Thursday 4 November 2021

Kumpulan soal bahasa Indonesia kelas X

 PAS Kelas 10 (Teks LHO)


Multiple Choice

Identify the choice that best completes the statement or answers the question.


____ 1. Bacalah paragraf berikut ini!        


Pelikan adalah burung yang terkenal dengan paruhnya yang memiliki kantung. Paruhnya yang meruncing panjangnya bisa lebih dari 30 cm. Paruh sebelah atas memiliki ujung yang bengkok membentuk kait. Pada paruh bagian bawah sampai tenggorokan terdapat kantung berupa kulit elastis, yang digunakan untuk menangkap ikan. Kakinya pendek dan pada jari-jarinya terdapat selaput yang memudahkannya berenang. Panjang tubuh pelikan mencapai 1,5 m. Bentangan sayapnya antara 1,8 m sampai 2,7 m tergantung spesiesnya. 


Aspek yang dilaporkan dalam teks laporan hasil observasi di atas adalah ... .


a. tempat hidup burung pelikan

b. cara berkembang biak burung pelikan

c. perilaku burung pelikan

d. penangkaran burung pelikan

e. ciri-ciri burung pelikan



____ 2. Bacalah 2 kutipan teks laporan hasil observasi berikut! 


Teks ke-1

Buah pepaya berbentuk oval, berkulit halus, dan berwarna jingga kehijauan. Buah ini dikenal banyak mengandung vitamin C juga memiliki kandungan zat antioksidan yang baik. Kandungan vitamin C dan karoten dalam pepaya dapat mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit kanker, misalnya kanker paru-paru, kanker kolon, dan kanker payudara. Kandungan serat buah pepaya juga halus, sehingga baik dikonsumsi oleh kalangan balita sampai usia lanjut.


Teks ke-2

Sirsak adalah salah satu buah ajaib yang banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan kanker. Hasil riset beberapa universitas itu membuktikan jika pohon ajaib dan buahnya ini bisa menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo. Terutama daun sirsak memiliki daya kerja memperlambat pertumbuhan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan. 


Persaaman isi teks laporan hasil observasi di atas adalah ...

a. Kedua teks teks menjelaskan ciri-ciri buah.

b. Kedua teks tersebut menjelaskan daya kerja kandungan zat dalam buah.

c. Kedua teks tersebut menjelaskan kandungan gizi yang terdapat dalam buah.

d. Kedua teks tersebut menjelaskan manfaat buah dapat mengobati penyakit kanker.

e. Kedua teks tersebut menginformasikan zat antioksidan yang dapat mencegah kanker.



____ 3. Cermati kalimat berikut!


Pemegang jabatan tinggi di perusahaan itu kebanyakan lulusan dari universitas ternama di luar negeri.


Penulisan kata/frasa yang salah dengan alasan yang tepat adalah ...


a. Kata pemegang merupakan bentuk nomina dari kata dasar pegang.

b. Kata tunjuk itu tidak tepat dalam kalimat karena sudah ada kata perusahaan.

c. Kata pemegang dalam kalimat tidak tepat karena jabatan tidak bisa dipegang.

d. Arti kata kebanyakan bermakna relatif karena dapat diartikan 3, 5, atau 9 orang.

e. Frasa jabatan tinggi tidak tepat dalam kalimat karena tinggi menunjuk pada ukuran bukan jabatan.



____ 4. Cermati kutipan paragraf teks LHO berikut!


Di dekat Ruang Terbuka Hijau (RTH) Cipinang Melayu ada sebagian lahan yang menjadi tempat pembuangan sampah (TPS) liar oleh warga setempat. Namun, kini sebagian tempat pembuangan sampah liar sudah diutup oleh pihak kelurahan. Justru, tempat itu sekarang disulap menjadi taman kupu-kupu.

Taman itu memiliki luas sekitar 20x6 meter dengan tinggi 4 meter yang dibangun di atas lahan RTH. Taman kupu-kupu tersebut dibangun menggunakan bambu-bambu dan diselimuti jaring-jaring hitam bekas pembibitan. Di dalam itulah beberapa kupu-kupu beterbangan dan juga hinggap di bunga-bunga.


