SOAL BAHASA INDONESIA TINGKAT X
MULTIPLE CHOICE
1. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
Dari percakapan di atas kalimat yang menyatakan persetujuan adalah...
A. 1, 2, 4
B. 4 , 5, 6
C. 2, 4, 7
D. 2, 4, 6
E. 2, 5, 7
ANS:E
2. Bacalah teks di bawah ini!
Menurut informasi di atas, syarat negosiasi yang harus dipenuhi gadis itu untuk dapat memarkirkan sepeda motornya adalah ....
A. Membayar denda dua kali lipat.
B. Memberikan KTP sebagai jaminan dan membayar denda dua kali lipat.
C. Memberikan KTP sebagai jaminan.
D. Menandatangani surat denda.
E. Memarkir sepeda motor di luar mal.
ANS:E
3. Cermatilah teks berikut!
Berdasarkan cerita tersebut, negosiator seharusnya ...
A. mengucapkan salam pembuka.
B. menggunakan kata yang tepat.
C. intonasi suara harus jelas
D. berbicara secara santun.
E. memperhatikan giliran berbicara.
ANS: B
4. Cermatilah teks berikut!
Berdasarkan percakapan negosiasi tersebut, yang dilakukan Mukidi adalah ...
A. menyampaikan pendapat disertai dengan bukti atau fakta.
B. menghindari tuturan yang mengandung ejekan atau sindiran.
C. menyampaikan pendapat dengan bahasa yang santun.
D. menyampaikan pendapat secara berbelit-belit.
E. menyampaikan pendapat tanpa mempedulikan pendapat lain.
ANS: A
5. Kalimat-kalimat berikut tidak mengandung santun dalam berdebat ...
A. Berdasarkan bukti-bukti yang telah Saudara kemukakan, saya dapat menarik kesimpulan sebagai berikut.
B. Mohon pertanyaan Saudara dipersingkat, mengingat waktu yang sangat terbatas.
C. Pendapat Anda sebenarnya baik, tetapi sebaiknya ditinjau ulang.
D. Saya anjurkan agar Anda diam, karena fakta-fakta yang Anda sampaikan itu ngawur dan salah!
E. Jika tidak salah pemahaman saya, kita sekarang tidak membahas masalah itu.
ANS: D
6. Bacalah teks di bawah ini!
Kalimat simpulan dari teks negosiasi di atas ialah ....
A. Tugas projek naskah drama Elen tertinggal di rumah.
B. Bapak guru memberi nilai 0 bagi siswa yang tidak mengumpulkan tugas projek hari ini.
C. Elen meminta orang tuanya untuk mengantarkan tugas projek ke sekolah.
D. Elen akan memberikan tugas projek bapak guru sebelum pukul 12.00.
E. Elen meminta izin untuk menghubungi mamanya.
ANS: D
7. Bacalah teks berikut ini dengan cermat!
Penulisan judul teks negosiasi di atas salah, yang benar adalah ….
A. Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1.
B. Suasana Pembelajaran bahasa Indonesia Di Kelas X IPA 1
C. Suasana Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1
D. Suasana pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPA 1
E. Suasana Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X IPA 1
ANS: E
8. Negosiasi dapat dilakukan menggunakan bahasa persuasif. Bahasa persuasif adalah bahasa yang digunakan untuk…
A. Bertanya
B. Menjawab
C. Meminta
D. Menerima
E. Membujuk
ANS: E
9. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
Trik negosiasi yang dilakukan oleh Widjaksono adalah ...
A. berbicara dengan menggunakan bahasa asing agar terlihat cerdas.
B. menggunakan kata ganti kami.
C. melakukan kontak mata.
D. mengambil kesimpulan dengan cepat
E. membuat suasana menjadi santai.
ANS: E
10. Cermatilah teks berikut!
Berdasarkan negosiasi tersebut, hambatan yang terjadi adalah ...
