Thursday 19 November 2020

PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL Mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X

 PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL Mata pelajaran  Bahasa Indonesia Kelas X

                                           PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL

Mata pelajaran           : Bahasa Indonesia

Kelas, Program         : X , MIPA/IPS

Petunjuk umum

1.    Berdoalah sebelum mengerjakan soal.

2.    Bacalah soal dengan teliti.

3.    Kerjakan soal dengan penuh kesadaran dan pertimbangan.

4.    Bertanyalah pada pengawas bila mendapati lembar soal cacat.

5.    Berdoalah setelah selesai mengerjakan soal semua.

6.    Kumpulkan lembar jawaban pada pengawas.

 

PETUNJUK KHUSUS

Pilihlah jawaban yang paling tepat   dengan memberikan tanda silang  pada  huruf  A, B, C, D atau  E pada lembar jawaban yang telah tersedia!

Bacalah teks laporan hasil observasi berikut dengan saksama untuk menjawab soal no.1 s.d.5 !

Musibah banjir di Jakarta sudah merupakan musibah tahunan. Musibah tersebut bukan semata melumpuhkan akses transportasi yang kemudian membatasi aktivitas warga dan merugikan berbagai pihak. Banjir telah memakan banyak korban, jumlah pengungsi pun terus bertambah di sejumlah titik banjir di Jakarta hingga Bekasi. Berbagai pihak pun mulai mengulurkan tangan untuk memberikan bantuan dan menunjukkan kepedulian. Dari bantuan komunitas, yayasan, organisasi internasional, relawan, hingga situs belanja online juga turun tangan.

 

1.      Pokok informasi yang disampaikan dalam paragraf ketiga tersebut adalah....

A.    Musibah banjir di Jakarta memakan banyak korban

B.    Berbagai pihak telah memberikan bantuan untuk meringankan penderitaan korban

C.   Musibah banjir di Jakarta sudah merupakan musibah tahunan.

D.   Akibat banjir akses transportasi menjadi lumpuh dan berbagai pihak dirugikan.

E.    Bantuan komunitas, yayasan, organisasi internasional, relawan, hingga situs belanja online juga turun tangan.

2.      Paragraf tersebut merupakan struktur bagian teks laporan hasil observasi yang berupa … .

A.    penegasan ulang

B.    pernyataan umum

C.   pembahasan

D.   deskripsi bagian

E.    deskripsi manfaat

 

Bacalah wacana berikut untuk menjawab soal no. 3-5!

Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain.(1)Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup.(2) Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang.(3) Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak.(4) Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan.(5) Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga.(6) Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga.(7) Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.(8)

3.      Paragraf tersebut merupakan struktur bagian teks laporan hasil observasi yang berupa … .

A.    penegasan ulang

B.    pernyataan umum

C.   pembahasan

D.   deskripsi bagian

E.    deskripsi manfaat

 

4.      Kata yang dicetak tebal dalam paragraf di atas  merupakan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi yaitu banyak menggunakan jenis kata … .

A.    adjectiva

B.    verba

C.   nomina

D.   preposisi

E.    adverbial

5.      Dalam paragraf tersebut yang menggunakan frasa nomina terdapat dalam kalimat nomor … .

A.    1 dan 2

B.    3 dan 4

C.   4 dan 5

D.   6 dan 7

E.    7 dan 8

Cermatilah teks berikut untuk menjawab soal no. 6,7, dan 8 !

(1)       Bunga mawar adalah merupakan jenis tanaman khas yang paling banyak peminatnya. (2) Bunga mawar sangat terkenal sebab aroma dan keindahannya yang khas. (3) Banyak orang mengatakan bunga mawar sebagai queen of flower. (4) Bunga mawar juga banyak bermanfaat bagi manusia karena memiliki banyak khasiat. (5) Minyak bunga mawar yang dihasilkan dari proses ekstraksi sudah sejak lama digunakan sebagai bahan baku untuk produk pewangi, sabun, pelembab kulit, dan obat-obatan.

 

6.       Paragraf tersebut sebagai struktur bagian yang berupa pernyataan umum karena dalam paragraf tersebut terdapat … .

A.    kalimat aktif intransitif

B.    kalimat retoris

C.   kalimat deskripsi

D.   kalimat transitif

E.    kalimat definisi

7.      Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan teks laporan hasil observasi di atas adalah…

A.  Aroma dan keindahan bunga mawar bermanfaat bagi kesehatan.

B.  Bunga mawar banyak peminatnya karena aromanya yang harum.

C. Hasil ekstraksi bunga mawar juga dapat membahayakan manusia.

D. Minyak bunga mawar dapat dipakai sebagai bahan baku obat-obatan.

E.  Karena harganya yang mahal, bunga mawar dikenal sebagai queen of flower.

8.      Dalam paragraf tersebut terdapat kalimat yang tidak efektif, yaitu pada kaliamat nomor … .

A.    1

B.    2

C.   3

D.   4

E.    5

 

