Tuesday, 13 September 2022

SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia Kelas                                    : XII  IPA/IPS

Hari, Tanggal              : 

Waktu                          : 07.30-09.30

 

Pilihlah salah satu jawaban yang Anda anggap paling tepat dengan cara memberikan tanda hitam (menghitamkan) pada Lembar Jawab Komputer Anda!

 

 

1.      Cermatilah iklan lowongan kerja berikut!

Text Box: DIBUTUHKAN SEGERA
Perusahaan Trading yang berkembang pesat di Jakarta Timur, membutuhkan tenaga profesional untuk posisi staf administrasi.
Persyaratan: minimal tamatan SMA, max 25, dan menguasai komputer.
Lamaran disertai, photocopy ijasah, pas poto. Dikirim selambat-lambatnya 1 minggu setelah iklan ini ke PO BOX 7777 – Jakarta.
Kompas, 10 Juli 2018

 

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan tersebut adalah

A.   Berdasarkan iklan di harian Kompas, 10 Juli 2018, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai staf administrasi di perusahaan Bapak.

B.   Setelah membaca surat harian Kompas, 10 Juli 2018, maka saya berminat menjadi staf administrasi pada perusahaan Bapak.

C.  Saya mengajukan surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan Bapak di harian Kompas 10 Juli 2018 yang mencari staf administrasi.

D.  Saya mengajukan lamaran pekerjaan melalui surat ini sesuai iklan di harian Kompas, 10 Juli 2018 yang mencari staf administrasi.

E.   Sesuai dengan pendidikan dan kualifikasi saya, maka dengan ini saya bermaksud mengisi lowongan di harian Kompas, 10 Juli 2018.

 

2.   

Text Box: Atas perhatian Saudara tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih.

Perhatikan penggalan surat balasan lamaran pekerjaan berikut!

Kalimat yang tepat untuk memperbaiki penutup surat tersebut adalah ....

A.      Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih banyak.

B.      Atas perhatian Saudara, saya mengucapkan terima kasih.

C.     Atas diperhatikannya undangan saya, saya ucapkan terima kasih.

D.     Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih banyak.

E.      Atas perhatian Bapak untuk saya, saya ucapkan terima kasih.

 

 

 

 

 

3.    Simaklah kutipan surat berikut!

Text Box: Yth. Pimpinan
PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kab. Langkat
Jl. Jendral Sudirman No. 31 Kab. Langkat 20185


Penulisan alamat tujuan yrtsebut yang tepat adalah

A.      Yth. Pimpinan PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kab. Langkat

Jl. Jendral Sudirman No. 31 Kab. Langkat 20185

B.      Yth. Pimpinan PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kab. Langkat

Jalan. Jendral Sudirman No. 31 Kab. Langkat 20185

C.     Yth. Pimpinan PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Kab. Langkat

Jalan Jendral Sudirman 31 Kab. Langkat 20185

D.     Yth. Pimpinan

PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kab. Langkat

Jln. Jendral Sudirman 31 Kab. Langkat 20185

E.      Yth. Pimpinan

PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Kab. Langkat

Jl. Jendral Sudirman 31 Kab. Langkat 20185

 

4.   

Text Box: Data diri saya sebagai berikut:

Nama	: Risky Daulay
Tempat, tanggal lahir	: Medan, 29 Maret 1993
Pendidikan terakhir	: S1 Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan Alamat	: Jl. Almamater No.1, Padang Bulan, Medan Baru

Perhatikan kutipan berikut!

Penulisan kutipan bagian isi surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah

A.      nama                              : Risky Daulay

tempat, tanggal lahir      : Medan, 29 Maret 1993

pendidikan terakhir         : S-1 Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan alamat                            : Jalan Almamater 1, Padang Bulan, Medan Baru

 

B.      nama                              : Risky Daulay

tempat, tanggal lahir      : Medan, 29 Maret 1993

pendidikan terakhir        : S1-Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan alamat                           : Jl. Almamater 1, Padang Bulan, Medan Baru

 

C.     nama                              : Risky Daulay

tempat, tanggal lahir     : Medan, 29 Maret 1993

pendidikan terakhir        : S-1Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan alamat                           : Jln. Almamater.1, Padang Bulan, Medan Baru

 

D.     Nama                              : Risky Daulay

Tempat, tanggal lahir     : Medan, 29 Maret 1993


Pendidikan terakhir       : S.1 Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan Alamat                           : Jln. Almamater No.1, Padang Bulan, Medan Baru

 

E.      Nama                             : Risky Daulay

Tempat, tanggal lahir     : Medan, 29 Maret 1993

Pendidikan terakhir       : S1 Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan Alamat                           : Jalan Almamater 1, Padang Bulan, Medan Baru

 

5.      Penulisan kutipan bagian isi surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah

Text Box: Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya dapat kesempatan ke tahap selanjutnya, Atas Perhatian Bapak/Ibu saya ucapakan banyak terima kasih.

Hormat saya, Ttd.
Risky Daulay

Penulisan kutipan bagian isi surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah

A.      Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya dapat kesempatan ke tahap selanjutnya, Atas Perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat saya, Ttd.

Risky Daulay

B.      Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya memeroleh kesempatan ke tahap selanjutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya, Ttd.

Risky Daulay

C.     Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya memeroleh kesempatan ke tahap selanjutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih sekali.

 

Hormat Saya, Ttd.

Risky Daulay

 

 

D.     Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya dapat kesempatan ke tahap selanjutnya, Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat saya, Ttd.

Risky Daulay

E.      Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan harapan saya dapat kesempatan ke tahap selanjutnya, Atas Perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya,


Ttd.

Risky Daulay

 

 

6.    Perhatikan kutipan teks berikut dengan baik!

Text Box: Yth. Pemasang Iklan
Di Harian Suara Merdeka
d.a PO BOX 2234 SMG

 

Tulisan pada kutipan tersebut belum tepat, pembetulannya adalah

A.      Yth. Pemasang Iklan

Di Harian Suara Merdeka

d.a. PO BOX 2234 SMG

B.   Yth. Pemasang Iklan

Di harian Suara Merdeka

d.a. PO BOX 2234 SMG

C.   Yth. Pemasang Iklan

di harian Suara Merdeka

da PO BOX 2234 SMG

D.   Yth. Pemasang Iklan

di harian Suara Merdeka

d.a. PO BOX 2234 SMG

E.   Yth. Pemasang Iklan

Di Harian Suara Merdeka

d.a. PO BOX 2234 SMG

 


Perhatikan kutipat surat lamaran pekerjaan berikut! (Untuk menjawab soal no. 5 dan 6)

7.    Kutipan tersebut merupakan struktur dalam surat lamaran pekerjaan

 

A.      tesis

B.      argumentasi

C.     penegasan

D.     kesimpulan

E.      kutipan surat

 

 

8.    Pernyataan berikut yang tepat adalah ….

 

A.      Rincian identitas pelamar sebaiknya diawali dengan huruf kapital

B.      Penulisan Jl. Dewi Sartika sudah tepat dengan cara menyingkat

C.     Penulisan nomor telefon sebaiknya diakhiri dengan tanda titik

D.     Penulisan kata depan dibawah tidak tepat, seharusnya di pisah

E.      Penulisan bertanda tangan sebaiknya dirangkai karena imbuhan Perhatikan kutipan surat lamaran kerja sebagai berikut!


