Friday 20 August 2021

Mengidentifikasi Informasi Teks Cerita Sejarah

 

Mengidentifikasi Informasi Teks Cerita Sejarah

 

Selamat bertemu kembali. Kalian telah mempelajari materi pembelajaran sebelimnya yaitu tentang tentang surat lamaran pekerjaan. Nah pembelajaran sekarang sudah sampai pada materi teks cerita sejarah. Namun hendaknya kalian tetap menjaga protokol kesehatan agar kalian terhindar dari wabah Covid 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia. Hanya dengan kondisi sehat kalian akan dapat mempelajari modul ini dengan baik pula. Sudah siapkah kalian?

A.       Tujuan Pembelajaran

Pada kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan kalian dapat mengidentifikasi informasi dalam teks cerita sejarah dengan kritis, cermat, dan bertanggung jawab agar kalian memiliki pemahaman tentang teks cerita sejarah dengan benar.

Tak terasa kalian sudah sampai pada teks kedua di kelas XII yaitu teks cerita sejarah, kalian baru saja mempelajari surat lamaran pekerjaan. Pasti di antara kalian sudah memahaminya bukan. Teks yang akan kalian pelajari sekarang sangat mengasyikkan. Karena kalian dapat memiliki gambaran tentang kehidupan, perjuangan, peristiwa atau hal lain yang pernah terjadi dan ditulis dalam teks cerita sejarah. Jadi seperti hidup pada zaman yang ada pada cerita sejarah tersebut. Selain itu banyak juga nilai-nilai yang dapat kita ambil setelah membaca teks cerita sejarah. Menarik bukan? Apa sebenarnya cerita sejarah dan bagaimana serunya kehebatan pelaku dan peristiwa yang pernah terjadi semua ada di modul ini.

 

1.       Pengertian

Perhatikan contoh berikut!

 

Contoh 1

 

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang berasal dari Indonesia. Candi Borobudur sendiri merupakan peninggalan terbesar agama Buddha yang ada di dunia. Candi ini dibangun sekitar tahun 824 M pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra.

 

Candi Borobudur merupakan monumen Buddha yang memiliki 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. Candi Borobudur memiliki arsitektur Gupta yang menggambarkan kekentalan gaya arsitektur dari India.

 

UNESCO telah mengakui Candi Borobudur sebagai salah satu monumen Buddha terbesar di Indonesia dan dunia serta memuji kemegahannya. Dalam pembangunannya, Candi Borobudur membutuhkan waktu sekitar 75 tahun di bawah komando arsitek Gunadarma.

 

60 ribu meter kubik batuan vulkanik yang digunakan untuk pembangunan candi ini diambil dari Sungai Elo dan Progo yang terletak sekitar 2 Km di sebelah timur candi. Pada saat pembangunan, belum dikenal sistem metrik. Bahkan, satuan panjang yang digunakan dalam pembuatan candi adalah tala yang dihitung dengan cara merentangkan ibu jari dan jari tengah. Metode pengukuran ini biasa digunakan untuk mengukur panjang rambut dari dahi sampai dasar dagu.

Berdasarkan tulisan yang tertulis prasasti Karangtengah dan Kahulunan, sejarawan J.G. de Casparis memprediksi bahwa pendiri Candi Borobudur adalah Samaratunga, raja Mataram Kuno dari dinasti Syailendra. Samaratungga mulai membangun candi ini sekitar tahun 824 M. Namun, candi ini baru dapat diselesaikan pada masa Ratu Pramudawardhani yaitu putrinya.

 

Contoh 2

 

Pangeran Bondowoso dan Lorojonggrang

 

Sebuah kerajaan besar jatuh di musuh, kerajaan tersebut memiliki seorang putri cantik bernama Roro Jonggrang. Pangeran Bondowoso jatuh hati padanya dan berniat menikahi sang putri. Namun tentu saja Roro Jonggrang tidak menyukai pangeran Bondowoso sehingga meminta sarat yang sulit yaitu membuat seribu candi hanya dalam waktu semalam. Ternyata pangeran Bondowoso menyanggupinya.

 

Dengan bantuan jin dan roh halus sebelum menjelang fajar persyaratan sudah hampir dipenuhi Pangeran Bondowoso. Tentu saja melihat hal itu Roro Jonggrang panik dan memikirkan cara untuk mencegahnya memenuhi persyaratan. Akhirnya sang putri menyuruh pelayan untuk menumbuk lesung dan menebarkan bunga. Sehingga jin dan roh halus merasa hari sudah siang dan langsung menghentikan pekerjaannya.

 

Pangeran Bondowoso merasa marah saat mengetahui cara licik Roro Jonggrang padahal hanya perlu 1 candi lagi untuk memenuhi persyaratan. Kemurkaan pangeran Bondowoso akhirnya dilampiaskan dengan mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca ke 1000 untuk menggenapkan Candi.

 

Dari dua contoh tersebut dapatkah kalian membedakan teks cerita sejarah tersebut? Ya kalian benar! Pada contoh pertama merupakan teks cerita sejarah dan pada contoh kedua merupakan contoh teks cerita sejarah.