9.      Bacalah dengan cermat dua kutipan teks laporan hasil observasi berikut!

Kutipan teks

laporan hasil observasi 1

Kutipan teks

laporan hasil observasi 2

            (1)D’topeng adalah salah satu tempat wisata di Kota Batu, Jawa Timur. (2) Keberadaan D’topeng tidak dapat dipisahkan dengan Museum Angkut karena kedua tempat ini berada di satu tempat yang sama. (3) Tempat wisata ini seringkali disebut pula sebagai museum topeng karena memang berisi topeng dengan berbagai model dan bentuk. (4) D’topeng tidak hanya berisi topeng, tetapi juga berisi pameran benda-benda berupa barang tradisional dan barang antik. (5) Barang tradisional dalam museum ini dapat dikelompokkan menjadi lima jenis berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu berbahan kayu, batu, logam, kain, dan keramik.

           (1) Hutan adalah hamparan lahan yang ditumbuhi pepohanan termasuk di dalamnya satwa dan sumber daya hayati lainnya yang membentuk ekosistem khas. (2) Hutan bisa berada di kawasan daratan ataupun perairan. (3) Indonesia mengatur keberadaan hutan dalam undang-undang tentang kehutanan dan peraturan lainnya. (4) Dalam  UU Nomor 41 tahun 1999, hutan diartikan sebagai suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan. (5) Menurut catatan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, saat ini di Indonesia setidaknya terdapat 129 juta hektare areal yang ditetapkan sebagai kawasan hutan.

 

Perbandingan isi kedua kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah….

 

 

Isi  Kutipan

 Teks Laporan Hasil Observasi 1

Isi Kutipan

Teks Laporan Hasil Observasi 2

A.

Koleksi D’topeng

Manfaat hutan

B.

D’topeng dan Museum Angkut

Ekosistem hutan

C.

Bentuk Museum D’topeng

Kawasan hutan

D.

Tempat wisata D’topeng

Hutan Indonesia

E.

Sejarah D’topeng

Undang-Undang Perhutanan

10.    Bacalah teks berikut secara saksama!

Badui luar merupakan orang-orang yang telah keluar dari adat dan wilayah Badui Dalam. Ada beberapa hal yang menyebabkan dikeluarkanya warga Badui Dalam ke Badui Luar. Pada dasarnya, peraturan yang ada di Badui luar dan Badui dalam itu hampir sama, tetapi Badui luar lebih mengenal teknologi dibanding Badui Dalam.

Sumber: http://faidatulhikmah.blogspot.com dengan penyesuaian

Deskripsi manfaat yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah … .

A.    Dengan adanya suku Badui yang ada di Banten menambah kekayaan budaya bagi bangsa Indonesia. Di samping itu, kehidupan suatu suku pada umumnya lebih dekat dengan alam menjadikan kelestarian alam juga lebih terjaga.

B.    Suku ini memiliki kepercayaan yang dikenal Sunda Wiwitan (sunda: berasal dari suku sunda, Wiwitan : Asli). Kepercayaan ini memuja arwah nenek moyang (animisme) yang pada selanjutnya kepercayaan mereka mendapat pengaruh dari Budha dan Hindu. Kepercayaan suku ini merupakan refleksi kepercayaan masyarakat sunda sebelum masuk agama Islam.

C.   Badui Dalam belum mengenal budaya luar dan terletak di hutan pedalaman. Karena belum mengenal kebudayaan luar, suku Badui Dalam masih memiliki budaya yang sangat asli.Mereka dikenal sangat taat mempertahankan adat istiadat dan warisan nenek moyangnya. Mereka memakai pakaian yang berwarna putih dengan ikat kepala putih serta membawa golok. Pakaian suku Badui Dalam pun tidak berkancing atau kerah. Uniknya, semua yang dipakai suku Badui Dalam adalah hasil produksi mereka sendiri.

D.   Biasanya para perempuan yang bertugas membuatnya. Mereka dilarang memakai pakaian modern. Selain itu, setiap kali bepergian, mereka tidak memakai kendaraan bahkan tidak memakai alas kaki dan terdiri dari kelompok kecil berjumlah 3-5 orang. Mereka dilarang menggunakan perangkat teknologi, seperti HP da TV.

E.    Orang Kanekes atau orang Badui/Badui adalah suatu kelompok masyarakat adat sub-etnis Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Masyarakat Suku Badui di Banten termasuk salah satu suku yang menerapkan isolasi dari dunia luar itulah salah satu keunikan Suku Badui. Sehingga wajar mereka sangat menjaga betul ‘pikukuh’ atau ajaran mereka, entah berupa kepercayaan dan kebudayaan.

Cermatilah wacana berikut dengan saksama untuk menjawab soal no.11, 12, dan 13!

