Sunday 27 November 2022

soal ulangan semester gasal bahasa Indonesia kelas x

 


PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL

TAHUN PELAJARAN 2019/2020


Mata pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas, Program : X , MIPA/IPS

Hari, tanggal

Waktu : 07.30-09.30 (120 menit)

Petunjuk umum

  1. Berdoalah sebelum mengerjakan soal.

  2. Bacalah soal dengan teliti.

  3. Kerjakan soal dengan penuh kesadaran dan pertimbangan.

  4. Bertanyalah pada pengawas bila mendapati lembar soal cacat.

  5. Berdoalah setelah selesai mengerjakan soal semua.

  6. Kumpulkan lembar jawaban pada pengawas.


PETUNJUK KHUSUS

Pilihlah jawaban yang paling tepat   dengan memberikan tanda silang  pada  huruf  A, B, C, D atau  E pada lembar jawaban yang telah tersedia!

Bacalah teks laporan hasil observasi berikut dengan saksama untuk menjawab soal no.1 dan 2 !

Hanya sebagian kecil (antara 50-100 spesies) bambu yang relatif aman populasinya karena 

telah dibudidayakan secara luas. Sementara, sekitar setengah dari jumlah spesies bambu rawan kepunahan karena kelestariannya bergantung pada keberadaan tutupan hutan, yang terus menyusut hari demi hari. Sekitar 250 spesies di antaranya bahkan hanya hidup di area berhutan kurang dari 2000 km², yang tersebar di masing-masing wilayah agihannya. Pada sisi yang lain, masih sangat sedikit yang diketahui mengenai sifat-sifat  biologis dan ekologis kebanyakan jenis itu. Kerentanan ini masih ditambah lagi dengan sifat intrinsik bambu perihal perbungaan serempak yang diikuti dengan kematian massal pada jenis-jenis bambu tertentu; yang apabila berbetulan dengan kejadian kebakaran atau kerusakan hutan yang luas, dapat mengarahkan jenis-jenis itu pada kepunahan.Sejauh ini, Daftar merah IUCN baru mendaftar sekitar 20 spesies bambu Amerika, 16 bambu Asia, dan satu Afrika; tak satupun dari 25 spesies asli Madagaskar, walau 10 spesies di antaranya cuma didapati pada habitat seluas kurang dari 2000 km², yang tercantum di situ


  1. Paragraf tersebut merupakan struktur bagian teks laporan hasil observasi  yang berupa ....

  1. pernyataan umum/

  2. deskripsi umum

  3. deskripsi bagian

  4. tesis

  5. deskripsi manfaat

  1. Ciri penanda bahwa paragraf tersebut merupakan teks laporan hasil observasi adalah … .

  1. isi berupa fakta

  2. menyampaikan hal yang aktual

  3. bersifat subyektif

  4. terdapat deskripsi umum

  5. mengandung verba


Bacalah wacana berikut untuk menjawab soal no. 3-5!

Perdu, bisa mencapai 7 meter tinggi, dengan cabang agak jarang.(1) Akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan.(2) Ukuran umbi rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm, tergantung dari klon/kultivar.(3) Bagian dalam umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. (4)Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin.(5) Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat meracun bagi manusia.(6) Umbi ketela pohon merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. (7)Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionina.(8)

  1. Informasi yang terdapat dalam paragraf tersebut adalah … .

  1. sejarah singkong

  2. deskripsi singkong

  3. manfaat singkong

  4. kandungan singkong

  5. ukuran singkong


  1. Kalimat definisi dalam paragraf tersebut terdapat dalam kalimat nomor … .

  1. 1

  2. 2

  3. 4

  4. 6

  5. 7

Cermatilah teks berikut untuk menjawab soal no. 5 dan 6 !

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain.(1)  Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi.(2) Air 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi.(3) Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap ait, dan lautan es.(4) Air dalam objek-objek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut.(5)


  1. Dalam paragraf tersebut kalimat simplek  terdapat dalam kalimat nomor … .

  1. 1 dan 2

  2. 2 dan 3

  3. 3 dan 4

  4. 4 dan 5

  5. 1 dan 5


  1. Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan teks laporan hasil observasi tersebut  adalah…

  1. Air menutupi hampir 1,4 triliun kilometer kubik permukaan bumi.

  2. Air adalah senyawa yang penting bagi kehidupan manusia yang diketahui sampai saat ini di bumi.

  3. 330 juta mil³ air tersedia di bumi.

  4. Air terdapat juga di planet selain bumi.

  5. Semua air berubah menjadi awan bergerak mengikuti suatu siklus air melalui penguapan.

  1. Kata-kata yang dicetak tebal dalam paragraf tersebut sebagai frasa verba adalah … .

  1. bentuk kehidupan

  2. planet lain

  3. dapat hadir

  4. melalui penguapan

  5. menuju laut


  1. Bacalah dengan cermat dua kutipan teks laporan hasil observasi berikut!

Kutipan teks

laporan hasil observasi 1

Kutipan teks

laporan hasil observasi 2

Di Indonesia, tunas bambu yang akan di konsumsi dipotong tipis-tipis dan direbus untuk menghilangkan senyawa toksin,lalu di cuci bersih untuk kemudian dapat di tambahkan santan dan rempah-rempah untuk membuat gulai rebung. Resep lain yang memanfaatkan tunas bambu yaitu sayur lodeh dan lumpia. Tunas bambu yang telah diiris dicuci bersih dan/atau direbus sebelum dimakan untuk menghilangkan toksin. Acar tunas bambu digunakan sebagai pelengkap makanan, bisa juga dibuat dari inti batang bambu muda (pith). Cairan yang keluar dari batang bambu muda disadap ketika musim hujan untuk menghasilkan minuman beralkohol. Daun bambu yang cukup besar dipakai sebagai pembungkus makanan ringan

