Monday, 31 July 2023

Menentukan Hal-Hal Menarik dalam Novel Sejarah Kemelut di Majapahit (SH Mintardja)

 Menentukan Hal-Hal Menarik dalam Novel Sejarah Kemelut di Majapahit (SH Mintardja)


Setelah Raden Wijaya berhasil menjadi Raja Majapahit pertama bergelar Kertarajasa Jayawardhana, beliau tidak melupakan jasa-jasa para senopati (perwira) yang setia dan banyak membantunya semenjak dahulu itu membagi bagikan pangkat kepada mereka. Ronggo Lawe diangkat menjadi adipati di Tuban dan yang lain-lain pun diberi pangkat pula. Dan hubungan antara junjungan ini dengan para pembantunya, sejak perjuangan pertama: Raden Wijaya menjadi raja, amatlah erat dan baik.


Akan tetapi, guncangan pertama yang memengaruhi hubungan ini adalah ketika Sang Prabu telah menikah dengan empat putri mendiang Raja Kertanegara, telah menikah lagi dengan seorang putri dari Melayu. Sebelum puteri dari tanah Malayu ini menjadi istrinya yang kelima, Sang Prabu Kertarajasa Jayawardhana telah mengawini semua putri mendiang Raja Kertanegara. Hal ini dilakukannya karena beliau tidak menghendaki adanya dendam dan perebutan kekuasaan kelak.


Keempat orang puteri itu adalah Dyah Tribunan yang menjadi permaisuri yang kedua adalah Dyah Nara Indraduhita, ketiga adalah Dyah Jaya Inderadewi dan yang juga disebut Retno Sutawan atau Rajapatni yang berarti "terkasih karena memang putri bungsu dari mendiang Kertanegara ini menjadi istri yang paling dikasihinya. Dyah Gayatri yang bungsu ini memang cantik jelita seperti seorang dewi kahyangan, terkenal di seluruh negeri dan kecantikannya dipuja-puja oleh para sastrawan di masa itu. Akan tetapi, datanglah pasukan yang beberapa tahun lalu diutus oleh mendiang Sang Prabu Kertanegara ke negeri Malayu. Pasukan ini dinamakan pasukan Pamalayu yang dipimpin oleh seorang senopati perkasa bernama Kebo Anabrang atau juga Mahisa Anabrang, nama yang diberikan oleh Sang Prabu mengingat akan tugasnya menyeberang (anabrang) ke negeri Malayu. Pasukan ekspedisi yang berhasil baik ini membawa pulang pula dua orang putri bersaudara. Putri yaitu yang muda bernama Dara Petak, Sang Prabu Kertarajasa terpikat hatinya yang oleh kecantikan sang putri ini, maka diambillah Dyah Dara Petak menjadi kedua istrinya yang kelima. Segera ternyata bahwa Dara Petak menjadi saingan yang paling kuat dari Dyah Gayatri, karena Dara Petak memang cantik jelita dan pandai membawa diri. Sang Prabu sangat mencintai istri termuda ini yang setelah diperisteri oleh Sang Baginda, lalu diberi nama Sri Indraswari.


Terjadilah persaingan di antara para istri ini, yang tentu saja dilakukan secara diam-diam namun cukup seru, persaingan dalam memperebutkan cinta kasih dan perhatian Sri Baginda yang tentu saja akan mengangkat derajat dan kekuasaan masing-masing. Kalau Sang Prabu sendiri kurang menyadari akan persaingan ini, pengaruh persaingan itu terasa benar oleh para senopati dan mulailah terjadi perpecahan diam-diam di antara mereka sebagai pihak yang bercondong kepada Dyah Gayatri keturunan mendiang Sang Prabu Kertanegara, dan kepada Dara Petak keturunan Malayu.


Tentu saja Ronggo Lawe, sebagai seorang yang amat setia sejak zaman Prabu Kertanegara, berpihak kepada Dyah Gayatri. Namun, karena segan kepada Sang Prabu Kertarajasa yang bijaksana, persaingan dan kebencian yang dilakukan secara diam-diam itu tidak sampai menjalar menjadi permusuhan terbuka. Kiranya tidak ada terjadi hal-hal yang lebih hebat sebagai akibat masuknya Dara Petak ke dalam kehidupan Sang Prabu, sekiranya tidak terjadi hal yang membakar hati Ronggo Lawe, yaitu pengangkatan patih hamangku bumi, yaitu Patih Kerajaan Mojapahit. Yang diangkat oleh Sang Prabu menjadi pembesar yang tertinggi dan paling berkuasa sesudah raja yaitu Senopati Nambi.


Pengangkatan ini memang banyak terpengaruh oleh bujukan Dara Petak. Mendengar akan pengangkatan patih ini, merahlah muka Adipati Ronggo Lawe. Ketika mendengar berita ini dia sedang makan, seperti biasa dilayani oleh kedua orang istrinya yang setia, yaitu Dewi Mertorogo dan Tirtowati. Mendengar berita itu dari seorang penyelidik yang datang menghadap pada waktu sang adipati sedang makan, Ronggo Lawe marah bukan main. Nasi yang sudah dikepalnya itu dibanting ke atas lantai dan karena dalam kemarahan tadi sang adipati menggunakan aji kedigdayaannya, maka nasi sekepal itu amblas ke dalam lantai. Kemudian terdengar bunyi berkerotok dan ujung meja diremasnya menjadi hancur.


"Kakangmas adipati harap Paduka tenang ." Dewi Mertorogo menghibur suaminya. "Ingatlah, Kakangmas Adipati ... sungguh merupakan hal yang kurang baik mengembalikan berkah ibu pertiwi secara itu..." Tirtowati juga memperingatkan karena melempar nasi ke atas lantai seperti itu penghinaan terhadap Dewi Sri dan dapat menjadi kualat. Akan tetapi, Adipati Ronggo Lawe bangkit berdiri, membiarkan kedua tangannya dicuci oleh kedua orang istrinya yang berusaha menghiburnya. "Aku harus pergi sekarang juga!" katanya. "Pengawal lekas suruh persiapkan si Mego Lamat di depan! Aku akan berangkat ke Mojopahit sekarang juga!" Mego Lamat adalah satu di antara kuda-kuda kesayangan Adipati Ronggo Lawe, seekor kuda yang amat indah dan kuat, warna bulunya abu-abu muda. Semua cegahan kedua istrinya sama sekali tidak didengarkan oleh adipati yang sedang marah itu.


Tak lama kemudian, hanya suara derap kaki Mego Lamat yang berlari congkalang yang memecah kesunyian gedung kadipaten itu, mengiris perasaan dua orang istri yang mencinta dan mengkhawatirkan keselamatan suami mereka yang marah-marah itu. Pada waktu itu, sang Prabu sedang dihadap oleh para senopati dan punggawa. Semua penghadap adalah bekas kawan-kawan seperjuangan Ronggo Lawe dan mereka ini terkejut sekali ketika melihat Ronggo Lawe datang menghadap raja tanpa dipanggil, padahal sudah agak lama Adipati Tuban ini tidak datang menghadap Sri Baginda. Sang Prabu sendiri juga memandang dengan alis berkerut tanda tidak berkenan hatinya, namun karena Ronggo Lawe pernah menjadi tulang punggungnya di waktu beliau masih berjuang dahulu, sang Prabu mengusir ketidaksenangan hatinya dan segera menyapa Ronggo Lawe. Di dalam kemarahan dan kekecewaan, Adipati Ronggo Lawe masih ingat untuk menghanturkan sembahnya, tetapi setelah semua salam tata susila ini selesai, serta merta Ronggo Lawe menyembah dan berkata dengan suara lantang, "Hamba sengaja datang menghadap Paduka untuk mengingatkan Paduka dari kekhilafan yang paduka lakukan di luar kesadaran Paduka!" Semua muka para penghadap raja menjadi pucat mendengar ucapan ini, dan semua jantung di dalam dada berdebar tegang. Mereka semua mengenal belaka sifat dan watak Ronggo Lawe, banteng Mojopahit yang gagah perkasa dan selalu terbuka, polos dan jujur, tanpa tedeng aling-aling lagi dalam mengemukakan suara hatinya, tidak akan mundur setapak pun dalam membela hal yang dianggap benar. Sang Prabu sendiri memandang dengan mata penuh perhatian, kemudian dengan suara tenang bertanya, "Kakang Ronggo Lawe, apakah maksudmu dengan ucapan itu?"


"Yang hamba maksudkan tidak lain adalah pengangkatan Nambi sebagai pepatih paduka! Keputusan yang paduka ambil ini sungguh-sungguh tidak tepat, tidak bijaksana dan hamba yakin bahwa paduka tentu telah terbujuk dan dipengaruhi oleh suara dari belakang! Pengangkatan Nambi sebagai patih hamangkubumi sungguh merupakan kekeliruan yang besar sekali, tidak tepat dan tidak adil, padahal Paduka terkenal sebagai seorang Maharaja yang arit bijaksana dan adil!"


