Tuesday 8 June 2021

Sebab konflik dalam cerpen

Cermati kutipan cerpen berikut ini

 Ia menunduk, tidak sedih, hanya diam seperti buntalan besar teronggok di sudut teras. Hanya sehelai rambutnya yang tipis dan putih sesekali bergerak ditiup angin siang. Saya memanggil Sutini agar membangunkannya dan menyuruhnya pergi. Sebentar lagi banyak kerabat keraton yang lewat di depan teras menuju bangsal kulon. Mereka sudah lama mendengar gosip yang disebar Gusti Dar tentang gelandangan gila yang ngenger di rumah kami. Saya tak mau membenarkan gosip itu. Apalagi Mbok Jimah memang sudah jarang datang.


Sebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...

A. Ada orang gila tidur di teras rumah tokoh Saya.

B. Ada gosip yang disebarkan oleh tokoh Gusti Dar.

C. Sekelompok kerabat keraton berjalan di depan rumah.

D. Sekelompok prajurit keraton menuju bangsal kulon.

E. Mbok Jimah sedih dan menunduk di teras rumah.


Jawaban: B


Konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah tokoh Saya malu jika ada orang gila tidur di terasnya. Jadi, konflik dalam kutipan cerpen tersebut disebabkan gosip adanya orang gila (Mbok Jimah) yang tidur di teras rumah tokoh Saya sudah didengar banyak orang .zsementara itu, pernyataan yang terdapat pada pilihan jawaban A,C, D, E tidak sesuai dengan penyebab konflik dalam cerpen tersebut. 

No comments:

Post a Comment