Wayang kulit dilihat dari umur, dan gaya pertunjukannya pun dibagi lagi menjadi bermacam jenis. Jenis yang paling terkenal, karena diperkirakan memiliki umur paling tua adalah wayang purwa. Purwa berasal dari bahasa Jawa, yang berarti awal. Wayang ini terbuat dari kulit kerbau yang ditatah, dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, serta diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit yang terdiri dari: tuding dan gapit. 

Wayang wong (bahasa Jawa yang berarti ‘orang’) adalah salah satu pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang. Wayang orang yang dikenal di suku Banjar adalah wayang gung, sedangkan yang dikenal di suku Jawa adalah wayang topeng. Wayang topeng dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng. 


Perbandingan isi kedua kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah….



Isi  Kutipan

 Teks Laporan Hasil Observasi 1

Isi Kutipan 

Teks Laporan Hasil Observasi 2

A.

Makanan dari tunas bambu

Fungsi wayang

B.

Deskripsi bambu

Perbedaan wayang kulit dan wong

C.

Resep masakan rebung

Deskripsi wayang

D.

Jenis-jenis masakan bambu muda

Wayang kulit tertua

E.

Manfaat bambu

Jenis-jenis wayang


  1. Bacalah teks berikut secara saksama!

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain.  Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagaiawan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap ait, danlautan es. Air dalam objek-objek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut.

Deskripsi manfaat yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah … .

  1. Air penting bagi kehidupan.Dari sudut pandang biologi, air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan. Air dapat memunculkan reaksi yang dapat membuat senyawa organik melakukan replikasi. Semua makhluk hidup yang diketahui memiliki ketergantungan terhadap air. Air merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dalam proses metabolisme. Air juga dibutuhkan dalam  fotosintesis dan respirasi. Fotosintesis menggunakan cahaya matahari untuk memisahkan atom hidroden dengan oksigen. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan oksigen akan dilepas ke udara.

  2. Air memiliki sifat-sifat kimia dan fisika. Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) dan temperatur 273,15 K (0 °C). Zat kimia ini merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, sepertigaram-garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik.

  3. Keadaan air yang berbentuk cair merupakan suatu keadaan yang tidak umum dalam kondisi normal, terlebih lagi dengan memperhatikan hubungan antara hidrida-hidrida lain yang mirip dalam kolom oksigen pada tabel periodik, yang mengisyaratkan bahwa air seharusnya berbentuk gas, sebagaimana hidrogen sulfida. Dengan memperhatikan tabel periodik, terlihat bahwa unsur-unsur yang mengelilingi oksigen adalah nitrogen, flor, dan fosfor, sulfur dan klor. Semua elemen-elemen ini apabila berikatan dengan hidrogen akan menghasilkan gas pada temperatur dan tekanan normal. Alasan mengapa hidrogen berikatan dengan oksigen membentuk fase berkeadaan cair, adalah karena oksigen lebih bersifat elektronegatif ketimbang elemen-elemen lain tersebut (kecuali flor)..

  4. Tarikan atom oksigen pada elektron-elektron ikatan jauh lebih kuat daripada yang dilakukan oleh atom hidrogen, meninggalkan jumlah muatan positif pada kedua atom hidrogen, dan jumlah muatan negatif pada atom oksigen. Adanya muatan pada tiap-tiap atom tersebut membuat molekul air memiliki sejumlah momen dipol. Gaya tarik-menarik listrik antar molekul-molekul air akibat adanya dipol ini membuat masing-masing molekul saling berdekatan, membuatnya sulit untuk dipisahkan dan yang pada akhirnya menaikkan titik didih air. Gaya tarik-menarik ini disebut sebagai ikatan hidrogen..

  5. Molekul air dapat diuraikan menjadi unsur-unsur asalnya dengan mengalirinya arus listrik. Proses ini disebut elektrolisis air. Pada katode, dua molekul air bereaksi dengan menangkap dua elektron, tereduksi menjadi gas H2 dan ion hidroksida (OH-). Sementara itu pada anode, dua molekul air lain terurai menjadi gas oksigen (O2), melepaskan 4 ion H+ serta mengalirkan elektron ke katode. Ion H+ dan OH- mengalami netralisasi sehingga terbentuk kembali beberapa molekul air. Gas hidrogen dan oksigen yang dihasilkan dari reaksi ini membentuk gelembung pada elektrode dan dapat dikumpulkan. Prinsip ini kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan hidrogen dan hidrogen peroksida (H2O2) yang dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan hidrogen.


  1. Cermatilah wacana berikut dengan saksama!

  1. Bangunan kios onderdil di jalan Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Barat, telah ditertibkan oleh aparat gabungan. Puluhan pemulung mengepung area bangunan yang sudah rata dengan tanah itu. “Lumayan Mas, masih ada besi-besi yang bisa dijual lagi. Kayu-kayunya juga lumayan,” Ujar Sudirman. Menurut pria yang mengenakan topi hijau itu, dirinya baru saja datang karena diberitahu temannya. Bapak dua anak itu menjelaskan beberapa temannya ada yang sudah bolak-balik sebanyak dua kali.  “Ada yang fokus memunguti besi-besi serta rolling door-nya. Ada juga yang mencari kayu dan papan. Bahkan, teman saya sampai rela menyewa mobil supaya bisa membawa banyak,” katanya.

