Monday 31 July 2023

Menentukan Hal-Hal Menarik dalam Novel Sejarah Kemelut di Majapahit (SH Mintardja)

 Menentukan Hal-Hal Menarik dalam Novel Sejarah Kemelut di Majapahit (SH Mintardja)


Setelah Raden Wijaya berhasil menjadi Raja Majapahit pertama bergelar Kertarajasa Jayawardhana, beliau tidak melupakan jasa-jasa para senopati (perwira) yang setia dan banyak membantunya semenjak dahulu itu membagi bagikan pangkat kepada mereka. Ronggo Lawe diangkat menjadi adipati di Tuban dan yang lain-lain pun diberi pangkat pula. Dan hubungan antara junjungan ini dengan para pembantunya, sejak perjuangan pertama: Raden Wijaya menjadi raja, amatlah erat dan baik.


Akan tetapi, guncangan pertama yang memengaruhi hubungan ini adalah ketika Sang Prabu telah menikah dengan empat putri mendiang Raja Kertanegara, telah menikah lagi dengan seorang putri dari Melayu. Sebelum puteri dari tanah Malayu ini menjadi istrinya yang kelima, Sang Prabu Kertarajasa Jayawardhana telah mengawini semua putri mendiang Raja Kertanegara. Hal ini dilakukannya karena beliau tidak menghendaki adanya dendam dan perebutan kekuasaan kelak.


Keempat orang puteri itu adalah Dyah Tribunan yang menjadi permaisuri yang kedua adalah Dyah Nara Indraduhita, ketiga adalah Dyah Jaya Inderadewi dan yang juga disebut Retno Sutawan atau Rajapatni yang berarti "terkasih karena memang putri bungsu dari mendiang Kertanegara ini menjadi istri yang paling dikasihinya. Dyah Gayatri yang bungsu ini memang cantik jelita seperti seorang dewi kahyangan, terkenal di seluruh negeri dan kecantikannya dipuja-puja oleh para sastrawan di masa itu. Akan tetapi, datanglah pasukan yang beberapa tahun lalu diutus oleh mendiang Sang Prabu Kertanegara ke negeri Malayu. Pasukan ini dinamakan pasukan Pamalayu yang dipimpin oleh seorang senopati perkasa bernama Kebo Anabrang atau juga Mahisa Anabrang, nama yang diberikan oleh Sang Prabu mengingat akan tugasnya menyeberang (anabrang) ke negeri Malayu. Pasukan ekspedisi yang berhasil baik ini membawa pulang pula dua orang putri bersaudara. Putri yaitu yang muda bernama Dara Petak, Sang Prabu Kertarajasa terpikat hatinya yang oleh kecantikan sang putri ini, maka diambillah Dyah Dara Petak menjadi kedua istrinya yang kelima. Segera ternyata bahwa Dara Petak menjadi saingan yang paling kuat dari Dyah Gayatri, karena Dara Petak memang cantik jelita dan pandai membawa diri. Sang Prabu sangat mencintai istri termuda ini yang setelah diperisteri oleh Sang Baginda, lalu diberi nama Sri Indraswari.


Terjadilah persaingan di antara para istri ini, yang tentu saja dilakukan secara diam-diam namun cukup seru, persaingan dalam memperebutkan cinta kasih dan perhatian Sri Baginda yang tentu saja akan mengangkat derajat dan kekuasaan masing-masing. Kalau Sang Prabu sendiri kurang menyadari akan persaingan ini, pengaruh persaingan itu terasa benar oleh para senopati dan mulailah terjadi perpecahan diam-diam di antara mereka sebagai pihak yang bercondong kepada Dyah Gayatri keturunan mendiang Sang Prabu Kertanegara, dan kepada Dara Petak keturunan Malayu.


