Wednesday 13 April 2022

Menganalisis isi puisi

 


Bacalah puisi berikut ini dengan cermat!


Aku
(Chairil Anwar)


Kalau sampai waktuku
kumau tak seorang 'kan merayu
tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu
aku ini binatang jalang
dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
aku tetap meradang, menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
berlari
hingga hilang pedih peri

Dan aku lebih tidak peduli
aku mau hidup seribu tahun lagi

Kata yang dicetak miring pada puisi Aku karya Chairil Anwar tersebut mengandung majas ....

A. Simile
B. Metafora
C. Litotes
D. Hiperbola
E. Paradoks

Kunci jawaban B

Pembahasan:

Larik sajak pada aku ini binatang jalang
dari kumpulannya terbuang merupakan majas metafora. Baris puisi tersebut bersifat simbolik yang dikategorikan sebagai majas metafora, yakni “Aku Ini Binatang Jalang” menggambarkan aku lirik sebagai binatang jalang, yakni binatang yang liar, yang tidak suka diperintah yang tidak suka pada aturan-aturan yang berlaku dalam kehidupannya.

No comments:

Post a Comment