Hebat bukan main ucapan Ronggo Lawe ini! Seorang adipati, tanpa dipanggil, berani datang menghadap sang Prabu dan melontarkan teguran- teguran seperti itu! Muka Patih Nambi sebentar pucat sebentar merah, kedua tangannya dikepal dan dibuka dengan jari-jari gemetar. Senopati Kebo Anabrang mukanya menjadi merah seperti udang direbus, matanya yang lebar itu seperti mengeluarkan api ketika dia mengerling ke arah Ronggo Lawe: Lembu Sora yang sudah tua itu menjadi pucat mukanya, tak mengira dia bahwa keponakannya itu akan seberani itu. Senopati-senopati Gagak Sarkoro dan Mayang Mekar juga memandang dengan mata terbelalak Pendeknya, semua senopati dan pembesar yang saat itu menghadap sang prabu dan mendengar ucapan-ucapan Ronggo Lawe, semua terkejut dan sebagian besar marah sekali, tetapi mereka tidak berani mencampuri karena mereka menghormat sang Prabu. Akan tetapi, sang Prabu Kertarajasa tetap tenang, bahkan tersenyum memandang kepada Ronggo Lawe, ponggawanya yang dia tahu amat setia kepadanya itu, lalu berkata halus, "Kakang Ronggo Lawe, tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yang telah dipertimbangkan masak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman dan kakang senopati dan semua pembantuku. Bagaimana Kakang Ronggo Lawe dapat mengatakan bahwa pengangkatan itu tidak tepat dan tidak adil?" Dengan muka merah, kumisnya yang seperti kumis Sang Gatotkaca itu bergetar, napas memburu karena desakan amarah, Ronggo Lawe berkata lantang, "Tentu saja tidak tepat! Paduka sendiri tahu siapa si Nambi itu! Paduka tentu masih ingat akan segala sepak terjang dan tindak-tanduknya dahulu! Dia seorang bodoh, lemah, rendah budi, penakut, sama sekali tidak memiliki wibawa..."



Untuk mengukur kemampuan mendengarkan, jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut ini.


1. Kapankah latar waktu cerita dalam kutipan novel sejarah tersebut dibuat?



Jawab:


Dalam kutipan novel sejarah "Kemelut di Majapahit" karya S.H. Mintardja, tidak ada informasi yang secara spesifik menyebutkan kapan latar waktu cerita dibuat. Novel ini ditulis oleh S.H. Mintardja pada tahun 1975. 


Sebagai catatan, karena novel ini merupakan karya fiksi sejarah, cerita tersebut mungkin mengambil latar belakang pada masa kerajaan Majapahit di abad ke-14 atau masa sekitar itu, tetapi dengan penyesuaian dan interpretasi fiksi oleh penulis. Sebagai karya fiksi, beberapa elemen dalam cerita mungkin dibuat untuk menghidupkan suasana dan karakter dalam latar sejarah yang ditetapkan tersebut.


2. Di manakah latar dalam kutipan novel sejarah tersebut dibuat?


Jawab:


Dalam kutipan novel "Kemelut di Majapahit" karya S.H. Mintardja, tidak secara spesifik disebutkan di mana latar cerita dibuat. Namun, dari konteks sejarah yang disebutkan, latar waktu cerita ini berada di Kerajaan Majapahit, yang merupakan kerajaan besar di Pulau Jawa, Indonesia pada abad ke-14.


Majapahit adalah kerajaan maritim yang berpusat di Jawa Timur dan mencapai puncak kejayaannya di bawah pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389 Masehi). Kerajaan Majapahit menjadi salah satu kerajaan terbesar dan paling kuat di Nusantara, menguasai wilayah yang mencakup sebagian besar Indonesia saat ini dan wilayah-wilayah tetangga.


Jadi, dapat diasumsikan bahwa latar cerita dalam novel "Kemelut di Majapahit" berada di Kerajaan Majapahit, yaitu sebuah kerajaan yang pernah berdiri di Pulau Jawa, Indonesia pada masa kejayaannya di abad ke-14.



3. Peristiwa apa saja yang dikisahkan?


Jawab:


Dari kutipan novel "Kemelut di Majapahit" yang diberikan sebelumnya, cerita mengisahkan beberapa peristiwa dan intrik yang terjadi di istana Kerajaan Majapahit setelah Raja Kertarajasa Jayawardhana menikahi beberapa istri, termasuk dari luar negeri. Berikut beberapa peristiwa yang disinggung dalam kutipan tersebut:


1. Raja Kertarajasa Jayawardhana menikahi empat putri mendiang Raja Kertanegara dan juga seorang putri dari Melayu.

2. Raja Kertarajasa Jayawardhana telah mengawini semua putri mendiang Raja Kertanegara untuk mencegah dendam dan perebutan kekuasaan.

3. Dyah Gayatri, istri termuda Raja Kertarajasa Jayawardhana, menjadi saingan kuat dari istri lainnya, khususnya Dara Petak yang berasal dari Melayu.

4. Persaingan diam-diam terjadi di antara istri-istri Raja untuk memperebutkan cinta kasih dan perhatian sang Raja, serta untuk mengangkat derajat dan kekuasaan masing-masing.

5. Para senopati dan pembesar di istana, termasuk Ronggo Lawe, memiliki preferensi dan pilihan masing-masing antara Dyah Gayatri dan Dara Petak, menyebabkan perpecahan diam-diam di antara mereka.

6. Pengangkatan Nambi sebagai Patih Hamangkubumi oleh Raja Kertarajasa Jayawardhana menimbulkan kontroversi, di mana Ronggo Lawe merasa pengangkatan tersebut tidak tepat dan tidak adil, serta terpengaruh oleh bujukan Dara Petak.


Dalam keseluruhan cerita, terlihat bahwa pernikahan dan persaingan di antara istri-istri Raja menjadi pusat perhatian, dan hal ini mempengaruhi hubungan dan kesetiaan di kalangan pembesar dan senopati di Kerajaan Majapahit. Semua peristiwa ini membentuk intrik dan kompleksitas dalam istana Majapahit yang merupakan fokus utama dari novel "Kemelut di Majapahit" karya S.H. Mintardja.


4. Siapa saja tokoh yang terlibat dalam penceritaan?


Dari kutipan novel "Kemelut di Majapahit" yang diberikan sebelumnya, terdapat beberapa tokoh yang terlibat dalam penceritaan. Berikut adalah beberapa tokoh yang disebutkan dalam kutipan tersebut:


(1) Raja Kertarajasa Jayawardhana: Raja pertama Majapahit yang bergelar Kertarajasa Jayawardhana. Beliau merupakan tokoh sentral dalam cerita, sebagai raja yang mengalami pernikahan dengan beberapa istri dan berada di tengah persaingan di antara mereka.


(2) Dyah Gayatri: Salah satu istri Raja Kertarajasa Jayawardhana, yang merupakan putri bungsu mendiang Raja Kertanegara. Ia digambarkan cantik jelita dan mendapatkan perhatian khusus dari sang raja.


(3) Dara Petak: Istri Raja Kertarajasa Jayawardhana yang berasal dari Melayu. Ia juga digambarkan cantik dan pandai membawa diri. Dara Petak menjadi saingan kuat Dyah Gayatri di istana.


(4) Ronggo Lawe: Adipati di Tuban, salah satu senopati setia Raja Kertarajasa Jayawardhana sejak zaman Prabu Kertanegara. Ia memiliki preferensi dan mendukung Dyah Gayatri dalam persaingan istri-istri raja.


(5)Senopati Kebo Anabrang: Seorang senopati perkasa yang memimpin pasukan Pamalayu yang berhasil membawa pulang Dara Petak dan saudarinya dari tanah Melayu.


(6) Patih Nambi: Merupakan seorang patih yang diangkat sebagai patih hamangkubumi (pembesar tertinggi) oleh Raja Kertarajasa Jayawardhana. Pengangkatannya menimbulkan kontroversi, dan Ronggo Lawe merasa bahwa keputusan itu tidak tepat dan tidak adil.


Selain tokoh-tokoh di atas, kemungkinan ada tokoh-tokoh lain yang terlibat dalam cerita yang tidak disebutkan dalam kutipan tersebut. Namun, dari kutipan tersebut, tokoh-tokoh di atas merupakan tokoh utama yang terlibat dalam konflik dan intrik dalam istana Majapahit.


5. Di bagian apa sajakah yang menandakan bahwa novel tersebut tergolong ke dalam novel sejarah?


Dari kutipan novel "Kemelut di Majapahit" yang telah diberikan sebelumnya, tidak terdapat indikasi atau penanda khusus yang secara eksplisit menyebutkan bahwa novel tersebut tergolong sebagai "novel sejarah." Namun, dari isi kutipan tersebut, ada beberapa elemen yang menunjukkan bahwa cerita ini memiliki latar sejarah dan menggunakan referensi dari masa lalu:


1. Nama-nama tokoh dan tempat: Novel ini mencantumkan nama-nama tokoh seperti Raja Kertarajasa Jayawardhana, Dyah Gayatri, Dara Petak, Ronggo Lawe, Senopati Kebo Anabrang, Patih Nambi, dan lain-lain. Selain itu, ada sebutan tempat seperti Tuban dan Kerajaan Majapahit, yang mengacu pada lokasi sejarah yang nyata.


