Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa,yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional. Melihat potensi yang sedemikian besar dalam beberapa pertemuan internasional.

Alasan penulis yang terdapat pada teks eksposisi tersebut adalah ....

  1. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok Consuming Class

  2. Angka 90 juta tersebut adalah angka terbesar di dunia diikuti China dan India.

  3. Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ekonomi mandiri.

  4. Pada tahun 2030 hanya Amerika, Jepang,China, Brasil, dan rusia yang berada di atas Indonesia

  5. Melihat potensi yang sedemikian besar dalam beberapa pertemuan internasional.

ANS:E

  1. Cermatilah wacana berikut dengan saksama 


Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok Consuming Class. Angka itu adalah angka terbesar di dunia setelah China dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi.

Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 milliar dolar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030 hanya Amerika, Jepang,China, Brasil, dan Rusia yang berada di atas Indonesia. Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa,yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional. Melihat potensi yang sedemikian besar dalam beberapa pertemuan internasional.

Penegasan ulang atau rekomendasi pendapat dari wacana di atas yang benar adalah....

  1. Saat ini perteumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 persen hingga 6 persen , apabila dapat dipertahankan akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah bertambah dengan peningkatan pendapatan

  2. Harapan para investor merupakan peluang dan tantangan bagi indonesia. Dengan ekonomi yang kian menguat akan terus diincar para investor menanamkan modalnya di Indonesia

  3. Pembenahan di sektor riil dan infrastruktur perlu terus dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk menjadikan ekonomi Indonesia yang terbesar di AsiaTenggara

  4. Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik atau dilewatkan begitu saja, prediksi para investor tidak akan menjadi kenyataan

  5. Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan sidang tahunan International Monetery fund ( IMF ) 2012 di Tokyo.

ANS:B


  1. Cermatilah wacana berikut dengan saksama !

Tesis : Betapa pun kecilnya, tumpukan sampah akan berpengaruh pada     lingkungan

    dan  kesehatan

Argumentasi :

1.Sampah akan mengundang bencana banjir.

2.Sampah akan menimbulkan bencana ekologi lainnya.

3.Sampah akan menyebarkan bibit penyakit.

4.Tumpukan sampah akan menyebarkan bau tak sedap

Urutan argumen yang tepat untuk tesis tersebut adalah ....

  1. (1), (2), (3), dan (4)

  2. (2), (3), (4), dan (1)

  3. (3), (4), (1), dan (2)

  4. (4), (3), (1), dan (2)

  5. (4), (2), (3), dan (1)

ANS:D


  1. Cermatilah teks berikut secara saksama !

(1)Bencana tanah longsor, banjir bandang, dan limpasan air sungai yang sering terjadi di sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran air (DAS). (2) Kawasan hulu hingga hilir harus direhabilitasi pemerintah untuk mengatasi bencana hidrologi ini.

(3)Pertambahan penduduk yang bermukim di daerah sungai telah melemahkan daya dukung lingkungan tersebut. (4) Keberadaan manusia di kawasan hulu hingga hilir DAS mendorong konversi hutan menjadi areal perkebunan dan permukiman.(5) Berkurangnya areal vegetasi akan mengurangi daya serap air. (6) perubahan lahan menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan berupa erosi dan longsor.

Kalimat yang tidak mendukung tesis adalah kalimat ....

  1. nomor  ( 2 )

  2. nomor  ( 3 )

  3. nomor  ( 4 )

  4. nomor  ( 5 )

  5. nomor  ( 6 )

ANS:A

  1. Cermatilah teks berikut secara saksama 


(1) Wacana full day school masih menjadi kontroversi dengan pro dan kontra yang mengelelilinginya. (2) Ada yang berpendapat bahwa full day school akan menambah kompetensi pendidikan bagi siswa. (3) Namun, ada juga pendapat yang sebaliknya. (4) Program full day school justru akan membuat beban siswa semakin berat. (5) Dengan beban yang semakin berat, siswa tidak akan fokus belajar dan hasilnya kompetensi pendidikan akan turun. (6) Tidak seharusnya usia sekolah hanya dibebani oleh pendidikan di kelas, namun juga pendidikan di luar sekolah yang berupa pengalaman sehari-hari. (7) Full day school yang mengurangi waktu bermain juga dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan psikologis anak di kemudian hari.

