Friday, 25 September 2020

Mengurutkan kalimat-kalimatagar menjadi paragraf laporan hasil observasi yang kohesif dan koheren

Halo pelajar Indonesia yang baik hati. Kali ini saya akan membahas kumpulansoalbahasa.blogspot.com tentang Mengurutkan kalimat-kalimat agar menjadi paragraf laporan hasil observasi yang kohesif dan koheren.

Mari kita pelajari bersama-sama teks berikut ini!


Cermati kalimat-kalimat berikut.

(1) Salah satunya adalah Taman Monas atau Taman Medan Merdeka yang merupakan taman terluas dan terletak di jantung Jakarta.

(2) Jakarta memiliki banyak taman kota yang berfungsi sebagai daerah resapan air.

(3) Di tengah taman berdiri Monumen Nasional yang dibangun pada tahun 1963.

(4) Di taman ini terdapat beberapa ekor kijang dan 33 pohon yang melambangkan 33 provinsi di Indonesia.

(5) Taman terbuka ini dibuat oleh Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels (1870) dan selesai pada tahun 1910 dengan nama Koningsplein.

Urutan kalimat-kalimat yang tepat agar menjadi paragraf laporan hasil observasi yang padu adalah ….

A. (1), (2), (3), (4), dan (5)

B. (2), (1), (3), (5), dan (4)

C. (2), (3), (5), (4), dan (1)

D.(1), (3), (5), (4), dan (2)

E. (1), (4), (5), (2), dan (3)


PEMBAHASAN:

Jawaban yang benar: B

Dalam mengurutkan sebuah teks acak, perlu diperhatikan keterkaitan antarkalimat dan konteks keseluruhan paragrafnya. Urutan kalimat-kalimat yang tepat agar menjadi paragraf laporan yang padu adalah  (2), (1), (3), (5), dan (4).

Kumpulan soal bahasa indonesia Kesalahan penggunaan tanda baca

Hai para pelajar Indonesia. Semoga kita selalu sehat dan selalu bugar. Ayo, dijaga kondisi imunitasnya, ya. Selalu gembira, jangan bersedih. buat apa sedih buat apa susah, lebih baik kita belajar.. hehehe.

Kali ini saya akan mengetengahkan Kumpulan soal bahasa indonesia tentang kesalahan penggunaan tanda baca. Ayo, langsung saja dicermati, ya. 



Cermati teks berikut secara cermat!

Teks 1

(1) Bahan kimia dalam makanan adalah pewarna makanan, pemanis buatan, pengawet makanan, dan penyedap rasa. (2) Bahan kimia untuk makanan dengan komposisi yang sesuai bukan menjadi ancaman bagi kesehatan tubuh kita. (3) Akan tetapi banyak bahan kimia yang seharusnya tidak diperuntukkan bagi makanan, kini digunakan dalam makanan. (4) Salah satu contohnya adalah penggunaan formalin sebagai pengawet makanan. (5) Hal ini dapat membahayakan orang yang mengonsumsinya. 


Teks 2

Pewarna alami merupakan pewarna yang diperoleh dari bahan-bahan alami. Pewarna alami aman bagi kesehatan dibandingkan dengan pewarna sintetik. Pewarna alami yang sudah dikenal masyarakat antara lain daun suji untuk membuat warna hijau, kunyit untuk warna kuning, daun jati untuk warna merah, dan gula merah untuk warna cokelat. Penggunaan pewarna alami relatif terbatas karena adanya beberapa kekurangan,  misalnya keseragaman warna kurang baik, tidak dapat diproduksi secara massal karena jumlahnya terbatas, dan terkesan memberikan rasa khas yang tidak diinginkan.


Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks1 kutipan di atas terdapat pada nomor …. 

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)


PEMBAHASAN:

Jawaban yang benar: C

Berdasarkan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), Pada teks 1 kutipan tersebut, penggunaan tanda baca yang salah terdapat pada kalimat (3). Pada kalimat tersebut setelah kata akan tetapi seharusnya menggunakan tanda koma (,).