2. Rujukan pada Kerajaan Majapahit: Majapahit adalah nama sebuah kerajaan bersejarah di Indonesia pada abad ke-14. Dalam kutipan tersebut, istilah "Kerajaan Majapahit" digunakan untuk menyebut tempat di mana cerita berlangsung.


3. Rujukan pada sejarah Raja Kertarajasa Jayawardhana: Novel ini mengisahkan tentang Raja Kertarajasa Jayawardhana, yang memang merupakan sosok bersejarah sebagai raja pertama dari Kerajaan Majapahit.


Meskipun tidak secara tegas menyebutkan sebagai "novel sejarah," namun dengan adanya referensi dan penggunaan nama-nama tokoh dan tempat yang bersejarah, serta setting dalam konteks sejarah Kerajaan Majapahit, novel ini kemungkinan besar termasuk ke dalam genre "novel sejarah" atau "novel berlatar sejarah." Hal ini menandakan bahwa cerita menggunakan latar belakang sejarah dan mungkin menggabungkan unsur-unsur fiksi dengan fakta sejarah untuk menciptakan cerita naratif yang menarik.


Wednesday, 26 July 2023

"Menghadapi Ancaman Tersembunyi: Pulau-Pulau Kecil Indonesia Berjuang Melawan Gelombang Tenggelam"

"Menghadapi Ancaman Tersembunyi: Pulau-Pulau Kecil Indonesia Berjuang Melawan Gelombang Tenggelam"


*Tanggal: 26 Juli 2023*


*Oleh: www.kumpulansoalbahasa.blogspot.com


Di tengah keindahan tropis Indonesia, ada sebuah kisah tak terungkap yang mengancam pulau-pulau kecil di nusantara. Perubahan iklim, sebagai sosok tak terlihat namun kuat, menyerang dengan perlahan namun pasti. Ahli-ahli telah memperingatkan tentang gelombang mengerikan yang mendekat, kenaikan air laut yang bisa menghantam pulau-pulau kecil kita, menguburkan harta karun budaya dan keanekaragaman hayati yang tak ternilai. Inilah realitas yang dihadapi Indonesia.


Bicara tentang perubahan iklim tentu tak lepas dari data yang diungkap oleh Profesor Riset dari Pusat Penelitian Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ignasius Dwi Atmana Sutapa. Dengan kepakarannya, dia mengungkapkan bahwa cuaca dan iklim memiliki peran sangat penting dalam menjaga keseimbangan Bumi. Namun, akibat dari pergeseran siklus air yang terjadi, pola iklim berubah dari waktu ke waktu. Hasilnya? Musim kemarau yang terasa lebih panjang dengan curah hujan yang singkat namun intens.


Tak hanya itu, perubahan iklim juga menyebabkan pemanasan global. Bongkahan es dan gletser mencair dengan cepat, mengakibatkan kenaikan permukaan air laut yang meresahkan. Para ahli memperkirakan bahwa beberapa pulau kecil di Indonesia berada dalam ancaman nyata tenggelam karena lonjakan air laut yang tak terbendung. Wilayah-wilayah pesisir seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya juga akan menjadi sasaran empuk banjir hebat yang bisa mengancam kehidupan dan infrastruktur.


Namun, dalam kegelapan malam yang gelap, ada sinar harapan. Para ahli dan aktivis lingkungan telah bersuara, berusaha menemukan solusi untuk menyelamatkan pulau-pulau kecil kita. Salah satu upaya yang diusulkan adalah dengan meningkatkan kapasitas waduk untuk menampung kelebihan air selama musim hujan. Mitigasi ini diharapkan dapat mengurangi risiko banjir dan memanfaatkan air dengan lebih bijaksana.


Tidak hanya tanggung jawab para ahli, tetapi seluruh masyarakat juga diharapkan terlibat dalam menyelamatkan bumi dari ancaman perubahan iklim. Kesadaran akan pentingnya beradaptasi dengan perubahan iklim menjadi kuncinya. Kita semua harus berkontribusi dengan melakukan langkah hemat, pengelolaan air yang bijaksana, serta memanfaatkan air dengan wajar baik secara individu, instansi, maupun industri. Mari berperan aktif dalam melindungi kekayaan alam Indonesia.


Tak hanya itu, penting bagi kita untuk menangani emisi gas rumah kaca dan menghindari pembuangan bahan berbahaya secara sembarangan. Setiap langkah kecil yang kita ambil, seperti menggunakan kendaraan ramah lingkungan atau beralih ke energi terbarukan, akan memberikan dampak besar dalam memerangi perubahan iklim.


Percayalah, perubahan iklim bukanlah bencana tak terelakkan. Dengan tekad bersama, kita bisa menghadapinya dengan kepala tegak. Pulau-pulau kecil Indonesia membutuhkan dukungan dari semua lapisan masyarakat untuk terus bersinar. Mari bergerak bersama menuju masa depan yang berkelanjutan, di mana pulau-pulau kecil kita tetap berdiri kokoh menghadapi ombak perubahan iklim yang datang menghantam. Saatnya bersatu dan menyelamatkan pulau-pulau kecil kita, lalu mewariskannya sebagai warisan berharga bagi generasi mendatang.

Friday, 21 July 2023

Contoh teks laporan hasil observasi dari pengamatan artikel berita

 Bacalah artikel berita berikut ini dengan cermat!


Pertandingan antara PSS Sleman dan PSIS Semarang pada pekan keempat Liga 1 2023/2024 berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pada Jumat, 21 Juli 2023, sore WIB. Laga ini berakhir dengan skor imbang 2-2 yang penuh dengan drama.


PSIS Semarang berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-24. Jihad Ayoub berusaha menggiring bola di sisi kanan pertahanan dan memberikannya kepada Septian David Maulana. Septian tidak egois dan memberikan umpan kepada Carlos Fortes. Fortes melepaskan sepakan mendatar yang berhasil mengelabui kiper lawan, Anthony Pintus.


Setelah gol tersebut, laga menjadi semakin memanas. Carlos Fortes yang terkapar akibat dilanggar kemudian terpancing emosi setelah mendapat provokasi dari Wahyudi Harmisi. Fortes lantas menendang Harmisi dan langsung diberikan kartu merah. Sementara itu, Harmisi juga diusir dari lapangan karena mendapat kartu kuning kedua.


Meskipun bermain dengan 10 pemain, PSS Sleman lebih dominan dan berhasil mencetak gol melalui Ricky Cawor yang menyontek umpan dari Yevhen Bokhavili. Namun, gol tersebut dianulir karena pemain PSS berada dalam posisi offside.


Tuan rumah, PSS Sleman, akhirnya berhasil menyamakan kedudukan di menit akhir babak pertama. Kei Sano mencetak gol dengan sundulan dari sepak pojok pada menit ke-45+3, membuat skor menjadi 1-1 hingga turun minum.


Di babak kedua, PSIS Semarang berhasil mencuri gol di menit ke-57. Umpan panjang dari Wahyu Prasetyo diterima oleh Gali Freitas. Freitas melepaskan sepakan chip yang berhasil mengalahkan kiper PSS, Pinthus, sehingga PSIS unggul 2-1.


Namun, PSS tidak menyerah dan terus menekan pertahanan lawan. Mereka berhasil mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti lawan pada menit ke-78. Jihad Ayoub berhasil memanfaatkan peluang ini dengan baik dan mencetak gol dari tembakan bebasnya, sehingga skor menjadi 2-2.


Drama terjadi di menit akhir pertandingan saat PSS mendapatkan hadiah penalti setelah Ricky Dwi ditabrak oleh Giovani Numberi. Namun, saat eksekusi penalti oleh Kim Kurniawan, tembakannya gagal dan mengenai mistar.


Dengan hasil imbang ini, PSS Sleman berada di peringkat kedelapan dengan lima poin, sementara PSIS Semarang berada di urutan kedua dengan tujuh angka. Poin PSIS sama dengan Borneo FC yang berada di puncak klasemen. Pertandingan ini telah menyajikan pertarungan sengit dan menegangkan bagi kedua tim dan para penonton.





Ubahlah artikel tersebut menjadi laporan hasil observasi



Teks Laporan Hasil Observasi: Pertandingan Dramatis antara PSS Sleman vs. PSIS Semarang pada Liga 1 2023/2024


Definisi Umum:

Pertandingan Liga 1 2023/2024 antara PSS Sleman dan PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pada Jumat, 21 Juli 2023, sore WIB, menjadi salah satu laga yang penuh dengan drama. Kedua tim bermain imbang dengan skor 2-2, yang dipenuhi dengan kartu merah, kegagalan penalti, dan gol-gol menarik.


Deskripsi Bagian:

1. Gol Pertama PSIS Semarang (Menit ke-24):

Pada menit ke-24, PSIS Semarang berhasil mencetak gol pertama melalui kerjasama yang apik. Jihad Ayoub menggiring bola di sisi kanan pertahanan dan memberikannya kepada Septian David Maulana. Septian tidak egois dan memberikan umpan kepada Carlos Fortes, yang melepaskan sepakan mendatar yang memperdayai kiper PSS, Anthony Pintus.


