Saturday 26 September 2020

penggunaan penutup surat lamaran pekerjaan yang benar

       

Kali ini kumpulan soal bahasa Indonesia akan membahas soal dengan materi surat lamaran pekerjaan. Mari langsung saja ita simak soal di bawah ini.

Perhatikan penggalan surat balasan lamaran pekerjaan berikut!

Atas perhatian Saudara tidak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih.


Kalimat yang tepat untuk memperbaiki penutup surat tersebut adalah ....

A.    Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih banyak.

B.    Atas perhatian Saudara, saya mengucapkan terima kasih.

C.   Atas diperhatikannya undangan saya, saya ucapkan terima kasih.

D.   Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih banyak.

E.    Atas perhatian Bapak untuk saya, saya ucapkan terima kasih.


Jawaban soal di atas adalah B


Jawaban A salah. Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih banyak. Kesalahan ada pada kata "banyak." Kata tersebut akan menghasilkan kalimat yang tidak efektif.


Jawaban C Atas diperhatikannya undangan saya, saya ucapkan terima kasih, juga salah. Kesalahan ada pada kata "diperhatikannya."


Jawaban D Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih banyak. juga salah. Kesalahan ada pada kata "perhatiannya" dan "banyak." Kata ganti -nya adalah kata ganti orang ketiga. Kata ganti orang ketiga selain -nya antara lain: dia, ia, beliau. Kata ganti -nya akan membuat kalimat menjadi rancu. "Atas perhatiannya" sama dengan "atas perhatian dia." Kata tersebuta akan menjadikan kalimat menjadi bias. Dia siapa? Yang benar seharusnya "Atas perhatian Bapak" atau "Atau atas perhatian Saudara"

Kata "saya mengucapkan terima kasih banyak" adalah kalimat yang tidak efektif. Kalimat yang benar seharusnya adalah "Saya mengucapkan terima kasih"


Jawaban E  "Atas perhatian Bapak untuk saya, saya ucapkan terima kasih" juga salah.

Kesalahan ada pada kata untuk saya, saya ucapkan terima kasih. Ada kata "saya" yang diulang dua kali. Kalimat tersebut tidak efektif, karena penggunaan subjek dilakukan sebanyak dua kali. Sebaiknya penggunaan subjek dalam sebuah kalimat tidak boleh lebih dari satu kali. Karena akan membuat kalimat menjadi tidak efektif. 

No comments:

Post a Comment