Perbaikan kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ...


a. Beberapa kupu-kupu beterbangan dan juga hinggap di bunga-bunga.

b. Di dalam, kupu-kupu beterbangan dan juga hinggap di bunga bunga.

c. Di dalam, beberapa kupu-kupu beterbangan dan juga hinggap di bunga-bunga.

d. Di dalamnya, kupu-kupu beterbangan dan juga hinggap di bunga-bunga.

e. Di dalamnya, beberapa kupu-kupu beterbangan dan juga hinggap di bunga-bunga.



____ 5. Cermatilah paragraf LHO yang rumpang  berikut ini!


Ruang tamu ini ditata dengan konsep tradisional. Di ruang ini, terdapat sepasang … dengan anyaman yang unik dan berwarna cokelat alami. Dindingnya dicat warna cokelat muda senada dengan warna benda-benda yang ada di ruangan tersebut. Di bagian kanan, sepasang gerabah tinggi berdiri di antara sebuah …. Di atas meja itu, terpampang tiga pigura mungil yang berisi foto-foto keluarga. Saat berada di ruangan ini, orang akan merasa sejuk karena angin yang sepoi-sepoi selalu bertiup dari dua buah … yang mendampingi pintu.


 Tajuk Bahasa Indonesia, Mahmud Fasya dan Nuryani (dengan sedikit perubahan)


Frasa nomina yang paling tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah…


a. kursi rotan, meja kayu, pintu kecil

b. kursi rotan, meja kayu, jendela kayu

c. meja kecil, kursi rotan, jendela kayu

d. jendela kayu, kursi kecil, meja kayu 

e. meja kecil, jendela kayu, kursi kecil


____ 6. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!


Tanaman pala yang ditemukan di Maluku ada delapan jenis. Dari kedelapan jenis tersebut, spesies Myristica fragrans yang berasal dari Pulau Banda atau sering disebut pala banda yang umum dibudidayakan di Indonesia, India, Grenada, dan Malaysia. Pala jenis inilah yang biji dan fulinya (lapisan yang menempel di biji pala) mempunyai kualitas terbaik. Pala yang dikembangkan di Sulawesi Utara sebagian juga berasal dari Pulau Banda. Akan tetapi, kualitasnya tidak sebaik pala banda yang dihasilkan dari Pulau Banda.


Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …


a. Pala banda dari spesies Myristica fragrans adalah pala dengan kualitas terbaik.

b. Terdapat delapan jenis pala yang ditemukan dan ditanam di seluruh wilayah Indonesia.

c. Hanya pala berkualitas baiklah yang ditanam di daerah-daerah penghasil pala di Indonesia.

d. Kualitas pala banda yang ditanam di Sulawesi Utara lebih baik daripada yang ditanam di Pulau Banda.

e. Tanaman pala adalah tanaman yang popular ditanam di Indonesia, India, Grenada, dan Malaysia.



____ 7. Perhatikan kalimat berikut!


Pembangunan rumah mewah itu tidak cukup enam bulan.


Imbuhan pe-an yang semakna dengan imbuhan pe-an pada kata pembangunan tesebut adalah ....


a. Karya tulis ilmiah harus ditulis berdasarkan penelitian.

b. Penangkapan penjahat itu dilakukan dengan kekerasan.

c. Penyaringan air itu terbuat dari sabut kelapa dan arang.

d. Pendapatan pengamen itu bisa seratus ribu per hari.

e. Pendidikan anak itu hanya sampai dibangku SMP.



____ 8. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!


(1) Rumahnya ada di dekat kantor kelurahan.

(2) Kerinduannya tidak dapat dibendung.

(3) Ketika hujan deras, rumahnya kemasukan air.

(4) Semenjak menjadi siswa SMA kemandiriannya lebih tampak.

(5) Pak Amir tinggal di Kebagusan.