Text Box: Untuk bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

1.	pasfoto terbaru;
2.	foto kopi K.T.P.;
3.	daftar Riwayat Hidup;
4.	foto kopi Ijasah Terakhir;
5.	foto kopi Sertifikat Kompetensi;
6.	foto kopi Sertifikat PKL.

9.    Kutipan tersebut merupakan struktur dalam surat lamaran pekerjaan

 

A.      tesis

B.      argumentasi

C.     penegasan

D.     kesimpulan

E.      kutipan surat

 

 

10.  Identitas pada no. 3 tersebut, manakah yang penulisannya sudah baku?

 

A.      pas foto

B.      fotokopi

C.     ijasah

D.     sertipikat

E.      K.T.P.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11.  Bacalah kutipan teks sejarah berikut dengan teliti!

Text Box: Pengangkatan ini memang banyak terpengaruh oleh bujukan Dara Petak. Mendengar akan pengangkatan patih ini, merahlah muka Adipati Ronggo Lawe. Ketika mendengar berita ini dia sedang makan, seperti biasa dilayani oleh kedua istrinya yang setia, yaitu Dewi Mertorogo dan Tirtowati. Mendengar berita itu dari seorang penyelidik yang datang menghadap pada waktu sang adipati sedang makan, Ronggo Lwe marah bukan main. Nasi yang sudah dikepalnya itu dibanting ke atas lantai dank arena dalam kemarahan tadi sang adipati menggunakan aji kedigdayaannya, maka nasi sekepal itu amblas ke dalam lantai. Kemudian terdengar bunyi berkerotok dan ujung meja diremasnya menjadi hancur.


Sumber permasalahan dalam kutipan tersebut adalah ….

A.      Adipati Ronggo Lawe mempunyai temperamen pemarah dan iri hati kepada seseorang yang dekat dengan raja.

B.       Adipati Ronggolawe tidak suka atas pengangkatan Nambi menjadi patih; ia merasa diperlakukan tidak adil

C.       Adipati Ronggolawe merasa berjasa, namun tidak dihargai oleh Raja Kertarajasa Jayawardhana.

D.      Atas bujukan Dara Petak, Nambilah yang menjadi patih, bukan Ronggo Lawe yang telah banyak berjasa.

E.       Atas bujukan Dara Petak, Nambi menjadi patih; ia merasa diperlakukan tak adil oleh Raja Kertarajasa Jayawardhana.

 

 

Text Box: Cerita macam itu berkembang ke arah salah kaprah. Entah siapakah yang bercerita, kabut tebal itu memang disengaja oleh para dewa di kayangan agar wajah cantik para bidadari yang turun dari kayangan melalui pelangi jangan sampai dipergoki manusia. Para bidadari itu turun untuk memberikan penghormatan kepada satu-satunya wanita di dunia yang terpilih sebagai sang Ardhanareswari, yang berarti wanita utama yang menurunkan raja-raja besar di tanah Jawa ini. Maklum sebagai sang Ardhanareswari, Ken Dedes adalah titisan dari Pratnya Paramita, dewi ilmu pengetahuan. Apa benar kabut tebal itu turun karena para bidadari turun dari langit? Gajah Mada tidak bisa menyembunyikan senyumnya dari kenangan kakek tua, yang menuturkan cerita itu dan mengaku memergoki para bidadari itu, lalu mengambil salah satu seorang di antara mereka menjadi istrinya. Gajah Mada ingat, anak kakek tua itu perempuan semua dan jelek semua, sama sekali tidak ada pertanda titisan bidadari.

Bacalah kutipan novel sejarah berikut dengan baik!

 

 

12.        Kutipan novel tersebut menggunakan sudut pandang ….

 

A.      Gaya Aku tokoh utama

B.       Gaya Aku tokoh tambahan

C.       Gaya Dia serbatahu

D.      Gaya Dia terbatas

E.       Gaya Dia tak terbatas

 

 

 

13.  Unsur ekstrinsik yang dominan dalam kutipan tersebut adalah ….

A.      agama

B.       budaya

C.       filsafat

D.      latar

E.       amanat

 

 

14. 

Text Box: “Ditemukan mayat lagi, Kakang Gajah,” Gajah Enggon melaporkan. Gajah Mada

Perhatikan kutipan teks berikut dengan teliti!


Text Box: memandangi wajah samar-samar di depannya, “Mayat siapa?”
“Prajurit bernama Klabang Gendis mati dengan anak panah menancap tepat di tenggorokannya. Tak ada jejak perkelahian apa pun, sasaran menjadi korban tanpa menyadari arah bidikan anak panah tertuju kepadanya.”

 

 

Cara menceritakan tokoh dalam kutipan tersebut adalah dengan cara ….

A.      analitik

B.       dramatik

C.       narasi

D.      deskripsi

E.       langsung

 

15. 

Text Box: Gajah Mada merasa tak nyaman memperoleh laporan itu. Orang yang mampu melepas anak panah dengan sasaran sulit pastilah orang yang sangat menguasai sifat gendewa dan anak panahnya. Orang yang mampu melakukan hal khusus macam itu amat terbatas dan umumnya ada di barisan pasukan Bhayangkara. Adalkah prajurit Bhayangkara yang terlibat?

Bacalah kutipan novel dengan baik!

 

Pengarang dalam menyampaikan cerita dengan metode ….

A.      analitik

B.       dramatik

C.       narasi

D.      deskripsi

E.       tak langsung

 

16. 

Text Box: Setelah Raden Wijaya berhasil menjadi Raja Majapahit pertama bergelar Kertarajasa Jayawardhana, beliau tidak melupakan jasa-jasa para senopati (perwira) yang setia dan banyak membantunya semenjak dahulu itu membagi-bagikan pangkat kepada mereka. Ronggo Lawe diangkat menjadi adipati di Tuban dan yang lain-lain pun diberi pangkat pula. Dan hubungan antara junjungan ini dengan para pembantunya, sejak perjuangan pertama sampai Raden Wijaya menjadi raja, amatlah erat dan baik.

Bacalah kutipan novel dengan teliti!

 

 

Penggambaran tokoh dalam kutipan tersebut melalui ….

A.      tingkah laku tokoh

B.       komentar tokoh lain

C.       penggambaran secara langsung

D.      dialog antartokoh

E.       pikiran tokoh

 

 

17.  Bacalah teks berikut dengan baik!

Text Box: Di bawah bulan malam ini tiada setitik pun awan di langit. Dan bulan telah terbit bersamaan dengan tenggelamnya mentari. Dengan cepat ia naik dari kaki langit, mengunjungi segala dan semua yang tersentuh cahayanya. Juga hutan, juga laut, juga hewan dan manusia. Langit jernih, bersih, dan terang. Di atas bumi Jawa lain lagi keadaannya resah, gelisah, resah,


Text Box: seakan-akan manusia tak membutuhkan ketentraman lagi.

 

Dalam struktur sebuah novel, kutipan tersebut merupakan bagian ….

A.      orientasi

B.       koda

C.       konflik

D.      puncak konflik

E.       resolusi

 

Bacalah teks novel sejarah berikut dengan saksama!