 

Teks cerita sejarah berbeda dengan teks sejarah. Teks sejarah adalah tulisan yang berisi cerita, kejadian atau peristiwa yang benar-benar pernah terjadi atau  berlangsung di masa lalu. Bedanya sangat jelas bahwa teks sejarah bukanlah cerita imajinasi, namun dapat disampaikan melalui gaya penulisan prosa nonfiksi maupun fiksi.

 

Pengertian teks cerita sejarah adalah kisah imajinasi yang ditulis dengan tokoh atau latar sejarah yang benar-benar terjadi. Meskipun imajinatif, teks ini tetap memuat sejarah yang faktual, namun hanya digunakan untuk latar belakang dan beberapa unsur lainnya saja. Teks cerita adalah istilah umum. Bisa jadi mengacu pada cerpen, novel, novelet, atau skenario drama.

 

Pada dasarnya hampir semua prosa atau novel dapat memuat nilai sejarah jika gaya penulisan yang digunakan adalah gaya realis. Namun, kandungan sejarahnya tidak akan sekuat teks cerita sejarah. Seorang sastrawan yang sering kali menggunakan fakta-fakta sejarah sebagai latar untuk mengisahkan tokoh-tokoh fiksinya bermaksud untuk mengisahkan kembali seorang tokoh sejarah dalam berbagai dimensi kehidupannya, seperti emosi pribadi tokoh, tragedi yang menimpanya, kehidupan keluarga dan masyarakat, serta pandangan politiknya. Misalnya, novel Rora Mendut versi Mangunwijaya dan versi Ajip Rosidi; Bumi Manusia, Jejak Langkah, Anak Segala Bangsa, dan Rumah Kaca karya Pramoedya Ananta Toer; Kuantar ke Gerbang karya

Ramadhan K.H. yang mengisahkan kehidupan Soekarno ketika menjalin rumah tangga dengan Inggit Garnasih; Novel Pangeran Diponegoro: Menggagas Ratu Adil karya Remy Silado. Contoh lain novel The da Vinci Code karya Dan Brown.

 

Cerita sejarah adalah cerita yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi asal-muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai kesejarahan, bisa bersifat naratif atau deskriptif. Cerita sejarah termasuk dalam teks naratif jika disajikan dengan menggunakan urutan peristiwa dan urutan waktu. Namun, jika disajikan secara simbolisasi verbal. Novel tergolong kedalam teks deskriptif.

 

Sebelum membahas lebih lanjut cerita sejarah berikut akan disampaikan perbedaan antara teks sejarah dengan cerita sejarah. Simpulannya, teks sejarah adalah fakta, sementara teks cerita sejarah adalah imajinasi atas fakta. Sementara itu, berikut adalah analisis bandingan perbedaan cerita sejarah dengan teks sejarah.

 

No

Teks Sejarah

Cerita Sejarah

1.

Dituntut untuk menyajikan hal-hal

faktual yang benar-benar ada dan pernah terjadi.

Bebas untuk menggambarkan sesuatu yang tidak pernah ada.

2.

Sejarawan                    wajib                untuk menyampaikan sesuatu sebagaimana adanya, sesuai dengan realita, tidak boleh direka atau ditambah- tambahkan.

Penulis bebas sepenuhnya dalam menciptakan     sesuai                 dengan imajinasinya mengenai apa, kapan, siapa, dan dimananya, namun tetap

memiliki keterkaitan dengan situasi atau tokoh sejarah.

3.

Hubungan antar fakta satu dengan yang lainnya perlu direkonstruksi, setidaknya melibatkan topografis atau kronologinya.

Imajinasi dan kemampuan mencipta pengaranglah yang mewujudkan cerita sebagai suatu koherensi yang memiliki hubungan dengan situasi

sejarah.

4.

Sejarawan harus bisa membuktikan bahwa yang dibawakan pada masa kini dapat dilacak eksistensinya di masa lalu. Sejarawan terikat pada fakta mengenai apa, siapa, kapan,

dan di mana

Tidak terikat pada fakta sejarah sepenuhnya, terutama bagi mengenai apa, siapa, kapan dan di mana, tidak butuh bukti atau saksi seperti teks sejarah.

5.

Pelaku-pelaku,       hubungan antarpelaku, kondisi, situasi hidup, dan keadaan masyarakat secara

universal harus sesuai dengan kenyataan yang terjadi.

Pelaku atau tokoh, hubungan, situasi, dan kondisi masyarakat dapat berasal dari imajinasi yang hanya memiliki relevansi dengan sejarah.