Tanah Liat

 

(1)           Sebagian besar dari kita pasti sudah mengetahui apa itu tanah liat. Ya, tanah liat memang bukanlah sesuatu yang asing di kalangan masyarakat, terutama masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan tanah liat merupakan jenis tanah yang dapat kita temui banyak di wilayah Indonesia.Tanah liat disebut juga sebagai tanah lempung. Tanah liat akan dapat kita temukan dengan warna hitam keabu-abuan. Dinamakan tanah liat mungkin dilihat dari teksturnya yang liat, sehingga mudah sekali dibentuk-bentuk. Tanah liat atau lempung adalah tanah hasil pelapukan kerak bumi yang sebagian besar terdiri atas batuan granit dan batuan beku. Tanah liat atau lempung ini pada dasarnya merupakan sebuah partikel mineral yang mempunyai kerangka dasar silikat yang berukuran sangat kecil, yakni berdiameter kurang dari empat mikrometer. Tanah liat merupakan jenis tanah yang banyak mengandung leburan alumunium atau silika yang sangat halus. Selain itu, tanah liat ini juga mengandung beberapa unsur lain, seperti silikon dan juga oksigen.

 

(2)           Tidak seperti jenis tanah lainnya, ternyata tanah liat ini digolongkan menjadi beberapa jenis lagi. Ada beberapa jenis dari tanah liat yang dapat kita temui. Jenis- jenis tanah liat ini dibedakan menurut beberapa karakteristik. Berdasarkan sifatnya, tanah liat dibedakan menjadi dua yaitu tanah liat primer dan tanah liat sekunder.

 

(3)           Tanah liat primer (tanah liat residu) merupakan jenis tanah liat yang terbentuk dari pelapukan batuan feldspatik dan dilakukan oleh tenaga endogen yang tidak berpindah dari batuan induk atau batuan asalnya. Oleh karena jenis tanah ini tidak berpindah tempat, maka tanah ini mempunyai sifat yang lebih murni. Oleh karena sifatnya yang murni ini, tanah liat jenis ini dinamakan tanah liat primer.Proses pembentukan tanah liat primer ini dibantu oleh beberapa komponen, diantaranya adalah tenaga air dan tenaga uap panas yang keluar dari dalam perut bumi.Tanah liat primer ini mempunyai warna tanah yang putih kusam. Hal ini terjadi karena tanah ini tidak terbawa oleh arus air dan tidak tercampur dengan bahan organik lainnya seperti humus, ranting, atau dedaunan yang busuk.Hal inilah yang membuat tanah liat primer ini berwarna putih atau putih kusam.

 

(4)           Tanah liat sekunder atau batuan sedimen (endapan) merupakan jenis tanah liat yang terbentuk dari hasil pelapukan batuan feldspatik yang berpindah dengan jarak yang jauh dari batuan induknya. Pelapukan ini terjadi disebabkan oleh tenaga eksogen yang menyebabkan butiran- butiran dari tanah liat ini menjadi lepas dan mengendap di daerah yang rendah, seperti sungai, rawa, ataupun tanah danau.Tanah liat sekunder mempunyai warna yang muda, yakni krem, coklat, abu- abu, merah jambu, kuning, kuning muda, kuning kecoklatan, kemerah-merahan, hingga kehitam-hitaman. Hal ini karena tanah liat sekunder ini terbentuk dalam proses yang panjang dan bercampur dengan berbagai jenis tanah lainnya dan mengendap jadi satu, serta bercampur dengan bahan-bahan pengotor sehingga menghasilkan tanah liat yang berwarna terang.

 

(5)           Tanah liat ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan manusia. Pada zaman dahulu, tanah liat ini seringkali dijadikan sebagai mainan anak-anak di pedesaan karena memiliki tekstur yang mudah sekali dibentuk sehingga anak-anak senang bermain dengan menggunakan tanah liat ini. Saat ini, tanah liat digunakan sebagai bahan baku untuk membuat batu bata, gerabah, genteng, dan bahan-bahan lainnya

 

 

11.    Ringkasan isi yang tepat untuk paragraf pertama teks laporan hasil observasi di atas adalah…

A.    Sebagian masyarakat Indonesia, terutama anak-anak sudah mengenal jenis dan karakter tanah liat karena ditemukan di seluruh wilayah Indonesia.

B.    Dinamakan tanah liat mungkin dilihat dari teksturnya yang liat, sehingga mudah sekali dibentuk-bentuk.

C.   Tanah liat ini mengandung leburan aluminium yang amat halus dan beberapa unsur lain, seperti silikon dan juga oksigen.

D.   Masyarakat Indonesia telah mengenal tanah liat sejak zaman dahulu karena jenis tanah liat terbukti ditemukan di seluruh wilayah Indonesia.

E.    Tanah liat dikenal masyarakat yaitu tanah hasil pelapukan kerak bumi yang sebagian besar terdiri atas batuan granit dan batuan beku, berwarna hitam keabu-abuan.

