Friday 25 September 2020

Kumpulan soal bahasa indonesia Kesalahan penggunaan tanda baca

Hai para pelajar Indonesia. Semoga kita selalu sehat dan selalu bugar. Ayo, dijaga kondisi imunitasnya, ya. Selalu gembira, jangan bersedih. buat apa sedih buat apa susah, lebih baik kita belajar.. hehehe.

Kali ini saya akan mengetengahkan Kumpulan soal bahasa indonesia tentang kesalahan penggunaan tanda baca. Ayo, langsung saja dicermati, ya. 



Cermati teks berikut secara cermat!

Teks 1

(1) Bahan kimia dalam makanan adalah pewarna makanan, pemanis buatan, pengawet makanan, dan penyedap rasa. (2) Bahan kimia untuk makanan dengan komposisi yang sesuai bukan menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh kita. (3) Akan tetapi banyak bahan kimia yang seharusnya tidak diperuntukkan bagi makanan, kini digunakan dalam makanan. (4) Salah satu contohnya adalah penggunaan formalin sebagai pengawet makanan. (5) Hal ini dapat membahayakan orang yang mengonsumsinya. 


Teks 2

Pewarna alami merupakan pewarna yang diperoleh dari bahan-bahan alami. Pewarna alami aman bagi kesehatan dibandingkan dengan pewarna sintetik. Pewarna alami yang sudah dikenal masyarakat antara lain daun suji untuk membuat warna hijau, kunyit untuk warna kuning, daun jati untuk warna merah, dan gula merah untuk warna cokelat. Penggunaan pewarna alami relatif terbatas karena adanya beberapa kekurangan,  misalnya keseragaman warna kurang baik, tidak dapat diproduksi secara massal karena jumlahnya terbatas, dan terkesan memberikan rasa khas yang tidak diinginkan.


Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks1 kutipan di atas terdapat pada nomor …. 

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)


PEMBAHASAN:

Jawaban yang benar: C

Berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), Pada teks 1 kutipan tersebut, penggunaan tanda baca yang salah terdapat pada kalimat (3). Pada kalimat tersebut setelah kata akan tetapi seharusnya menggunakan tanda koma (,).

No comments:

Post a Comment