A. komunikasi hanya satu arah.
B. perbedaan pandangan.
C. adanya kesalahpahaman
D. umpan balik tidak tepat.
E. topik tidak fokus.
ANS: B
11. Contoh pernyataan yang santun adalah ….
A. Saya tidak terima dengan pendapat Saudara, awas ya Kamu kalau tidak menarik pernyataanmu itu!
B. Pendapat Anda bahwa musik dangdut itu vulgar sangat picik dan bodoh.
C. Maaf Saudari yang baik hati, tanggapan Anda mengenai lagu dangdut saya terima. Tetapi perlu ditinjau lagi, karena lagu dangdut itu sangat merakyat.
D. Saya menolak pendapat Saudara Joni tentang musik dangdut. Pendapat Anda itu murahan!
E. Saudari Sagita, pendapat Anda sangat salah, Anda sebaiknya diam!
ANS:C
12. Bacalah teks negosiasi berikut ini dengan cermat!
Pihak Bank : “Selamat siang, Pak. Silakan duduk”.
Pengusaha : “Selamat siang. Ya, terimakasih”.
Pengusaha : “Begini, Mbak. Saya mempunyai usaha-usaha furnitur. Saya ingin
mengajukan proposal peminjaman uang”.
Pihak Bank ; “Bisa saya lihat proposalnya?”
Pengusaha : “Eeee... Silakan, Mbak”.
Pengusaha :”Usaha ini sudah turun temurun dari kakek saya. Saya berencana memperluas
penjualan sampai luar negeri. Karena sudah ada permintaan dari luar
negeri”.
Pihak Bank : “Begini Pak. Untuk proposal ini tidak ada masalah, cuma untuk
Rp 800.000.000,00 kami dari pihak bank tidak bisa memenuhinya. Pihak
bank hanya sanggup memenuhi Rp 500.000.000,00 dengan bunga 5 %”
Pengusaha : “Tidak bisa tambah, Mbak? Saya yakin usaha ini akan sangat sukses”.
Pihak Bank : “Mungkin jika tambah sedikit bisa”
Pengusaha : “Jika Rp 700.000.000,00 bagaimana, Mbak”?
Pihak Bank : “Maaf Pak, kami maksimal hanya mampu”. . . (pembicaraan di sela oleh
pengusaha)
Pengusaha : “Pokoknya saya mau Rp700.000.000,00! Usaha furnitur saya pasti akan
Sukses, Mbak, jangan khawatir”.
Pihak Bank :” Maaf pak, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kami hanya bisa
menyediakan Rp650.000.000,00”
Pengusaha : “Eee... Baiklah mbak Rp 650.000.000,00 tidak apa-apa”.
Pihak Bank : “Silakan pak menunggu sebentar”.
Pihak Bank : “Ini pak uangnya Rp Rp 650.000.000,00 dengan bunga 5 %”.
Pengusaha : “Iya mbak. Terimakasih. Selamat siang”.
Pihak Bank : “Selamat siang”
Kekurangan pada teks negosiasi tersebut adalah ….
A. Pengusaha menyela pembicaraan pihak bank
B. Menghasilkan kesepakatan bersama yang tidak merugikan kedua belah pihak
C. Berargumen sesuai fakta
D. Memprioritaskan kepentingan bersama
E. Pengusaha bicara sangat sopan
ANS:A
13. Bacalah teks negosiasi berikut ini dengan cermat!
Nomor KALIMAT
1 Anak : Berapa harga buku ini Pak?
Penjaga: Rp. 58.000 saja Nak.
2 Anak : Harga itu terlalu mahal untukku Pak, bolehkan saya menawar?
Penjaga: Boleh, silakan saja.
Anak : Bisa tidak Pak harga jadi Rp 45.000 saja, Pak?
Penjaga : Buku ini sudah langka, jadi harga segitu terlalu murah.
Anak : Uang saya tidak cukup, bagaimana kalau Rp 48.000 saja? Saya
harap bapak mau membantu. Ini untuk tugas sekolah saya.
Penjaga: Itu terlalu murah, bagimana kalau Rp 55.000 saja? Itu sudah
termasuk murah. Mungkin kalau kamu cari di toko buku lain
tidak akan ada lagi.
