Monday 11 September 2023

Kumpulan soal bahasa Indonesia kelas X

 Bacalah teks berikut ini dengan cermat!


Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Bioscience menyatakan kunang-kunang menghadapi ancaman kepunahan.



Berikut ini analisis pola kalimat tersebut yang benar adalah ….

A. Subjek dalam kalimat tersebut adalah “Penelitian," yang merupakan inti kalimat dan berfungsi sebagai subjek utama yang melakukan tindakan atau menyatakan sesuatu.


B. Predikat adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan atau pernyataan yang dilakukan oleh subjek. Di dalam kalimat ini, predikatnya adalah "yang diterbitkan," yang mengindikasikan bahwa penelitian tersebut melakukan pernyataan.


C.   Predikat adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan atau pernyataan yang dilakukan oleh subjek. Di dalam kalimat ini, predikatnya adalah "yang diterbitkan dalam jurnal," yang mengindikasikan bahwa penelitian tersebut melakukan pernyataan.


D.   Predikat adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan atau pernyataan yang dilakukan oleh subjek. Di dalam kalimat ini, predikatnya adalah "yang diterbitkan dalam jurnal Biosciece," yang mengindikasikan bahwa penelitian tersebut melakukan pernyataan.


E.    Objek adalah apa yang menjadi fokus tindakan atau pernyataan dalam kalimat. Dalam kalimat ini, objeknya adalah "ancaman kepunahan," yang merupakan informasi yang disampaikan oleh penelitian tersebut. Kalimat ini mengungkapkan bahwa penelitian tersebut menyatakan bahwa kunang-kunang menghadapi ancaman kepunahan.

 

Kunci: A

 

Pembahasan:

 

Dalam kalimat "Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Bioscience menyatakan kunang-kunang menghadapi ancaman kepunahan," Anda dapat mengidentifikasi subjek, predikat, dan objek sebagai berikut:

 

1. *Subjek*: "Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Bioscience"

   - Subjek ini adalah "Penelitian," yang merupakan inti kalimat dan berfungsi sebagai subjek utama yang melakukan tindakan atau menyatakan sesuatu.

 

2. *Predikat*: "menyatakan"

   - Predikat adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan atau pernyataan yang dilakukan oleh subjek. Di dalam kalimat ini, predikatnya adalah "menyatakan," yang mengindikasikan bahwa penelitian tersebut melakukan pernyataan.

 

3. *Objek*: "kunang-kunang menghadapi ancaman kepunahan"

   - Objek adalah apa yang menjadi fokus tindakan atau pernyataan dalam kalimat. Dalam kalimat ini, objeknya adalah "kunang-kunang menghadapi ancaman kepunahan," yang merupakan informasi yang disampaikan oleh penelitian tersebut. Kalimat ini mengungkapkan bahwa penelitian tersebut menyatakan bahwa kunang-kunang menghadapi ancaman kepunahan.

 

Jadi, secara keseluruhan, subjeknya adalah "Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Bioscience," predikatnya adalah "menyatakan," dan objeknya adalah "kunang-kunang menghadapi ancaman kepunahan."


No comments:

Post a Comment