Tentu saja Ronggo Lawe, sebagai seorang yang amat setia sejak zaman Prabu Kertanegara, berpihak kepada Dyah Gayatri. Namun, karena segan kepada Sang Prabu Kertarajasa yang bijaksana, persaingan dan kebencian yang dilakukan secara diam-diam itu tidak sampai menjalar menjadi permusuhan terbuka. Kiranya tidak ada terjadi hal-hal yang lebih hebat sebagai akibat masuknya Dara Petak ke dalam kehidupan Sang Prabu, sekiranya tidak terjadi hal yang membakar hati Ronggo Lawe, yaitu pengangkatan patih hamangku bumi, yaitu Patih Kerajaan Mojapahit. Yang diangkat oleh Sang Prabu menjadi pembesar yang tertinggi dan paling berkuasa sesudah raja yaitu Senopati Nambi.


Pengangkatan ini memang banyak terpengaruh oleh bujukan Dara Petak. Mendengar akan pengangkatan patih ini, merahlah muka Adipati Ronggo Lawe. Ketika mendengar berita ini dia sedang makan, seperti biasa dilayani oleh kedua orang istrinya yang setia, yaitu Dewi Mertorogo dan Tirtowati. Mendengar berita itu dari seorang penyelidik yang datang menghadap pada waktu sang adipati sedang makan, Ronggo Lawe marah bukan main. Nasi yang sudah dikepalnya itu dibanting ke atas lantai dan karena dalam kemarahan tadi sang adipati menggunakan aji kedigdayaannya, maka nasi sekepal itu amblas ke dalam lantai. Kemudian terdengar bunyi berkerotok dan ujung meja diremasnya menjadi hancur.


"Kakangmas adipati harap Paduka tenang ." Dewi Mertorogo menghibur suaminya. "Ingatlah, Kakangmas Adipati ... sungguh merupakan hal yang kurang baik mengembalikan berkah ibu pertiwi secara itu..." Tirtowati juga memperingatkan karena melempar nasi ke atas lantai seperti itu penghinaan terhadap Dewi Sri dan dapat menjadi kualat. Akan tetapi, Adipati Ronggo Lawe bangkit berdiri, membiarkan kedua tangannya dicuci oleh kedua orang istrinya yang berusaha menghiburnya. "Aku harus pergi sekarang juga!" katanya. "Pengawal lekas suruh persiapkan si Mego Lamat di depan! Aku akan berangkat ke Mojopahit sekarang juga!" Mego Lamat adalah satu di antara kuda-kuda kesayangan Adipati Ronggo Lawe, seekor kuda yang amat indah dan kuat, warna bulunya abu-abu muda. Semua cegahan kedua istrinya sama sekali tidak didengarkan oleh adipati yang sedang marah itu.


Tak lama kemudian, hanya suara derap kaki Mego Lamat yang berlari congkalang yang memecah kesunyian gedung kadipaten itu, mengiris perasaan dua orang istri yang mencinta dan mengkhawatirkan keselamatan suami mereka yang marah-marah itu. Pada waktu itu, sang Prabu sedang dihadap oleh para senopati dan punggawa. Semua penghadap adalah bekas kawan-kawan seperjuangan Ronggo Lawe dan mereka ini terkejut sekali ketika melihat Ronggo Lawe datang menghadap raja tanpa dipanggil, padahal sudah agak lama Adipati Tuban ini tidak datang menghadap Sri Baginda. Sang Prabu sendiri juga memandang dengan alis berkerut tanda tidak berkenan hatinya, namun karena Ronggo Lawe pernah menjadi tulang punggungnya di waktu beliau masih berjuang dahulu, sang Prabu mengusir ketidaksenangan hatinya dan segera menyapa Ronggo Lawe. Di dalam kemarahan dan kekecewaan, Adipati Ronggo Lawe masih ingat untuk menghanturkan sembahnya, tetapi setelah semua salam tata susila ini selesai, serta merta Ronggo Lawe menyembah dan berkata dengan suara lantang, "Hamba sengaja datang menghadap Paduka untuk mengingatkan Paduka dari kekhilafan yang paduka lakukan di luar kesadaran Paduka!" Semua muka para penghadap raja menjadi pucat mendengar ucapan ini, dan semua jantung di dalam dada berdebar tegang. Mereka semua mengenal belaka sifat dan watak Ronggo Lawe, banteng Mojopahit yang gagah perkasa dan selalu terbuka, polos dan jujur, tanpa tedeng aling-aling lagi dalam mengemukakan suara hatinya, tidak akan mundur setapak pun dalam membela hal yang dianggap benar. Sang Prabu sendiri memandang dengan mata penuh perhatian, kemudian dengan suara tenang bertanya, "Kakang Ronggo Lawe, apakah maksudmu dengan ucapan itu?"