Text Box: Sang Patih berhenti di tengah-tengah pendopo, dekat pada Damarsewu, menegur, “Dingin- dingin begini anaknda datang. Pasti ada sesuatu keluarbiasaan. Mendekat sini, anaknda.” Dan Patragading berjalan mendekat dengan lututnya sambil mengangkat sembah, merebahkan diri pada kaki Sang Patih. “Ampuni patik, membangunkan Paduka pada malam buta begini. Kabar duka, Paduka. Balatentara Demak di bawah Adipati Kudus memasuki Jepara tanpa diduga- duga, menyalahi aturan perang.”
“Allah Dewa Batara!” sahut Sang Patih. “Itu bukan aturan raja-raja! Itu aturan brandal!” “Balatentara Tuban tak sempat dikerahkan, Paduka.”
“Bagaimana Bupati Jepara?”
“Tewas, enggan menyerah, Paduka,” Patragading mengangkat sembah. “Sisa balatentara Tuban mundur ke timur kota. Jepara penuh dengan balatentara Demak. Lebih dari tiga ribu orang.”

 

 

18.  Karakter tokoh Patragading pada kutipan novel tersebut adalah ….

A.      penakut, pengecut, tak bertanggung jawab

B.       tak bertanggung jawab, melarikan diri, penakut

C.       pemberani, bertanggung jawab, bernyali kecil

D.      setia kepada patih, pemberani, bertanggung jawab

E.       setia kepada patih, bertanggung jawab, sembarangan

 

 

19.  Penggambaran tokoh dalam kutipan tersebut melalui ….

 

A.      tingkah laku tokoh

B.       komentar tokoh lain

C.       penggambaran secara langsung

D.      dialog antartokoh

E.       pikiran tokoh

 

20. 

Text Box: Teks 1
Candi Borobudur adalah monument Buddha terbesar di dunia. Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824. Candi Borobudur dibangun 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum Katedral-katedral agung di Eropa.
Candi Borobudur memiliki luas 123x123 m2 dengan 504 patung Buddha, 72 stupa terawang, dan 1 stupa induk. Bentuk candi ini berarsitektur Gupta yang mencerminkan

Perhatikan kedua teks berikut dengan baik!


Text Box: pengaruh India. Setelah berkunjung ke sini Anda akan memahami mengapa Borobudur memiliki daya tarik bagi pengunjung dan merupakan ikon warisan budaya Indonesia.

Teks 2
Sekalipun mereka orang-orang Eropa dan bukan urusanku, tapi mau tak mau terlibat ke dalam urusanku juga. Mereka memilih Surabaya sebagai pusat kegiatan karena Surabaya adalah markas besar Syarikat Islam. Mereka akan lakukan induksi langsung dan tidak langsung terhadap Syarikat. Mas Tjokro, “kaisar”yang masih kekanak-kanakan dalam politik itu harus dibikin kebal terhadap induksi mereka. Dia harus lebih banyak miring ke agamanya sendiri daripada kea rah radikal abangan Eropa ini.
Bagan untuk mengebalkan sang “kaisar” telah kubuat sampai terperinci setelah sepku sampai merasa perlu menggunakan gertakan seakan-akan kuatir telah kutipu atau kujebak.
“Bagaimana Tuan dapat menyimpulkan mereka bermaksud memengaruhi Syarikat Islam?
Dapatkah Tuan membuktikannya?”

 

Pernyataan yang tidak sesuai dengan ciri-ciri bahasa kedua teks tersebut adalah ….

 

A.      Dituntut menunjuk kepada hal-hal yang memang pernah ada atau terjadi.

B.       Sejarawan terikat pada keharusan, yaitu bagaimana sesuatu sebenarnya terjadi di masa lampau, artinya tidak dapat ditambah-tambah atau direka.

 

 

C.    Hubungan antara fakta satu dengan fakta lainnya tidak perlu direkonstruksi.

 

 

D.   Sejarawan sangat terikat pada fakta mengenai apa, siapa, kapan, dan di mana.Pelaku-pelaku hubungan antara mereka, kondisi dan situasi hidup, dan masyarakat, kesemuanya adalah harus sesuai dngan kenyataan yang terjadi.

 

E.    Pelaku-pelaku, hubungan antara mereka, kondisi dan situasi hidup, dan masyarakat, kesemuanya adalah harus sesuai dengan kenyataan yang terjadi kejadian di masa lampau.

A.      Dapat saja menggambarkan sesuatu yang tidak pernah ada atau terjadi.

B.       Pengarang novel tidak terikat pada fakta sejarah mengenai apa, siapa, kapan, dan di mana. Kaitannya dengan fakta sejarah tertentu.begitu pula mengenai peristiwa- peristiwanya, tidak diprlukan bukti, berkas, atau saksi.

C.       Faktor perekayasaan pengaranglah yang mewujudkan cerita sebagai suatu kebulatan atau koherensi, dan pasti ada relevansinya dengan situasi sejarah.

D.      Pengarng novel tidak terikat pada fakta sejarah mengenai apa, siapa, kapan, dan di mana mengenai apa siapa, kapan, dan di mana. Kaitannya dengan fakta sejarah tertentu. Begitu pula mengenai peristiwa- peristiwanya, tidak diperlukan bukti, berkas, atau saksi.

 

E.       Pelaku-pelaku, hubungan antara mereka, kondisi dan situasi hidup, dan masyarakat, kesemuanya adalah hasil imajinasi.


21. 

Text Box: Betapa megah dan indah bangunan itu karena terbuat dari bahan-bahan pilihan. Pilar-pilar kayunya atau semua bagian dari tiang saka, belandar bahkan sampai pada rusuk diraut dari kayu jati pilihan dengan perhitungan bangunan itu sanggup melewati waktu puluhan tahun, bahkan diharap bisa ditembus lebih dari seratus tahun. Tiang saka diukir indah warna-warni, kakinya berasal dari bahan batu merah penuh pahatan Ukir mengambil tokoh-tokoh pewayangan, atau tokoh yang pernah ada bahkan masih hidup. Bangunan itu berbeda-beda bentuk atapnya, pun demikian dengan bentuk wajahnya. Halaman tiga istana utama itu diatur rapi dengan sepanjang jalan ditanami pohon tanjung, kesara, dan cempaka. Melingkar-lingkar di halaman adalah tanaman bunga perdu.
Sumber: Gajahmada: Bergelut dalam Kemelut Takhta dan Angkara, Langit Krisna Hariadi

Simaklah teks berikut dengan baik!

 

Nilai yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ….

A.   agama

B.    sosial

C.    budaya

D.   moral

E.    estetis

 

 

22. 

Text Box: Ketika Danurejo II datang kepadanya, dia menyambut dengan bahasa Melayu yang fasih, sementara pejabat Keraton Yogyakarta yang merupakan musuh dalam selimut dari Sultan Hamengku Buwono II ini lebih suka bercakap bahasa Jawa.
“Sugeng,” kata Danurejo II, menundukkan kepala dengan badan yang nyaris bengkok seperti udang rebus.
Jan Willem van Rijnst bergerak menyamping, membuat tangan kanannya, memberi isyarat kepada Danurejo untuk masuk dan duduk. Agaknya untuk penampilan yang berhubungan dengan bahasa Belanda beschaafdheid yang lebih kurang bermakna „tata krama santun sesuai peradaban,‟ alih-alihJan Wllem van Rijnst sangat peduli, dan hal itu merupakan sisi menarik darinya yang jail di antara sisi-sisi lain yang menyebalkan.
“Jadi informasi apa yang bisa Tuan kasihkan kepada saya?” kata Jan Willem van Rijnst sambil duduk.

Perhatikan teks berikut dengan baik!

 

Teknik penyajian cerita dalam kutipan novel sejarah tersebut adalah ….