         Para pemulung ini tidak bekerja sendirian. Mereka saling membantu satu sama lain, lalu membagi rata hasilnya. Bahkan, beberapa pemulung ada yang mengajak anaknya untuk mengangkut puing-puing tersebut.


Informasi penting dalam teks laporan hasil opservasi tersebut adalah …

  1. Petugas aparat gabungan membantu para pemulung mengambil besi dan kayu. 

  2. Para pemulung menjual besi dan kayu kepada pengepul barang bekas. 

  3. Para pemulung menjual besi dan kayu tersebut kepada pengepul barang bekas. 

  4. Pemulung mengepung bekas kios onderdil, mengambil besi dan kayu bekas. 

  5. Keluarga pemulung beramai-ramai memungut puing-puing bekas bangunan


Cermatilah wacana berikut secara saksama untuk memnjawab soal no. 11 dan 12!

Uang

Uang dalam ilmu ekonomi tradisional dimaknakan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apa pun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran. Secara kesimpulan, uang adalah suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.


Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai. Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktivitas dan kemakmuran.


Pada awalnya di Indonesia, uang —dalam hal ini uang kartal— diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Namun sejak dikeluarkannya UU No. 13 tahun 1968 pasal 26 ayat 1, hak pemerintah untuk mencetak uang dicabut. Pemerintah kemudian menetapkan Bank Sentral, Bank Indonesia, sebagai satu-satunya lembaga yang berhak menciptakan uang kartal. Hak untuk menciptakan uang itu disebut dengan hak oktroi.


  1. Teks yang berjudul “Uang” termasuk teks laporan hasil observasi karena .... 

  1. Mengandung opini, gaya informasi membujuk, terdapat argumen penulis.

  2. Bersifat humor, bersifat menyindir, menghibur.

  3. Terdapat kalimat definisi, bersifat objektif, terdapat deskripsi manfaat.

  4. Membahas suatu fenomena alam, menggunakan kata penanda urutan, fokus pada hal umum.

  5. Berisi tentang peristiwa, gaya bahasa naratif, terdapat urutan cerita.


  1. Paragraf pertama bacaan tersebut struktur bagian yang berupa pernyataan umum karena terdapat … .

  1. kalimat deskripsi

  2. kalimat transitif 

  3. kalimat retoris

  4. kalimat pengklasifikasian

  5. kalimat definisi


  1. Cermatilah wacana berikut secara saksama!

Kebanyakan kambing di alam tumbuh dua batang tanduk yang memiliki berbagai bentuk dan ukuran menurut jenisnya. Kambing tumbuh tanduk melainkan ia "dinyah tanduk" (polled), yaitu ketidakmampuan dalam pertumbuhan tanduk disebabkan genetik atau tanduk tersebut dicabut, biasanya terjadi setelah lahir.[ Terdapat kejadian kambing poliserat (tumbuh banyak tanduk, sebanyak-banyak lapan batang), namun ini merupakan kelainan genetik yang dipikirkan adalah turun-temurun. Pencabutan tanduk paling sering terjadi dalam kelompok kambing menyusui (untuk perdagangan) untuk mengurangi cedera terhadap manusia dan kambing lain. Tidak seperti sapi, kambing tidak berhasil disilangkan jenisnya untuk diubah bentuk tanduk yang sesungguhnya karena gen-gen yang menentukan jenis kelamin berkaitan erat dengan yang menentukan tanduk. Percobaan menyilangkan dua ekor kambing yang diubah tanduk secara menghasilkan sejumlah besar individu interseks yang rata-rata mandul dalam kalangan anak-anak kambing. Tanduk kambing tersusun atas tulang hidup yang dibalut oleh keratin dan protein lainnya, digunakan untuk pertahanan, penguasaan, dan perwilayahan.

Kata dicetak tebal tersebut  menggunakan imbuhan yang mengubah verba menjadi nomina adalah … .

  1. pertumbuhan

  2. dipikirkan

  3. menyusui

  4. berkaitan

  5. tersusun


  1. Cermatilah wacana berikut secara saksama!

Peningkatan penanaman singkong sejalan … pertumbuhan penduduk Pulau Jawa yang pesat. Ditambah lagi produksi padi tertinggal di belakang pertumbuhan penduduk. “Singkong khususnya menjadi sumber pangan tambahan yang disukai,” tulis Marwati Djoened Poesponegoro … Nugroho Notosusanto dalam Sejarah Nasional Indonesia V. Hingga saat ini, singkong telah menjadi salah satu bahan pangan yang utama, tidak saja di Indonesia , … juga di dunia. Di Indonesia, singkong merupakan makanan pokok ketiga setelah padi-padian dan jagung

Konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang tersebut adalah … .

  1. dan, sedangkan, maka

  2. atau, maka, tetapi

  3. dengan, dan, tetapi

  4.  dan, maka, sejak

  5. atau, agar, namun

Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.15 dan 16 !