 

12.  Teks yang berjudul Tanah Liat termasuk teks laporan hasil observasi karena ....

A.    Mengandung opini, gaya informasi membujuk, terdapat argumen penulis.

B.    Bersifat humor, bersifat menyindir, menghibur.

C.   Terdapat kalimat definisi, bersifat objektif, terdapat deskripsi manfaat.

D.   Membahas suatu fenomena alam, menggunakan kata penanda urutan, fokus pada hal umum.

E.    Berisi tentang peristiwa, gaya bahasa naratif, terdapat urutan cerita.

 

13.    Paragraf kedua bacaan tersebut struktur bagian yang berupa pernyataan umum karena … .

A.  kalimat deskripsi

B.  kalimat transitif

C. kalimat retoris

D. kalimat pengklasifikasian

E.  kalimat aktif intransitif

 

14.    Cermatilah wacana berikut secara saksama!

Pelestarian in situ yaitu suatu upaya pelestarian sumber daya alam hayati di habitat atau tempat aslinya. Hal ni dilakukan dengan pertimbangan karakteristik tumbuhan atau hewan tertentu sangat membahayakan kelestariannya apabila dipindahkan ke tempat lainnya, misalnya suaka margasatwa untuk badak bercula satu di Taman Nasional di Ujung Kulon, Jawa Barat.

Pernyataan yang sesuai dengan isi laporan hasil observasi tersebut adalah … .

A.    Pelestarian in situ disebut juga dengan suaka margasatwa

B.    Pelestarian in situ terletak di Jawa Barat

C.   Taman Nasional Ujung Kulun Jawa barat merupakan pelestarian in situ

D.   Hewan dan tumbuhan akan mati bila dipindahkan ke tempat lainnya

E.    Tumbuhan atau hewan dengan karakteristik tertentu harus dipindahkan ke taman nasional

 

15.    Cermatilah wacana berikut secara saksama!

Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, ... tingginya bisa mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, ... dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air. Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia karena banyak manfaatnya ... tunas kelapa dijadikan sebagai lambang pramuka di Indonesia. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun sekarang sudah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia. Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah dan akar.

 

Konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang tersebut adalah … .

A.    dan, sedangkan, maka

B.    atau, maka, tetapi

C.   lalu, sehingga, walaupun

D.    dan, maka, sejak

E.    atau, agar, namun

Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.16 dan 17

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan seseorang dapat mengenali jati dirinya sendiri. Jati diri tersebut tentu saja terbentuk dari karakter yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri. Melalui perubahan kurikulum pemerintah juga ikut berperan dalam membentuk karakter anak didik. Pemerintah mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013. Perubahan ini mensyaratkan adanya pendidikan karakter dalam sistem pendidikan di Indonesia.

 

16.    Pernyataan yang sesuai dengan teks eksposisi tersebut adalah … .

A.    Jati diri terbentuk setelah adanya perubahan kurikulum dari kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013

B.    Pemerintah mengubah kurikulum 2006 menjadi 2013 agar seseorang mengenali dirinya

C.   Pada saat kurikulum 2016 diberlakukan tidak ada pendidikan karakter dalam system pendidikan.

D.   Dengan pendidikan karakter diharapkan terbentuk manusia yang mempunyai watak yang baik

E.    Karakter merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

 

17.    Teks wacana tersebut termasuk teks eksposisi bagian struktur yang berupa … .

A.    tesis

B.    rekomendasi

C.   abstraksi

D.   argumentasi

E.    orientasi

 

Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.18 dan 19

(1)Wanita sangatlah rentan menjadi sasaran objek kejahatan. (2)Berdasarkan data yang dirilis, Indonesia termasuk negara yang paling tidak aman terhadap kaum wanita. (3)Rata-rata tiap hari hampir sering adanya laporan kejahatan terhadap wanita di Indonesia. (4)Malahan ada beberapa kasus yang cukup langka, yaitu diantaranya pelakunya berasal dari keluarga korban sendiri. (5)Kasus-kasus tersebut mengundang masukan dan pendapat dari pakar sosial terkait kesalahan struktur masyarakat Indonesia.

18.    Yang menandai teks tersebut sebagai tesis karena dalam teks terdapat … .

A.    adjectiva

B.    verba

C.   nomina

D.   adverbial

E.    numeral

 

19.    Kalimat yang sifat pernyataan opini dalam wacana tersebut terdapat pada kalimat nomor …

A.    1 dan 2

B.    3 dan 4

C.   2 dan 4

D.   3 dan 5

E.    4 dan 5

Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.20,21, dan 22

(1)Baru-baru ini kasus yang sempat menjadi trending adalah pembangunan Bandara di Kulon Progo, Yogyakarta. (2)Pemerintah berniat membangun bandara baru di Kulon Progo yang berada tepat di atas lahan milik masyarakat. (3)Hal tersebut seketika menimbulkan reaksi penolakan dari masyarakat. (4)Karena lahan tersebut merupakan lahan yang digunakan masyarakat untuk menyambung hidupnya. (5)Namun, pemerintah bersikeras untuk membangunnya.

