Monday 30 November 2020

Soal pilihan ganda menganalisis unsur intrinsik Roman Siti Nurbaya karya Marah Rusli

Bacalah kutipan roman Siti Nurbaya karya Marah Rusli berikut ini!

Tatkala kulihat ayah akan dibawa ke dalam penjara, sebagaimana seorang penjahat yang bersalah besar, gelaplah mataku dan hilanglah pikiranku dan dengan tiada kuketahui, keluarlah aku, lalu berteriak, “Jangan dipenjarakan ayahku! Biarlah aku menjadi istri Datuk Maringgih!” 

Mendengar perkataan itu, tersenyumlah Datuk Maringgih dengan senyum yang pada penglihatanku, sebagai senyum seekor harimau yang hendak menerkam mangsanya, dan terbanglah suka citanya dan berahi serta hawa nafsu hewan kepada matanya sehingga aku terpaksa menutup mataku.


1. Sudut pandang pengarang dalam kutipan novel tersebut adalah …. 

A. orang ketiga pelaku utama 

B. orang ketiga pelaku sampingan 

C. orang pertama pelaku sampingan 

D. orang pertama pelaku utama 

E. orang ketiga serbatahu.

Jawaban pertanyaan pada soal nomor 1 adalah D "orang pertama pelaku utama". Mengapa itu jawabannya? Karena di sini si pengarang menceritakan suatu peristiwa seolah-olah diri si pengarang itu terlibat/ mengalami sendiri peristiwa pada bacaan di atas. 



2. Watak tokoh Datuk Maringgih dalam kutipan novel tersebut adalah …. 

A. pemarah 

B. penurut 

C. penindas 

D. penyabar 

E. pemurah 

Watak tokoh Datuk Maringgih adalah C "penindas" ini dapat kita lihat dalam kutipan berikut ini

Mendengar perkataan itu, tersenyumlah Datuk Maringgih dengan senyum yang pada penglihatanku, sebagai senyum seekor harimau yang hendak menerkam mangsanya ...

3. Pendeskripsian watak tokoh Datuk Maringgih dalam kutipan novel tersebut adalah melalui …. 

A. dialog tokoh 

B. gambaran fisik tokoh 

C. reaksi tokoh peristiwa 

D. jalan pikiran tokoh 

E. keadaan sekitar tokoh.

Pelukisan watak tokoh dapat diceritakan secara analitik dan dramatik. Pelukisan cerita secara analitik adalah si pengarang mengalami sendiri segala sesuatu yang terjadi di dalam cerita. Si pengarang seolah-olah terlibat di dalam cerita. Pengarang akan secara langsung menceritakan peristiwa/ cerita dengan secara langsung. Sedangkan pelukisan cerita secara dramatik berbeda dengan analitik. Pelukisan secara dramatik pengarang tidak terlibat di dalam alur cerita. Si pengarang bisa menceritakan kisah berdasarkan pengamatan bukan tokoh utama. Karena cerita di atas menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama (si pengarang terlibat dalam alaur) maka jawaban soal nomor 3 adalah D "Jalan pikiran tokoh.

No comments:

Post a Comment