Frasa adjektiva pada teks tersebut adalah...

  1. menjadi kontroversi

  2. akan membuat

  3. semakin berat

  4. usia sekolah

  5. perkembangan psikologis

ANS:C


  1. (1) Wacana full day school masih menjadi kontroversi dengan pro dan kontra yang mengelelilinginya. (2) Ada yang berpendapat bahwa full day school akan menambah kompetensi pendidikan bagi siswa. (3) Namun, ada juga pendapat yang sebaliknya. (4) Program full day school justru akan membuat beban siswa semakin berat. (5) Dengan beban yang semakin berat, siswa tidak akan fokus belajar dan hasilnya kompetensi pendidikan akan turun. (6) Tidak seharusnya usia sekolah hanya dibebani oleh pendidikan di kelas, namun juga pendidikan di luar sekolah yang berupa pengalaman sehari-hari. (7) Full day school yang mengurangi waktu bermain juga dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan psikologis anak di kemudian hari.

Nomina bentukan (kata benda berimbuhan) yang terdapat dalam teks tersebut adalah...

  1. berpendapat

  2. pendidikan

  3. siswa

  4. dibebani

  5. dikhawatirkan

ANS:B


  1. Bacalah kutipan teks anekdot tersebut!

    Malik  : “Tuan Abdul, saya sudah cari kemana-mana tetapi saya tidak menemukan kambing  yang punya taduk sejengkal manusia.”
    Abdul : “Bagaimana kalau kita membuat sayembara, cepat buat pengumuman keseluruh negeri bahwa kita membutuhkan seekor kambing  yang memiliki tanduk sejengkal manusia untuk disembelih.

    Abstraksi yang tepat untuk kutipan teks anekdot di atas adalah…
    A. Pada suatu hari Tuan Malik mencari kambing yang sudah seminggu menghilang.
    B. Tuan Abdul membuat sayembara perihal pencarian kambing.
    C. Akhirnya kambing itu ditemukan.
    D. Tuan malik tidak mencari kambing yang punya tanduk sejangkal manusia.
    E. Kemudian Tuan malik dan tuan Abdul bersepakat membuat sayembara untuk mencari kambing yang memiliki tanduk sejengkal manusia.l

ANS:B


  1. Bacalah anekdot di bawah ini 

         Konon otak orang Indonesia sangat digemari dan jadi rebutan di antara calon penerima donor otak manusia. Di bursa pasar gelap, harga otak manusia Indonesia dikabarkan paling tinggi. Setiap ada persediaan hampir bisa dipastikan langsung laku terjual.

          Orang-orang pun heran. Mengapa bukan otak orang Yahudi yang terkenal cerdas-cerdas itu yang diburu? Mengapa bukan otak orang-orang Jepang, yang tersohor memiliki kemampuan tinggi dalam bidang teknologi, yang diperebutkan? Atau, mengapa tidak otak orang Cina yang sudah dikenal luas lihai berbisnis? Mengapa justru otak orang Indonesia?

           Setelah dilakukan semacam penelitian, ternyata persepsi para penerima donor otak dalam menentukan pilihan bukan pada standar umum seperti asumsi di atas. Jawab mereka: “Habis, otak orang Indonesia rata-rata masih mulus. Soalnya jarang dipakai!”

Sumber: Koleksi Putu Widjaya, Kompas Online – Senin, 9 Desember 1996

Teks tersebut termasuk anekdot karena di dalamnya terkandung unsur … .

  1. Kelucuan

  2. Keunikan

  3. Waktu lampau

  4. Kritikan

  5. Kenyataan

ANS:D


  1. Bacalah anekdot di bawah ini 

         Konon otak orang Indonesia sangat digemari dan jadi rebutan di antara calon penerima donor otak manusia. Di bursa pasar gelap, harga otak manusia Indonesia dikabarkan paling tinggi. Setiap ada persediaan hampir bisa dipastikan langsung laku terjual.