A.      narasi

B.       deskripsi

C.       eksposisi

D.      argumentasi

E.       persuasi


23. 

Text Box: “Juga Sang Adipati Tuban Arya Teja Tumenggung Wilwatikta tidak bebas dari ketentuan Maha Dewa. Sang Hyang Widhi merestui barangsiapa punya kebenaran dalam hatinya. Jangan kuatir. Kepala desa! Kurang tepat jawabanku, kiranya? Ketakutan selalu jadi bagian mereka yang tak berani mendirikan keadilan. Kejahatan selalu jadi bagian mereka yang mengingkari kebenaran maka melanggar keadilan. Dua-duanya busuk, dua-duanya sumber keonaran di muka bumi ini …,” dan ia teruskan wejangannya tentang kebenaran dan keadilan dan kedudukannya di tengah-tengah kehidupan manusia dan para dewa.
Sumber: Pramoedya Ananta Toer, Jakarta, KPG, 2000

Pahamilah kutipan teks novel berikut dengan baik!

 

Nilai moral dalam kutipan tersebut adalah ….

A.   Ketakutan membela kebenaran sama buruknya dengan kejahatan

B.    Ketakutan menyampaikan pendapat sama pengecutnya dengan pecundang

C.    Seseorang yang tak mempunyai kemampuan untuk membela kebenaran

D.   Seseorang yang sama sekali tak ingin menyampaikan kebenaran

E.    Kejahatan terjadi karena seseorang tidak berani menyampaikan kebenaran

 

 

24. 

Text Box: Cerita macam itu berkembang ke arah salah kaprah. Entah siapakah yang bercerita, kabut tebal itu memang disengaja oleh para dewa di kayangan agar wajah cantik para bidadari yang turun dari kayangan melalui pelangi jangan sampai dipergoki manusia. Para bidadari itu turun untuk memberikan penghormatan kepada satu-satunya wanita di dunia yang terpilih sebagai sang Ardhanareswari, yang berarti wanita utama yang menurunkan raja-raja besar di tanah Jawa ini. Maklum sebagai sang Ardhanareswari, Ken Dedes adalah titisan dari Pratnya Paramita, dewi ilmu pengetahuan. Apa benar kabut tebal itu turun karena para bidadari turun dari langit? Gajah Mada tidak bisa menyembunyikan senyumnya dari kenangan kakek tua, yang menuturkan cerita itu dan mengaku memergoki para bidadari itu, lalu mengambil salah satu seorang di antara mereka menjadi istrinya. Gajah Mada ingat, anak kakek tua itu perempuan semua dan jelek semua, sama sekali tidak ada pertanda titisan bidadari.

Bacalah kutipan novel sejarah berikut dengan baik!

 

 

Kutipan novel tersebut menggunakan alur ….

 

A.      maju

B.       mundur

C.       campuran

D.      rapat

E.         renggang


25.    

Text Box: Dyah Menur berbalik dengan memejamkan mata. Dyah Menur Hardiningsih yang menggendong anaknya dan Pradhabasu yang juga menggendong anaknya, berjalan makin jauh dan makin jauh ke arah surya di langit barat. Dan sang waktu sebagaimana kodratnya akan mengantarkan ke mana pun mereka melangkah. Sang waktu pula yang menggilas semua peristiwa menjadi masa lalu.

Perhatikan kutipan teks berikut!

Kutipan novel sejarah tersebut merupakan struktur ….

A.      orientasi

B.       pengungkapan peristiwa

C.       puncak konflik

D.      resolusi

E.       koda

 

26.    

Text Box: Lembaga internasional dari PBB yaitu UNESCO mengakui sekaligus memuji Candi Borobudur sebagai salah satu monument Buddha terbesar di dunia. Di candi ini ada 2672 panel relief yang apabila disusun berjajar, panjangnya mencapai 6 km. Ansambel reliefnya merupakan yang paling lengkap di dunia dan tak tertandingi nilai seninya serta setiap adegannya adalah mahakarya yang utuh.

Bacalah kutipan teks berikut dengan teliti!

 

Kutipan tersebut merupakan jenis teks ….

A.      cerita sejarah

B.       esai

C.       kritik sastra

D.      novel sejarah

E.       sejarah

 

 

27.  Makna kata “relief” dalam kutipan tersebut adalah ….

A.      Jenis bangunan candi yang menceritakan tentang kenangan masa lampau oleh kerajaan tertentu.

B.       Jenis bangunan candi yang menceritakan tentang kenangan masa lampau oleh keluarga kerajaan yang tersohor.

C.       Mengingat atau sebagai wadah untuk menceritakan kejadian masa lampau yang dulu pernah terjadi.

D.      Mengingat atau sebagai wadah untuk menceritakan kejadian masa lampau hingga masa sekarang.

E.       Mengingat atau sebagai wadah untuk menceritakan kejadian masa lampau yang perlu diingat oleh masyarakat.


28. 

Text Box: Candi Borobudur dihiasi dengan ukiran-ukiran batu pada reliefnya yang mewakili gambaran dari kehidupan Buddha. Para arkeolog menyatakan bahwa candi Borobudur memiliki 1.460 rangkaian relief di sepanjang tembok dan anjungan. Relief ini terlengkap dan terbesar di dunia sehingga nilai seninya tak tertandingi. Pembacaan cerita-cerita relief ini senantiasa dimulai dan berakhir pada pintu gerbang sisi timur di setiap tingkatnya. Cerita dimulai dari sebelah kiri dan berakhir di sebelah kanan pintu gerbangnya.

Perhatikan kutipan teks berikut dengan baik!

Ide pokok paragraf tersebut adalah ….

A.      Candi Borobudur reliefnya mewakili gambaran dari kehidupan Buddha

B.       Candi Borobudur dihiasi ukiran-ukiran batu pada reliefnya

C.       Para arkeolog menyatakan candi Borobudur memiliki 1.460 rangkaian relief

D.      Relief ini terlengkap dan terbesar di dunia sehingga nilai seninya tak tertandingi

E.       Cerita dimulai dari sebelah kiri dan berakhir di sebelah kanan pintu gerbangnya

 

29.  Frase nominal pada kalimat pertama kutipan tersebut adalah ….

A.      di sebelah kanan, pintu gerbangnya

B.       cerita-cerita relief, pintu gerbang

C.       para arkeolog, di sepanjang tembok

D.      candi borobudur, ukiran-ukiran batu

E.       di setiap tingkatnya, kehidupan Buddha

 

30.  Kalimat kedua dalam kutipan soal no. 28 merupakan ciri-ciri bahasa teks sejarah ….

A.      kalimat bermakna lampau

B.       kata yang menyatakan urutan waktu

C.       kata kerja yang menggambarkan suatu tindakan

D.      kata kerja yang menunjukkan kalimat tak langsung

E.       kata kerja yang menyatakan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan tokoh

 

31. 

Text Box: Melihat itu, tak seorang pun yang menolak karena semua berpikir Patih Daha Gajah Mada memang mampu dan layak berada di tempat yang sekarang ia pegang.

Bacalah kalimat berikut secara saksama!

Kalimat tersebut mempunyai ciri-ciri bahasa ….

A.      kalimat bermakna lampau

B.       kata yang menyatakan urutan waktu

C.       kata kerja yang menggambarkan suatu tindakan

D.      kata kerja yang menunjukkan kalimat tak langsung

E.       kata kerja yang menyatakan sesuatu yang dipikirkan atau dirasakan tokoh

 

32. 