Kalimat yang menggunakan kata berimbuhan ke-an, yang bermakna tidak sengaja terdapat pada nomor ...


a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

e. 5



____ 9. Bacalah paragraf berikut!


Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan coklat keemasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya. 


Imbuhan ber- pada kata yang bercetak miring di atas bermakna ...


a. mempunyai atau memiliki

b. mempergunakan atau memakai

c. memperoleh atau menghasilkan sesuatu

d. perbuatan mengenai diri sendiri atau reflektif

e. mengerjakan sesuatu atau mengadakan sesuatu



____ 10. Perhatikan kelompok kata berikut!


(1) pisang ambon

(2) kebun Bu Alam

(3) rumahnya besar

(4) manusia dermawan

(5) sumber daya manusia


Di antara kelompok kata di atas, yang tidak termasuk ke dalam frasa ditunjukkan oleh nomor ...


a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

e. (5)



____ 11. Perhatikan paragraf berikut!


Energi listrik ...  hasil dari gerakan muatan listrik. Muatan listrik yang bergerak ini merupakan suatu bentuk energi kinetik. Semakin cepat muatan listrik bergerak ... mereka akan membawa energi listrik yang lebih banyak. Ada dua jenis muatan listrik, yang disebut positif dan negatif. ... dua benda bermuatan listrik didekatkan satu sama lain, mereka akan memberikan gaya.


Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....


a. seperti, atau, jika

b. adalah, tetapi, jika

c. merupakan, maka, jika

d. merupakan, jika, seandainya

e. merupakan, yaitu, namun



____ 12. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!


(1) Lidah buaya dapat hidup di tempat yang mempunyai suhu panas atau biasa.

(2) Lidah  buaya merupakan tanaman terlaris di dunia.

(3) Lidah buaya mempunyai daun agak runcing.

(4) Lidah buaya memiliki nama latin Aloe Vera.

(5) Harga lidah buaya sangat murah.


Kalimat di atas yang di dalamnya terdapat frasa verba terdapat pada kalimat nomor ....


a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

e. (5)



____ 13. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!


1.  Korban tabrak lari itu hanya bisa terdiam ketika mengetahui motornya rusak parah sehingga tidak bisa dinyalakan.

2.  Setiap hari Sabtu pagi Dinda les biola lalu siang sekitar jam 2 dia latihan pramuka di lapangan sekolah.

3. Reni sudah lama menunggu di depan ruang guru, tetapi orangtuanya tidak kunjung datang menjemput.

4.  Pak Edo rela bekerja lembur hingga larut malam supaya dia mendapatkan uang tambahan.

5. Pengiriman persediaan makanan korban bencana letusan gunung merapi terhambat karena rusaknya jembatan yang menghubungkan desa-desa terpencil.


Kalimat di atas yang merupakan kalimat majemuk setara ditunjukkan oleh nomor ….


a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 2 dan 4

d. 3 dan 4

e. 4 dan 5









____ 14. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!


1. Korban tabrak lari itu hanya bisa terdiam ketika mengetahui motornya rusak parah sehingga tidak bisa dinyalakan.

2. Pengiriman persediaan makanan korban bencana letusan gunung merapi terhambat karena rusaknya jembatan yang menghubungkan desa-desa terpencil.

3. Reni sudah lama menunggu di depan ruang guru, tetapi orangtuanya tidak kunjung    datang menjemput.

4. Tabib itu mengatakan kepada saya bahwa obat yang akan saya minum dapat menghilangkan rasa sakit.

5. Setiap hari Sabtu pagi Dinda les biola lalu siang sekitar jam 2 dia latihan pramuka di lapangan sekolah.


Kalimat di atas yang merupakan kalimat majemuk bertingkat ditunjukkan oleh nomor ….


a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

e. 4 dan 5



____ 15. Perhatikan kalimat berikut!


(1)   Tumbuh-tumbuhan tergolong ke dalam makhluk hidup.

(2)   Tanaman kacang itu akan  tumbuh subur apabila petaninya rajin menyiramnya.

(3)   Katak memiliki kaki belakang yang lebih panjang.