 

20.    Paragraf tersebut merupakan bagian struktur teks eksposisi yang berupa … .

A.tesis

B.rekomendasi

C.     abstraksi

D.     argumentasi

E.orientasi

 

21.    Kalimat aktif transitif dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor … .

A.    1

B.    2

C.   3

D.   4

E.    5

 

22.    Kata yang dicetak tebal pada kalimat nomor satu tersebut berjenis kata … .

A.    adjectiva

B.    verba

C.   nomina

D.   adverbial

E.    numeral

Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.23,24, dan 25

(1)Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia hingga tanggal 13 Mei 2013 mencatat ada 158.812 narapidana dan tahanan di Indonesia, 51.899 orang (2) Di antaranya terkait kasus narkoba. (3)Dari jumlah itu, 759 orang di antaranya adalah produsen narkoba, 3.751 orang  bandar narkoba, 16.432 orang pengedar narkoba, dan 1.621 orang  penadah. (4)Jumlah penyalah guna narkoba sebanyak 7 juta orang, dan sebagian besar di antaranya adalah para pelajar SMP, SMA, bahkan SD. (5)Bisa jadi, data yang terungkap itu hanya fenomena gunung es, hanya fakta yang terungkap puncaknya, sedangkan fakta yang sebenarnya bisa jadi jauh lebih besar.

23.    Penanda utama paragraf tersebut sebagai bagian struktur teks eksposisi yang berupa argumentasi adalah …

A.    adanya data

B.    adanya opini

C.   berupa pendapat ahli

D.   peristiwanya sudah terjadi

E.    tyerdapat nomina dan verba

 

24.    Kalimat-kalimat yang terdapat dalam paragraf tersebut semua berupa kalimat aktif intransitif, kecuali kalimat nomor … .

A.    1

B.    2

C.   3

D.   4

E.    5

 

25.    Dalam paragraf tersebut terdapat penggunaan konjungsi yang menyatakan hubungan pertentangan yaitu terdapat pada kalimat nomor … .

A.    1

B.    2

C.   3

D.   4

E.    5

Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.26 dan 27

Limbah pabrik tahu yang dibuang ke sungai menimbulkan bau tidak sedap. Tak hanya itu, ikan-ikan di sungai yang dulu banyak sekarang sepertinya tidak ada lagi. Limbah pabrik tahu telah meracuni ikan-ikan di sana. Oleh karena itu, pabrik tahu harus membuat sistem pengolah limbah yang ramah lingkungan.

 

26.   Permasalahan yang ada dalam paragraf di atas adalah . . .

A.  Limbah pabrik  tahu telah meracuni ikan-ikan di sana.

B.  Pabrik tahu harus membuat sistem pengolah limbah yang ramah lingkungan.

C.  Ikan-ikan di sungai yang dulu banyak sekarang sepertinya tidak ada lagi.

D.  Bau tidak sedap di sekitar pabrik tahu akibat pembuangan  limbah tahu ke sungai.

E.  Tercemarnya sungai dengan adanya pabrik tahu.

 

27.   Kalimat pertama pada paragraf di atas  adalah kalimat . . . .

A.  aktif transitif                                                     

B.  aktif intransitif                                                  

C.  simplek

D.  majemuk campuran

E.  inversi

Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.28,29, dan 30!

Jus lidah buaya dapat berfungsi menjaga kesehatan kulit secara alami. Hal tersebut dikarenakan lidah buaya dapat melindungi kulit kita dari sengatan sinar ultraviolet sehingga secara tidak langsung dengan sering mengonsumsi jus lidah buaya dapat membuat kita terhindar dari penyakit kanker kulit. Selain dapat mencegah penyakit kanker kulit, lidah buaya juga terbukti mampu membuat kulit kita tidak cepat keriput.

 

28.   Ide pokok paragraf di atas adalah . . .

A.  Lidah buaya melindungi kulit kita dari sengatan sinar ultraviolet.                  

B.  Lidah buaya menjaga kesehatan tubuh.

C.  Lidah buaya/ berfungsi menjaga/ kesehatan kulit.

D.  Lidah buaya mampu membuat kulit tidak cepat keriput.

E.  Lidah buaya baik untuk dikonsumsi.

 

29.   Kata atau frasa yang perlu pembetulan karena tidak sesuai dengan PUEBI adalah … .

A.    jus seharusnya juice

B.    di karenakan seharusnya disebabkan

C.   ultraviolet seharusnya ultra violet

D.   mengonsumsi seharusnya mengkonsumsi

E.    kanker seharusnya kangker

 

30.   Konjungsi yang digunakan dalam kalimat kedua paragraf tersebut menyatakan hubungan … .

A.    waktu

B.    tujuan

C.   akibat

D.   syarat

E.    perlawanan

 

31.   Cermatilah kalimat-kalimat berikut!

1.   Hal itu membuat masyarakat mengeluh.

2.   Selain itu, karena beratnya kehidupan di zaman sekarang ini, sudah banyak warga masyarakat yang melakukan tindakan di luar aturan.

3.   Kenaikan harga sembako terjadi di mana -  mana tanpa dapat dicegah.

4.   Harga beras sudah mencapai Rp12.000 per kg, sementara pendapatan per harinya kecil.

5.   Keluhan masyarakat atas kenaikan harga kebutuhan pokok sudah terjadi cukup lama

Kalimat acak tersebut dapat disusun menjadi teks eksposisi dengan urutan yang benar adalah....