Anak : Tapi uang saya hanya Rp 50.000.
3 Penjaga : Begini saja, saya akan berikan buku ini seharga Rp 50.000.
Bagaimana?
Anak : Baiklah Pak! Saya beli bukunya.
Bagian pengajuan ada pada ….
A. Anak : Berapa harga buku ini Pak?
Penjaga: Rp. 58.000 saja Nak.
B. Anak : Harga itu terlalu mahal untukku Pak, bolehkan saya menawar?
Penjaga: Boleh, silakan saja.
C. Penjaga : Begini saja, saya akan berikan buku ini seharga Rp 50.000. Bagaimana? Anak : Baiklah Pak! Saya beli bukunya.
D. Penjaga: Itu terlalu murah, bagimana kalau Rp 55.000 saja? Itu sudah termasuk murah.
Mungkin kalau kamu cari di toko buku lain tidak akan ada lagi.
Anak : Tapi uang saya hanya Rp 50.000.
E. Penjaga : Buku ini sudah langka, jadi harga segitu terlalu murah.
Anak : Uang saya tidak cukup, bagaimana kalau Rp 48.000 saja? Saya harap bapak mau
membantu. Ini untuk tugas sekolah saya.
ANS:A
14. Bacalah nukilan teks negosiasi berikut ini!
Dialog yang menyatakan penawaran ditunjukkan oleh nomor …
A. 1, 2, 3, 4
B. 2, 3, 4, 5
C. 2, 3, 5
D. 1, 2, 3, 5
E. 2, 3, 4
ANS:E
15. Bacalah teks negosiasi berikut ini!
Kekurangan teks negosiasi tersebut adalah . . .
A. Bu Neni yang tiba-tiba ngotot kepada bu Dewi karena kucing bu Dewi yang hampir memakan ikan miliknya.
B. Bu Dewi terlalu sabar menghadapi bu Neni yang tiba-tiba marah kepadanya.
C. Bu Neni akhirnya mau mengalah dengan mau memasukkan akuariumnya ke dalam rumah.
D. Bu Dewi yang akan menasihati kucingnya agar tidak bermain di rumah bu Neni.
E. Bu Neni yang memberikan saran kepada bu Dewi agar memasukkan akuariumnya ke dalam rumah.
ANS:A
16. Kelebihan teks negosiasi tersebut adalah . . .
A. Bu Dewi memaksa bu Neni agar memasukkan akuariumnya ke dalam rumah.
B. Bu Neni yang menyadari bahwa sebaiknya ia memasukkan akuariumnya ke dalam rumah agar ikannya tidak dimakan kucing.
C. Bu Neni dan Bu Dewi sama-sama mau mengalah dan menurunkan egonya untuk mencapai kesepakatan bersama.
D. Bu Dewi yang suka membiarkan kucingnya untuk berkeliaran karena kucing memang hewan yang suka berkeliaran.
E. Bu Neni yang akhirnya bersabar dan mulai menjelaskan penyebab dia marah.
ANS:C
17. Cermati penulisan alamat surat berikut ini!
Perbaikan penulisan alamat tersebut yang tepat adalah ....
A. Kepada Yth. Marhaban Wedding Organizer
Jln. Kartini Kota Batu Jawa Timur.
B. Yth. Marhaban Wedding Organizer
Jln. Kartini Kota Batu Jawa Timur.
C. Yth. Marhaban Wedding Organizer
Jalan Kartini Kota Batu Jawa Timur.
D. Yth. Marhaban Wedding Organizer
Jalan Kartini Kota Batu Jawa Timur
E. Yth: Yth. Marhaban Wedding Organizer
Jln. Kartini Kota Batu Jawa Timur.
ANS:D
18. Orang yang bertindak memandu dan menengahi pembicaraan dalam debat disebut ...
A. Juri
B. Pencatat waktu
C. Tim afirmasi
D. Tim oposisi.
E. Moderator
ANS:E
19. Perhatikan kalimat berikut!
Para hadirin dipersilahkan menikmati minuman dan snack.
