Friday 25 September 2020

Kumpulan soal Menganalisis paragraf yang tidak kohesif

 Hai, para pelajar Indonesia. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya www.kumpulansoalbahasa.blogspot.com . Kali ini saya akan membahas soal paragraf yang tidak kohesif.

langsung saja mari kita cermati soal tersebut.


Bacalah paragraf berikut ini secara cermat!

(1) Apa yang terjadi pada keledai dungu dapat juga terjadi pada manusia. (2) Seringkali kita menyaksikan masih banyak orang yang terjebak oleh masalah yang berulang-ulang dialaminya. (3) Bukankah hal itu artinya ia selalu jatuh pada lubang yang sama. (4) Namun hal ini tidak perlu anda khawatirkan jika anda selalu belajar. (5) Dengan membaca  Anda bisa mengambil memahami dan mengalami peristiwa yang telah terjadi.


Kalimat penjelas yang tidak padu terdapat pada nomor …. 

A.(1) 

B.(2)

C.(3) 

D.(4)

E.(5).


Mari kita bahas soal tersebut. Kalimat penjelas yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat (5). Kalimat penjelas adalah kalimat yang mendukung kalimat utama dalam paragraf. Paragraf tersebut menjelaskan tentang analogi "Keledai selalu jatuh pada lubang yang sama". Dalam paragraf tersebut dijelaskan bahwa manusia dapat mengalami hal yang sama dengan keledai jika tidak mau belajar dari kesalahan. Akan tetapi, pada kalimat (5) yang dibahas adalah manfaat membaca. Kalimat nomor (5) tidak kohesif atau tidak nyambung dengan kalimat utama paragraf tersebut. Jadi, jawaban soal di atas adalah E.

No comments:

Post a Comment