Tuesday 8 June 2021

Menganalisis akibat konflik dalam cerpen

Bacalah kutipan cerpen berikut ini dengan cermat!

Dia mengelak dan kemudian mengambil kedua amplop yang menggeletak di atas meja.

"Ade, jangan ...!"

Tapi amplop itu dilarikan keluar.

"Ade, jangan!"

Anak saya terus kabur melewati rumah tetangga. Para tetangga ketawa melihat saya kejar-kejaran dengan anak. Mereka mungkin menyangka itu permainan biasa.

"Ade jangan, itu punya Oom!"

Terlambat. Anak saya melemparkan kedua amplop itu ke dalam kolam. Kedua-duanya. Ketika saya tangkap, dia diam saja. Matanya melotot menentang mata saya. Seakan-akan dia marah, karena bapaknya sudah mengkhianati hati nurani. Padahal saya hanya memerlukan waktu dalam menolak. Sayakan belum berpengalaman disuap. Apalagi menerima suap. Itu memerlukan keberanian mental. Baik menerima maupun menolaknya. 


Akibat konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...

A. Tokoh Saya marah melihat anaknya membawa amplop berisi uang suap.

B. Tokoh saya sedih melihat anaknya yang membawa lari amplop berisi uang suap.

C. Tokoh Saya kecewa masih ada seseorang yang ingin melakukan tindakan suap.

D. Tokoh saya gagal menangkap anaknya yang membawa lari amplop berisi uang suap.

E. Tokoh Saya bingung karena amplop berisi uang suap dilempar ke kolam oleh anaknya.


Jawaban E


konflik dalam kutipan cerpen tersebut dialami oleh tokoh saya. Konflik cerpen tersebut adalah kebingungan toko Saya karena amplop berisi uang suap dibuang anaknya di kolam. Jadi, akibat dari konflik tersebut terdapat pada pilihan opsi E. Pernyataan A, B, C, D bukan merupakan akibat dari konflik yang ada dalam cerpen.

No comments:

Post a Comment