Kumpulan soal Menganalisis paragraf yang tidak kohesif

 Hai, para pelajar Indonesia. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya www.kumpulansoalbahasa.blogspot.com . Kali ini saya akan membahas soal paragraf yang tidak kohesif.

langsung saja mari kita cermati soal tersebut.


Bacalah paragraf berikut ini secara cermat!

(1) Apa yang terjadi pada keledai dungu dapat juga terjadi pada manusia. (2) Seringkali kita menyaksikan masih banyak orang yang terjebak oleh masalah yang berulang-ulang dialaminya. (3) Bukankah hal itu artinya ia selalu jatuh pada lubang yang sama. (4) Namun hal ini tidak perlu anda khawatirkan jika anda selalu belajar. (5) Dengan membaca  Anda bisa mengambil memahami dan mengalami peristiwa yang telah terjadi.


Kalimat penjelas yang tidak padu terdapat pada nomor …. 

A.(1) 

B.(2)

C.(3) 

D.(4)

E.(5).


Mari kita bahas soal tersebut. Kalimat penjelas yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat (5). Kalimat penjelas adalah kalimat yang mendukung kalimat utama dalam paragraf. Paragraf tersebut menjelaskan tentang analogi "Keledai selalu jatuh pada lubang yang sama". Dalam paragraf tersebut dijelaskan bahwa manusia dapat mengalami hal yang sama dengan keledai jika tidak mau belajar dari kesalahan. Akan tetapi, pada kalimat (5) yang dibahas adalah manfaat membaca. Kalimat nomor (5) tidak kohesif atau tidak nyambung dengan kalimat utama paragraf tersebut. Jadi, jawaban soal di atas adalah E.

Kumpulan soal bahasa indonesia teks laporan hasil observasi berserta pembahasannya

 Hai para pelajar Indonesia. Kali ini saya akan memposting Kumpulan soal bahasa indonesia teks laporan hasil observasi berserta pembahasannya. ayo langsung dicermati ya teman-teman.

Cermati teks laporan hasil observasi berikut secara saksama!

(1) Pukat, trawal, atau di Indonesia dikenal dengan istilah cantrang adalah alat penangkap ikan yang berbentuk kantong yang ditarik oleh satu atau dua kapal pukat. (2) Penggunaan cantrang atau pukat untuk menangkap ikan membuat hasil tangkapan tidak selektif. (3) Ribuan binatang laut ikut tertangkap. (4) Penggunaan cantrang sebagai alat menangkap ikan sekilas sangat menguntungkan nelayan karena nelayan dapat menangkap ikan dalam jumlah besar dalam waktu relatif singkat. (5) Namun, dampak yang ditimbulkan akibat penggunaan cantrang sangat besar. (6) Jaring banyak digunakan oleh nelayan untuk menangkap ikan karena penggunaannya yang praktis. (7) Selain tangkapan tidak selektif karena ribuan ikan kecil ikut tertangkap, terumbu karang juga menjadi rusak. (8) Dengan kata lain, penggunaan cantrang dapat merusak ekosistem laut. Oleh karena dampak yang sangat besar ini, Kementerian Keluatan dan Perikanan mengeluarkan larangan penggunaan cantrang.

 Tanggapan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah...

A. Penggunaan cantrang harus dilarang karena tidak memberikan manfaat bagi para nelayan.

B. Pemerintah harus memfasilitasi nelayan untuk menggunakan cantrang karena memberikan banyak keuntungan.

C. Penggunaan cantrang memang sudah sepantasnya dilarang karena mengganggu keseimbangan ekosistem.

D. Cantrang merupakan alat utama yang digunakan untuk menangkap ikan oleh para nelayan.

E. Kebijakan mengenai penggunaan cantrang harus direvisi karena masih belum memberikan keuntungan apa pun.

 

 

PEMBAHASAN:

Jawaban yang benar: C

 

Tanggapan yang sesuai dengan isi teks tentang pelarangan penggunaan cantrang oleh pemerintah adalah Penggunaan cantrang memang sudah sepantasnya dilarang karena mengganggu keseimbangan ekosistem.