A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5

B. 2 – 3 – 4 – 5 – 1

C. 3 – 5 – 4 – 1 – 2

D. 4 – 5 – 3 – 1 – 2

E. 3 – 1 – 2 – 5 – 4

Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.32 dan 33!

Suatu ketika si Azam sedang  berlibur, tetapi tampaknya  ia tak tahu akan adanya peraturan itu. Ia merokok sendirian sambil duduk di bangku. Karena rokoknya sudah hampir habis, ia membuang puntung rokoknya begitu saja dan jatuh persis di sisi kaki kanannya. Tanpa  disangka-sangka,  tiba-tiba  datang  petugas dan  menegur Azam dengan suara tegas. “Anda telah membuang sampah sembarangan, yaitu puntung rokok”, tegas petugas itu.  Dengan sigap Azam menjawab, “Oh…, maaf terjatuh.”  Lalu, diambilnya puntung rokok itu serta langsung diisapnya lagi. Petugas itu hanya terbelalak keheranan. Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.

 

32.   Isi sindiran yang ada dalam anekdot tersebut  adalah ... .

A.    Kita tidak boleh merokok.

B.    Membuang sampah harus pada tempatnya

C.   Merokok tidak boleh di sembarang tempat

D.   Petugas harus bertindak tegas

E.    Di Indonesia tidak ada larangan merokok

 

33.   Pronomina yang digunakan dalam anekdot tersebut menggunakan ... .

A.    Orang pertama tunggal

B.    Orang pertama jamak

C.   Orang kedua tunggal

D.   Orang ketiga tunggal

E.    Orang ketiga jamak

Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.34 dan 35!

Kemudian Si Pembantu yang berbadan pendek, kurus, dan punya uang bertanya kepada hakim, “Wahai, Yang Mulia Hakim. Apa kesalahan hamba sehingga harus dipenjara?” Dengan entengnya Sang Hakim menjawab, “Kesalahanmu adalah pendek, kurus, dan punya uaaaaang!!!!”

 

34.   Berdasarkan kaidah kebahasaannya, teks tersebut memiliki karakteristik sebagai anekdot karena ....

A.  mengandung kalimat langsung

B.  banyak menggunakan kata benda

C. adanya humor yang menggelitik

D. menggunakan kata bermakna penyebaban

E.  diakhiri dengan suatu koda

 

35.   Konjungsi bermakna urutan waktu di dalam cuplikan anekdot tersebut adalah ....

A.  kemudian                                                        

B.  kepada                                                            

C.  dengan

D.  adalah

E.  sehingga

Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.36,37, dan 38!

Kisah Pemulung

Pada siang hari di sebuah kompleks perumahaan yang kelihatan mewah terjadi perdebatan antara Pak RT dan Pak Pemulung. Masalah yang mereka debatkan adalah hal remeh yaitu di lingkungan perumahan itu, memang sudah banyak ditempel papan dengan tulisan “Pemulung Dilarang Masuk”, tetapi masih saja ada pemulung yang tidak menaati aturan tersebut.

Pak RT: “Pak sedang cari apa di tempat sampah itu?”

Pemulung :“Ya, sudah tentu cari barang bekas atau botol plastik yang dapat didaur ulang.”

Pak RT : “Maaf ya Pak, Bapak dapat baca tulisan yang ada di depan pintu gerbang perumahan ini, tidak?”

Pemulung :“Emang tulisannya apa, Pak?”

Pak RT: “Di papan itu tertulis Pemulung Dilarang Masuk, lantas kenapa Bapak nekat masuk di perumahan ini?”

Pemulung : “Yah, Pak RT ini gimana sih… kalau saya bisa baca tulisan yang   di papan itu, tentu saya tidak akan jadi pemulung, Pak!”

Pak RT kemudian terdiam membisu dan berpikir bahwa jawaban pemulung itu ada benarnya juga. Pemulung tadi ternyata buta huruf, jelaslah ia tidak bisa baca papan larangan pemulung.

 

36.   Dari segi makna tersirat, teks anekdot di atas dapat diinterpretasikan sebagai...

A.    Masih banyak orang miskin di sekitar kita!

B.    Pemulung dilarang masuk!

C.   Banyak pemulung yang tidak menaati peraturan.

D.   Ternyata angka buta aksara di sekitar kita masih banyak.

E.    Teranyata masih banyak pemulung disekitar kita.

 

37.   Kata kerja material yang terrdapat dalam anekdot tersebut adalah ... .

A.  menaati

B.  baca

C.  berpikir

D.  jadi

E.  ternyata

 

38.   Struktur anekdot yang berupa reaksi dalam wacana tersebut adalah ... .

A.  Pak RT: “Pak sedang cari apa di tempat sampah itu?”

B.  Pak RT kemudian terdiam membisu dan berpikir bahwa jawaban pemulung itu ada benarnya juga.

C.  Pak RT: “Di papan itu tertulis Pemulung Dilarang Masuk, lantas kenapa Bapak nekat masuk di perumahan ini?”

D.  Pemulung :“Emang tulisannya apa, Pak?”

E.  Pemulung : “Yah, Pak RT ini gimana sih… kalau saya bisa baca tulisan yang   di papan itu, tentu saya tidak akan jadi pemulung, Pak!”

           Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.39 dan 40!

(1)     Suatu hari, Duta Besar Belanda berkunjung ke Balai Kota Jakarta untuk memenuhi undangan Pak Gubernur. Di tengah percakapan mereka terjadi obrolan berikut.

(2)     “Mengingat adanya kedekatan historis, emosional, dan serasi antara Indonesia dengan Belanda, sebaiknya Jakarta ganti nama saja yang mirip dengan Ansterdam,” ujar Dubes Belanda

(3)     “Ide bagus, Pak, lalu, nama apa yang pas?” tanya pak Gubernur.

(4)     “Terendam,” jawab Dubes Belanda dengan tegas.

(5)     Sontak, pecahlah tawa mereka berdua.

39.   Masalah yang dibahas dalam anekdot tersebut adalah ....

A.    kunjungan Duta Belanda

B.    sambutan Gubernur Jakarta

C.   Masalah – masalah ibukota

D.   persamaan Belanda dan Jakarta

E.    penggantian nama Jakarta

 

40.   Kelucuan teks anekdot tersebut terletak pada kalimat nomor....

A.    ( 1 )

B.    ( 2 )

C.   ( 3 )

D.   ( 4 )

E.    ( 5 )

           Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.41 dan 42!

Maka di dalam menteri yang banyak itu ada seorang menteri yang tua daripada menteri yang banyak itu. Maka segala menteri dan hulubalang itu pun tersenyum seraya berkata, “Jika sungguh tuan hamba bersaudarakan hamba sekalian ini, dengan tulus dan ikhlas, hendaklah tuan hamba katakan, jika apa sekalipun.”

Setelah itu maka menteri tua itu pun berkatalah, katanya, “Bahwasanya hamba ini mendengar, tatkala hamba lagi kecil dahulu, perkataan mahrum yang tua itu;maka sabdanya, mahrum itu, “Adapun akan negeriku ini, jikalau tiada lagi rajanya, maka hendaklah dilepaskan gajah kesaktian itu, barang siapa yang berkenan kepadanya, ia itulah raja olehmu, supaya sentosa di dalam negeri ini.”

Setelah didengar oleh sekalian menteri dan hulubalang itu akan kata menteri itu, maka sekaliannya pun berkenanlah di dalam hatinya kata itu.

 

41.   Berdasarkan penggalan hikayat tersebut, yang bukan ciri hikayat adalah ....

A.    latar cerita ada di dalam istana

B.    banyak menggunakan kata arkais (maka)

C.   adanya cerita yang mustahil

D.   memuculkan hal kesaktian

E.    tokohnya adalah hewan

 

42.   Bukti bahwa penggalan hikayat tersebut bersifat istana sentris adalah ....

A.    tuan hamba bersaudarakan

B.    kata menteri dan hulubalang

C.   sentosa di dalam negeri

D.   hendaklah dilepaskan

E.    hendaklah tuan hamba

 

           Cermatilah wacana berikut untuk menjawab soal no.43 dan 44!

        Setelah didengar Raja Sulaiman sembah landak itu, maka titah Raja Sulaiman,”Hai landak! Hampirilah engkau kepada aku! Aku hendak bertanya kepadamu, bahwa aku dipersembahkan raja jin air ma’al-hayat di dalam bejana. Betapa bicaramu? Baiklah aku minum atau jangankah diminum? Maka sembah landak”Ampun tuanku, beribu–ribu ampun! Patik ini binatang yang hina memohonkan ampun. Sekiranya duli Syam Alam santap air itu, terlalu baik. Umur Syah pun lanjut dan penyakit pun tiada di dalam tubuh dan muda selama-lamanya. Tetapi jahatnya ada juga.

      Maka titah Raja Sulaiman,”Apa jahatnya?”. Maka sembah landak,”Jika duli Syah minum air itu, tiadalah Syah Alam mati hingga datang kepada hari kiamat tetapi istri yang dikasihi mati dahulu dan anak Syah Alam mati, cucu, cicit  Syah Alam pun mati dan rakyat bala tentara duli Syah Alam sekalian habis, hingga duli tuanku seorang juga yang hidup. Apatah gunanya hidup yang demikian itu.