Text Box: Singa Parepen yang juga disebut bango Lumayang terpaksa harus menebus dengan nyawa untuk ameng-ameng nyawa yang dilakukannya.

Perhatikan kalimat berikut!

Makna kata ameng-ameng nyawa adalah ….

A.      bermain-main dengan nyawa

B.       berhati-hati dengan nyawa


C.       menganggap remeh nyawa

D.      tidak menghargai dengan nyawa

E.       selalu waspada dengan nyawa

 

33. 

Text Box: Ia tahu benar Tholib Sungkar Az-Zubaid adalah kucing hitam di waktu malam dan burung merak di siang hari.

Perhatikan kalimat berikut!

Makna ungkapan kucing hitam di waktu malam dan burung merak di siang hari pada

kalimat tersebut adalah ….

A.      Seseorang yang tampak bahagia tetapi kenyataannya sangat menderita.

B.       Seseorang yang tampak menyeramkan tetapi memiliki niat yang tersembunyi.

C.       Seseorang yang tampak menakutkan tetapi memiliki hati yang bernyali kecil.

D.      Seseorang yang tampak menakutkan tetapi memiliki hati yang sangat baik.

E.       Seseorang yang tampak baik, tetapi ternyata tingkah lakunya kurang terpuji.

 

34. 

Text Box: Cakradara sama sekali tidak menyadari seseorang mengikuti gerak kakinya dengan pandangan tidak berkedip dan isi dada yang mengombak.

Perhatikan kalimat berikut!

Makna frase isi dada yang mengombak dalam kalimat tersebut adalah ….

A.      perasaan yang sedang tidak tenang dan nyaman.

B.       perasaan yang tidak tenang seperti khawatir akan rasa sesuatu

C.       perasaan yang sedang banyak masalah atau persoalan

D.      perasaan yang sedang terluka dan frustasi

E.       perasaan yang dilanda kecemasan dan kecurigaan

 

35. 

Text Box: Sebagian terbesar sumbangan, pria dan wanita, tua dan muda, menolak disuruh pulang. Mereka bermaksud menyumbangkan tenaga juga. Maka jadilah dapur raksasa pada malam itu juga. Menyusul kemudian datang bondongan grobak mengantarkan kayu bakar dan minyak-minyakan. Dan api pun menyala dalam berpuluh tungku.

Bacalah kutipan berikut dengan baik!

 

Kutipan tersebut terdapat nilai-nilai ….

A.      budaya

B.       moral

C.       agama

D.      sosial

E.       estetis


36. 

Text Box: Pendeknya, semua senopati dan pembesar yang saat itu menghadap sang prabu dan mendengar ucapan-ucapan Ronggo Lawe, semua terkejut dan sebagian besar marah sekali, tetapi mereka tidak berani mencampuri karena mereka menghormat sang Prabu. Akan tetapi, sang Prabu Kertarajasa tetap tenang, bahkan tersenyum memandang kepada Ronggolawe, ponggawanya yang dia tahu amat setia kepadanya itu, lalu berkata halus, “Kakang Ronggo Lawe tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih Hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan yang ngawur belaka, melainkan telah merupakan keputusan yang telah dipertimbangkan masak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman dan paman senopati dan semua pembantuku. Bagaimana Kakang Ronggo Lawe bisa mengatakan bahwa pengangkatan itu tidak tepat dan tidak adil? Dengan muka merah kumisnya yang seperti kumis sang Gatotkaca itu bergetar, napas memburu karena desakan amarah, Ronggo Lawe berkata lantang, “Tentu saja tidak tepat, Paduka sendiri tahu siapa si Nambi itu! Paduka tentu masih ingat akan segala sepak terjang dan tindak-tanduknya dahulu! Dia seorang bodoh, lemah, rendah budi, penakut, sama sekali tidak memiliki wibawa …!

Bacalah teks berikut dengan saksama!

 

Dari kutipan tersebut Ronggo Lawe memiliki watak ….

A.      emosional, meremehkan orang, iri dengki, merasa diri lebih mampu

B.       emosional, meremehkan orang, berburuk sangka, merasa lebih baik

C.       pendengki, meremehkan orang, baibaik sangka, merasa sepadan

D.      pendengki, menganggap orang lain tak mampu, pemaaf, tinggi hati

E.       tinggi hati, iri dengki, sombong, merasa lebih segalanya

 

37.  Perwatakan tokoh Sang Prabu maupun Ronggo Lawe dapat diketahui dari ….

A.      dialog antartokoh

B.       komentar tokoh lain

C.       lingkungan sekitar tokoh

D.      penggambaran tokoh

E.       pikiran tokoh

 

38. 

Text Box: Akan tetapi, tidak demikian dengan anjing yang menggonggong sahut-sahutan ramai sekali. Apa yang dilakukan anjing itu laporannya akhirnya sampai ke telinga Gajah Mada. Gajah Enggon yang meminta izin untuk bertemu segera melepas warastra, sanderan dengan ciri-ciri khusus yang dibalas Gajah Mada dengan anak panah yang sama melalui isyarat khusus pula. Dari jawaban anak panah itu Gajah Enggon dan Gagak Bongol mengetahui di mana Gajah Mada berada. Gagak Bongol dan Enggon segera melaporkan temuannya.
“Ditemukan mayat lagi, Kakang Gajah,” Gajah Enggon melaporkan. Gajah Mada memandangi wajah samar-samar di depannya. “Mayat siapa?”

Pokok persoalan dalam kutipan teks tersebut adalah ….

Latar waktu dalam teks novel tersebut adalah ….

 

A.      pagi sekali

B.       agak siang


C.       sore hari

D.      malam hari

E.       dini hari

 

39.  Arti kata “warastra” dalam kutipan teks tersebut adalah ….

A.      anak panah

B.       senjata panah

C.       tombak

D.      ketapel raksasa

E.       senjata tombak

 

40.  Kalimat pada paragraf kedua tersebut mempunyai ciri-ciri kebahasaan ….

A.      menyatakan urutan waktu

B.       menyatakan peristiwa lampau

C.       menggunakan kata kerja material

D.      menggunakan kalimat tak langsung.

E.       menggunakan kalimat langsung

 

41. 

Text Box: Bahkan juga laut Jawa di bawah bulan purnama sidhi itu gelisah. Ombak- ombak besar bergulung-gulung memanjang terputus, menggunung, melandai, mengejajari pesisir pulau Jawa. setiap puncak ombak dan riak, bahkan juga busanya yang bertebaran seperti serakan mutiara-semua-dikuningi oleh cahaya bulan. Angina meniup tenang. Ombak-ombak makin menggila.

Perhatikan kutipan teks novel sejarah berikut!

 

Kutipan teks tersebut didominasi oleh majas ….

A.      eufemisme

B.       metavora

C.       hiperbola

D.      personifikasi

E.       simile

 

42. 

Text Box: Sejak pertengahan abad ke-9 hingga awal abad ke-11, Candi Borobudur menjadi tempat peziarah umat Buddha dari China, India, Tibet, dan Kamboja. Candi Borobudur menjadi salah satu jejak sejarah paling penting dalam perkembangan peradaban manusia. Kemegahan dan keagungan arsitektur Candi Borobudur merupakan harta karun dunia yang mengagumkan dan tak ternilai harganya.

Bacalah teks berikut dengan teliti!

 

Kutipan teks tersebut mempunyai ciri-ciri ….