"Yang hamba maksudkan tidak lain adalah pengangkatan Nambi sebagai pepatih paduka! Keputusan yang paduka ambil ini sungguh-sungguh tidak tepat, tidak bijaksana dan hamba yakin bahwa paduka tentu telah terbujuk dan dipengaruhi oleh suara dari belakang! Pengangkatan Nambi sebagai patih hamangkubumi sungguh merupakan kekeliruan yang besar sekali, tidak tepat dan tidak adil, padahal Paduka terkenal sebagai seorang Maharaja yang arit bijaksana dan adil!"


Hebat bukan main ucapan Ronggo Lawe ini! Seorang adipati, tanpa dipanggil, berani datang menghadap sang Prabu dan melontarkan teguran- teguran seperti itu! Muka Patih Nambi sebentar pucat sebentar merah, kedua tangannya dikepal dan dibuka dengan jari-jari gemetar. Senopati Kebo Anabrang mukanya menjadi merah seperti udang direbus, matanya yang lebar itu seperti mengeluarkan api ketika dia mengerling ke arah Ronggo Lawe: Lembu Sora yang sudah tua itu menjadi pucat mukanya, tak mengira dia bahwa keponakannya itu akan seberani itu. Senopati-senopati Gagak Sarkoro dan Mayang Mekar juga memandang dengan mata terbelalak Pendeknya, semua senopati dan pembesar yang saat itu menghadap sang prabu dan mendengar ucapan-ucapan Ronggo Lawe, semua terkejut dan sebagian besar marah sekali, tetapi mereka tidak berani mencampuri karena mereka menghormat sang Prabu. Akan tetapi, sang Prabu Kertarajasa tetap tenang, bahkan tersenyum memandang kepada Ronggo Lawe, ponggawanya yang dia tahu amat setia kepadanya itu, lalu berkata halus, "Kakang Ronggo Lawe, tindakanku mengangkat kakang Nambi sebagai patih hamangkubumi, bukanlah merupakan tindakan ngawur belaka, melainkan telah merupakan suatu keputusan yang telah dipertimbangkan masak-masak, bahkan telah mendapatkan persetujuan dari semua paman dan kakang senopati dan semua pembantuku. Bagaimana Kakang Ronggo Lawe dapat mengatakan bahwa pengangkatan itu tidak tepat dan tidak adil?" Dengan muka merah, kumisnya yang seperti kumis Sang Gatotkaca itu bergetar, napas memburu karena desakan amarah, Ronggo Lawe berkata lantang, "Tentu saja tidak tepat! Paduka sendiri tahu siapa si Nambi itu! Paduka tentu masih ingat akan segala sepak terjang dan tindak-tanduknya dahulu! Dia seorang bodoh, lemah, rendah budi, penakut, sama sekali tidak memiliki wibawa..."



Untuk mengukur kemampuan mendengarkan, jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut ini.


1. Kapankah latar waktu cerita dalam kutipan novel sejarah tersebut dibuat?



Jawab:


Dalam kutipan novel sejarah "Kemelut di Majapahit" karya S.H. Mintardja, tidak ada informasi yang secara spesifik menyebutkan kapan latar waktu cerita dibuat. Novel ini ditulis oleh S.H. Mintardja pada tahun 1975. 