      Maka titah Nabi Sulaiman, sungguhlah katamu hai landak! Hidup yang demikian itu tiada gunanya,”…

 

43.   Nilai yang masih sesuai dengan kehidupan saat ini yang ada dalam hikayat tersebut adalah … .

A.     Hidup sendiri di dunia tidak ada gunanya

B.     Meminta pertimbangan kepada orang lain saat menghadapi permasalahan

C.     Dengan meminum air penyakit menjadi hilang

D.     Binatang yang dapat berbicara dan memberi pertimbangan

E.     Manusia yang mampu berbicara dengan binatang

 

44.   Amanat yang terkandung dalam  kutipan tersebut adalah ….

A.     Jika kita disuruh raja jin minum air ma’al-hayat hendaknya menurutinya.

B.     Kita harus mempertimbangkan  sesuatu hal yang bersifat meragukan.

C.     Kita harus banyak bertanya tentang sesuatu yang belum dimengerti.

D.     Kita harus mempertimbangkan sesuatu sebelum mengambil keputusan.

E.     Kita tidak dapat hidup sendiri, sesama manusia saling membutuhkan.

 

45.        Cermatilah wacana berikut!

Kata yang empunya cerita, adalah seekor kera duduk menjadi raja dalam suatu hutan. Setelah beberapa lamanya memerintah, raja itu pun tualah, lalu bangun seekor kera yang muda daripada keturunannya juga, mengalahkannya. Kera itu pun larilah mengasingkan diri ke pinggir laut, dan di situ ia diam pada sebatang pohon ara yang tumbuh di tepi pantai. Pada suatu hari, sedang ia duduk memakan buah-buah ara, tiba-tiba terlepas sebiji dari tangannya, jatuh ke dalam air. Amat merdu terdengar buah jatuh itu, lalu dipetiknya beberapa buah, dijatuh-jatuhkannya dengan sengaja. Sejak waktu itu menjadi suatu kesenangan baginya melempar-lempar buah ke dalam laut.

                                                                                           Dari: Kalifah dan Dimnah

Yang bertentangan dengan nilai moral dalam kutipan tersebut adalah ....

A.    Perilaku yang memperebutkan kekuasaan dengan sangat tidak wajar.

B.    Perilaku yang tidak mampu menerima kekalahan sehingga mengucilkan diri.

C.   Saling mencela antara kaum tua dan kaum muda dalam kemasyarakatan.

D.   Tindakan menyiksa diri karena merasa kecewa kalah bersaing itu wajar.

E.    Perasaan dendam yang tua terhadap yang muda karena menjatuhkannya.

 

46.        Cermatilah wacana berikut!

Selang beberapa lamanya, Kemala Al-Arifin dan istri pun sampailah di dalam negeri lalu menghadap baginda di istana. Semua orang tercengang melihat rupa Dang Seng Arif Laksana yang seperti bidadari dari surga, sangat cantik.

      Raja muda, Bendahara, Toh Menteri, Temanggung, dan Tuan Kadi masing-masing berdoa supaya Kemala Al-Arifin mati atau kena suatu bencana supaya mereka boleh meminang istrinya. Niat yang jahat timbul di hati Raja.

      Pada suatu hari Raja berpura-pura uzur dan meminta Kemala Al-Arifin pergi mencari obatnya: hati musang berjanggut. Raja juga mengancam akan membunuhnya, kalau ia gagal. Dengan hati yang masygul, Kemala Al-Arifin pulang ke rumahnya. Dang Seng Arif Laksana menyabarkan hati suaminya.

Karakter tokoh raja dalam penggalan cerita tersebut adalah ....

A.  Ragu-ragu memerintah bawahannya

B.  Bisanya hanya perintah bawahannya

C. Pandai melakukan sandiwara, licik. 

D. Tak  berani mengambil keputusan.

E.  Mudah dibohongi oleh bawahannya

 

 

47.   Dalam hikayat tersebut terdapat penggunaan majas … .

A.     hiperbola

B.     simile

C.     metafora

D.     antonomasia

E.     alusio

 

48.   Konjungsi yang menyatakan urutan waktu dalam hikayat tersebut adalah … .

A.    kalau

B.    supaya

C.   lalu

D.   dan

E.    atau

 

Cermatilah wacana berikut!

Hatta, maka haripun petanglah. Maka Si Miskin pun berjalanlah masuk ke dalam hutan tempatnya sediakala itu. Di sanalah ia tidur. Maka disapunya lah darah-darah yang ditubuhnya tiada boleh keluar karena darah itu sudah kering. Maka Si Miskin itupun tidurlah di dalam hutan itu. Setelah pagi-pagi hari maka berkatalah Si Miskin kepada isterinya, “Ya  tuanku, matilah rasaku ini. Sangatlah sakit rasanya tubuhku ini. Maka tiadalah berdaya lagi hancurlah rasanya anggotaku ini.” Maka iapun tersedu-sedu menangis. Maka terlalu belas rasa hati isterinya melihat laku suaminya demikian itu. Maka iapun menangis pula seraya mengambil daun kayu lalu dimamahnya. Maka disapukannyalah seluruh tubuh suaminya sambil ia berkata, “Diamlah, tuan jangan menangis.”

 

49.   Kata arkais yang terdapat dalam hikayat tersebut adalah … .

A.     Si miskin

B.     hatta

C.     setelah

D.     sediakala

E.     dimamahnya

 

50.   Nilai yang terdapat dalam hikayat tersebut adalah … .

A.    nilai agama

B.    nilai budaya

C.   nilai pendidikan

D.   nilai kedisiplinan

E.    nilai sosial

 



No comments:

Post a Comment