2. Kartu Merah untuk Carlos Fortes dan Wahyudi Harmisi:

Situasi pertandingan memanas ketika Carlos Fortes terkapar setelah dilanggar dan mendapat provokasi dari Wahyudi Harmisi. Akibat emosi yang terpancing, Fortes menendang Harmisi dan langsung diberikan kartu merah oleh wasit. Sementara itu, Harmisi juga diusir dari lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua.


3. Gol Dianulir untuk PSS Sleman:

Meskipun bermain dengan 10 pemain setelah kehilangan Fortes, PSS Sleman lebih dominan dan mencetak gol melalui Ricky Cawor, yang menyontek umpan dari Yevhen Bokhavili. Sayangnya, gol tersebut dianulir karena pemain PSS berada dalam posisi offside.


4. Gol Penyama Kedudukan oleh Kei Sano (Menit ke-45+3):

Menjelang akhir babak pertama, PSS Sleman berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Kei Sano mencetak gol dengan sundulan dari sepak pojok pada menit ke-45+3.


5. Gol PSIS Semarang (Menit ke-57):

Di babak kedua, PSIS Semarang berhasil mencuri gol kedua mereka di menit ke-57. Umpan panjang dari Wahyu Prasetyo menjangkau Gali Freitas. Freitas melepaskan sepakan chip yang berhasil mengalahkan kiper PSS, Pinthus, sehingga PSIS unggul 2-1.


6. Gol Penyama Kedudukan dari Tendangan Bebas Jihad Ayoub (Menit ke-78):

Tertinggal 2-1, PSS Sleman tidak menyerah dan terus menekan pertahanan lawan. Mereka berhasil mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti lawan pada menit ke-78. Jihad Ayoub berhasil memanfaatkan peluang ini dengan baik dan mencetak gol dari tendangan bebasnya, sehingga skor menjadi imbang 2-2.


Deskripsi Manfaat:

Pertandingan ini menyajikan beragam manfaat bagi para pemain, tim, dan penonton. Drama yang terjadi memberikan hiburan dan keasyikan dalam menonton sepak bola. Selain itu, pertandingan ini juga menjadi sarana bagi pemain untuk mengembangkan kemampuan individu dan kerja sama tim. Para pemain dapat belajar menghadapi tekanan emosional dan mengontrol diri dalam situasi yang menegangkan. Bagi tim PSS Sleman, hasil imbang ini memberikan tambahan satu angka dan menduduki peringkat kedelapan dengan lima poin dalam klasemen Liga 1 2023/2024. Sementara itu, PSIS Semarang berada di urutan kedua dengan tujuh angka, menyamai posisi Borneo FC di puncak klasemen.

Tuesday, 18 July 2023

20 soal pilihan ganda tentang isi surat lamaran pekerjaan beserta kunci jawaban dan pembahasannya:

Berikut ini adalah 20 soal pilihan ganda tentang isi surat lamaran pekerjaan beserta kunci jawaban dan pembahasannya:


1. Bagian manakah yang paling tepat untuk mencantumkan informasi kontak Anda dalam surat lamaran pekerjaan?

   a. Paragraf pembuka

   b. Paragraf penutup

   c. Subjek surat

   d. Lampiran

   e. Tidak perlu dicantumkan


   Jawaban: c. Subjek surat


   Pembahasan: Informasi kontak, seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email, biasanya dicantumkan dalam subjek surat lamaran pekerjaan.


2. Apa yang seharusnya dicantumkan dalam paragraf pembuka surat lamaran pekerjaan?

   a. Riwayat pendidikan

   b. Pengalaman kerja sebelumnya

   c. Nama perusahaan yang dituju

   d. Alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut

   e. Kontak pribadi lainnya


   Jawaban: d. Alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut


   Pembahasan: Paragraf pembuka surat lamaran pekerjaan sebaiknya mencantumkan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang dilamar.


3. Apa yang sebaiknya dicantumkan dalam paragraf penutup surat lamaran pekerjaan?

   a. Permintaan untuk dihubungi

   b. Permintaan untuk diundang wawancara

   c. Ucapan terima kasih

   d. Kesimpulan riwayat hidup

   e. Pengalaman organisasi yang relevan


   Jawaban: c. Ucapan terima kasih


   Pembahasan: Paragraf penutup surat lamaran pekerjaan sebaiknya diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada penerima surat.


4. Bagian manakah yang paling tepat untuk mencantumkan riwayat pendidikan dalam surat lamaran pekerjaan?

   a. Paragraf pembuka

   b. Paragraf penutup

   c. Subjek surat

   d. Lampiran

   e. Tidak perlu dicantumkan


   Jawaban: d. Lampiran


   Pembahasan: Riwayat pendidikan biasanya dicantumkan sebagai lampiran dalam surat lamaran pekerjaan. Lampiran ini berisi informasi rinci tentang pendidikan formal Anda.


5. Bagian manakah yang sebaiknya mencantumkan pengalaman kerja sebelumnya dalam surat lamaran pekerjaan?

   a. Paragraf pembuka

   b. Paragraf penutup

   c. Subjek surat

   d. Lampiran

   e. Tidak perlu dicantumkan


   Jawaban: d. Lampiran


   Pembahasan: Pengalaman kerja sebelumnya biasanya dicantumkan sebagai lampiran dalam surat lamaran pekerjaan. Lampiran ini berisi informasi rinci tentang pengalaman kerja Anda.


6. Apa yang seharusnya dicantumkan dalam subjek surat lamaran pekerjaan?

   a. Riwayat pendidikan

   b. Pengalaman kerja sebelumnya

   c. Nama perusahaan yang dituju

   d. Alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut

   e. Kontak pribadi lainnya


   Jawaban: c. Nama perusahaan yang dituju


   Pembahasan: Subjek surat lamaran pekerjaan sebaiknya mencantumkan nama perusahaan yang dituju agar penerima surat dapat dengan mudah mengidentifikasi tujuan surat.


7. Apa yang sebaiknya dicantumkan dalam paragraf pembuka surat lamaran pekerjaan?

   a. Riwayat pendidikan

   b. Pengalaman kerja sebelumnya

   c. Nama perusahaan yang dituju

   d. Alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut

   e. Kontak pribadi lainnya


   Jawaban: d. Alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut


   Pembahasan: Paragraf pembuka surat lamaran pekerjaan sebaiknya mencantumkan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang dilamar.


8. Bagian manakah yang seharusnya mencantumkan kualifikasi atau keahlian yang relevan dalam surat lamaran pekerjaan?

   a. Paragraf pembuka

   b. Paragraf penutup

   c. Subjek surat

   d. Lampiran

   e. Tidak perlu dicantumkan


   Jawaban: d. Lampiran


   Pembahasan: Kualifikasi atau keahlian yang relevan biasanya dicantumkan sebagai bagian dari lampiran dalam surat lamaran pekerjaan. Lampiran ini memberikan informasi rinci tentang kemampuan dan keahlian yang dimiliki.


9. Bagian manakah yang sebaiknya mencantumkan informasi kontak perusahaan yang dituju dalam surat lamaran pekerjaan?

   a. Paragraf pembuka

   b. Paragraf penutup

   c. Subjek surat

   d. Lampiran

   e. Tidak perlu dicantumkan


   Jawaban: a. Paragraf pembuka


   Pembahasan: Informasi kontak perusahaan yang dituju sebaiknya dicantumkan dalam paragraf pembuka surat lamaran pekerjaan. Hal ini membantu menunjukkan keseriusan dan kecermatan Anda sebagai pelamar.


10. Bagian manakah yang paling tepat untuk mencantumkan referensi atau sumber informasi tentang lowongan pekerjaan dalam surat lamaran?

    a. Paragraf pembuka

    b. Paragraf penutup

    c. Subjek surat

    d. Lampiran

    e. Tidak perlu dicantumkan


    Jawaban: b. Paragraf penutup


    Pembahasan: Referensi atau sumber informasi tentang lowongan pekerjaan sebaiknya dicantumkan dalam paragraf penutup surat lamaran pekerjaan. Ini memberikan gambaran bahwa Anda telah melakukan riset dan mengetahui asal usul informasi tentang lowongan tersebut.


11. Bagian manakah yang sebaiknya mencantumkan tanggal pengiriman surat lamaran pekerjaan?

    a. Paragraf pembuka

    b. Paragraf penutup

   


 c. Subjek surat

    d. Lampiran

    e. Tidak perlu dicantumkan


    Jawaban: b. Paragraf penutup


    Pembahasan: Tanggal pengiriman surat lamaran pekerjaan sebaiknya dicantumkan dalam paragraf penutup, di bawah tanda tangan Anda. Hal ini memberikan informasi tentang kapan surat lamaran dikirimkan.


12. Apa yang seharusnya dicantumkan dalam paragraf pembuka surat lamaran pekerjaan?

    a. Riwayat pendidikan

    b. Pengalaman kerja sebelumnya

    c. Nama perusahaan yang dituju

    d. Alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut

    e. Kontak pribadi lainnya


    Jawaban: d. Alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut


    Pembahasan: Paragraf pembuka surat lamaran pekerjaan sebaiknya mencantumkan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang dilamar.