Pembetulan kalimat yang belum efektif tersebut adalah ….
A. Para hadirin dipersilakan menikmati minuman dan snack.
B. Para hadirin dipersilahkan menikmati minuman dan snack.
C. Para hadirin dipersilakan menikmati minuman dan kudapan.
D. Hadirin dipersilakan menikmati minuman dan kudapan.
E. Hadirin dipersilahkan menikmati minuman dan kudapan.
ANS:D
20. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1) Bahasa Indonesia semakin diminati warga asing di luar negeri dan telah diajarkan setidaknya di 73 negara. (2) Tenaga pendidik bahasa Indonesia untuk luar negeri juga semakin dibutuhkan, kata Koordinator Program Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing di Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Departemen Pendidikan Nasional Pengesti Wiedarti. (3) Beliau juga mengatakan, permintaan terhadap tenaga pendidik bahasa Indonesia ternyata terbilang cukup banyak. (4) Begitu pula, pengiriman tenaga pendidik bahasa Indonesia ke luar negeri bergantung dari bentuk kerja sama antarnegara dan lembaga diberbagai bidang. (5) Saat ini terdapat sekitar 219 lembaga yang mengajarkan bahasa Indonesia untuk penutur asing di 73 negara.
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut adalah nomor ….
A. ( 1 ) dan ( 5 )
B. ( 2 ) dan ( 3 )
C. ( 1 ) dan ( 5 )
D. ( 3 ) dan ( 4 )
E. ( 4 ) dan ( 5 )
ANS:C
21. Bacalah paragraf sebab-akibat berikut dengan saksama!
Kemarau tahun ini cukup panjang dan sebelumnya pohon-pohon di hutan sebagai penyerap air banyak yang ditebang. Di samping itu, irigasi di desa ini tidak lancar. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahannya. …
Kalimat yang merupakan akibat paragraf tersebut adalah….
A. Maka, masyarakat khususnya para petani perlu mendapat tambahan pengetahuan.
B. Dengan demikian, pohon-pohon di hutan dilarang ditebang.
C. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika panen di desa ini selalu gagal.
D. Hal ini disebabkan oleh pengetahuan para petani sangat kurang.
E. Harga pupuk di pasaran sangat menjerat leher petani.
ANS:B
22. Bacalah secara saksama teks di bawah ini!
Kedua kalimat tersebut jika digabungkan menjadi kalimat efektif yaitu …
A. Pelajar harus mempersiapkan diri menjelang ujian atau ujian menentukan keberhasilan belajar siswa.
B. Pelajar harus mempersiapkan diri menjelang ujian oleh ujian menentukan keberhasilan belajar siswa.
C. Pelajar harus mempersiapkan diri menjelang ujian; ujian menentukan keberhasilan belajar siswa.
D. Pelajar harus mempersiapkan diri menjelang ujian karena ujian menentukan keberhasilan belajar siswa.
E. Pelajar harus mempersiapkan diri menjelang ujian tetapi ujian menentukan keberhasilan belajar siswa.
ANS:D
23. Simaklah teks di bawah ini secara saksama!
Seorang pendaki tebing memiliki beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut antara lain: ia harus kuat, penuh perhitungan, belajar dari pengalaman, hati-hati, pantang menyerah, dan disiplin. Hal ini sama dengan seseorang yang sedang belajar untuk meraih cita-cita. Cita-cita akan tercapai jika seseorang tersebut memiliki persyaratan yang hampir sama seperti seseorang yang sedang mendaki tebing.
Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...