Pendidikan merupakan senjata  yang paling ampuh, karena dengan pendidikan mampu mengubah dunia. Sebenarnya, apa arti itu pendidikan? Pendidikan adalah sebuah sarana dimana kita bisa mempelajari banyak hal yang sangat bermanfaat.


Pendidikan yang saat ini ada di negara kita sendiri, Indonesia, tergolong lumayan baik. Pemerintah sudah mengeluarkan dana untuk berbagai kepentingan, misalnya merenovasi dan membangun gedung sekolah, menggratiskan beberapa untuk biaya pendidikan. Apa yang harusnya sekarang disadari oleh para pelajar yaitu adanya keinginan belajar dan berprestasi.


Dengan tekad kuat untuk membangun semangat yang ada dalam diri pelajar, maka para pelajar harus segera menyadari bahwa pemerintah telah membantu mereka secara tak langsung dengan memudahkan proses penyelenggaraan pendidikan Indonesia. Pelajar harusnya memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikan yang ada sudah ditopang oleh pemerintah.


Dengan begitu, derajat bangsa Indonesia akan lebih diakui dikancah internasional dunia. Selain itu, Indonesia juga tidak akan dianggap remeh, sehingga mampu meningkatkan perekonomian dalam negeri. Namun, pendidikan yang ada sering kali dicemari oleh ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab, hal itu mencoreng dunia pendidikan Indonesia


Maka dari itu tugas kita sekarang adalah tetap mempertahankan pendidikan yang ada. Membantu keseimbangan dalam sistem pendidikan dan juga terus memperbaiki kekeliruan terkait pendidikan yang terjadi di sekitar kita


  1. Pernyataan yang sesuai dengan teks eksposisi tersebut adalah … .

  1. Pendidikan adalah sebuah prasarana dimana kita bisa mempelajari banyak hal yang agak bermanfaat 

  2. pemerintah telah membantu mereka secara tak langsung dengan memudahkan proses penyelenggaraan pendidikan Indonesia.

  3. Pelajar harusnya memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikan yang ada belum ditopang oleh pemerintah.

  4. pendidikan yang ada selalu dicemari oleh ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab.

  5. Pemerintah belum mengeluarkan dana untuk berbagai kepentingan, misalnya merenovasi dan membangun gedung sekolah, menggratiskan beberapa untuk biaya pendidikan.


  1. Teks wacana tersebut termasuk teks eksposisi dengan adanya karakteristik  yang berupa … .

  1. tesis dan argumentasi

  2. argumentasi dan rekomendasi

  3. tesis dan abstraksi

  4. abstraksi dan koda

  5. orientasi dan abstraksi


  1. Cermatilah wacana berikut dengan saksama !

Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia..

Yang menandai teks tersebut sebagai tesis karena dalam teks terdapat … .

  1. adjectiva

  2. verba

  3. nomina

  4. adverbial

  5. numeral

Cermatilah wacana berikut dengan saksama untuk soal no.18 s.d. 21 !

Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok Consuming Class. Angka itu adalah angka terbesar di dunia setelah China dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi.

 Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 milliar dolar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030 hanya Amerika, Jepang,China, Brasil, dan Rusia yang berada di atas Indonesia. Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa,yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional. Melihat potensi yang sedemikian besar dalam beberapa pertemuan intrnasional.


  1. Pendapat atau opini penulis dalam teks eksposisi tersebut adalah ....

  1. Indonesia  memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok Consuming Class.

  2. Pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia

  3. ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 milliar dolar AS.

  4. Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia terletak pada ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas.

  5. Kekuatan ekonomi Indonesia terletak pada konsumsi domestik dan jasa-jasa,yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.


  1. Alasan penulis yang terdapat pada teks eksposisi tersebut adalah ....

  1. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok Consuming Class

  2. Angka 90 juta tersebut adalah angka terbesar di dunia diikuti China dan India.

  3. Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ekonomi mandiri.

  4. Pada tahun 2030 hanya Amerika, Jepang,China, Brasil, dan rusia yang berada di atas Indonesia

  5. Melihat potensi yang sedemikian besar dalam beberapa pertemuan internasional.


  1. Kalimat fakta yang sesuai dengan teks eksposisi tersebut adalah ....

  1. Angka 90 % adalah angka terbesar di dunia setelah China dan India

  2. Pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia.

  3. Pada tahun 2030 pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS.

  4. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017.

  5. Pada tahun 2030 hanya Amerika, Jepang,China, Brasil, dan Rusia yang berada di atas Indonesia


  1. Penegasan ulang atau rekomendasi pendapat dari wacana di atas yang benar adalah....

  1. Saat ini perteumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 persen hingga 6 persen , apabila dapat dipertahankan akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah bertambah dengan peningkatan pendapatan

  2. Harapan para investor merupakan peluang dan tantangan bagi indonesia. Dengan ekonomi yang kian menguat akan terus diincar para investor menanamkan modalnya di Indonesia

  3. Pembenahan di sektor riil dan infrastruktur perlu terus dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk menjadikan ekonomi Indonesia yang terbesar di AsiaTenggara

  4. Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik atau dilewatkan begitu saja, prediksi para investor tidak akan menjadi kenyataan

  5. Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan sidang tahunan International Monetery fund ( IMF ) 2012 di Tokyo.