 

 

2.        Struktur

Teks cerita sejarah, seperti cerita lainnya (novel, cerpen, dll) termasuk dalam kategori cerita ulang. Sehingga, baik teks cerita sejarah ataupun novel sejarah memiliki struktur teks yang sama, yakni: orientasi, pengungkapan peristiwa, konflik, komplikasi, evaluasi, dan koda. Berikut adalah struktur teks cerita sejarah menurut Kemdikbud (2017, hlm. 43).

a.         Pengenalan situasi cerita (orientasi, exposition)

b.        Pada bagian ini, penulis mulai memperkenalkan latar belakang baik waktu, tempat, maupun lokasi dan awal mula kejadian atau peristiwa. Tokoh dan hubungan antartokoh juga mulai diperkenalkan dengan cara yang sesuai dengan kebutuhannya.

c.         Pengungkapan peristiwa

Bagian ini mengungkapkan peristiwa atau kejadian awal yang berpotensi menimbulkan berbagai masalah, pertentangan, atau kesukaran yang menghadang tokoh, terutama tokoh utama (protagonis).

d.        Konflik (rising action)

Di sini terjadi peningkatan masalah, pertikaian atau peristiwa lainnya yang menyebabkan kesukaran tokoh ikut meningkat pula.

e.         Puncak Konflik (komplikasi)

Merupakan bagian yang paling mendebarkan, menghebohkan dan memuncak dari masalah, pertikaian atau peristiwa lainnya yang dihadapi oleh para tokohnya.

f.         Penyelesaian (resolusi)

Jika tidak diikuti oleh koda, biasanya bagian ini adalah akhir dari cerita (ending) yang berisi pengungkapan bagaimana tokoh utama dan tokoh lainnya menyelesaikan berbagai permasalahan yang menimpanya. Terkadang dapat melalui penjelasan maupun penilaian terhadap nasih dan sikap yang dialami oleh tokoh- tokoh yang terlibat dalam peristiwa.

g.         Koda

Merupakan komentar yang membahas kembali isi semua peristiwa dan perilaku tokoh yang terlibat. Terkadang bagian ini memberikan interpretasi amanat, tetapi tidak disarankan. Lebih baik biarkan pembaca menyimpulkannya sendiri. Bagian ini adalah opsional, terkadang koda digunakan untuk membuat semacam teaser untuk buku lanjutannya, dsb.

 

Sebenarnya teks cerita sejarah memiliki 3 struktur penyusun, yaitu:

(1)   Orientasi, merupakan bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah.

(2)   Urutan Peristiwa, merupakan rekaman peristiwa sejarah yang terjadi, umumnya disampaikan dalam urutan kronologis.

(3)   Reorientasi, berisi komentar pribadi penulis tentang peristiwa atau kejadian sejarah yang diceritakan. Reorientasi boleh ada, boleh tidak.

3.        Ciri-ciri

 

Untuk mengenal lebih dalam akan dibahas ciri-ciri teks cerita sejarah. Adapun ciri- cirinya sebagai berikut:

(1)   Disajikan secara kronologis berdasarkan urutan kejadian atau urutan peristiwa di masa lampau.

(2)   Berbentuk rekon teks atau cerita ulang. Cerita ulang atau recon dibedakan menjadi dari tiga jenis, yakni:

a. Rekon pribadi, yang memuat keterlibatan penulis dalam peristiwa secara langsung.

b. Rekon faktual, berisi kejadian faktual, eksperimen ilmiah, jurnal warta, catatan kepolisian, dsb.

c. Rekon imajinatif, memuat kisah faktual namun dikhayalkan kembali menjadi cerita yang lebih rinci dan menarik.

(3) Sering menggunakan konjungsi (kata penghubung) temporal.

(4) Isinya berupa fakta yang diperoleh berdasarkan data-data yang dikumpulkan.

(5) Struktur teksnya: orientasi, urutan peristiwa, reorientasi.

 

4.        Fungsi

Adapun teks cerita sejarah yang diantaranya yaitu:

(1)   Fungsi rekreatif, memberikan rasa gembira dan senang kepada pembaca.

(2)   Fungsi inspiratif, memberikan inspirasi, imajinasi dan kreatifitas untuk keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara untuk lebih baik lagi.

(3)   Fungsi intruktif, sebagai alat bantu dalam pembelajaran.

(4)   Fungsi edukatif, dapat dijadikan petunjuk dan pelajaran kehidupan bagi manusia dalam berperilaku.

5.        Nilai-nillai

Cerita sejarah banyak mengandung nilai-nilai yang disajikan secara implisit (langsung) dan implisit (tidak langsung). Sebagian besar nilai yang dihasilkan masih sesuai dengan kehidupan saat ini atau dapat menjadi pembelajaran di masa ini. Berikut adalah nilai-nilai yang dapat hadir dalam cerita sejarah.

a.       Nilai budaya

Nilai yang diambil dari budaya yang berkembang secara turun menurun di masyarakat (berhubungan dengan budaya melayu) Ciri khas nilai-nilai budaya dibandingkan nilai lainnya adalah masyarakt takut meninggalkan atau menentang nilai tersebut karena ‘takut’ sesuatu yang buruk akan menimpanya.

b.      Nilai moral

Nilai yang berhubungan dengan masalah moral. Pada dasarnya nilai moral berkaitan dengan nasihat-nasihat yang berkaitan dengan budi pekerti, perilaku, atau tata susila yang dapat diperoleh pembaca dari cerita yang dibaca atau dinikmatinya.