A. Jadi, persyaratan sukses seorang pelajar yang ingin meraih cita-cita; sama dengan seorang pendaki tebing.
B. Jadi, seorang pendaki gunung dan pelajar mempunyai persyaratan yang hamper sama.
C. Jadi, syarat orang yang ingin sukses dengan pendaki gunung dapat dipastikan hamper sama.
D. Jadi, keduanya harus memiliki persyaratan yang sama seperti hati-hati, pantang menyerah, dan hati-hati.
E. Jadi, kesuksesan seorang pelajar dan pendaki gunung memiliki kesamaan persyaratan.
ANS: A
24. Bacalah nukilan teks debat berikut dengan saksama!
Kecenderungan pada sebagian remaja adalah tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah. Wujud dari kecenderungan tersebut adalah munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan sering menyimpang dari aturan yang berlaku di sekolah. Penyebabnya, karena sejak kecil orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak. Wajarnya, orang tua harus mampu memberikan hukuman pada saat anak memunculkan perilaku yang salah dan memberikan pujian atau hadiah saat anak memunculkan perilaku yang baik atau benar.
Apa penyebab sebagian remaja tidak mampu membedakan antara perilaku benar dan salah? Jawaban yang tepat sesuai dengan paragraf tersebut adalah karena …
A. Munculnya cara pikir dan perilaku yang kacau dan menyimpang dari aturan.
B. Orang tua tidak pernah memberikan hukuman kepada anak yang salah.
C. Orang tua tidak pernah memberikan hadiah kepada anak yang baik.
D. Orang tua tidak bisa membedakan perilaku yang benar dan salah pada anak.
E. Anak yang sering melakukan kesalahan di sekolah orang tua tidak menghukumnya.
ANS:D
25. Bacalah secara saksama teks di bawah ini!
Mosi: Mencintai dan Menekuni Pekerjaan
Kalimat persuasif:
1) Oleh karena itu, saya anjurkan Bapak dan Ibu memiliki tujuan pekerjaan.
2) Dengan demikian, semua pekerjaan hendaknya dilakukan sesuai dengan tujuan.
3) Jadi, semua pekerjaan yang akan kita lakukan haruslah memiliki tujuan yang diharapkan.
4) Karena itu, kita hendaknya mencintai pekerjaan yang akan kita lakukan.
5) Dengan demikian, marilah kita tekuni setiap pekerjaan yang kita lakukan agar memperoleh hasil maksimal.
Kalimat persuasif yang sesuai dengan mosi tersebut terdapat pada kalimat nomor …
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5).
ANS:E
26. Bacalah nukilan debat di bawah ini dengan saksama!
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi nukilan debat di atas adalah …
A. Oleh sebab itu, marilah kita melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan pendidikan.
B. Melalui proses pembangunan pendidikan kita hendaknya membangun manusia Indonesia seutuhnya.
C. Sebaiknya kita harus membekali peserta didik dengan pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan zaman.
D. Atas dasar itulah langkah kita ke depan menjadi bagian penting yang menentukan perkembangan pendidikan.
E. Marilah kita antisipasi arah pembangunan nasional khususnya dalam bidang pendidikan.
ANS:A
27. Bacalah teks di bawah ini dengan saksama!
Kesimpulan paling tepat generalisasi di atas adalah …
A. Dari Sabang sampai Merauke terdapat banyak gunung berapi.
B. Wilayah Indonesia kaya gunung berapi yang masih aktif.
C. Di seluruh Indonesia terdapat gunung berapi yang masih aktif.
D. Di wilayah laut Indonesia pun terdapat gunung berapi.
E. Di Indonesia sering terjadi bencana karena banyak gunung berapi yang aktif.
ANS:B
28. Bacalah paragraf berikut!
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah ...
A. Sebaiknya, pemerintah Cina memberikan dukungan kepada pemerintah Indonesia.
B. Sebaiknya, pemerintah Indonesia mencontoh kebijakan pemerintah Cina supaya ekonomi Indonesia maju.
C. Banyak pengusaha Indonesia yang lari ke Cina untuk menambah modalnya.
D. Pemerintah Indonesia sebaiknya tidak usah mencontoh kebijakan pemerintah Cina.
E. Pengusaha Indonesia bergairah menanamkan modalnya karena perhatian pemerintah begitu besar.
ANS:B
29. Bacalah paragraf berikut!
Mosi bacaan di atas adalah ....