          Orang-orang pun heran. Mengapa bukan otak orang Yahudi yang terkenal cerdas-cerdas itu yang diburu? Mengapa bukan otak orang-orang Jepang, yang tersohor memiliki kemampuan tinggi dalam bidang teknologi, yang diperebutkan? Atau, mengapa tidak otak orang Cina yang sudah dikenal luas lihai berbisnis? Mengapa justru otak orang Indonesia?

           Setelah dilakukan semacam penelitian, ternyata persepsi para penerima donor otak dalam menentukan pilihan bukan pada standar umum seperti asumsi di atas. Jawab mereka: “Habis, otak orang Indonesia rata-rata masih mulus. Soalnya jarang dipakai!”

Sumber: Koleksi Putu Widjaya, Kompas Online – Senin, 9 Desember 1996

Maksud dari sindiran dalam anekdot di atas adalah ...

  1.  Orang Indonesia rajin berpikir.

  2. Orang Indonesia rajin merawat otak.

  3. Orang Indonesia malas berpikir.

  4. Orang Indonesia rajin belajar.

  5. Orang Indonesia malas bekerja.

ANS:C


  1. Bacalah anekdot di bawah ini 

Suatu hari ada seseorang yang begitu religius pergi ke hutan untuk berburu binatang buas. Ia melihat ada seekor harimau. Langsung orang itu mengokang (menarik pelatuk) senapan dan menembak “Dor…dor!”. Wah ternyata tembakannya meleset dan sebaliknya harimau itu mengejar orang itu. Orang itu segera berlari mengambil langkah seribu. Tibatiba sampai di ujung sebuah jurang. Dia langsung berhenti lalu tangannya menengadah dan berdoa sebelum dimakan harimau. Selesai berdoa dia melihat harimau itu berlutut disampingnya dan berdoa sambil mengatupkan kedua kakinya kedepan. Orang itu lalu berkata pada harimau, “Harimau, kamu kok tidak menerkam saya, malah kamu ikut-ikutan berdoa seperti saya. Mengapa?” Jawab Harimau, “Ya, saya sedang berdoa. Berdoa sebelum makan!” 

Kelucuan yang terdapat pada teks di atas adalah …

  1. Suatu hari ada seseorang yang begitu religius pergi ke hutan untuk berburu binatang buas.

  2. Harimau itu pun berlutut ternyata sedang berdoa sebelum makan.

  3. Karena berada ditepi jurang dia berdoa sebelum di makan oleh harimau.

  4. Orang itu mengokang senapan dan menembakkan pada seekor harimau.

  5. Pemburu itu segera berlari mengambil langkah seribu.

ANS:B

  1. Cermatilah teks anekdot berikut!

Suatu hari ada seseorang yang begitu religius pergi ke hutan untuk berburu binatang buas. Ia melihat ada seekor harimau. Langsung orang itu mengokang (menarik pelatuk) senapan dan menembak “Dor…dor!”. Wah ternyata tembakannya meleset dan sebaliknya harimau itu mengejar orang itu. Orang itu segera berlari mengambil langkah seribu. Tibatiba sampai di ujung sebuah jurang. Dia langsung berhenti lalu tangannya menengadah dan berdoa sebelum dimakan harimau. Selesai berdoa dia melihat harimau itu berlutut disampingnya dan berdoa sambil mengatupkan kedua kakinya kedepan. Orang itu lalu berkata pada harimau, “Harimau, kamu kok tidak menerkam saya, malah kamu ikut-ikutan berdoa seperti saya. Mengapa?” Jawab Harimau, “Ya, saya sedang berdoa. Berdoa sebelum makan!” 

Kalimat yang dicetak tebal tersebut merupakan struktur bagian yang berupa …. .