13. Bagian manakah yang sebaiknya mencantumkan informasi tentang gaji yang diharapkan dalam surat lamaran pekerjaan?

    a. Paragraf pembuka

    b. Paragraf penutup

    c. Subjek surat

    d. Lampiran

    e. Tidak perlu dicantumkan


    Jawaban: e. Tidak perlu dicantumkan


    Pembahasan: Informasi tentang gaji yang diharapkan sebaiknya tidak dicantumkan dalam surat lamaran pekerjaan. Hal ini umumnya dibahas dalam tahap wawancara atau pada saat negosiasi tawaran kerja.


14. Apa yang sebaiknya dicantumkan dalam paragraf penutup surat lamaran pekerjaan?

    a. Permintaan untuk dihubungi

    b. Permintaan untuk diundang wawancara

    c. Ucapan terima kasih

    d. Kesimpulan riwayat hidup

    e. Pengalaman organisasi yang relevan


    Jawaban: c. Ucapan terima kasih


    Pembahasan: Paragraf penutup surat lamaran pekerjaan sebaiknya diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada penerima surat.


15. Bagian manakah yang sebaiknya mencantumkan informasi tentang ketersediaan Anda untuk menghadiri wawancara?

    a. Paragraf pembuka

    b. Paragraf penutup

    c. Subjek surat

    d. Lampiran

    e. Tidak perlu dicantumkan


    Jawaban: b. Paragraf penutup


    Pembahasan: Informasi tentang ketersediaan Anda untuk menghadiri wawancara sebaiknya dicantumkan dalam paragraf penutup surat lamaran pekerjaan.


16. Bagian manakah yang sebaiknya mencantumkan penghargaan atau sertifikat yang Anda peroleh dalam surat lamaran pekerjaan?

    a. Paragraf pembuka

    b. Paragraf penutup

    c. Subjek surat

    d. Lampiran

    e. Tidak perlu dicantumkan


    Jawaban: d. Lampiran


    Pembahasan: Penghargaan atau sertifikat yang Anda peroleh biasanya dicantumkan sebagai lampiran dalam surat lamaran pekerjaan.


17. Bagian manakah yang sebaiknya mencantumkan informasi tentang keterampilan yang Anda miliki dalam surat lamaran pekerjaan?

    a. Paragraf pembuka

    b. Paragraf penutup

    c. Subjek surat

    d. Lampiran

    e. Tidak perlu dicantumkan


    Jawaban: d. Lampiran


    Pembahasan: Informasi tentang keterampilan yang Anda miliki biasanya dicantumkan sebagai bagian dari lampiran dalam surat lamaran pekerjaan.


18. Apa yang sebaiknya dicantumkan dalam subjek surat lamaran pekerjaan?

    a. Riwayat pendidikan

    b. Pengalaman kerja sebelumnya

    c. Nama perusahaan yang dituju

    d. Alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut

    e. Kontak pribadi lainnya


    Jawaban: c. Nama perusahaan yang dituju


    Pembahasan: Subjek surat lamaran pekerjaan sebaiknya mencantumkan nama perusahaan yang dituju agar penerima surat dapat dengan mudah mengidentifikasi tujuan surat.


19. Apa yang seharusnya dicantumkan dalam paragraf pembuka surat lamaran pekerjaan?

    a. Riwayat pendidikan

    b. Pengalaman kerja sebelumnya

    c. Nama perusahaan yang dituju

    d. Alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut

    e. Kontak pribadi lainnya


    Jawaban: d. Alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut


    Pembahasan: Paragraf pembuka surat lamaran pekerjaan sebaiknya mencantumkan alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang dilamar.


20. Bagian manakah yang sebaiknya mencantumkan referensi atau sumber informasi tentang lowongan pekerjaan dalam surat lamaran?

    a. Paragraf pembuka

    b. Paragraf penutup

    c. Subjek surat

    d. Lampiran

    e. Tidak perlu dicantumkan


    Jawaban: b. Paragraf penutup


    Pembahasan: Referensi atau sumber informasi tentang lowongan pekerjaan sebaiknya dicantumkan dalam paragraf penutup surat lamaran pekerjaan.

Monday, 17 July 2023

Manfaat siswa kelas XII Mempelajari Surat Lamaran Pekerjaan

 Ada beberapa manfaat bagi siswa SMA untuk mempelajari surat lamaran pekerjaan, meskipun mereka belum memasuki dunia kerja secara langsung. Berikut adalah beberapa manfaatnya:


1. Persiapan Karir: Memahami dan mempelajari surat lamaran pekerjaan memberikan siswa SMA pemahaman awal tentang proses mencari pekerjaan. Hal ini membantu mereka mempersiapkan diri untuk masa depan ketika mereka mulai mencari pekerjaan setelah lulus.


2. Keterampilan Komunikasi Tertulis: Surat lamaran pekerjaan merupakan bentuk komunikasi tertulis yang penting dalam dunia profesional. Dengan mempelajari surat lamaran pekerjaan, siswa dapat mengembangkan keterampilan menulis yang baik, termasuk kemampuan dalam mengatur kata-kata dengan jelas, menggambarkan pengalaman dan kualifikasi mereka, serta menyampaikan pesan dengan efektif.


3. Penyadaran Tentang Diri Sendiri: Dalam menyusun surat lamaran pekerjaan, siswa perlu merenungkan diri mereka sendiri, mengidentifikasi kekuatan, keterampilan, dan pengalaman yang mereka miliki. Proses ini membantu siswa memahami diri mereka sendiri secara lebih baik dan mengenali apa yang membuat mereka unik dan berharga dalam konteks profesional.


4. Peningkatan Kepercayaan Diri: Melalui latihan menulis surat lamaran pekerjaan, siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam menyampaikan pesan dan presentasi diri. Mereka belajar untuk menjual diri mereka sendiri dengan meyakinkan, yang dapat menjadi aset berharga ketika mereka berhadapan dengan wawancara kerja di masa depan.


5. Memahami Standar dan Etika: Surat lamaran pekerjaan memiliki aturan dan etika yang harus diikuti. Dengan mempelajari sistematika dan standar dalam menyusun surat lamaran pekerjaan, siswa akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang norma-norma profesional dan etika dalam mencari pekerjaan.


6. Kesempatan Magang dan Pengalaman Kerja: Memiliki pemahaman tentang surat lamaran pekerjaan dapat memberikan siswa kesempatan untuk melamar magang atau pengalaman kerja yang relevan dengan bidang yang diminati. Surat lamaran yang baik dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima dalam program magang atau pekerjaan sementara di masa sekolah.


Pemahaman tentang surat lamaran pekerjaan membantu siswa SMA mempersiapkan diri secara lebih baik untuk masa depan karir mereka. Meskipun mereka belum mencari pekerjaan sekarang, keterampilan ini akan bermanfaat ketika mereka memasuki dunia kerja nanti.

contoh verba material, mental, dan relasional

Berikut adalah contoh verba material, mental, dan relasional dalam bahasa Indonesia:


Verba Material:

1. Makan

2. Minum

3. Berlari

4. Menulis

5. Membaca

6. Memasak

7. Memanjat

8. Memainkan

9. Menggambar

10. Mengemudi


Verba Mental:

1. Berpikir

2. Mempertimbangkan

3. Mengingat

4. Merencanakan

5. Mengkhayalkan

6. Memahami

7. Menganalisis

8. Menafsirkan

9. Menghargai

10. Mempertanyakan


Verba Relasional:

1. Adalah

2. Menjadi

3. Terlihat

4. Merasa

5. Berada

6. Tampak

7. Terhubung

8. Mengenali

9. Mempercayai

10. Melibatkan


Contoh kalimat dengan menggunakan verba-verb tersebut:


Verba Material:

1. Saya makan nasi untuk sarapan.

2. Anak-anak minum jus jeruk di taman.

3. Dia berlari dengan cepat di lapangan.

4. Saya menulis surat kepada teman saya.

5. Ia sedang membaca buku di perpustakaan.

6. Ibu memasak makanan lezat untuk makan malam.

7. Anak itu memanjat pohon tinggi.

8. Mereka sedang memainkan permainan kartu.

9. Kakak perempuan saya menggambar gambar pemandangan.

10. Saya belajar mengemudi mobil.


Verba Mental:

1. Saya berpikir tentang rencana liburan.

2. Kami mempertimbangkan semua opsi sebelum membuat keputusan.

3. Saya mengingat wajah teman sekolah saya.

4. Ibu sedang merencanakan pesta ulang tahun adik saya.

5. Anak itu suka mengkhayalkan petualangan di luar angkasa.

6. Saya memahami konsep matematika yang diajarkan di sekolah.

7. Guru sedang menganalisis hasil ujian siswa.

8. Ahli bahasa menafsirkan arti dari teks sastra tersebut.

9. Kami menghargai bantuan yang diberikan oleh relawan.

10. Saya mempertanyakan kebenaran berita yang saya baca.


Verba Relasional:

1. Buku itu adalah novel terkenal.

2. Dia menjadi seorang guru setelah lulus kuliah.

3. Rupanya dia terlihat bahagia dalam foto itu.

4. Saya merasa senang setelah menyelesaikan tugas.

5. Rumah kami berada di pinggir kota.

6. Lukisan itu tampak indah di dinding.

7. Hubungan kami sangat terhubung melalui teknologi.

8. Saya mengenali suara itu sebagai teman lama.

9. Saya mempercayai kemampuan tim tersebut dalam proyek ini.

10. Diskusi ini melibatkan banyak orang dari berbagai latar belakang.


Verba-verba tersebut menggambarkan berbagai tindakan, kegiatan mental, dan hubungan antara objek atau subjek dalam kalimat.