Sebagai catatan, karena novel ini merupakan karya fiksi sejarah, cerita tersebut mungkin mengambil latar belakang pada masa kerajaan Majapahit di abad ke-14 atau masa sekitar itu, tetapi dengan penyesuaian dan interpretasi fiksi oleh penulis. Sebagai karya fiksi, beberapa elemen dalam cerita mungkin dibuat untuk menghidupkan suasana dan karakter dalam latar sejarah yang ditetapkan tersebut.


2. Di manakah latar dalam kutipan novel sejarah tersebut dibuat?


Jawab:


Dalam kutipan novel "Kemelut di Majapahit" karya S.H. Mintardja, tidak secara spesifik disebutkan di mana latar cerita dibuat. Namun, dari konteks sejarah yang disebutkan, latar waktu cerita ini berada di Kerajaan Majapahit, yang merupakan kerajaan besar di Pulau Jawa, Indonesia pada abad ke-14.


Majapahit adalah kerajaan maritim yang berpusat di Jawa Timur dan mencapai puncak kejayaannya di bawah pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389 Masehi). Kerajaan Majapahit menjadi salah satu kerajaan terbesar dan paling kuat di Nusantara, menguasai wilayah yang mencakup sebagian besar Indonesia saat ini dan wilayah-wilayah tetangga.


Jadi, dapat diasumsikan bahwa latar cerita dalam novel "Kemelut di Majapahit" berada di Kerajaan Majapahit, yaitu sebuah kerajaan yang pernah berdiri di Pulau Jawa, Indonesia pada masa kejayaannya di abad ke-14.



3. Peristiwa apa saja yang dikisahkan?


Jawab:


Dari kutipan novel "Kemelut di Majapahit" yang diberikan sebelumnya, cerita mengisahkan beberapa peristiwa dan intrik yang terjadi di istana Kerajaan Majapahit setelah Raja Kertarajasa Jayawardhana menikahi beberapa istri, termasuk dari luar negeri. Berikut beberapa peristiwa yang disinggung dalam kutipan tersebut:


1. Raja Kertarajasa Jayawardhana menikahi empat putri mendiang Raja Kertanegara dan juga seorang putri dari Melayu.

2. Raja Kertarajasa Jayawardhana telah mengawini semua putri mendiang Raja Kertanegara untuk mencegah dendam dan perebutan kekuasaan.

3. Dyah Gayatri, istri termuda Raja Kertarajasa Jayawardhana, menjadi saingan kuat dari istri lainnya, khususnya Dara Petak yang berasal dari Melayu.

4. Persaingan diam-diam terjadi di antara istri-istri Raja untuk memperebutkan cinta kasih dan perhatian sang Raja, serta untuk mengangkat derajat dan kekuasaan masing-masing.

5. Para senopati dan pembesar di istana, termasuk Ronggo Lawe, memiliki preferensi dan pilihan masing-masing antara Dyah Gayatri dan Dara Petak, menyebabkan perpecahan diam-diam di antara mereka.

6. Pengangkatan Nambi sebagai Patih Hamangkubumi oleh Raja Kertarajasa Jayawardhana menimbulkan kontroversi, di mana Ronggo Lawe merasa pengangkatan tersebut tidak tepat dan tidak adil, serta terpengaruh oleh bujukan Dara Petak.


Dalam keseluruhan cerita, terlihat bahwa pernikahan dan persaingan di antara istri-istri Raja menjadi pusat perhatian, dan hal ini mempengaruhi hubungan dan kesetiaan di kalangan pembesar dan senopati di Kerajaan Majapahit. Semua peristiwa ini membentuk intrik dan kompleksitas dalam istana Majapahit yang merupakan fokus utama dari novel "Kemelut di Majapahit" karya S.H. Mintardja.


4. Siapa saja tokoh yang terlibat dalam penceritaan?


Dari kutipan novel "Kemelut di Majapahit" yang diberikan sebelumnya, terdapat beberapa tokoh yang terlibat dalam penceritaan. Berikut adalah beberapa tokoh yang disebutkan dalam kutipan tersebut:


(1) Raja Kertarajasa Jayawardhana: Raja pertama Majapahit yang bergelar Kertarajasa Jayawardhana. Beliau merupakan tokoh sentral dalam cerita, sebagai raja yang mengalami pernikahan dengan beberapa istri dan berada di tengah persaingan di antara mereka.