c.       Nilai agama/ religi

Nilai yang berhubungan dengan masalah keagaman. Nilai religi biasanya ditandai dengan penggunaan kata dan konsep Tuhan, mahluk ghaib, dosa-pahala, serta surga-neraka.

d.      Nilai pendidikan/ edukasi

Nilai yang berhubungan dengan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang/kelompak orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan

e.       Nilai estetika

Nilai yang berhubungan dengan keindahan dan seni.

f.       Nilai sosial

Nilai yang berhubungan dengan kehidupan di dalam masyarakat. Biasanya berupa nasihat-nasihat yang berkaitan dengan kemasyarakatan. Indikasi nilai sosial dikaitkan dengan kepatuhan dan kepantasan bila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

B.      Rangkuman

1.      Teks sejarah adalah tulisan yang berisi cerita, kejadian atau peristiwa yang benar- benar pernah terjadi atau berlangsung di masa lalu. teks sejarah bukanlah cerita imajinasi, namun dapat disampaikan melalui gaya penulisan prosa nonfiksi.

2.      Struktur teks cerita sejarah secara umum adalah orientasi, urutan peristiwa dan reorientasi dan diuraikan dalam tahapan-tahapan lebih terperinci sebagai berikut: pengenalan situasi, pengungkapan peristiwa, menuju konflik, puncak konflik, penyelesaian dan koda.

3.      Ciri-ciri teks cerita rakyat adalah disajikan secara kronologis berupa urutan peristiwa, berupa recon, menggunakan konjungsi temporal, berupa fakta dan memiliki struktur orientasi, urutan peristiwa dan reorientasi.

4.      Fungsi teks cerita sejarah adalah rekreatif, inspiratif, intruktif dan edukatif.

5.      Teks cerita sejarah sarat dengan nilai-nilai kehidupan yang ada di masyarakat seperti nilai pendidikan, religius, moral dan lain-lain.

Wednesday 11 August 2021

Menentukan Judul yang tepat untuk teks prosedur

 



1. Cermati langkah-langkah berikut!

(1) Berkunjung ke Perpustakaan dan mengisi daftar hadir pengunjung.

(2) Melihat daftar buku untuk memilih buku yang diperlukan.

(3) Mengambil buku yang dimaksud yang ada di rak perpustakaan.

(4) Menyerahkan buku dan kartu anggota perpustakaan kepada petugas untuk di data

(5) Petugas meng-scan barcode buku, dan memasukkan ke data peminjam.

(6) Petugas menyerahkan buku kepada peminjam.


Judul yang tepat untuk teks prosedur berdasarkan langkah-langkah di atas adalah…

A. Cara Berkunjung ke Perpustakaan

B. Cara Membaca Buku di Perpustakaan

C. Cara Mengembalikan Buku di Perpustakaan

D. Cara Meminjam Buku di Perpustakaan

E. Cara Menjadi Pustakawan di Perpustakaan



Jawabannya D

Tuesday 10 August 2021

mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dalam teks prosedur

 Salam sehat anak-anak. Setiap hari kita selalu melakukan suatu kegiatan, misalnya membaca buku, naik kendaraan, menggunakan alat-alat elektronik, dan melayani tamu. Agar dapat melakukannya dengan benar, kita memerlukan serangkaian petunjuk melakukan kegiatan tersebut. Banyak istilah yang digunakan untuk menyebut petunjuk-petunjuk itu. Ada yang menyebutnya kiat, tips, resep, cara jitu, dan sebutan lainnya. Mari kita sebut saja semuanya itu dengan istilah prosedur. Penting sekali kita mempelajarinya agar dapat memahami dan menyusun prosedur, bahkan dapat melakukan suatu kegiatan sesuai dengan prosedur. Dengan begitu, kita dapat memberikan penjelasan kepada teman, kerabat, atau orang lain tentang cara melakukan sesuatu sesuai dengan tahapan yang benar.


A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran satu ini diharapkan kalian dapat mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dalam teks prosedur dengan cermat, teliti dan penuh tanggung jawab agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


B. Uraian Materi

Pengertian Teks Prosedur

Teks Prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan. Teks prosedur biasanya terdapat pada tulisan yang mengandung cara, tips atau tutorial melakukan langkah tertentu. Di dalam teks prosedur terdapat kata imperatif atau kata perintah untuk melakukan apa yang dibahas pada teks agar si pembaca melakukan apa yang diperintahkan pada isi teks tersebut.
Misalnya kamu sedang mencari tulisan cara memutihkan wajah melalui internet. Nah, pada teks tulisan tersebut akan terdapat cara atau langkah bagaimana memutihkan wajah sehingga menghasilkan wajah yang putih bersih seperti yang kamu inginkan. Cara yang disajikan pun langkah demi langkah secara berurutan agar si pembaca mampu mengikuti tutorial yang disajikan.


Tujuan Teks Prosedur
Teks prosedur bertujuan untuk memudahkan pembaca maupun pendengar agar dapat mengikuti langkah atau perintah dari isi teks yang tujuan akhirnya bisa sesuai keinginan pembaca maupun pendengar.


