Monday 4 December 2023

Menyimpulkan isi teks bacaan

 Mengonsumsi Buah yang Benar dan Sehat


Disarankan mengonsumsi buah 20-30 menit sebelum makan, Hal itu akan membuat penyerapan buah oleh tubuh menjadi maksimal. Buah juga akan menjadi detoks yang efektif untuk tubuh jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Sementara itu, mengonsumsi buah setelah makan akan membuat penyerapan tubuh atas fruktosa menjadi lebih lambat sehingga memicu begah, bahkan diare atau sakit perut.


Disarankan makan buah satu jam sebelum berolahraga karena buah akan menjadi suntikan nutrisi yang baik dan meningkatkan energi tubuh tanpa membuat kekenyangan atau mual.


Buah segar jauh lebih baik. Buah-buahan memang kaya akan serat dan berbagai vitamin. Namun, tidak demikian dengan buah kalengan, buah beku, atau buah yang telah diproses. Buah yang seperti ini umumnya memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, bahkan dapat pula mengandung pengawet atau bahan kimia tambahan lainnya yang bisa membahayakan tubuh.


Berdasarkan bacaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa …. 

A. buah segar harus dikonsumsi karena kaya serat dan berbagai vitamin.

B. buah mengandung vitamin dan merupakan detoks yang efektif bagi tubuh.

C. lambatnya penyerapan fruktosa menyebabkan begah, diare, dan sakit perut.

D. mengonsumsi buah tepat sebelum berolahraga dapat meningkatkan energi.

E. konsumsi buah usai makan membuat penyerapan buah oleh tubuh tidak maksimal.


Pembahasan soal:


Dari bacaan tersebut, dapat disimpulkan beberapa hal terkait dengan mengonsumsi buah:


1. Buah segar lebih baik daripada buah yang telah diproses karena buah segar kaya akan serat dan vitamin, sementara buah yang telah diproses (kalengan, beku, atau diproses lainnya) seringkali memiliki kandungan gula yang tinggi dan bahan tambahan yang tidak sehat.


2. Mengonsumsi buah sebelum makan akan memungkinkan penyerapan nutrisi dari buah menjadi lebih maksimal, sementara mengonsumsi buah setelah makan bisa membuat penyerapan fruktosa menjadi lebih lambat, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti begah, diare, atau sakit perut.


3. Mengonsumsi buah sebelum berolahraga direkomendasikan karena buah dapat memberikan suntikan nutrisi yang baik dan meningkatkan energi tubuh tanpa menyebabkan rasa kenyang atau mual.


Dari kesimpulan ini, jawaban yang paling tepat adalah:


A. Buah segar harus dikonsumsi karena kaya serat dan berbagai vitamin.


Meskipun beberapa informasi lainnya juga benar, jawaban A merangkum poin utama bahwa buah segar lebih disukai karena kaya akan serat dan berbagai vitamin yang bermanfaat bagi tubuh.

No comments:

Post a Comment