Manfaat Projek penguatan profil pelajar Pancasila

 Manfaat Projek penguatan profil pelajar Pancasila


Projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang memiliki pemahaman dan komitmen yang kuat terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat kesadaran, pemahaman, dan pengamalan Pancasila di kalangan pelajar sebagai pondasi yang kuat dalam pembentukan karakter dan moralitas mereka.


Proyek ini memiliki beberapa manfaat penting. Berikut adalah beberapa di antaranya:


1. Memperkuat Identitas Nasional: Pelajar yang memiliki profil yang kuat dalam Pancasila akan lebih terhubung dengan identitas nasional mereka. Mereka akan memahami nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang menjadi dasar negara Indonesia, seperti persatuan, keadilan sosial, demokrasi, dan keragaman budaya.


2. Pembentukan Karakter yang Baik: Pelajar yang mendalami Pancasila akan dikembangkan dengan karakter yang baik. Mereka akan memahami pentingnya integritas, rasa tanggung jawab, dan sikap saling menghormati. Ini membantu dalam membentuk kepribadian yang baik, berkomitmen pada kejujuran, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.


3. Penguatan Toleransi dan Persatuan: Pancasila mengajarkan nilai-nilai persatuan dan keragaman. Dalam mempelajari dan menghayati Pancasila, pelajar akan mengembangkan sikap toleransi terhadap perbedaan suku, agama, ras, dan budaya. Hal ini penting dalam membangun masyarakat yang inklusif dan harmonis di Indonesia.


4. Peningkatan Kepemimpinan: Pelajar yang memiliki profil Pancasila yang kuat akan lebih mampu menjadi pemimpin masa depan yang baik. Mereka akan menginternalisasi nilai-nilai kepemimpinan yang berdasarkan Pancasila, seperti keadilan, kebijaksanaan, keberanian, dan keadilan sosial. Ini akan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan kompleks dalam kepemimpinan di berbagai bidang.


5. Pengamalan Nilai-Nilai Moral: Pancasila juga mengandung nilai-nilai moral yang mendasar. Melalui penguatan profil pelajar Pancasila, pelajar akan diajarkan untuk hidup dengan jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan menghormati hak-hak orang lain. Hal ini membantu menciptakan generasi muda yang memiliki kesadaran moral yang tinggi.


Secara keseluruhan, proyek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki tujuan yang mulia dalam membangun generasi muda yang memiliki pemahaman mendalam, komitmen, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Dengan melibatkan pelajar dalam mempelajari Pancasila, diharapkan mereka akan menjadi warga negara yang bertanggung jawab, toleran, dan berkontribusi positif dalam membangun bangsa Indonesia.

Sunday, 16 July 2023

Analisis laporan hasil observasi Tonggeret

 Analisis laporan hasil observasi Tonggeret


Tonggeret (Cicadidae) merupakan serangga yang memiliki suara. paling nyaring. Terdapat lebih dari 2.000 jenis tonggeret yang hidup di dunia. Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang berbeda. 


Tonggeret mampu menghasilkan suara nyaring lantaran memiliki tymbal yang terdapat dalam perut. Organ itu berupa membran yang dilengkapi dengan otot-otot penggerak. Ketika otot- otot itu digerakkan, membran akan bergetar. Getaran itulah yang menghasilkan suara. Suara itu dapat semakin keras karena perut tonggeret memiliki rongga udara yang berfungsi seperti amplifier. Rongga itu memperkuat suara yang dihasilkan oleh getaran tymbal.


Hanya tonggeret jantan yang bersuara nyaring. Mereka menge- luarkan suara begitu keras untuk menarik perhatian tonggeret betina. Setiap jenis tonggeret memiliki suara yang unik. Tonggeret tidak dapat kawin dengan jenis yang berbeda. Selain untuk menarik perhatian betina, suara nyaring tersebut pun berguna untuk melindungi mereka dari serangan burung yang akan memangsanya.


Tonggeret dewasa hidup di pepohonan hanya selama 2 - 4 pekan. Beberapa hari setelah kawin, mereka akan mati. Beberapa spesies, bahkan cuma bertahan 3-4 hari. Saat bertelur, tonggeret betina menempelkan telur-telurnya di cabang atau batang pohon dan rerumputan. Namun setelah menetas, nimfa yang dihasilkan jatuh ke tanah. Mereka lalu menggali lubang sedalam 30-50 cm dan hidup dalam tanah selama 2-3 tahun. Namun, ada juga jenis tonggeret di Amerika Serikat yang dapat hidup di dalam tanah hingga 17 tahun. Tonggeret menyukai temperatur hangat, 24- 30°C untuk tumbuh optimal. Pada kondisi itu, nimfa akan keluar dari tanah dan tumbuh menjadi dewasa. Tonggeret termasuk jenis hewan herbivora. Tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang pohon menggunakan mulutnya yang seperti jarum. Saat masih berbentuk nimfa, tonggeret menghisap cairan dari akar pohon untuk bertahan hidup.


Petani kerap memanfaatkan suara keras tonggeret sebagai pertanda kemarau akan datang. Bunyi tonggeret ramai terdengar di penghujung musim hujan alias saat cuaca mulai panas. Saat tonggeret banyak bersuara, petani akan bersiap untuk bertanam palawija, seperti: jagung dan kacang, karena musim kemarau akan segera datang. Sayangnya, perubahan iklim menyebabkan suara tonggeret tidak lagi teratur sehingga tidak dapat lagi digunakan.


Analisislah struktur teks laporan hasil observasi tersebut!


Teks laporan hasil observasi mengenai tonggeret telah mencakup berbagai aspek yang relevan dengan subjek yang diamati. Berikut adalah analisis struktur teks laporan tersebut:


1. Pendahuluan:

   - Menyampaikan informasi umum tentang tonggeret sebagai serangga yang memiliki suara paling nyaring.

   - Menyebutkan jumlah jenis tonggeret yang ada di dunia dan bahwa setiap jenis memiliki suara yang berbeda.


2. Penjelasan Mengenai Suara Tonggeret:

   - Menggambarkan struktur dan mekanisme tymbal dalam perut tonggeret yang menghasilkan suara.

   - Menyebutkan bahwa suara tonggeret semakin keras karena adanya rongga udara yang berfungsi sebagai amplifier.


3. Suara Tonggeret Jantan:

   - Menjelaskan bahwa hanya tonggeret jantan yang bersuara nyaring untuk menarik perhatian tonggeret betina.

   - Menyebutkan bahwa setiap jenis tonggeret memiliki suara yang unik.

   - Menjelaskan bahwa suara nyaring tersebut juga berfungsi untuk melindungi tonggeret dari serangan burung.


4. Siklus Hidup Tonggeret:

   - Menjelaskan masa hidup tonggeret dewasa yang terbatas, hanya 2-4 pekan.

   - Menjelaskan bahwa setelah kawin, tonggeret dewasa akan mati.

   - Menggambarkan proses bertelur dan perkembangan nimfa tonggeret yang hidup dalam tanah selama beberapa tahun sebelum tumbuh menjadi dewasa.


5. Pola Makan Tonggeret:

   - Menyebutkan bahwa tonggeret merupakan hewan herbivora.

   - Menjelaskan bahwa tonggeret dewasa mengisap sari makanan dari batang pohon, sedangkan nimfa menghisap cairan dari akar pohon.


6. Peran Suara Tonggeret dalam Pertanian:

   - Menjelaskan bahwa petani menggunakan suara keras tonggeret sebagai pertanda kemarau akan datang.

   - Menyebutkan bahwa perubahan iklim telah mempengaruhi keberadaan dan pola suara tonggeret.


7. Penutup:

   - Mengakhiri laporan dengan menyampaikan analisis struktur teks laporan hasil observasi tersebut.


Secara keseluruhan, struktur teks laporan tersebut terdiri dari pendahuluan yang memberikan konteks, penjelasan mengenai suara tonggeret, peran suara tonggeret dalam komunikasi dan pertanian, serta deskripsi tentang siklus hidup dan pola makan tonggeret. Laporan tersebut diakhiri dengan penutup yang mencakup analisis struktur teks.

20 soal kumpulan soal bahasa Indonesia beserta kunci jawaban dan pembahasannya mengenai belalang anggrek

 Belalang Anggrek

Kumpulan soal bahasa


Teman-teman, kali ini saya akan menyampaikan laporan hasil observasi yang telah dilakukan beberapa waktu lalu. Objek yang diobservasi adalah belalang anggrek. Pertama-tama, saya akan menyampaikan informasi umum terkait dengan belalang anggrek. Belalang anggrek atau Hymenopus Coronatus adalah salah satu jenis belalang sentadu atau belalang sembah yang hidup di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya. Seperti namanya, belalang ini memiliki bentuk dan warna yang menyerupai bunga anggrek.