Jenis-Jenis Teks Prosedur

Teks prosedur terdiri atas tiga jenis, yaitu teks prosedur sederhana, kompleks, dan protokol.

1.     Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana yaitu teks yang berisi langkah-langkah sederhana yang biasaya hanya terdiri atas 2-4 langkah saja dalam melakukannya. Contohnya, cara login facebook, membuka WA, twitter, instagram, dan sebagainya.

2.     Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks yaitu teks yang berisi banyak langkah dalam melakukannya. contohnya, cara membuat sambal balado, cara mengajukan pembuatan kartu SIM, cara memperpanjang STNK, prosedur pembuatan KTP, pembuatan paspor, dan sebagainya.

3.     Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah teks yang pada setiap langkahnya bisa diubah tidak harus runut, walaupun berubah, tetapi hasil akhirnya tetap sama. misalnya, jika memasak mie instan kita bisa merebus dengan memasukan mie dan bumbu kedalam air rebusan dari tungku atau bisa memasukkan air panas ke dalam wadah yang berisi mie lalu memasukkan bumbu.



Mengorganisasikan Informasi dalam Teks Prosedur

Kegiatan mengontruksi berkaitan dengan mengorganisasikan informasi dalam teks prosedur, yakni kegiatan menelaah teks prosedur untuk menemukan bagian-bagian yang termasuk ke dalam pernyataan umum dan tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan atau suatu pekerjaan.


Pernyataan Umum dalam Teks Prosedur

Pernyataan umum atau penjelasan umum atau bisa disebut sebagai pembuka dalam teks prosedur ialah tulisan yang berisi tujuan atau hasil akhir yang akan dicapai jika seseorang mengikuti langkah-langkah yang ada pada teks tersebut. Sementara itu, tahapan-tahapan ialah prosedur yang harus/wajib diikuti agar mencapai tujuan yang diinginkan dengan tepat.


Contoh Teks Prosedur

Cara Membuat Akun Twitter

 

Twitter merupakan salah satu media sosial layaknya seperti Facebook. Twitter bukan hanya digunakan di Indonesia, namun Twitter telah banyak digunakan di seluruh dunia, pengguna twitter hampir menyentuh semua lapisan masyarakat, baik dari kalangan menengah keatas ataupun sebaliknya. Bagaimana cara mendaftar akun Twitter? Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendaftar akun Twitter dengan baik dan benar.

 

1.       Langkah pertama, silahkan Anda pergi menuju halaman Twitter atau dengan menggunakan link berikut ini https://twitter.com/.

2.       Selanjutnya Anda akan melihat kolom-kolom untuk mendaftar twitter, silahkan isi semua kolom-kolom tersebut dengan baik dan benar.

3.       Tahap berikutnya yaitu tahap konfirmasi data pendaftaran dan memasukan data nama pengguna.

4.       Pada tahap yang in Anda akan diperkenalkan mengenai Twitter. Silahkan Anda klik “Ayo!” untuk menuju tahap berikutnya.

5.       Lalu tahap selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih minat Anda, minat yang dipilih akan menentukan halaman-halaman yang akan Anda ikuti pertama kali.

6.       Anda akan diminta melihat 40 daftar untuk Anda ikuti. Jika sudah selesai, silahkan klik “ikuti dan lanjutkan” untuk menuju tahap selanjutnya.

7.       Selanjutnya Anda akan diminta mengupload foto untuk profil Anda.

8.       Pada tahap ini Anda diminta untuk memasukkan email, setelah itu Anda harus verifikasi email. Setelah itu akun Twitter Anda berhasil digunakan.


Perlu Kalian ketahui bahwa pada contoh teks prosedur di atas terdapat bagian yang mengungkapkan pernyataan-pernyataan umum, yaitu:


Twitter merupakan salah satu media sosial layaknya seperti Facebook. Twitter bukan hanya digunakan di Indonesia, namun Twitter telah banyak digunakan di seluruh dunia, pengguna twitter hampir menyentuh semua lapisan masyarakat, baik dari kalangan menengah keatas ataupun sebaliknya.


C. Rangkuman
1. Teks Prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.
2. Teks prosedur bertujuan untuk memudahkan pembaca maupun pendengar agar dapat mengikuti langkah atau perintah dari isi teks yang tujuan akhirnya bisa sesuai keinginan pembaca maupun pendengar.
3. Pernyataan umum atau penjelasan umum bisa disebut sebagai pembuka dalam teks prosedur


Friday 11 June 2021

Cara menganalisis hubungan tema dengan latar kutipan novel

 Perhatikan kutipan novel berikut ini!

        Aku sentuh halaman diary yang kesat ini dengan mata terpejam untuk meresapi maknanya. Aku tutup diary ini dengan semangat yang bergelora sampai ubun-ubun. Walau aku tidak bisa menari dan bernyanyi, kalau aku berusaha dengan sungguh, lambat laun aku akan berhasil mengatasi hambatan. Bolehlah aku bagai sebuah golok berkarat dalam hal kesenian ini, tapi kalau aku mau bersabar dan mencoba berulang-ulang, hambatan akan aku patahkan akhirnya. Aku akan buktikan!