  1. Abstraksi

  2. Orientasi

  3. Krisis

  4. Reaksi

  5. Koda

ANS:B

  1. Perbedaan antara humor dan anekdot dari aspek isi adalah…

  1. Humor isinya penuh candaan yang menggelitik, sedangkan anekdot lebih serius dari itu.

  2. Humor isinya hanya menghibur dengan kata-kata, sedangkan anekdot kurang menghibur.

  3. Humor lebih singkat dalam penceritaannya, sedangkan anekdot lebih panjang dari humor biasa.

  4. Humor membahas kejadian fiksi yang imajinatif, sedangkan anekdot kejadian fakta yang ilmiah.

  5. Humor membahas masalah sehari-hari, sedangkan anekdot tentang tokoh publik yang bermasalah.

ANS:E

  1. Cermati kutipan berikut!

Seorang pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai. “Seandainya 

keadaan keluargaku seperti ini pasti kebahagiaan yang ada”.Tetapi kemudian badai ganas menghadang hingga kapalnya oleng hampir tenggelam. Kapalnya selamat setelah dia membuang semua muatannya dengan bersusah payah. Kejadiaan tersebut mengingatkan padanya kalau dia seorang ‘pelaut ulung’. Badailah yang membuatnya ulung. Pikirannya kembali kepada keluarganya. “Bagaimana kalau istri dan anakku yang kubuang? Apakah saya akan memperoleh ketenangan dan merasakan kebahagiaan?” ujar si pelaut. Si pelaut tersenyum-senyum memikirkan istri dan anaknya.

Kalimat yang menunjukkan abstraksi adalah…

  1. Seorang pelaut berdiri di atas kapal melihat keindahan laut yang tenang dan damai

  2. “Seandainya keadaan keluargaku seperti ini pasti kebahagiaan yang ada”

  3. Tetapi kemudian badai ganas menghadang hingga kapalnya oleng hampir tenggelam.

  4. Badailah yang membuatnya ulung, Pikirannya kembali kepada keluarganya

  5. Si pelaut tersenyum-senyum memikirkan istri dan anaknya.

ANS:A

 

  1.  Cermati kalimat-kalimat berikut!

(1) Bu guru pun tersenyum

(2) Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita? Tanya Bu 

guru di depan kelas.

(3) Bu guru bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek

(4) Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang

(5) Hukum kantong kresek Bu, kata anak itu.

(6) Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.

Susunlah anekdot berikut ini sesuai dengan strukturnya!

  1. (1)– (2) – (3) – (4) – (5) – (6)

  2. (1) – (2) – (4) – (5) – (3) – (6)

  3. (2) – (4) – (5) – (3) – (6) – (1) 

  4. (2) – (4) – (5) – (6) – (3) – (1)

  5. (3) – (2) – (1) – (4) – (5) – (6)

 

ANS:C

 

  1. Kisah Pengadilan Tindak Pidana Korupsi

Pada puncak pengadilan korupsi politik, Jaksa penuntut umum menyerang saksi.“Apakah benar,” 

teriak Jaksa, “Bahwa Anda menerima lima ribu dolar untuk berkompromi dalam kasus ini?”

Saksi menatap keluar jendela seolah-olah tidak mendengar pertanyaan.“Bukankah benar bahwa 

Anda menerima lima ribu dolar untuk berkompromi dalam kasus ini?” ulang pengacara.

Saksi masih tidak menanggapi.

Akhirnya, hakim berkata, “Pak, tolong jawab pertanyaan Jaksa!”

“Oh, maaf!”Saksi terkejut sambil berkata kepada hakim, “Saya pikir dia tadi berbicara dengan 

Anda.”

Kalimat yang menggunakan keterangan waktu pada teks anekdot tersebut adalah ….

  1. Hakim berkata agar saksi menjawab pertanyaan Jaksa.

  2. Saksi terkejut karena ia mengira jaksa tidak bicara kepadanya.

  3. Saksi menatap keluar jendela seolah-olah tidak mendengar pertanyaan.

  4. Bahwa ia menerima lima ribu dolar untuk berkompromi dalam kasus ini.

  5. Pada puncak pengadilan korupsi politik, Jaksa penuntut umum menyerang saksi.

 

ANS:E

 

  1. Kalimat yang menujukkan kalimat imperatif?

  1. “Apakah benar,” teriak Jaksa,

  2.  “Pak, tolong jawab pertanyaan Jaksa!”

  3. “Saya pikir dia tadi berbicara dengan Anda.”

  4. “Oh, maaf! ”Saksi terkejut sambil berkata kepada hakim.