A. bahasa dapat menimbulkan perang.
B. bahasa dapat menjadikan manusia kreatif.
C. bahasa sebagai alat komunikasi yang tidak dapat dimanipulasi pemakainya.
D. bahasa dapat menciptakan kembali manusia dan kebudayaan.
E. bahasa memiliki kuasa yang ampuh.
ANS:C
30. Bacalah nukilan materi debat berikut!
Kalimat tanggapan yang tepat sesuai dengan materi debat di atas adalah ...
A. Sebaiknya produk-produk gorengan yang sudah menjadi besar ditinggalkan.
B. Makanan siap saji boleh saja dikonsumsi berlebihan.
C. Sebaiknya mengkonsumsi makanan siap saji tidak berlebihan karena kandungan gizinya yang tidak seimbang.
D. Janganlah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol.
E. Ketidakseimbangan gizi makanan siap saji disebabkan kurangnya kandungan sayuran.
ANS:C
31. Perhatikan teks di bawah ini!
Kesimpulan generalisasi teks di atas adalah ...
A. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah dari bahasa asing untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.
B. Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain.
C. Bahasa Indonesia juga menyerap kosa kata dan istilah bidang teknologi dari negara asing.
D. Bahasa Indonesia menyerap kata dan istilah dari Arab, Jepang, Jerman, Korea.
E. Bahasa Indonesia menyerap kosa kata dan istilah untuk memperkaya perbendaharaan kosa kata.
ANS:A
32. Bacalah teks di bawah ini secara cermat!
Orang tua mendidik kita di rumah dengan penuh kasih sayang. Mereka mengajari kita banyak hal. Tak jarang kita dimarahi ketika kita nakal dan tidak mematuhi nasihat mereka. Di sekolah para guru juga mendidik kita dengan penuh kasih sayang. Guru-guru kita mengajari kita berbagai ilmu pengetahuan dan ketrampilan, bahkan juga memberikan teladan akhlak yang baik. Demi menanamkan kedisiplinan dan tanggung jawab, para guru pun acapkali memberi hukuman pada kita.
Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran analogi maka jawaban yang benar adalah ...
A. Jadi, dapat dikatakan bahwa para guru adalah orang tua kita di sekolah.
B. Jadi, dapat dikatakan bahwa orang tua adalah guru kita.
C. Jadi, para guru bukan orang tua kita.
D. Jadi, orang tua selalu mendidik kita seperti guru.
E. Jadi, kita dimarahi guru di sekolah seperti halnya orang tua kita.
ANS:A
33. Bacalah teks di bawah ini secara saksama!
Apabila teks di atas disimpulkan dengan penalaran sebab-akibat maka jawaban yang paling tepat adalah ...
A. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai kering.
B. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dalam.
C. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai dangkal.
D. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai berlebihan.
E. Akibatnya, banyak sumur warga sekitar gedung tinggi mulai disedot.
ANS:A
34. Bacalah nukilan biografi di bawah ini!
Liem Swie King adalah salah seorang pemain bulu tangkis Indonesia yang melegenda. Prestasinya di bidang bulu tangkis tak diragukan lagi. Di antara banyak pemain top dunia, hanya “King”-lah yang memiliki rekor bertanding 33 kali tak terkalahkan sepanjang tahun 1978-1979. Tentu saja ini merupakan prestasi yang sangat spektakuler. King mendapat julukan King Smash (raja smash). Jika ia sudah meloncat dan melancarkan smash dahsyatnya, hampir tak ada lawan yang mampu menangkisnya. Kesuksesan Liem Swie King tentu saja tidak diraih dengan mudah begitu saja, tetapi butuh kerja keras dan pengorbanan yang luar biasa. Menurut kawan-kawan sepermainannya, King sangat ulet dan giat berlatih. King tidak pernah mengeluh meskipun harus berlatih dalam durasi jam yang banyak setiap hari. Keberhasilan King di dunia olahraga bulutangkis tidak lantas membuatnya tinggi hati. King tetaplah King dulu yang rendah hati dan ramah kepada siapa saja.