  1. Cermatilah wacana berikut dengan saksama !

Tesis : Betapa pun kecilnya, tumpukan sampah akan berpengaruh pada     lingkungan dan 

              kesehatan

Argumentasi :

  1. Sampah akan mengundang bencana banjir.

  2. Sampah akan menimbulkan bencana ekologi lainnya.

  3. Sampah akan menyebarkan bibit penyakit.

  4. Tumpukan sampah akan menyebarkan bau tak sedap


Urutan argumen yang tepat untuk tesis tersebut adalah ....

  1. (1), (2), (3), dan (4)

  2. (2), (3), (4), dan (1)

  3. (3), (4), (1), dan (2)

  4. (4), (3), (1), dan (2)

  5. (4), (2), (3), dan (1)


Cermatilah teks berikut secara saksama !

(1)Bencana tanah longsor, banjir bandang, dan limpasan air sungai yang sering terjadi di sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran air (DAS). (2) Kawasan hulu hingga hilir harus direhabilitasi pemerintah untuk mengatasi bencana hidrologi ini.

(3)Pertambahan penduduk yang bermukim di daerah sungai telah melemahkan daya dukung lingkngan tersebut. (4) Keberadaan manusia di kawasan hulu hingga hilir DAS mendorong konversi hutan menjadi areal perkebnan dan permukiman.(4) Berkurangnya areal vegetasi akan mengurangi daya serap air. (6) perubahan lahan menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan berupa erosi dan longsor.

  1. Kalimat yang tidak mendukung tesis adalah kalimat ....

  1. nomor  ( 2 )

  2. nomor  ( 3 )

  3. nomor  ( 4 )

  4. nomor  ( 5 )

  5. nomor  ( 6 )

Cermatilah teks berikut secara saksama untuk mengerjakan no.24 s.d. 27 !

(1) Wacana full day school masih menjadi kontroversi dengan pro dan kontra yang mengelelilinginya. (2) Ada yang berpendapat bahwa full day school akan menambah kompetensi pendidikan bagi siswa. (3) Namun, ada juga pendapat yang sebaliknya. (4) Program full day school justru akan membuat beban siswa semakin berat. (5) Dengan beban yang semakin berat, siswa tidak akan fokus belajar dan hasilnya kompetensi pendidikan akan turun. (6) Tidak seharusnya usia sekolah hanya dibebani oleh pendidikan di kelas, namun juga pendidikan di luar sekolah yang berupa pengalaman sehari-hari. (7) Full day school yang mengurangi waktu bermain juga dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan psikologis anak di kemudian hari.


  1. Istilah kompetensi pada teks tersebut dapat dimaknai dengan...

  1. kewenangan

  2. kekuasaan

  3. kemampuan

  4. keahlian

  5. kecakapan


  1. Frasa adjektiva pada teks tersebut adalah...

  1. menjadi kontroversi

  2. akan membuat

  3. semakin berat

  4. usia sekolah

  5. perkembangan psikologis


  1. Nomina bentukan (kata benda berimbuhan) yang terdapat dalam teks tersebut adalah...

  1. berpendapat

  2. pendidikan

  3. siswa

  4. dibebani

  5. dikhawatirkan


  1. Kalimat transitif pada teks tersebut ditunjukkan pada kalimat nomor...

  1. (1)

  2. (2)

  3. (3)

  4. (4)

  5. (5)


  1. Cermatilah teks berikut secara saksama untuk mengerjakan no.24 s.d. 27 !

Kalimat utama : Jepang termasuk negara di dunia yang sangat peduli dengan lingkungan.

Kalimat penjelas :

  1. Misalnya, Jepang menjadi negara sponsor dalam konferensi tentang lingkungan di Kyoto

  2. Beragam sapek kehidupan di negara itu mengacu pada komitmen peduli lingkungan.

  3. Terakhir, Jepang berusaha memproduksi kendaraan yang ramah lingkungan.

  4. Selain itu, Jepang selalu melakukan daur  ulang sampah dan membangun kawasan

      industri bebas polusi.


Untuk menjadikan paragraf yang baik, urutan kalimat penjelas yang benar adalah ....

  1. 1 – 2 – 3 dan 4

  2. 2 -  3 – 4 dan 1

  3. 3 – 4 – 1 dan 2

  4. 4 – 1 – 2 dan 3

  5. 2 – 1 – 4 dan 3

Cermatilah teks berikut secara saksama untuk mengerjakan no. s.d. !

        (1) Pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan akhlak. (2) Tujuan pendidikan karakter adalah membentuk pribadi anak supaya menjadi manusia, warga masyarakat, dan warga negara yang baik. (3) Oleh karena itu, pendidikan karakter dalam konteks pendidikan di Indonesia adalah pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia sendiri.


  1. Makna kata esensi yang digunakan dalam  teks ekposisi di atas adalah...

  1. sumber

  2. dasar

  3. inti 

  4. sari

  1. isi


  1. Konjungsi  antarkalimat  pada kalimat nomor 3 teks di atas menyatakan...

  1. hubungan pertentangan

  2. hubungan temporal 

  3. hubungan pengakibatan

  4. hubungan syarat

  5. hubungan penyebaban


  1. Kalimat pertama pada paragraf di atas  adalah kalimat . . . .

  1. aktif transitif

  2. aktif intransitif

  3. pasif

  4. ellips

  5. inversi


Cermatilah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal no. 32 s.d 33 !

  1. Suatu hari, Duta Besar Belanda berkunjung ke Balai Kota Jakarta untuk   

        memenuhi undangan Pak Gubernur. Di tengah percakapan mereka terjadi obrolan berikut.