  5. “Bukankah benar bahwa Anda menerima lima ribu dolar?”

ANS:B


  1. Kalimat yang menunjukkan kalimat seru adalah ....

  1. “Apakah benar,” teriak Jaksa,

  2. “Pak, tolong jawab pertanyaan Jaksa.

  3. “Saya pikir dia tadi berbicara dengan Anda.”

  4. “Oh, maaf! ”Saksi terkejut sambil berkata kepada hakim.

  5. “Bukankah benar bahwa Anda menerima lima ribu dolar?”;

ANS:D


  1. Bacalah teks anekdot berikut!

KUHP dalam anekdot

Seorang  dosen fakultas hukum suatu Universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja. Saat sesi tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkan kepada Ahmad. “ Saudara Ahmad, coba di jawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “ Kasih Uang Habis Perkara, Pak…!” Mahasiswa lain tertawa, sedangkan pak dosen geleng-geleng kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad,  “Saudara Ahmad dari mana saudara tau jawaban itu?” dasar Ahmad, pertanyaan  pak dosen dijawab dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, Pak…!” semua mahasiswa di kelas tercengang. Mereka berpandang-pandangan.  Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak. 

Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal.

Makna yang tersirat pada teks anekdot di atas adalah….

  1. Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah kitab Undang Hukum Pidana

  2. Mengkritik Bapak dosen sedang memberikan kuliah hokum pidana. 

  3. Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik 

  4. Menyindir kepada oknum penegak yang mau disuap

  5. Menyindir Ali yang bertanya kepanjangan KUHP

ANS:D


  1. Bacalah cuplikan anekdor berikut!

Sultan bermimpi bahwa di bawah rumah Abu Nawas terdapat harta karun. Ia memerintahkan anak buahnya mencari dan menggali sampai dapat. Harta karun tidak ditemukan, tapi rumah yang berantakan dibiarkan dan tidak mendapat ganti kerugian.

Cuplikan teks anekdot tersebut merupakan struktur bagian yang berupa

  1. Abstraksi

  2. Orientasi

  3. Krisis 

  4. Reaksi

  5. Koda

ANS:B


  1. Abu Nawas menyodorkan sebuah kertas, ”Aku meminta ijin tertulis darimu untuk diperbolehkan menghukum mereka di mana pun mereka hinggap.”

“Baiklah,” jawab Sultan. Meski masih merasa geli, Sultan menandatangani dokumen tersebut dan menyerahkannya ke Abu Nawas.

Begitu surat tersebut di tangannya, Abu Nawas segera meletakkan piring tersebut di atas meja dan menghantamnya. Piring pecah, roti berhamburan, dan lalat beterbangan.

Abu Nawas segera mengejar lalat tersebut, dan memukul apapun yang mereka hinggapi. Vas bunga, lampu, kursi, jendela, hingga orang-orang yang berada di dalam istana sekalipun. Keadaan menjadi sangat kacau.

Cuplikan teks anekdot tersebut merupakan struktur bagian yang berupa … .

  1. Abstraksi

  2. Orientasi

  3. Krisis 

  4. Reaksi

  5. Koda

ANS:C


  1. Abu Nawas menyodorkan(1) sebuah kertas, ”Aku meminta(2) ijin tertulis darimu untuk diperbolehkan menghukum mereka di mana pun mereka hinggap.”

“Baiklah,” jawab Sultan. Meski masih merasa geli, Sultan menandatangani(3) dokumen tersebut dan menyerahkannya ke Abu Nawas.

Begitu surat tersebut di tangannya, Abu Nawas segera meletakkan(4) piring tersebut di atas meja dan menghantamnya. Piring pecah, roti berhamburan, dan lalat beterbangan.

Abu Nawas segera mengejar(5) lalat tersebut, dan memukul apapun yang mereka hinggapi. Vas bunga, lampu, kursi, jendela, hingga orang-orang yang berada di dalam istana sekalipun. Keadaan menjadi sangat kacau.

Kata kerja mental terdapat pada nomor … .

  1. Abstraksi

  2. Orientasi

  3. Krisis 

  4. Reaksi

  5. Koda

ANS:C


No comments:

Post a Comment