Hal yang dapat diteladani dari kutipan biografi tersebut adalah...
A. Menjadi pemain bulutangkis
B. Tak terkalahkan selama beberapa tahun
C. Mendapat julukan raja smash
D. Ulet dan pekerja keras
E. Suka berkorban
ANS:D
35. Bacalah penggalan biografi berikut dengan saksama!
Bakat kesenimanannya tidak terbatas pada karya sastra. Bersama kakaknya, Teguh Asmar, Nh. Dini mendirikan suatu perkumpulan seni “Kuntjup Seni” yang kegiatannya berlatih karawitan atau gamelan, bermain sandiwara, dan menyanyi, baik lagu-lagu Jawa maupun lagu-lagu Indonesia. Disamping aktif dalam kegiatan itu, Nh. Dini juga masih sempat bekerja sebagai anggota redaksi ruangan “kebudayaan” dalam majalah pelajar kota Semarang, Gelora Muda.
Isi penggalan biografi di atas adalah ….
A. latar belakang sosial
B. latar belakang kesenimanannya
C. latar belakang pekerjaan
D. latar belakang keluarga
E. latar belakang pendidikan
ANS:B
36. Bacalah kutipan biografi berikut dengan saksama!
Sepatu Bally adalah merek sepatu yang pernah diimpikan dan diidamkan oleh Bung Hatta semasa hidupnya. Sepatu Bally sangat terkenal pada masa tahun 1950-an. Karena belum mampu untuk membeli sepatu itu, beliau menggunting potongan iklan sepatu Bally itu dan menyimpannya di buku harian beliau. Sangat mengharukan dari kisah ini, keinginan beliau ini hanya menjadi impian saja sampai akhir hayatnya. Keinginan beliau ini baru diketahui setelah ditemukan sebuah guntingan secarik kertas berisi gambar potongan sepatu Bally dalam buku hariannya oleh putrid beliau, setelah Bung Hatta wafat.
Hal yang dapat diteladani dari Bung Hatta adalah....
A. seorang negarawan
B. wakil presiden 1 RI
C. kesederhanaan
D. kedermawanan
E. perjuangan Bung Hatta
ANS:C
37. Bacalah kutipan biografi berikut dengan baik!
Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah pada 20 Maret 1940 ini, mengaku tak pernah berencana menjadi penyair. Dia berkenalan dengan puisi pun secara tak sengaja. Sejak masih belia, putra Sadyaka dan Apariyah itu sering membenamkan diri dalam tulisan-tulisan. Bahkan, ia pernah menulis sebanyak delapan belas sajak hanya dalam satu malam. Kegemarannya pada sastra sudah mulai tampak sejak ia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Kemudian, ketika duduk di SMA, ia memilih jurusan Sastra dan kemudian melanjutkan pendidikan di fakultas Sastra UGM.
Hal yang menarik dalam kutipan biografi tersebut adalah ….
