Friday 11 June 2021

Cara menganalisis hubungan tema dengan latar kutipan novel

 Perhatikan kutipan novel berikut ini!

        Aku sentuh halaman diary yang kesat ini dengan mata terpejam untuk meresapi maknanya. Aku tutup diary ini dengan semangat yang bergelora sampai ubun-ubun. Walau aku tidak bisa menari dan bernyanyi, kalau aku berusaha dengan sungguh, lambat laun aku akan berhasil mengatasi hambatan. Bolehlah aku bagai sebuah golok berkarat dalam hal kesenian ini, tapi kalau aku mau bersabar dan mencoba berulang-ulang, hambatan akan aku patahkan akhirnya. Aku akan buktikan!

        Aku mengurung diri di kamar untuk mempersiapkan segala ujian praktik kesenian. Aku ingin segala energi dan perhatianku menghadapi ujian itu dan wawancara bahasa Inggris. Aku akan amalkan jurus golok Kiai Rais dengan hati dan perbuatan.

...

        Sehari menjelang tes, aku ternyata semakin resah. Aku masih belum tahu bentuk kesenian dan lagu yang akan aku persembahkan besok di depan para penguji ini. Sudah aku coba tulis daftar kesenian yang aku bisa pertunjukkan, tapi satu persatu aku coret lagi karena tidak ada yang benar-benar menjanjikan penampilan luar biasa. Sudah seminggu ini aku coba berlatih, tapi aku benar-benar tidak becus menari, menyanyi, atau memainkan alat musik apapun. Rupanya praktik jurus golok Kiai Rais ini sungguh tidak gampang.


Hubungan tema dengan latar kutipan novel tersebut adalah ....

A. tema pendidikan dipengaruhi oleh penggambaran suasana saat ujian praktik kesenian.

B. tema kesenian dipengaruhi oleh perilaku tokoh di panggung saat ujian kesenian.

C. tema setia kawan ditunjukkan oleh kekompakan tokoh dengan kelompoknya saat tampil.

D. tema pendidikan dipengaruhi oleh gambaran hubungan kekerabatan guru dan siswa.

E. tema kesenian ditunjukkan oleh usaha keras tokoh menyajikan penampilan yang menarik.


Pembahasan:

Kutipan cerpen tersebut memiliki tema pendidikan. Tema pendidikan tersirat dalam cerita. Pengarang menyampaikan tema cerita melalui penggambaran latar tempat, waktu, dan suasana. Penggambaran latar tempatdi kamar dibuktikan dengan kutipan Aku mengurung diri di kamar untuk mempersiapkan segala ujian praktik kesenian. Latar suasana resah dibuktikan dengan kutipan Sehari menjelang tes, aku ternyata semakin resah. Aku masih belum tahu bentuk kesenian dan lahu yang akan aku persembahkan besok di depan para penguji ini. Simpulan keterkaitan antara tema dan latar ditunjukkan oleh pilihan jawaban A. Sementara itu, pilihan jawaban B, C, D, E tidak menggambarkan hubungan tema dengan latar yang sesuai dengan kutipan novel tersebut.


No comments:

Post a Comment