Pada bagian berikutnya, saya akan menjelaskan ciri khas belalang anggrek yang terdiri atas bagian tubuh, bentuk tubuh, makanan, dan daur hidupnya. Bagian tubuh belalang anggrek terdiri atas kepala, toraks, dan abdomen. Di bagian kepala terdapat mata majemuk, mulut, dan dua buah antena seperti benang. Seperti jenis belalang sentadu lainnya, kepala belalang anggrek dapat berputar 360°. Di bagian toraks terdapat tiga pasang kaki. Kaki depan belalang anggrek yang panjang dan kuat dilengkapi dengan duri dan capit. Belalang anggrek memiliki dua pasang sayap yang menutupi bagian abdomennya. Sayap depan berfungsi melindungi sayap belakang sehingga teksturnya lebih keras.


Ukuran tubuh belalang anggrek berbeda antara jantan dan betina. Panjang tubuh belalang anggrek jantan sekitar 2,5-3 cm, sedangkan betina 6-7 cm. Tubuh mereka berwarna putih dengan aksen merah muda lembut atau cerah. Beberapa belalang, bahkan berwarna benar-benar putih atau merah jambu. Namun, belalang anggrek dapat mengubah warna tubuhnya dalam hitungan sehari, bergantung pada kondisi lingkungan, seperti kelembapan dan kondisi cahaya.



Belalang anggrek merupakan predator polifagus atau pemakan beberapa jenis mangsa. Mereka memangsa serangga lain yang ber- tubuh lebih kecil, seperti jangkrik, capung, lebah, dan lalat. Belalang anggrek menggunakan bentuk dan warna tubuhnya untuk menarik perhatian mangsa. Saat mangsa mendekat, mereka akan meng- gunakan kaki depannya untuk menangkapnya. Belalang sembah hanya memangsa hewan yang masih hidup.


Belalang anggrek merupakan hewan yang mengalami meta- morfosis tidak sempurna. Fase hidupnya terdiri dari telur, nimfa, dan dewasa. Belalang betina dapat bertelur sampai 300 butir. Telur tersebut diletakkan dalam sarang berbentuk buih putih yang disebut ooteka. Ooteka lama-lama akan mengeras dan melindungi telur-telur dari panas dan hujan. Telur-telur tersebut membutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk menetas. Saat menetas, nimfa belalang sembah sudah menyerupai belalang anggrek dewasa. Itulah mengapa belalang anggrek disebut mengalami metamorfosis tidak sempurna.


Sebagai penutup, saya akan menyampaikan manfaat belalang anggrek. Belalang anggrek berguna bagi manusia untuk membasmi hama berupa serangga. Karena keindahannya, belalang anggrek juga dijadikan peliharaan.


Demikian laporan hasil observasi saya. Terima kasih atas perhatian teman-teman semua.


Berdasarkan teks tersebut kerjakan soal berikut ini!


Tentulah! Berikut adalah 20 soal pilihan ganda beserta kunci jawaban dan pembahasannya berdasarkan informasi yang diberikan:


1. Apa yang dimaksud dengan belalang anggrek?

a. Jenis belalang yang hidup di Indonesia dan Asia Tenggara.

b. Belalang yang memiliki bentuk dan warna menyerupai bunga anggrek.

c. Belalang yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari belalang lainnya.

d. Belalang yang hanya memakan serangga yang hidup di tanah.

e. Semua jawaban di atas.


Jawaban: e. Semua jawaban di atas.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek adalah jenis belalang yang hidup di Indonesia dan Asia Tenggara, memiliki bentuk dan warna menyerupai bunga anggrek, dan memiliki ukuran tubuh yang berbeda antara jantan dan betina.


2. Bagian tubuh belalang anggrek terdiri atas...

a. Kepala, toraks, dan abdomen.

b. Kepala, sayap, dan kaki.

c. Kepala, thorax, dan ekor.

d. Kepala, kaki, dan ekor.

e. Semua jawaban di atas.


Jawaban: a. Kepala, toraks, dan abdomen.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa bagian tubuh belalang anggrek terdiri atas kepala, toraks, dan abdomen.


3. Apa yang dimaksud dengan ooteka?

a. Bentuk tubuh belalang anggrek.

b. Sayap depan belalang anggrek.

c. Sarang berbentuk buih putih tempat meletakkan telur.

d. Bagian kepala belalang anggrek.

e. Semua jawaban di atas.


Jawaban: c. Sarang berbentuk buih putih tempat meletakkan telur.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa ooteka adalah sarang berbentuk buih putih tempat belalang anggrek meletakkan telur.


4. Ukuran tubuh belalang anggrek berbeda antara jantan dan betina. Panjang tubuh belalang anggrek jantan sekitar...

a. 1-2 cm

b. 2,5-3 cm

c. 4-5 cm

d. 6-7 cm

e. 8-9 cm


Jawaban: b. 2,5-3 cm.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa panjang tubuh belalang anggrek jantan sekitar 2,5-3 cm.


5. Bagian tubuh belalang anggrek yang berfungsi melindungi sayap belakang adalah...

a. Mata majemuk.

b. Sayap depan.

c. Kaki depan.

d. Antena.

e. Capit.


Jawaban: b. Sayap depan.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa sayap depan belalang anggrek berfungsi melindungi sayap belakang sehingga teksturnya lebih keras.


6. Belalang anggrek memangsa serangga lain yang berukuran...

a. Lebih besar dari mereka.

b. Lebih kecil dari mereka.

c. Sama dengan mereka.

d. Bergantung pada spesies belalang anggrek.

e. Tidak ada informasi yang disebutkan.


Jawaban: b. Lebih kecil dari mereka.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek memangsa serangga lain yang berukuran lebih kecil dari mereka, seperti jangkrik, capung, lebah, dan lalat.


7. Dalam fase hidupnya, belalang anggrek mengalami metamorfosis...

a. Sempurna.

b. Tidak sempurna.

c. Parsial.

d. Bergantung pada kondisi lingkungan.

e. Tidak ada informasi yang disebutkan.


Jawaban: b. Tidak sempurna.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek mengalami metamorfosis tidak sempurna, dengan fase hidup yang terdiri dari telur, nimfa, dan dewasa.


8. Belalang betina anggrek dapat bertelur hingga...

a. 50 butir.

b. 100 butir.

c. 200 butir.

d. 300 butir.

e. 400 butir.


Jawaban: d. 300 butir.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang betina anggrek dapat bertelur hingga 300 butir.


9. Telur-telur belalang anggrek diletakkan dalam sarang berbentuk buih putih yang disebut...

a. Ooteka.

b. Antena.

c. Capit.

d. Capit.

e. Thorax.


Jawaban: a. Ooteka.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa telur-telur belalang anggrek diletakkan dalam sarang berbentuk buih putih yang disebut ooteka.


10. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menetasnya telur belalang anggrek?

a. 1 minggu.

b. 2 minggu.

c. 4 minggu.

d. 6 minggu.

e. 8 minggu.


Jawaban: d. 6 minggu.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa telur-telur belalang anggrek membutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk menetas.


11. Saat menetas, nimfa belalang sembah sudah menyerupai belalang anggrek...

a. Jantan.

b. Betina.

c. Tergantung pada jenis kelamin induk.

d. Tidak ada informasi yang disebutkan.

e. Semua jawaban di atas.


Jawaban: e. Semua jawaban di atas.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, tidak disebutkan perbedaan antara nimfa belalang sembah yang menyerupai belalang anggrek jantan atau betina.


12. Manfaat belalang anggrek bagi manusia adalah...

a. Sebagai hewan peliharaan yang dapat menghibur.

b. Se


bagai pemangsa hama serangga.

c. Sebagai penghasil bahan pangan.

d. Sebagai hewan penyerbuk tanaman.

e. Semua jawaban di atas.


Jawaban: e. Semua jawaban di atas.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek berguna bagi manusia sebagai pemangsa hama serangga dan juga dijadikan peliharaan karena keindahannya.


13. Bentuk tubuh belalang anggrek dapat berubah sesuai dengan...

a. Suhu lingkungan.

b. Kelembapan lingkungan.

c. Kondisi cahaya.

d. Semua jawaban di atas.

e. Tidak ada informasi yang disebutkan.


Jawaban: d. Semua jawaban di atas.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa bentuk tubuh belalang anggrek dapat berubah bergantung pada kondisi lingkungan seperti suhu, kelembapan, dan kondisi cahaya.


14. Fungsi sayap depan belalang anggrek adalah...

a. Melindungi tubuh belalang dari hujan.

b. Mempermudah belalang dalam bergerak.

c. Menarik perhatian mangsa saat berburu.

d. Menjaga keseimbangan saat terbang.

e. Menghasilkan suara untuk komunikasi.


Jawaban: a. Melindungi tubuh belalang dari hujan.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa sayap depan belalang anggrek berfungsi melindungi sayap belakang dari kerusakan dan kondisi lingkungan seperti hujan.


15. Belalang anggrek memangsa serangga yang masih...

a. Hidup.

b. Mati.

c. Tergantung pada jenis serangga tersebut.

d. Tidak ada informasi yang disebutkan.

e. Semua jawaban di atas.


Jawaban: a. Hidup.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek hanya memangsa serangga yang masih hidup.