        Aku mengurung diri di kamar untuk mempersiapkan segala ujian praktik kesenian. Aku ingin segala energi dan perhatianku menghadapi ujian itu dan wawancara bahasa Inggris. Aku akan amalkan jurus golok Kiai Rais dengan hati dan perbuatan.

...

        Sehari menjelang tes, aku ternyata semakin resah. Aku masih belum tahu bentuk kesenian dan lagu yang akan aku persembahkan besok di depan para penguji ini. Sudah aku coba tulis daftar kesenian yang aku bisa pertunjukkan, tapi satu persatu aku coret lagi karena tidak ada yang benar-benar menjanjikan penampilan luar biasa. Sudah seminggu ini aku coba berlatih, tapi aku benar-benar tidak becus menari, menyanyi, atau memainkan alat musik apapun. Rupanya praktik jurus golok Kiai Rais ini sungguh tidak gampang.


Hubungan tema dengan latar kutipan novel tersebut adalah ....

A. tema pendidikan dipengaruhi oleh penggambaran suasana saat ujian praktik kesenian.

B. tema kesenian dipengaruhi oleh perilaku tokoh di panggung saat ujian kesenian.

C. tema setia kawan ditunjukkan oleh kekompakan tokoh dengan kelompoknya saat tampil.

D. tema pendidikan dipengaruhi oleh gambaran hubungan kekerabatan guru dan siswa.

E. tema kesenian ditunjukkan oleh usaha keras tokoh menyajikan penampilan yang menarik.


Pembahasan:

Kutipan cerpen tersebut memiliki tema pendidikan. Tema pendidikan tersirat dalam cerita. Pengarang menyampaikan tema cerita melalui penggambaran latar tempat, waktu, dan suasana. Penggambaran latar tempatdi kamar dibuktikan dengan kutipan Aku mengurung diri di kamar untuk mempersiapkan segala ujian praktik kesenian. Latar suasana resah dibuktikan dengan kutipan Sehari menjelang tes, aku ternyata semakin resah. Aku masih belum tahu bentuk kesenian dan lahu yang akan aku persembahkan besok di depan para penguji ini. Simpulan keterkaitan antara tema dan latar ditunjukkan oleh pilihan jawaban A. Sementara itu, pilihan jawaban B, C, D, E tidak menggambarkan hubungan tema dengan latar yang sesuai dengan kutipan novel tersebut.


Wednesday 9 June 2021

Cara menemukan amanat pada suatu puisi

 Bacalah teks puisi berikut ini secara saksama!


DAUN-DAUN GUGUR LAGI


Bumi kembali menangis, saat letusan itu muntah

melebihi guntur siang hari, ada pekik burung-burung nazar

ada tangis murai beriuhan,

dan ada kegirisan terkurung daun-daun itu  gugur,

daun-daun itu gugur lagi

rebah ke pangkuan pertiwi

yang belum henti membalut luka

kemudian berjuta-juta perjuangan bergelora

seakan tak akan dihentikan

  (Iyut F)


Amanat yang tersirat dalam penggalan puisi tersebut adalah ...

A. renungkanlah apa yang sedang terjadi di negeri ini.

B. Kita jangan melupakan jasa perjuangan para pahlawan.

C. Hendaknya kita berjuang terus untuk mengatasi masalah negeri ini.

D. Janganlah menyia-nyiakan pengorbanan para pahlawan.

E. Negeri ini jangan dibuat terus kacau dan tidak aman.


Pembahasan:

Cara menemukan amanat dalam suatu puisi adalah kita cari dulu permasalahan yang ada, kemudian kita cari solusinya. Solusi masalah dalam suatu puisi itulah yang disebut dengan amanat.

Permasalahan yang ada di dalam puisi tersebut ada pada larik 

Bumi kembali menangis, saat letusan itu muntah

melebihi guntur siang hari, ada pekik burung-burung nazar

ada tangis murai beriuhan,

dan ada kegirisan terkurung daun-daun itu  gugur,

daun-daun itu gugur lagi

rebah ke pangkuan pertiwi

yang belum henti membalut luka

Solusi dalam puisi ada pada larik

kemudian berjuta-juta perjuangan bergelora

seakan tak akan dihentikan.



Jadi, jawaban soal di atas ada pada opsi C Hendaknya kita berjuang terus untuk mengatasi masalah negeri ini.

Memaknai isi yang terkandung di dalam puisi

Bacalah teks puisi berikut ini dengan cermat!

TANAH KELAHIRAN

Seruling di pasir ipis, merdu

Antara gundukan pohon pina

Tembang menggema di dua kaki

Rurangrang - Tangkubanprahu

Jamrut di pucuk-pucuk

Jamrut di air tipis menurun

Membelit tangga di tanah merah

Dikenal gadis-gadis dari bukit

Nyanyikan kentang sudah digali

Kenakan kebaya merah ke pewayangan

                             (Ramadhan KH.)

Soal nomor 1 

Isi yang terkandung dalam puisi tersebut adalah ....