(2) Dyah Gayatri: Salah satu istri Raja Kertarajasa Jayawardhana, yang merupakan putri bungsu mendiang Raja Kertanegara. Ia digambarkan cantik jelita dan mendapatkan perhatian khusus dari sang raja.


(3) Dara Petak: Istri Raja Kertarajasa Jayawardhana yang berasal dari Melayu. Ia juga digambarkan cantik dan pandai membawa diri. Dara Petak menjadi saingan kuat Dyah Gayatri di istana.


(4) Ronggo Lawe: Adipati di Tuban, salah satu senopati setia Raja Kertarajasa Jayawardhana sejak zaman Prabu Kertanegara. Ia memiliki preferensi dan mendukung Dyah Gayatri dalam persaingan istri-istri raja.


(5)Senopati Kebo Anabrang: Seorang senopati perkasa yang memimpin pasukan Pamalayu yang berhasil membawa pulang Dara Petak dan saudarinya dari tanah Melayu.


(6) Patih Nambi: Merupakan seorang patih yang diangkat sebagai patih hamangkubumi (pembesar tertinggi) oleh Raja Kertarajasa Jayawardhana. Pengangkatannya menimbulkan kontroversi, dan Ronggo Lawe merasa bahwa keputusan itu tidak tepat dan tidak adil.


Selain tokoh-tokoh di atas, kemungkinan ada tokoh-tokoh lain yang terlibat dalam cerita yang tidak disebutkan dalam kutipan tersebut. Namun, dari kutipan tersebut, tokoh-tokoh di atas merupakan tokoh utama yang terlibat dalam konflik dan intrik dalam istana Majapahit.


5. Di bagian apa sajakah yang menandakan bahwa novel tersebut tergolong ke dalam novel sejarah?


Dari kutipan novel "Kemelut di Majapahit" yang telah diberikan sebelumnya, tidak terdapat indikasi atau penanda khusus yang secara eksplisit menyebutkan bahwa novel tersebut tergolong sebagai "novel sejarah." Namun, dari isi kutipan tersebut, ada beberapa elemen yang menunjukkan bahwa cerita ini memiliki latar sejarah dan menggunakan referensi dari masa lalu:


1. Nama-nama tokoh dan tempat: Novel ini mencantumkan nama-nama tokoh seperti Raja Kertarajasa Jayawardhana, Dyah Gayatri, Dara Petak, Ronggo Lawe, Senopati Kebo Anabrang, Patih Nambi, dan lain-lain. Selain itu, ada sebutan tempat seperti Tuban dan Kerajaan Majapahit, yang mengacu pada lokasi sejarah yang nyata.


2. Rujukan pada Kerajaan Majapahit: Majapahit adalah nama sebuah kerajaan bersejarah di Indonesia pada abad ke-14. Dalam kutipan tersebut, istilah "Kerajaan Majapahit" digunakan untuk menyebut tempat di mana cerita berlangsung.


3. Rujukan pada sejarah Raja Kertarajasa Jayawardhana: Novel ini mengisahkan tentang Raja Kertarajasa Jayawardhana, yang memang merupakan sosok bersejarah sebagai raja pertama dari Kerajaan Majapahit.


Meskipun tidak secara tegas menyebutkan sebagai "novel sejarah," namun dengan adanya referensi dan penggunaan nama-nama tokoh dan tempat yang bersejarah, serta setting dalam konteks sejarah Kerajaan Majapahit, novel ini kemungkinan besar termasuk ke dalam genre "novel sejarah" atau "novel berlatar sejarah." Hal ini menandakan bahwa cerita menggunakan latar belakang sejarah dan mungkin menggabungkan unsur-unsur fiksi dengan fakta sejarah untuk menciptakan cerita naratif yang menarik.


No comments:

Post a Comment