A. Pria kelahiran Solo ini, mengaku tak pernah berencana menjadi penyair
B. Ia memilih jurusan Sastra dan melanjutkan pendidikan di fakultas Sastra UGM.
C. Sejak masih belia sering membenamkan diri dalam tulisan-tulisan.
D. Kegemarannya pada sastra sudah mulai tampak sejak ia masih SMAP.
E. Ia pernah menulis sebanyak delapan belas sajak hanya dalam satu malam.
ANS:E
38. Perhatikan penggalan biografi berikut!
Suatu hari, saat SBY duduk di tingkat empat Akabri, ada acara di Balai Taruna. Sebagai komandan divisi korps taruna, pemuda gagah ini harus melapor kepada Sarwo Edhi, sang Gubernur Akabri, untuk memberikan sambutan peresmian balai tersebut. Tak dinyana, di situ pulalah ia kali pertama bertemu dengan putri sang Gubernur tersebut. Pertemuan itu berbuah cinta. Waktu hubungan cintanya diceritakan kepada ayahnya di Pacitan, Soekotjo, pensiunan Danramil itu kaget bukan main. Ia menganggap bahwa putra tunggalnya salah dan terlalu berani dalam memilih teman. ”Apakah tidak njomplang statusmu dengan anak Gubernur Akabri yang pangkatnya Mayor Jendral?” demikian pertanyaan Soekotjo yang ditujukan pada anaknya. SBY berkali-kali meyakinkan orang tuanya bahwa ia tidak pernah minder ataupun kecil hati. Akhirnya, Kristiani Herawati, putri sang Gubernur, itu pun menjadi istrinya dan setia mendampinginya sampai sekarang.
Nilai-nilai yang dapat kita teladani dari profil tokoh di atas adalah ....
A. jangan terlalu keras kepala
B. jangan suka menentang orang tua
C. berhati-hatilah dalam memilih pasangan hidup
D. carilah pasangan hidup yang statusnya sejajar dengan kita
E. hilangkan sifat minder dan kecil hati untuk meraih cita-cita
ANS:E
39. Bacalah penggalan biografi di bawah ini dengan saksama!
Gelar sarjana sastra diraihnya pada 1957, dan doktor honoris causa, delapan belas tahun kemudian -- keduanya di Fakultas Sastra UI. Ia juga sempat mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS. Ia menguasai bahasa Inggris, Belanda, Prancis, dan Jerman.
Ada kisah unik saat ia menempuh pendidikan di UI. Saat itu, HB Jassin merangkap sebagai mahasiswa dan mahaguru sekaligus. Ketika kuliah sastra-lama, terutama mata pelajaran Jawa Kuno, Sanskerta, HB Jassin menjadi mahasiswa, tekun duduk bersama mahasisawa lainnya dan penuh perhatian pada mata kuliahnya. Akan tetapi, begitu berganti mata kuliah Sastra Modern, Masa Kekinian, HB Jassin berdiri dan maju ke depan, berdiri di podium lalu memberi kuliah, karena memang sebagai doktor Sastra Modern.
Hal yang menarik dari biografi di atas adalah ...
A. H.B. Jassin mendapat gelar doktor honoris causa.
B. H.B. Jassin mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS.
C. Ia memberikan teladan kepada para mahasiswa untuk rajin belajar, tekun, teliti dan sungguh-sungguh dengan menjadi mahasiswa dan mahaguru sekaligus.
D. Ia mengajarkan mata kuliah sastra modern.
E. Ia tidak menguasai mata kuliah sastra lama.
ANS:C
40. Bacalah teks berikut ini dengan cermat!
Gelar sarjana sastra diraihnya pada 1957, dan doktor honoris causa, delapan belas tahun kemudian -- keduanya di Fakultas Sastra UI. Ia juga sempat mendalami ilmu perbandingan sastra di Universitas Yale, AS. Ia menguasai bahasa Inggris, Belanda, Prancis, dan Jerman.
Ada kisah unik saat ia menempuh pendidikan di UI. Saat itu, HB Jassin merangkap sebagai mahasiswa dan mahaguru sekaligus. Ketika kuliah sastra-lama, terutama mata pelajaran Jawa Kuno, Sanskerta, HB Jassin menjadi mahasiswa, tekun duduk bersama mahasisawa lainnya dan penuh perhatian pada mata kuliahnya. Akan tetapi, begitu berganti mata kuliah Sastra Modern, Masa Kekinian, HB Jassin berdiri dan maju ke depan, berdiri di podium lalu memberi kuliah, karena memang sebagai doktor Sastra Modern.
Pertanyaan yang sesuai dengan isi biografi tersebut adalah …
A. Mengapa H.B. Jassin memilih kuliah di UI?
B. Bagaimana riwayat pendidikan dasar H.B. Jassin?
C. Bahasa asing apa saja yang dia ajarkan?
D. Apa kisah unik saat dia menempuh kuliah di UI?
E. Kapan H.B. Jassin memperoleh gelar dokter?
ANS:D
No comments:
Post a Comment