A. kekaguman dan kecintaan penyair pada tanah airnya.

B. kebanggaan dan kedamaian penyair bila berada di tanah airnya.

C. kerinduan dan keinginan penyair membangun tanah airnya.

D. kegembiraan dan keprihatinan penyair pada tanah airnya.

E. ketenteraman dan kerinduan penyair terhadap tanah airnya.


Jawaban: A


Pembahasan:

Puisi "Tanah Kelahiran" karya Ramadhan KH. tersebut menjelaskan secara implisit tanah airnya yang rupawan. Dari penjabarannya yang mendetai dan kata-kata pujian yang dipilih, jelas terlihat kekaguman dan kecintaan penyair pada tanah airnya.


Soal nomor 2

Kata merah pada puisi "Tanah Kelahiran" karya Ramadhan KH. tersebut melukiskan .....

A. kemarahan

B. kemurkaan

C. kesedihan

D. kesombongan

E. kegembiraan

Jawaban: E

Pembahasan:

Kata merah dalam kutipan puisi "Tanah Kelahiran" karya Ramadhan KH. tersebut menggambarkan rasa gembira yang sedang dialami para gadis ketika panen tiba.

Tuesday 8 June 2021

Menganalisis akibat konflik dalam cerpen

Bacalah kutipan cerpen berikut ini dengan cermat!

Dia mengelak dan kemudian mengambil kedua amplop yang menggeletak di atas meja.

"Ade, jangan ...!"

Tapi amplop itu dilarikan keluar.

"Ade, jangan!"

Anak saya terus kabur melewati rumah tetangga. Para tetangga ketawa melihat saya kejar-kejaran dengan anak. Mereka mungkin menyangka itu permainan biasa.

"Ade jangan, itu punya Oom!"

Terlambat. Anak saya melemparkan kedua amplop itu ke dalam kolam. Kedua-duanya. Ketika saya tangkap, dia diam saja. Matanya melotot menentang mata saya. Seakan-akan dia marah, karena bapaknya sudah mengkhianati hati nurani. Padahal saya hanya memerlukan waktu dalam menolak. Sayakan belum berpengalaman disuap. Apalagi menerima suap. Itu memerlukan keberanian mental. Baik menerima maupun menolaknya. 


Akibat konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...

A. Tokoh Saya marah melihat anaknya membawa amplop berisi uang suap.

B. Tokoh saya sedih melihat anaknya yang membawa lari amplop berisi uang suap.

C. Tokoh Saya kecewa masih ada seseorang yang ingin melakukan tindakan suap.

D. Tokoh saya gagal menangkap anaknya yang membawa lari amplop berisi uang suap.

E. Tokoh Saya bingung karena amplop berisi uang suap dilempar ke kolam oleh anaknya.


Jawaban E


konflik dalam kutipan cerpen tersebut dialami oleh tokoh saya. Konflik cerpen tersebut adalah kebingungan toko Saya karena amplop berisi uang suap dibuang anaknya di kolam. Jadi, akibat dari konflik tersebut terdapat pada pilihan opsi E. Pernyataan A, B, C, D bukan merupakan akibat dari konflik yang ada dalam cerpen.

Sebab konflik dalam cerpen

Cermati kutipan cerpen berikut ini

 Ia menunduk, tidak sedih, hanya diam seperti buntalan besar teronggok di sudut teras. Hanya sehelai rambutnya yang tipis dan putih sesekali bergerak ditiup angin siang. Saya memanggil Sutini agar membangunkannya dan menyuruhnya pergi. Sebentar lagi banyak kerabat keraton yang lewat di depan teras menuju bangsal kulon. Mereka sudah lama mendengar gosip yang disebar Gusti Dar tentang gelandangan gila yang ngenger di rumah kami. Saya tak mau membenarkan gosip itu. Apalagi Mbok Jimah memang sudah jarang datang.


Sebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...

A. Ada orang gila tidur di teras rumah tokoh Saya.

B. Ada gosip yang disebarkan oleh tokoh Gusti Dar.

C. Sekelompok kerabat keraton berjalan di depan rumah.

D. Sekelompok prajurit keraton menuju bangsal kulon.

E. Mbok Jimah sedih dan menunduk di teras rumah.


Jawaban: B


Konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah tokoh Saya malu jika ada orang gila tidur di terasnya. Jadi, konflik dalam kutipan cerpen tersebut disebabkan gosip adanya orang gila (Mbok Jimah) yang tidur di teras rumah tokoh Saya sudah didengar banyak orang .zsementara itu, pernyataan yang terdapat pada pilihan jawaban A,C, D, E tidak sesuai dengan penyebab konflik dalam cerpen tersebut. 

mengevaluasi nilai moral dalam kutipan cerpen

 Perhatikan kutipan cerpen berikut ini!


(1) Aku berjalan dengan langkah santai, melewati orang-orang asing yang tak pernah kulihat. (2)Langkahku terhenti melihat seorang anak kecil yang sedang menangis. Dia menundukkan kepalanya sambil menghapus air matanya.

