Wednesday 27 April 2022

Kumpulan soal puisi

 AKU


Kalau sampai waktuku

Kumau tak seorang 'kan merayu Tidak juga kau

Tak perlu sedu-sedan itu

Aku ini binatang jalang 

Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku

Aku tetap meradang menerjang Luka dan bisa kubawa berlari

Berlari

Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak peduli 

Aku mau hidup seribu tahun lagi

(Chairil Anwar)


1. Objek yang dibicarakan dalam puisi tersebut adalah.... 

A. Kekecewaan si aku karena dikucilkan oleh lingkungannya.

B. Ketidakpuasan si aku dalam menjalani kehidupan remajanya.

C. Pemberontakan si aku atas ketidakbebasan yang dialaminya.

D. Keinginan si aku dalam hidup seribu tahun lagi. 

E. Harapan si aku meraih cita-cita yang diinginkan.


Kunci jawaban: C

Pembahasan


 Objek adalah hal, perkara, atau yang menjadi pokok pembicaraan.


Objek pembicaraan dalam puisi dapat dilihat dari banyaknya kata yang digunakan dalam puisi itu. Objek pembicaraan puisi "Aku" adalah tentang nya Chairil Anwar atas ketidakbebasan dalam berekspresi. Hal tersebut seperti tampak pada kata-kata berikut: 


Kumau tak seorang 'kan merayu/Tidak kau/Aku tetap meradang menerjang/Dan aku akan lebih tidak peduli.




2. Isi puisi Aku tersebut adalah....


A. Kekerasan hati si aku dalam menghadapi keberhasilan hidup. 


B. Kekecewaan si aku karena orang-orang sekitarnya tidak peduli.


C. Kebebasan si aku dalam mengarungi kehidupan.


D. Ketulusan si aku dalam menghadapi cobaan hidup. 


E Keinginan si aku yang tidak dapat dihalangi oleh siapa pun.


Kunci jawaban E


Pembahasan

Isi puisi berarti tema atau masalah pokok yang dikemukakan penyair.




Puisi "Aku" mengungkapkan tentang keinginan si aku yang tidak dapat dihalangi oleh siapa pun.


3. Bacalah puisi berikut ini dengan cermat!


DIPONEGORO



Di masa pembangunan ini 

Tuan hidup kembali

Dan bara kagum jadi api

Di depan sekali tuan menanti

Tak gentar, lawan banyaknya seratus kali Pedang di kanan, keris di kiri

Berselempang semangat yang tidak bisa mati


Tema kutipan puisi di atas adalah ....


A. pembangunan 

B. keteladanan

C. peperangan

D. kepahlawanan

E. kepemimpinan


Kunci jawaban D


No comments:

Post a Comment