(2) “Mengingat adanya kedekatan historis, emosionl, dan serasi antara Indonesia dengan 

        Belanda, sebaiknya Jakarta ganti nama saja yang mirip dengan Ansterdam,” ujar Dubes 

        Belanda

(3) “Ide bagus, Pak, lalu, nama apa yang pas?” tanya pak Gubernur.

(4) “Terendam,” jawab Dubes Belanda dengan tegas.

(5) Sontak, pecahlah tawa mereka berdua.



  1. Isi sindiran anekdot tersebut adalah Ibu Kota Jakarta … .

A. yang sering macet

B. terlalu padat penduduknya

C. sering banjir

D. banyak gedung menjulang

E. suhu udara sangat panas

Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.

1

Warna Danau

Suatu hari di sebuah danau, ada 4 orang laki-laki zaman now yang sedang menikmati keindahan dan kesejukan alam danau tersebut.

2

Laki-laki 1: Gila coy, danau ini sejuk sekali ditambah dengan keindahan danau dengan airnya yang berwarna biru

Laki-laki 2: Biru dari mananya itu bro, kan air danau itu warnanya coklat, ah buta warna lu nih

Laki-laki 3: Hahaha kalian ini ngarang-ngarang saja kerjaannya. Kalian salah semua, yang benar itu airnya danau ini berwarna hijau, itu mata apa hiasan?Ke tiga laki-laki tadi pun akhirnya berantem untuk memenangkan pendapatnya masing-masing tentang warna air danau tersebut.

3

Kemudian laki-laki ke 4 pun berbicara setelah merasa kesal dengan ketiga temannya itu.

Laki-laki 4: Dasar ya lu pade, warna air danau ini bening bro, biru dari mananya coba, coklat sama hijau apalagi. Coba lu pade buka semua kaca mata gih, huh, dasar ya kalian ini seperti anak kecil saja, kerjaannya bertengkar aja.

4

Lalu ketiga laki-laki itu pun membuka kaca matanya, dan ternyata semuanya nyengir enggak jelas. (Ternyata ketiga laki-laki tersebut memakai kacamata berwarna).

  1. Bagian nomor 3 wacana tersebut sebagai struktur bagian yang berupa … .

  1. koda

  2. abstraksi

  3. orientasi

  4. reaksi 

  5. krisis


Cermatilah wacana berikut dengan saksama !

Pak Jono dan Pak Hari merupakan salah satu kader parpol yang sama-sama mencalonkan diri untuk menjadi anggota MPR. Suatu ketika saat mereka selesai menyerahkan berkas-berkas pencalonan ke KPU mereka menyempatkan diri untuk mengobrol di sebuah kantin yang berada di dalam gedung.

Pak Jono : “Jika nanti kita terpilih menjadi anggota MPR apa yang akan kamu lakuin?“

Pak Hari : “Saya akan menjadi anggota MPR yang memperjuangkan aspirasi rakyat, 

sebab,  dari awal kita telah dititipi aspirasi oleh rakyat. Jadi sebagai wakil rakyat kita harus menjalankan amanah tersebut sebaik-baiknya sehingga dapat tercipta kehidupan masyarakat yang sejahtera, masyarakat yang adil, serta masyarakat yang makmur”.

Pak Jono pun manggut-manggut mendengar jawaban dari Pak Hari mengenai pertanyaan yang sebelumnya ia tanyakan. Namun setelah itu Pak Jono melontarkan satu pertanyaan lagi.

Pak Jono : “Kalo pendapatmu tentang korupsi apa?”.

Pak Hari: “Kalo kurupsi itu menurut saya merupakan tindakan yang tak bermoral 

yang seharusnya tidak dilakukan oleh siapa pun termasuk kita sebagai wakil rakyat yang telah diberikan amanah oleh rakyat agar kelak kita dapat menciptakan masyarakat yang sejahtera bersama-sama. Jika saya menjadi anggota MPR nanti saya akan membuat mengenai hukuman yang cocok bagi para pelaku koruptor, yaitu hukuman mati. Dengan cara tersebut akan membuat dampak jera bagi oknum-oknum yang ingin korupsi”.

Mendengar jawaban dari Pak Hari tersebut entah mengapa Pak Jono malah tertawa terbahak-bahak, lalu ia berkata

Pak Jono :” Kamu ini mau jadi anggota MPR atau majelis ta’lim?”