16. Belalang anggrek termasuk dalam kelompok pemangsa hama karena...

a. Mereka memangsa serangga yang lebih besar dari mereka.

b. Mereka hanya memangsa serangga yang hidup di tanah.

c. Mereka memakan beberapa jenis serangga yang berukuran lebih kecil.

d. Mereka dapat berputar kepala hingga 360°.

e. Tidak ada informasi yang disebutkan.


Jawaban: c. Mereka memakan beberapa jenis serangga yang berukuran lebih kecil.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek memangsa serangga lain yang berukuran lebih kecil daripada mereka, seperti jangkrik, capung, lebah, dan lalat.


17. Belalang anggrek mengalami metamorfosis...

a. Sempurna.

b. Tidak sempurna.

c. Parsial.

d. Bergantung pada kondisi lingkungan.

e. Tidak ada informasi yang disebutkan.


Jawaban: b. Tidak sempurna.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang anggrek mengalami metamorfosis tidak sempurna, dengan fase hidup yang terdiri dari telur, nimfa, dan dewasa.


18. Belalang betina anggrek dapat bertelur hingga...

a. 50 butir.

b. 100 butir.

c. 200 butir.

d. 300 butir.

e. 400 butir.


Jawaban: d. 300 butir.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa belalang betina anggrek dapat bertelur hingga 300 butir.


19. Telur-telur belalang anggrek diletakkan dalam sarang berbentuk buih putih yang disebut...

a. Ooteka.

b. Antena.

c. Capit.

d. Capit.

e. Thorax.


Jawaban: a. Ooteka.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa telur-telur belalang anggrek diletakkan dalam sarang berbentuk buih putih yang disebut ooteka.


20. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menetasnya telur belalang anggrek?

a. 1 minggu.

b. 2 minggu.

c. 4 minggu.

d. 6 minggu.

e. 8 minggu.


Jawaban: d. 6 minggu.


Pembahasan: Dalam laporan observasi, dijelaskan bahwa telur-telur belalang anggrek membutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk menetas.


Itu dia 20 soal kumpulan soal bahasa Indonesia beserta kunci jawaban dan pembahasannya mengenai belalang anggrek berdasarkan informasi yang diberikan. Semoga bermanfaat!


Kumpulan soal teks laporan hasil observasi

Kumpulan soal teks laporan hasil observasi



Laporan Hasil Observasi Ruang Kelas X B


1. Definisi Umum:

Ruang Kelas X B adalah sebuah kelas yang terletak di selatan lapangan futsal. Ruangan ini memiliki ukuran 9x10 meter dan dirancang untuk menampung 36 siswa.


2. Deskripsi Bagian:

Ruang Kelas X B terdiri dari beberapa bagian penting yang membuatnya menjadi lingkungan belajar yang efektif. Bagian-bagian tersebut meliputi:


   a. Luas Ruangan: Ruang Kelas X B memiliki luas 9x10 meter, yang memberikan ruang yang cukup untuk semua siswa dan peralatan pembelajaran yang diperlukan.


   b. Peralatan Pembelajaran: Di dalam ruangan ini terdapat meja dan kursi yang cukup untuk 36 siswa, papan tulis, proyektor, dan peralatan audiovisual lainnya yang mendukung proses pengajaran.


   c. Pencahayaan dan Ventilasi: Ruang Kelas X B dilengkapi dengan jendela yang memungkinkan masuknya cahaya alami dan sirkulasi udara yang baik. Hal ini membantu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyegarkan.


   d. Tata Letak: Ruang Kelas X B didesain dengan tata letak yang memperhatikan kebutuhan belajar siswa. Meja dan kursi disusun sedemikian rupa agar memungkinkan kolaborasi dan interaksi antar siswa serta memudahkan akses ke guru.


3. Deskripsi Manfaat:

Ruang Kelas X B memberikan sejumlah manfaat yang signifikan dalam proses pembelajaran siswa. Beberapa manfaat tersebut meliputi:


   a. Lingkungan Belajar yang Nyaman: Dengan pencahayaan yang baik, ventilasi yang cukup, dan tata letak yang sesuai, Ruang Kelas X B menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi siswa. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus siswa selama proses pembelajaran.


   b. Fasilitas Pembelajaran yang Lengkap: Adanya peralatan pembelajaran seperti papan tulis, proyektor, dan peralatan audiovisual memungkinkan guru untuk menyampaikan materi dengan cara yang lebih interaktif dan menarik. Ini dapat membantu siswa memahami konsep secara lebih baik.


   c. Kolaborasi dan Interaksi Antar Siswa: Tata letak yang disusun dengan baik memfasilitasi kolaborasi dan interaksi antar siswa. Siswa dapat dengan mudah berdiskusi, bekerja sama dalam kelompok, dan saling membantu dalam memecahkan masalah. Ini dapat mengembangkan keterampilan sosial dan kerjasama siswa.


   d. Kesejahteraan dan Kesehatan Siswa: Lingkungan belajar yang nyaman, pencahayaan yang baik, dan ventilasi yang cukup juga berkontribusi pada kesejahteraan dan kesehatan siswa. Siswa dapat merasa lebih segar dan energik selama proses pembelajaran.


Dengan demikian, Ruang Kelas X B merupakan lingkungan belajar yang efektif dengan ukuran yang memadai, peralatan pembelajaran yang lengkap, dan manfaat yang signifikan bagi siswa.



Jawablah pertanyaan berikut ini


Berikut adalah 10 soal pilihan ganda beserta kunci jawaban (termasuk opsi 'e') untuk laporan hasil observasi Ruang Kelas X B:


1. Bagian penting Ruang Kelas X B yang menciptakan suasana belajar yang nyaman adalah...

   a. Luas ruangan

   b. Peralatan pembelajaran

   c. Pencahayaan dan ventilasi

   d. Tata letak

   e. Semua jawaban benar


   Jawaban: e. Semua jawaban benar


2. Berapa ukuran luas Ruang Kelas X B?

   a. 9x10 meter

   b. 10x10 meter

   c. 9x9 meter

   d. 10x9 meter

   e. Tidak diketahui


   Jawaban: a. 9x10 meter


3. Peralatan pembelajaran yang tersedia di Ruang Kelas X B meliputi...

   a. Meja dan kursi

   b. Proyektor

   c. Papan tulis

   d. Semua jawaban benar

   e. Tidak ada peralatan pembelajaran


   Jawaban: d. Semua jawaban benar


4. Fungsi jendela pada Ruang Kelas X B adalah untuk...

   a. Menambah keindahan ruangan

   b. Memudahkan akses ke guru

   c. Meningkatkan sirkulasi udara dan masuknya cahaya alami

   d. Mengurangi kebisingan dari luar ruangan

   e. Tidak ada fungsi khusus


   Jawaban: c. Meningkatkan sirkulasi udara dan masuknya cahaya alami


5. Tata letak Ruang Kelas X B didesain sedemikian rupa agar memudahkan...

   a. Kolaborasi dan interaksi antar siswa

   b. Gerakan siswa di dalam ruangan

   c. Pembagian tugas antara siswa dan guru

   d. Pemisahan antara siswa laki-laki dan perempuan

   e. Tidak ada kemudahan khusus


   Jawaban: a. Kolaborasi dan interaksi antar siswa


6. Manfaat dari Ruang Kelas X B yang nyaman adalah dapat meningkatkan...

   a. Konsentrasi dan fokus siswa

   b. Jumlah siswa dalam kelas

   c. Luas ruangan

   d. Kreativitas siswa

   e. Semua jawaban benar


   Jawaban: a. Konsentrasi dan fokus siswa


7. Fasilitas pembelajaran yang tersedia di Ruang Kelas X B bertujuan untuk...

   a. Memudahkan siswa dalam bermain

   b. Mengurangi waktu belajar

   c. Menarik perhatian siswa

   d. Meningkatkan pemahaman siswa

   e. Semua jawaban benar


   Jawaban: d. Meningkatkan pemahaman siswa


8. Tata letak yang baik di Ruang Kelas X B dapat membantu perkembangan keterampilan...

   a. Menyanyi dan menari

   b. Sosial dan kerjasama

   c. Menulis dan membaca

   d. Olahraga dan kebugaran

   e. Tidak ada hubungannya dengan perkembangan keterampilan


   Jawaban: b. Sosial dan kerjasama


9. Ruang Kelas X B memberikan manfaat bagi kesejahteraan dan kesehatan siswa karena...

   a. Memiliki peralatan pembelajaran yang canggih

   b. Terletak di selatan lapangan futsal

   c. Menyediakan makanan sehat bagi siswa

   d. Menyediakan lingkungan belajar yang nyaman

   e. Tidak memberikan manfaat bagi kesejahteraan dan kesehatan siswa


   Jawaban: d. Menyediakan lingkungan belajar yang nyaman


10. Lingkungan belajar yang nyaman di Ruang Kelas X B dapat membuat siswa merasa...

    a. Bosan dan malas belajar

    b. Lebih segar dan energik

    c. Lebih stres dan cemas

    d. Tidak tertarik dengan pelajaran

    e. Tidak ada perasaan khusus


    Jawaban: b. Lebih segar dan energik