A.      Dituntut menunjuk kepada hal-hal yang memang pernah ada atau terjadi.

B.       Sejarawan terikat pada keharusan, yaitu bagaimana sesuatu sebenarnya terjadi di masa lampau, artinya tidak dapat ditambah-tambah atau direka.

C.       Hubungan antara fakta satu dengan fakta lainnya perlu direkonstruksi, paling sedikit hubungan topografi atau kronologisnya. Sejarawan perlu menunjukkan


bahwa yang ada sekarang dan di sini dapat dilacak eksistensinya di masa lampau. Hal itu berguna sebagai bukti atau saksi dari apa yang direkonstruksi mengenai kejadian di masa lampau.

D.      Sejarawan sangat terikat pada fakta mengenai apa, siapa, kapan, dan di mana.Pelaku-pelaku hubungan antara mereka, kondisi dan situasi hidup, dan masyarakat, kesemuanya adalah harus sesuai dengan kenyataan yang terjadi.

E.       Pelaku-pelaku, hubungan antara mereka, kondisi dan situasi hidup, dan masyarakat, kesemuanya adalah harus sesuai dengan kenyataan yang terjadi kejadian di masa lampau.

 

Text Box: Sekalipun mereka orang-orang Eropa dan bukan urusanku, tapi mau tak mau terlibat ke dalam urusanku juga. Mereka memilih Surabaya sebagai pusat kegiatan karena Surabaya adalah markas besar Syarikat Islam. Mereka akan lakukan induksi langsung dan tidak langsung terhadap Syarikat. Mas Tjokro, “kaisar”yang masih kekanak-kanakan dalam politik itu harus dibikin kebal terhadap induksi mereka. Dia harus lebih banyak miring ke agamanya sendiri daripada ke arah radikal abangan Eropa ini.
Bagan untuk mengebalkan sang “kaisar” telah kubuat sampai terperinci setelah sepku sampai merasa perlu menggunakan gertakan seakan-akan kuatir telah kutipu atau kujebak.

Simaklah teks novel sejarah berikut!

 

43.  Sudut pandang dalam novel tersebut adalah ….

A.      Orang pertama pelaku utama

B.       Orang pertama pelaku tambahan

C.       Orang pertama figuran

D.      Orang ketiga serbatahu

E.       Orang ketiga terbatas

 

44.  Paragraf kedua dalam kutipan tersebut mempunyai ciri kebahasaan ….

A.      menyatakan urutan waktu

B.       menyatakan peristiwa lampau

C.       menggunakan kata kerja material

D.      menggunakan kata kerja mental

E.       menggunakan kalimat langsung


45. 

Text Box: Sekarang datang waktunya ia akan mencari-cari kesalahan. Mulailah aku mengingat-ingat secara kronologis pekerjaanku sejak 1912 sampai masuk ke tahun 1915. Hanya ada satu hal yang bisa digugat: analisa dangkal tentang naskah-naskah Raden Mas Mingke yang aku anggap tidak berharga. Naskah-naskah itu aku simpan di rumah untuk menjadi milik pribadi. Maka analisis yang kurang sungguh-sungguh itu mungkin memberi peluang untuk menuduh aku menyembunyikan sesuatu pendapat atau kenyataan.

Bacalah teks berikut dengan baik!

 

Teknik penyajian cerita dalam kutipan novel sejarah tersebut adalah ….

A.         narasi

B.          deskripsi

C.          eksposisi

D.         argumentasi

E.          persuasi

 

Text Box: Dewan Hindia telah meminta kepada Gubernur Jenderal, demikian yang kudengar dari omongan orang agar tenaga-tenaga kepolisian yang sudah mulai berpengalaman dan mengawasi kegiatan politik pribumi ditetapkan kedudukannya untuk mengurusi soal ini. Kepolisian setempat yang telah mengambil inisiatif untuk pekerjaan ini supaya diberi pengukuhan, badan koordinasi supaya dibentuk untuk membantu pembentukan seksi khusus ini. Dasar dari permintaan itu adalah kegiatan politik pribumi yang semakin enanjak dan semakin melonggarkan hubungan antara kerajaan dengan Hindia. Kalaupun ada rencana ingin mengirimkan bantuan militer dari kerajaan tak mungkin bisa diharapkan dalam situasi Perang Dunia. Maka juga Angkatan perang Hindia seyogianya diperbesar untuk dapat menghadapi segala kemungkinan.

Simaklah teks berikut dengan baik!

 

46.  Sudut pandang dalam novel tersebut adalah ….

A.      Orang pertama pelaku utama

B.       Orang pertama pelaku tambahan

C.       Orang pertama figuran

D.      Orang ketiga serbatahu

E.       Orang ketiga terbatas

 

47.  Nilai yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ….

A.      agama

B.       social

C.       budaya

D.      moral

E.       politik


48. 

Text Box: Setelah juara gulat itu pergi Sang Adipati bangkit dan berjalan tenang-tenang masuk ke kabupaten.

Perhatikan kalimat berikut ini dengan baik!

 

Ciri kebahasaan dalam kalimat tersebut adalah ….

A.      menyatakan urutan waktu

B.       menyatakan peristiwa lampau

C.       menggunakan kata kerja material

D.      menggunakan kata kerja mental

E.       menggunakan kalimat langsung

 

 

49. 

Text Box: Gajah Mada sependapat dengan jalan pikiran Senopati Gajah Enggon.

Bacalah kalimat berikut!

 

Ciri kebahasaan dalam kalimat tersebut adalah ….

A.      menyatakan urutan waktu

B.       menyatakan peristiwa lampau

C.       menggunakan kata kerja material

D.      menggunakan kata kerja mental

E.       menggunakan kalimat langsung

 

 

50. 

Text Box: Prajurit-prajurit yang telah diperintahkan membersihkan gedung bekas asrama telah menyelesaikan tugasnya.

Simaklah kutipan berikut dengan baik!

 

Ciri kebahasaan dalam kalimat tersebut adalah ….

A.      menyatakan urutan waktu

B.       menyatakan peristiwa lampau

C.       menggunakan kata kerja material

D.      menggunakan kata kerja mental

E.       menggunakan kalimat langsung

Wednesday, 27 April 2022

Kumpulan soal pilihan ganda puisi

 Soal nomor 1

Bacalah kutipan puisi berikut ini dengan cermat!

...

hidup hanya menunda kekalahan tambah terasing dari cinta sudah rendahan

dan tahu, ada yang tetap tak terucapkan. 

sebelum pada akhirnya kita menyerah 


Nada cuplikan puisi Chairil Anwar di atas harus diungkapkan dengan ....

A. merana

B. meradang

C. meratap

D. menyesak

E. memelas


Kunci jawaban: A


Soal nomor 2


Pedang di kanan keris di kiri

Berselempang semangat yang tak bisa mati 

Ini barisan tak bergenderang berpalu

Kepercayaan tanda menyerbu 


Penggalan puisi di atas melukiskan ....


A. semangat yang terbelenggu 

B. sikap pasrah terhadap Tuhan

C. perjuangan tanpa senjata

D. semangat perjuangan yang pantang menyerah. 

E. perjuangan bangsa Indonesia yang penuh keprihatinan.


Kunci jawaban D


Soal nomor 3

Kami sudah coba apa yang kami bisa.

Tapi kerja belum selesai, belum apa-apa 

Kami sudah beri kami punya jiwa

Kerja belum selesai, belum bisa memperhitungkan arti 4-5 ribu nyawa. 


