Monday 17 July 2023

contoh verba material, mental, dan relasional

Berikut adalah contoh verba material, mental, dan relasional dalam bahasa Indonesia:


Verba Material:

1. Makan

2. Minum

3. Berlari

4. Menulis

5. Membaca

6. Memasak

7. Memanjat

8. Memainkan

9. Menggambar

10. Mengemudi


Verba Mental:

1. Berpikir

2. Mempertimbangkan

3. Mengingat

4. Merencanakan

5. Mengkhayalkan

6. Memahami

7. Menganalisis

8. Menafsirkan

9. Menghargai

10. Mempertanyakan


Verba Relasional:

1. Adalah

2. Menjadi

3. Terlihat

4. Merasa

5. Berada

6. Tampak

7. Terhubung

8. Mengenali

9. Mempercayai

10. Melibatkan


Contoh kalimat dengan menggunakan verba-verb tersebut:


Verba Material:

1. Saya makan nasi untuk sarapan.

2. Anak-anak minum jus jeruk di taman.

3. Dia berlari dengan cepat di lapangan.

4. Saya menulis surat kepada teman saya.

5. Ia sedang membaca buku di perpustakaan.

6. Ibu memasak makanan lezat untuk makan malam.

7. Anak itu memanjat pohon tinggi.

8. Mereka sedang memainkan permainan kartu.

9. Kakak perempuan saya menggambar gambar pemandangan.

10. Saya belajar mengemudi mobil.


Verba Mental:

1. Saya berpikir tentang rencana liburan.

2. Kami mempertimbangkan semua opsi sebelum membuat keputusan.

3. Saya mengingat wajah teman sekolah saya.

4. Ibu sedang merencanakan pesta ulang tahun adik saya.

5. Anak itu suka mengkhayalkan petualangan di luar angkasa.

6. Saya memahami konsep matematika yang diajarkan di sekolah.

7. Guru sedang menganalisis hasil ujian siswa.

8. Ahli bahasa menafsirkan arti dari teks sastra tersebut.

9. Kami menghargai bantuan yang diberikan oleh relawan.

10. Saya mempertanyakan kebenaran berita yang saya baca.


Verba Relasional:

1. Buku itu adalah novel terkenal.

2. Dia menjadi seorang guru setelah lulus kuliah.

3. Rupanya dia terlihat bahagia dalam foto itu.

4. Saya merasa senang setelah menyelesaikan tugas.

5. Rumah kami berada di pinggir kota.

6. Lukisan itu tampak indah di dinding.

7. Hubungan kami sangat terhubung melalui teknologi.

8. Saya mengenali suara itu sebagai teman lama.

9. Saya mempercayai kemampuan tim tersebut dalam proyek ini.

10. Diskusi ini melibatkan banyak orang dari berbagai latar belakang.


Verba-verba tersebut menggambarkan berbagai tindakan, kegiatan mental, dan hubungan antara objek atau subjek dalam kalimat.

No comments:

Post a Comment