(3)"Hai, kenapa Kamu menangis?" tanyaku.

"Kakiku .... Kakiku sakit, Kak ..., hiks ... hiks..."

Dia menunjukkan kakinya yang berdarah. 

(4) "Kak ...! Kakak siapa? Kakak kenapa bisa melakukan itu? Tapi. Terima kasih, Kak." Dia tersenyum. (5)Aku hanya bisa tersenyum lalu meninggalkan gadis kecil itu.


Bukti nilai moral dalam kutipan cerpen tersebut ditunjukkan oleh angka ...

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5


Jawaban D

Berdasarkan kutipan cerpen tersebut dapat diketahui bahwa tokoh Aku peduli kepada seorang gadis kecil yang menangis.  Setelah ditolong tokoh Aku, gadis kecil mengucapkan terima kasih. Perbuatan gadis kecil tersebut menunjukkan nilai moral yang dapat dicontoh oleh pembaca. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.


Penggunaan simbol dan majas dalam puisi

soal nomor 1

Perhatikan kutipan puisi berikut ini!


SEPAK BOLA

(Acep Zamzam Noer)

(1) Di usia yang ke-45, lelaki itu menuliskan sejumlah kata.

(2) Pada secarik kertas, yang tergantung bimbang

(3) Di rangkaian kembang. "Aku merindukanmu"

(4) Seperti merindukan Inne Ratu, dulu

(5) Ketika seluruh langit masih biru"


Simbol keindahan dalam puisi tersebut ditunjukkan oleh larik angka ....

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Jawaban C

Perhatikan setiap larik dalam kutipan puisi tersebut. Simbol keindahan dalam larik puisi tersebut diungkapkan penyair melalui keinginan dirinya mengungkapkan rasa rindu pada sebuah rangkaian kembang. Pilihan kata kembang dapat mewakili keindahan yang pernah dialami oleh penyair. Jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban C.

Soal nomor 2

Perhatikan kutipan puisi berikut ini

Sonet: Hei! Jangan Kaupatahkan

(1) Hei! Jangan kau patahkan kuntum bunga itu

(2) ia sedang mengembang, bergoyang dahan-dahannya yang tua

(3) yang telah mengenal baik, kau tahu

(4) segala perubahan cuaca 

(5) Bayangkan: akar-akar yang sabar menyusup dan menjalar

(6) hujan pun turun setiap bumi hampir hangus terbatas

(7) mekarlah bunga itu perlahan-lahan

  (Karya Sapardi Djoko Damono)


Dalam puisi tersebut banyak menggunakan majas ....

A. metafora

B. asosiasi

C. simile

D. sinekdok

E.  hiperbola

jawaban A

Sonet: Hei! Jangan Kaupatahkan

(1) Hei! Jangan kau patahkan kuntum bunga itu. Larik ini terdapat kata bunga. kata bunga pada larik ini adalah majas metafora. Metafora adalah majas perbandingan secara langsung. Bunga dibandingkan dengan sesuatu yang elok. Bunga pada larik ini bukan berarti bunga pada tumbuhan. Tetapi bisa berarti gadis.

(2) ia sedang mengembang, bergoyang dahan-dahannya yang tua. Larik ini menggunakan majas metafora. Majas metafora terdapat pada . Ia sedang mengembang bergoyang larik ini membandingakan ia/ bunga yang sedang mengembang dan bergoyang. Bunga di sini bukan bermakna bunga tumbuhan. melainkan bisa bermakna perempuan yang indah rupanya, yang sedang bergoyang mampu membuat si penyair kagum. 

(3) yang telah mengenal baik, kau tahu

(4) segala perubahan cuaca 

(5) Bayangkan: akar-akar yang sabar menyusup dan menjalar. Larik ini menggunakan majas metafora. akar-akar yang sabar menyusup dan menjalar, menggunakan majas metafora. karena kesabaran diibaratkan seperti akar yang pelan-pelan menyusup di tanah, yang nantinya akan menghasilkan suatu kekuatan.

(6) hujan pun turun setiap bumi hampir hangus terbatas

(7) mekarlah bunga itu perlahan-lahan


soal nomor 3

Perhatikan kutipan puisi berikut ini

                                Ketika Berdiri di Sini


ah, terbayang masa mudaku dulu
bersama orang tua hidup di kaki gunung
      membiru
sementara bapak nembang pangkur di tengah
       sawah membajak
aku istirahat di pematang sempat membuat
       sajak
(Piek Ardijanto Soeprijadi)

Makna kata membiru dalam kutipan puisi tersebut adalah ...
A. tanah subur dan hamparan laut luas
B. tanah pegunungan yang dekat pantai
C. tanah pegunungan yang berwarna biru
D. tanah subur dan dipenuhi tumbuhan hijau
E. tanah subur di pegunungan yang berwarna biru

jawaban D
Kutipan puisi tersebut mengandung makna kias. Makna membiru dalam kutipan puisi tersebut berarti subur. Bapak si penyair membajak sawah dengan senang hati di tanah pegunungan yangsubur. Jadi, jawaban terdapat pada opsi D