Isi penggalan puisi di atas tentang ....


A. kegagalan

B. perjuangan

C. kejiwaan

D. Perhitungan

E. Pekerjaan


Kunci jawaban B


Soal nomor 4

Bacalah kutipan puisi berikut ini dengan cermat!


Kalau sampai waktuku 

Kumau tak seorang kan merayu 

Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu


Puisi "Aku" karya Chairil Anwar


Unsur yang mencolok dalam penggalan puisi di atas adalah..... 

A. rima/persajakan

B. intonasi

C. pemilihan kata 

D. jumlah baris

E. tema


Kunci jawaban A



Soal nomor 5

Kami mengiring jenazah hitam

depan kami kereta mati bergerak pelan orang-orang berjalan menunduk diam

dicekam hitam bayangan

makam muram awan muram

menanti perarakan ini di ujung jalan

(Hartoyo Andangjaya)


Keistimewaan penggalan puisi di atas berupa penggunaan ....


A. rima silang

B. berbagai macam majas

C. tema yang tidak lazim

D. jumlah suku kata yang tetap

E. pola pembaitannya


Kunci jawaban B


Soal nomor 6


Saya mengerti tentang kematian

tetapi mengerti sekali tentang diri 

tak mengenal benar akan kelahiran

tapi sadar akan cinta 


Makna yang terkandung dalam bait puisi di atas adalah ....


A. Apalah artinya tentang diri, yang penting urusan nanti

B. Penyair tidak tahu benar tentang kematian sehingga belum rela untuk mati. 

C. Yang lebih penting bukan urusan lahir atau mati, tetapi kehadiran diri dan cinta.

D. Sadar akan kematian dan kelahiran sama dengan sadar akan kehadiran diri dan cinta. 

E. Penyair tidak peduli pada lahir, mati, dan cinta.


Kunci jawaban C


Soal nomor 7


Engkaulah Putri Duyung/rawanku/Putri Duyung dengan suara merdu/lembut bagai angin laut/mendesah bagiku


Penggalan puisi di atas mengandung majas...... 


A. hiperbola 

B. simile

C. sinisme

D. sinekdoke

E antitesis


Kunci jawaban B




Soal nomor 8

Bacalah kutipan teks berikut ini dengan cermat!


Ini kali tidak ada yang mencari cinta 

di antara gudang, rumah tua, pada cerita 

tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut, 

menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut. 


Penggalan puisi di atas menyatakan makna ....


A. kedukaan

B. kemuraman

C. ketakutan

D. kemiskinan

E. kesengsaraan



Kunci jawaban B




Soal nomor 9


Bacalah kutipan teks puisi berikut ini dengan cermat!


"Batik Madrim, Batik Madrim, mengapa harus patihku? 

Mengapa harus seorang mencintai lebih dari kehidupan dan sebagainya?"


 Perasaan penyair yang tampak dalam penggalan puisi di atas adalah......


A. marah

B. sedih

C. bahagia

D. dendam

E menyalahkan


Kunci jawaban E


Soal nomor 10

Bacalah kutipan puisi berikut ini dengan cermat!


Kunyanyikan berulang kali kasidah di tanah bukit berbunga 

Sambil kugenggam obor yang telah kunyalakan ke angkasa 

di mana impian dan harapan dari negeri cahaya merangsangnya


Bait-bait di atas harus dibacakan dengan nada...


A bahagia

B. Haru

C. kagum

D. Tulus

E. Rindu


Kunci jawaban C



Soal nomor 11

Bacalah kutipan puisi berikut ini dengan cermat!


Satu kasihku

Aku manusia

Rindu rasa

Rindu rupa

Di mana engkau

Rupa tiada

Suara sayup

Hanya kata merangkai hati


Puisi di atas bertema....


A. percintaan

B. kerinduan

C. kemanusiaan

D. kefanaan

E. penasaran


Kunci jawaban B


Soal nomor 12


Sebelah timur pada punggungku 

Diliputi angin berawan-awan

Kelihatan pulau penuh keheranan

Itulah gerangan tanah airku


Unsur fisik yang tidak terkandung dalam satu bait puisi di atas adalah ...

A. Tema

B. diksi

C. Larik

D. Alur

E. Rima

Kunci jawaban D


Soal nomor 13

Bacalah kutipan puisi berikut ini dengan cermat!


Gedung-gedung dan kepala mengabur dalam senja 

Mengurai dan layang-layang membara di langit barat daya


O, kota kekasih


Tekankan aku pada pusat hatimu


Di tengah-tengah kesibukanmu dan penderitaanmu 


("Ibu Kota Senja", Toto Sudarto Bachtiar)


Penggalan puisi di atas bercerita tentang ...

A. percintaan

B. kegelisahan

C cinta tanah air 

D. kedukaan

E. Kepedulian


Kunci jawaban C


Soal nomor 14

Bacalah kutipan puisi berikut ini dengan cermat!


Datanglah engkau wahai maut.

Lepaskan aku dari nestapa


Engkau lagi tempatku berpaut 

Di waktu ini gelap gulita


Jika diprosakan, sajak di atas dapat dinyatakan dengan kalimat-kalimat berikut, kecuali


A. Supaya kesediahannya lenyap, penyair memilih mati.

B. Seorang temannya menganjurkannya untuk menghabisi nyawanya.

C. Maut diminta datang oleh penyair untuk melepaskan dirinya dari kesusahan.

D. Maut itu pula tempatnya meminta pertolongan karena waktu itu hatinya diliputi kekacauan. 

E. Seseorang minta disegerakan mati karena dia putus asa akan nasib yang dialaminya.


Kunci jawaban B



Soal nomor 15

Bacalah kutipan puisi berikut ini dengan cermat!


Tentara rakyat telah melucuti kebatilan Setelah mereka menyimakkan deru sejarah 

Dalam regu perkasa mulailah melangkah 

Karena perjuangan pada hari-hari ini Adalah perjuangan dari kalbu yang murni 

Belum pernah kesatuan terasa begini eratnya 

Kecuali dua puluh tahun yang lalu


Maksud penggalan puisi di atas adalah....


A. mengemukakan kejujuran dan kemanusiaan 

B. melambangkan pergolakan batin dan keputusasaan

C. menjunjung nilai sejarah dan eratnya persatuan

D. memancarkan bara perjuangan dan menegakkan kebenaran

E. mengungkapkan keikhlasan dan ketulusan


Kunci jawaban C


Soal nomor 16

Bacalah kutipan puisi berikut ini dengan cermat!


angin senja alangkah ramah

merintis tembang ke padang rohani

tempat lahir sajak-sajakku


Kata senja dalam cuplikan di atas merujuk pada.....


A. tempat 

B. waktu

C. suasana

D. Keinginan

E. rohani


Kunci jawaban B



Soal nomor 17


Bacalah kutipan puisi berikut ini!


Merpati putihku

Terbang ke alam raya

Nyanyikan nyanyian senja

Sampaikan salam untuknya


("Merpati". Sukron Fuadi)


Cuplikan puisi di atas menyatakan ....


A. kerinduan

B. kesedihan

C. Kemarahan

D. Kematian

E. Kesengsaraan


Kunci jawaban A


Soal nomor 18

Bacalah kutipan puisi berikut ini dengan cermat!


pagi tadi ada yang terkapar pergi wajahnya bercahaya menatap langit

Tubuh mengucur darah

sebuah liang menganga di dahi 

jemari kaku melambai tak sampai

untuk Bosnia


Suasana yang melatarbelakangi penciptaan cuplikan puisi di atas adalah.....