  1. Sasaran  yang dikritik dalam teks anekdot tersebut adalah....

  1. majelis taklim

  2. anggota MPR 

  3. lembaga MPR

  4. kinerja anggota MPR

  5. calon anggota MPR


  1. Makna tersirat yang tampak pada teks anekdot tersebut adalah....

  1. Anggota MPR memiliki persamaan dengan majelis taklim

  2. Perbedaan visi sebelum dan sesudah menjdi anggota MPR

  3. Anggota MPR sudah melegalkan perilaku korupsi

  4. Banyak anggota MPR yang tidak mau melakukan korupsi

  5. .Korupsi sudah menjadi budaya para pejabat tinggi 


  1. Berdasar teks anekdot tersebut, kalimat berikut ini menggunakan frasa idomatis ...

  1. Mereka menyempatkan diri untuk mengobrol di sebuah kantin.

  2. Saya akan  memperjuangkan aspirasi rakyat.

  3. Menurut saya korupsi merupakan tindakan yang tak bermoral.

  4. Saya akan membuat hukuman yang cocok bagi para pelaku korupsi.

  5. Kamu ini mau menjadi anggota MPR atau majelis ta’lim?


  1. Bagian krisis teks anekdot tersebut adalah ....

  1. Pak Jono pun manggut-manggut mendengar jawaban dari Pak Hari.

  2. Mendengar jawaban dari Pak Hari tersebut entah mengapa Pak Jono malah tertawa terbahak-bahak.

  3. Kamu ini mau menjadi anggota MPR atau majelis ta’lim??”

  4. Menurut saya korupsi merupakan tindakan yang tak bermoral

  5. Saya akan membuat hukuman yang cocok bagi para pelaku korupsi.


  1. Bagian reaksi teks anekdot tersebut adalah ....

  1. Pak Jono pun manggut-manggut mendengar jawaban dari Pak Hari.

  2. Mendengar jawaban dari Pak Hari tersebut entah mengapa Pak Jono malah tertawa terbahak-bahak.

  3. Kamu ini mau menjadi anggota MPR atau majelis ta’lim?”

  4. Menurut saya korupsi merupakan tindakan yang tak bermoral

  5. Saya akan membuat hukuman yang cocok bagi para pelaku korupsi


Cermatilah teks berikut dengan saksama

Bu guru pun tersenyum.(1) ”Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita?” tanya Bu guru di depan kelas.(2) Bu guru bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek.(3) Tidak lama kemudian seseorang menjawab dengan lantang.(4) “Hukum kantong kresek, Bu,” kata anak itu.(5) “Hanya bisa menyelesaikan kasus kecil Bu, kalau kasus besar tidak muat.”(6)


  1. Urutan kalimat di atas agar menjadi teks anekdot yaitu nomor . . . .

  1. 1- 2- 3- 4- 5- 6

  2. 2- 4- 5- 3- 6- 1

  3. 3- 2- 1- 4- 5- 6

  4. 1- 2- 4- 5- 3- 6

  5. 2- 3- 1- 4- 5- 6


Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.40 s.d. 42 !

Dua orang kader parpol sebut saja namanya Arya dan Abdillah sama-sama bermaksud mencalonkan dirinya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Setelah menyerahkan berkas pencalonannya ke KPU di daerahnya, Arya dan Abdillah mengobrol sambil meminum kopi di kantin gedung tersebut. Mereka berdua terlibat percakapan yang seru.

Arya : “Di, banyak politisi di negeri kita yang sudah kaya raya!”

Abdillah : “Kalau masalah itu Dilah juga sudah tau, Ya!”

Arya : “Sangking kayanya mereka, mereka mampu mempunyai baju termahal di Indonesia.”

Abdillah : “Loh, maksud Arya baju termahal itu apa ?”

Arya : “Yah, apalagi kalau bukan baju tahanan KPK.”

Abdillah : “Kok malah baju tahanan KPK ?” (Bingung)

Arya : “Iyalah, coba saja Dilah pikir, seorang politisi minimal harus mencuri uang negara 1 milyar terlebih dahulu baru bisa memakai baju tersebut.”

Abdillah : “Ooohh, maksud Arya gito toh, baru ngerti Dilah.”

Mereka kemudian memesan kopi lagi sambil mengenang teman-teman mereka yang sudah bisa memakai baju termahal tersebut.”


  1. Isi sindiran yang ada dalam anekdot tersebut  adalah ... .

  1. Banyaknya politisi yang korupsi

  2. Banyak politisi yang mempunyai tujuan untuk korupsi

  3. Baju KPK yang terlalu mahal

  4. Banyaknya anggota dewan yang kaya

  5. Keinginan seseorang menjadi politisi agar menjadi kaya


  1. Pronomina yang digunakan dalam anekdot tersebut menggunakan ... .

  1. Orang pertama tunggal

  2. Orang pertama jamak

  3. Orang kedua tunggal

  4. Orang ketiga tunggal

  5. Orang ketiga jamak


  1. Kata kerja mental dalam paragraf tersebut adalah … .

    1. memakai

    2. mengenang

    3. menyerahkan

    4. mengobrol

    5. mencuri

Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.43 dan 45 !

Pada suatu pagi, Arya sedang asik makan soto di warung makan kesukaannya. Setelah kenyang Arya bergegas untuk segera pulang.

Di tengah perjalanan pulang Arya mengalami kecelakaan terserempet oleh sepeda motor yang ugal-ugalan. Kecelakaan tersebut mengakibatkan sandal Arya putus.

Dengan terpaksa Arya berjalan kaki tanpa menggunakan sandal. Karena rumahnya jauh, ia memutuskan untuk pergi ke toko terdekat untuk membeli sandal. Tapi apa daya uangnya tidak mencukupi.

Karena uangnya tidak mencukupi, Arya pun mempunyai niat untuk mencuri sandal di masjid yang letaknya hanya beberapa meter dari toko tersebut. Arya hendak mengambil sandal terbaik yang ada di masjid itu.

Sambil duduk diteras masjid, ia memperhatikan setiap orang yang akan masuk ke masjid. Jadi ketika targetnya sibuk beribadah ia segera mengambil sandal tersebut.

Ternyata aksinya berjalan dengan lancar, Arya berhasil mendapatkan sandal berwarna hitam yang merupakan sandal terbagus di masjid tersebut. Tidak diduga sang pemilik sandal menyadari bahwa Arya telah mencuri sandalnya.

Pemilik sandal langsung teriak dan mengejar Arya. Apes sekali Arya, perutnya yang buncit membuat ia tidak bisa berlari kencang. Arya pun dibawa ke kantor polisi.

Setelah dilakukan penyelidikan, Arya di vonis dengan pasal pencurian dan kasusnya akan disidangkan satu minggu lagi. Sial sekali bagi Arya, hal sepele ini membuatnya harus terseret ke meja hijau.

Hari persidangan telah tiba, Arya duduk di kursi tersangka dengan wajah tertunduk.

Hakim : “Baiklah, Arya, umur 24 tahun, telah terbukti telah mencuri sandal seharga 30.000 rupiah. Dengan ini anda dihukum selama 5 tahun penjara.”

Arya : “loh?! Pak, ini tidak adil, mengapa hukuman saya jauh lebih berat dibandingkan dengan para koruptor ?”

Kemudian hakim memberikan penjelasan kepada Arya, bahwa ia mencuri sendal sehingga merugikan seseorang 30.000 rupiah. Sedangkan para koruptor mencuri uang 2 miliar sehingga merugikan 200 juta rakyat Indonesia.


  1. Berdasarkan kaidah kebahasaannya, teks tersebut memiliki karakteristik sebagai anekdot karena ....

A. mengandung kalimat langsung

B. banyak menggunakan kata benda

C. adanya humor dan sindiran

D. menggunakan kata bermakna penyebaban

E. diakhiri dengan suatu koda


  1. Konjungsi bermakna urutan waktu di dalam cuplikan anekdot tersebut adalah ....

  1. kemudian

  2. kepada

  3. dengan

  4. adalah

  5. sehingga


  1. Frasa yang mengandung makna  idomatis dalam cuplikan anekdot tersebut adalah ....

  1. sandal terbaik

  2. kantor polisi

  3. wajah tertunduk 

  4. pasal pencurian

  5. meja hijau

Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.46 dan 47 !

Dahulu  kala, ada seorang raja yang memiliki sepuluh orang putri yang cantik-cantik. Sang raja dikenal sebagai raja yang bijaksana, tetapi ia terlalu sibuk dengan kepemimpinannya. Karena itu ia tidak mampu mendidik anak-anaknya. Istri sang raja sudah meninggal ketika melahirkan anaknya yang bungsu sehingga anak sang raja diasuh oleh inang pengasuh. Putri-putri raja menjadi manja dan nakal. Mereka hanya suka bermain di danau. Mereka tak mau belajar dan juga tak mau membantu ayah mereka. Pertengkaran sering terjadi di antara mereka.

.................................................................

“Hikayat Bunga Kemuning”


  1. Berdasarkan penggalan hikayat tersebut, salah satu ciri hikayat adalah ....

  1. latar cerita ada di dalam istana

  2. banyak menggunakan kata arkais (maka)

  3. adanya cerita yang mustahil

  4. memuculkan hal kesaktian

  5. tokohnya adalah hewan


  1. Nilai yang terkandung dalam hikayat tersebut adalah ....

  1. raja yang mempunyai banyak puteri yang cantik-cantik

  2. puteri-puteri yang suka bermain di danau

  3. isteri raja yang meninggal saat melhirkan puterinya yang bungsu

  4. raja yang memimpin dengan bijaksana

  5. pendidikan puteri-puteri raja yang diasuh oleh inang pengasuh


Cermatilah wacana berikut sengan saksama !

        Maka si Miskin itupun sampailah ke penghadapan itu. Setelah dilihat oleh orang banyak. Si Miskin laki bini dengan rupa kainnya seperti dimamah anjing rupanya. Maka orang banyak itupun ramailah ia tertawa seraya mengambil kayu dan batu.

                                                                                                         ”Hikayat Si Miskin


  1. Gaya bahasa yang digunakan dalam kutipan hikayat dan cerpen tersebut adalah... . 

    1. hiperbola

    2. personifikasi

    3. simile  

    4. antonomasia

    5. metafora


  1. Kata arkais yang terdapat dalam hikayat tersebut adalah … .

    1. Si miskin

    2. maka

    3. setelah

    4. penghadapan

    5. dimamah 


  1. Cermatilah wacana berikut!

    Inilah suatu kisah yang diceritakan oleh orang tua-tua, asal raja yang berbuat negeri Patani Darussalam itu. Adapun raja di Kota Maligai itu namanya Paya Tu Kerub Mahajana. Maka Paya Tu Kerub Mahajana pun beranak seorang laki-laki, maka dinamai anakanda baginda itu Paya Tu Antara. Hatta berapa lamanya maka Paya Tu Kerub Mahajana pun matilah. Syahdan maka Paya Tu Antara pun kerajaanlah menggantikan ayahanda baginda itu. Ia menamai dirinya Paya Tu Naqpa. Selama Paya Tu Naqpa kerajaan itu sentiasa ia pergi berburu.

                                                                                                “Hikayat Patani”

Nilai yang terdapat dalam penggal hikayat tersebut adalah … .

  1. pendidikan

  2. religius

  3. kesehatan

  4. lingkungan

  5. budaya

-Selamat mengerjakan-



Kunci jawaban ada di tautan ini


https://drive.google.com/file/d/1Jt1kk5MulKRF49QwPDekMGLW2DOkCQTj/view?usp=sharing


No comments:

Post a Comment