A bencana alam

B. kemiskinan

C. peperangan

D. keterbelakangan

B. penindasan


Kunci jawaban E



Soal nomor 19

Bacalah kutipan puisi berikut ini dengan cermat!


Dalam hijau langit

cerita kasih mulai meranum sengit

tak terlerai

seperti tarian angin

dan percintaan di musim dingin


("Tiga Sajak di Musim Dingin", Nur Inayah)


Menggambarkan kondisi di Tanah Air dalam puisi di atas tampak pada kata-kata....


A. hijau langit

B. meranum sengit

C. tarian angin

D. percintaan

E. musim dingin


Kunci jawaban 


Soal nomor 20

Bacalah kutipan puisi berikut ini dengan cermat!


Agustusan di Palestina

(karya Sosiawan Leak)

....

Di Negerimu Palestina!

Walau sudah merdeka

Mereka tetap menjadi sasaran mesin perang!

Diiris-iris sadis mesiu kaum zionis

Tanpa aba-aba

Tanpa tanda jeda


Bangku-bangku sekolah kosong

sebab anak-anak ditangkap paksa

atas nama ketertiban

Dipenjara tanpa ada pengadilan

atau gugur dalam pertempuran tidak seimbang 

sementara yang tersisa diasuh trauma

Menghitung jari dan kelingking

yang tak lagi utuh jumlahnya

Kaki ....

tangan ...

dan kepala ...

Mata ...

yang ditinggal pasangannya seperti hidup diceraikan harapan.


...


Larik sajak yang bercetak miring di atas menggunakan majas ...

A. Simile

B. Personifikasi

C. Metafora

D. Metonimia

E. Alegori


Kunci jawaban A


Puisi Sosiawan Leak AGUSTUSAN DI PALESTINA

 Puisi Sosiawan Leak 

AGUSTUSAN DI PALESTINA 


Di Kampungku 

Saat 17-an

Anak-anak bernyanyi gembira

Meski internet, dan sekolah 

semakin menggila 

Narkoba dan kekerasan bersekongkol dengan kembang gula

Kekerasan dan jalanan

Semua tetap ceria

Berlari karung 

Bersepeda hias

dan Berpanjat pinang

serta tembak-tembakan dengan bedil mainan saat karnaval


Di Negerimu Palestina!

Walau sudah merdeka

Mereka tetap menjadi sasaran mesin perang!

Diiris-iris sadis mesiu kaum zionis

Tanpa aba-aba

Tanpa tanda jeda


Bangku-bangku sekolah kosong

sebab anak-anak ditangkap paksa

atas nama ketertiban

Dipenjara tanpa ada pengadilan

atau gugur dalam pertempuran tidak seimbang 

sementara yang tersisa diasuh trauma

Menghitung jari dan kelingking

yang tak lagi utuh jumlahnya

Kaki ....

tangan ...

dan kepala ...

Mata ...

yang ditinggal pasangannya seperti hidup diceraikan harapan.


Di kampungku..

Ibu-ibu memasak cinta dan kasih sayang

Meski menyajikannya tanpa garam

kepada para remaja

Penghias rumah dan gang dengan bendera warisan pahlawan

Yang mengibarkan daulat Negara ..

Sementara kaum laki-laki bekerja bakti

Membersihkan got dan selokan

Merapikan pagar halaman dan pohonan

Lantas membangun panggung pertunjukan 

Bagi bambu runcing

dan senapan mesin dalam pentas drama tanpa korupsi

apalagi manipulasi kekuasaan


Di Negerimu Palestina!

Ibu-ibu walaupun sudah di barak pengungsian

Terus diburu peluru-peluru Israel melebihi Izroil

Mereka membantai para rahim

Menciptakan tragedi

Nazi

Serbia

bosnia dan herzegovina

Bahkan pembantaian padang karbala 

Agar tak sempat lahir putra-putra Palestina

Tapi

Seperti jumroh di Mina

Iblis tanpa matahati

Dan kepala itu terus berjaya

Bahkan menari digdaya

 Mencengkram Aqso

Memata-matai warga

Bahkan mencegat mereka

Yang hendak berjumpa Tuhannya

Di kampungku dan di negerimu juga di Mina dan di mana-mana

Tak pernah benar-benar merdeka

Sebab setan berwajah tanah terus bergentayangan memamah kebun

dan pemukiman mengusir tuan rumah dan menginjak-injak kemanusiaan dengan durjana

Itulah kenapa Palestina

Sejak dulu kampungku dan negerimu adalah saudara

Kita

Senasib sepenindasan.

Kurban peradapan Dajjal 


(Sosiawan Leak, https://www.youtube.com/watch?v=8jEY3NNktfc )


Kumpulan soal puisi

 AKU


Kalau sampai waktuku

Kumau tak seorang 'kan merayu Tidak juga kau

Tak perlu sedu-sedan itu

Aku ini binatang jalang 

Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku

Aku tetap meradang menerjang Luka dan bisa kubawa berlari

Berlari

Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak peduli 

Aku mau hidup seribu tahun lagi

(Chairil Anwar)


1. Objek yang dibicarakan dalam puisi tersebut adalah.... 

A. Kekecewaan si aku karena dikucilkan oleh lingkungannya.

B. Ketidakpuasan si aku dalam menjalani kehidupan remajanya.

C. Pemberontakan si aku atas ketidakbebasan yang dialaminya.

D. Keinginan si aku dalam hidup seribu tahun lagi. 

E. Harapan si aku meraih cita-cita yang diinginkan.


Kunci jawaban: C

Pembahasan


 Objek adalah hal, perkara, atau yang menjadi pokok pembicaraan.


Objek pembicaraan dalam puisi dapat dilihat dari banyaknya kata yang digunakan dalam puisi itu. Objek pembicaraan puisi "Aku" adalah tentang nya Chairil Anwar atas ketidakbebasan dalam berekspresi. Hal tersebut seperti tampak pada kata-kata berikut: 


Kumau tak seorang 'kan merayu/Tidak kau/Aku tetap meradang menerjang/Dan aku akan lebih tidak peduli.




2. Isi puisi Aku tersebut adalah....


A. Kekerasan hati si aku dalam menghadapi keberhasilan hidup. 


B. Kekecewaan si aku karena orang-orang sekitarnya tidak peduli.


C. Kebebasan si aku dalam mengarungi kehidupan.


D. Ketulusan si aku dalam menghadapi cobaan hidup. 


E Keinginan si aku yang tidak dapat dihalangi oleh siapa pun.


Kunci jawaban E


Pembahasan

Isi puisi berarti tema atau masalah pokok yang dikemukakan penyair.




Puisi "Aku" mengungkapkan tentang keinginan si aku yang tidak dapat dihalangi oleh siapa pun.


3. Bacalah puisi berikut ini dengan cermat!


DIPONEGORO



Di masa pembangunan ini 

Tuan hidup kembali

Dan bara kagum jadi api

Di depan sekali tuan menanti

Tak gentar, lawan banyaknya seratus kali Pedang di kanan, keris di kiri

Berselempang semangat yang tidak bisa mati


Tema kutipan puisi di atas adalah ....


A. pembangunan 

B. keteladanan

C. peperangan

D. kepahlawanan

E. kepemimpinan


Kunci jawaban D