(4)   Darah pada pembuluh arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen.

(5)   Darah adalah cairan merah yang kental.


Yang merupakan kelompok kalimat simpleks adalah….


a. (1), (2), dan (3)

b. (1), (2), dan (4)

c. (1), (3), dan (4)

d. (1), (3), dan (5)

e. (2), (4), dan (5)



____ 16. Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut!


(1) Pelikan adalah burung yang terkenal dengan paruhnya yang memiliki kantung. (2) Paruhnya yang meruncing panjangnya bisa lebih dari 30 cm. (3) Paruh sebelah atas memiliki ujung yang bengkok membentuk kait. (4) Pada paruh bagian bawah sampai tenggorokan terdapat kantung berupa kulit elastis, yang digunakan untuk menangkap ikan. (5) Kakinya pendek dan pada jari-jarinya terdapat selaput yang memudahkannya berenang.




Jenis kalimat keempat yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi di atas adalah ....


a. kalimat perbandingan

b. kalimat imperatif

c. kalimat persuasif

d. kalimat definisi

e. kalimat deskripsi



____ 17. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!


1. Kalimat deskripsi ialah kalimat yang menggambarkan sifat-sifat atau ciri-ciri khusus dari suatu objek.

2. Buah pepaya berbentuk oval, berkulit halus, dan berwarna jingga kehijauan.

3. Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang lebar.

4. Dalam dunia industri farmasi, cabai merupakan salah satu bahan campuran untuk pembuatan 

5. Kembang sepatu di Indonesia sering dijadikan tanaman hias, sedangkan di Okinawa kembang sepatu sebagai tanaman pagar.


Kalimat di atas yang merupakan kalimat definisi ditunjukkan oleh nomor ....


a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 3 dan 5

e. 4 dan 5

 

PAS Kelas 10 ( Teks Eksposisi)


Multiple Choice

Identify the choice that best completes the statement or answers the question.


____ 1. Cermati kutipan teks eksposisi berikut!


Hasil laporan PISA 2015 tentang kemampuan anak-anak Indonesia di bidang sains, membaca, dan matematika dibandingkan negara-negara lain berada di posisi 10 besar dari bawah. Yang lebih memprihatinkan lagi, data Unesco menyebutkan minat baca orang Indonesia hanya 0,001 persen. …. Padahal, kemampuan ini rusial din era serbacepat sekarang. Termasuk literasi digital, yang merupakan kemampuan untuk mengolah, memahami, dan menggunakan informasi dari berbagai sumber digital.

(Sumber: Kompas.com)


Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …


a. Artinya, jumlah penulis buku di Indonesia sedikit.

b. Kemampuan membaca adalah kemampuan dasar bagi seseorang untuk belajar.

c. Artinya, jika ada 1.000 orang Indonesia berkumpul, hanya 1 orang yang rajin membaca.

d. Pada era digital ini kemampuan literasi menjadi acuan sebuah masyarakat agar dapat survive.

e. Hal tersebut menunjukkan orang Indonesia lebih suka belajar dengan audiovisual daripada membaca.



____ 2. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!


1) Di Indonesia penderita penyakit batu empedu masih kurang mendapat perhatian serius. 2) Penyakit itu tidak kalah penting dibandingkan penyakit hati lainnya, seperti hepatitis virus kronis, sirosis hati, dan karsinoma hepatoseluler. 3) Padahal, gejala dan komplikasinya berdampak besar terhadap biaya kesehatan. 4) Di Amerika biaya pengobatan penyakit tersebut meliputi biaya kombinasi penyakit hati menahun, sirosis hati, hepatitis kronis C, dan kelainan pankreas yang menahun. 5) Pengobatan penyakit tersebut mengeluarkan biaya sangat besar.


Isi teks tersebut adalah …


a. Kegagalan masyarakat Indonesia untuk mengatasi penderita penyakit batu empedu.

b. Kurangnya perhatian masyarakat Indonesia terhadap penderita penyakit batu empedu.

c. Kewaspadaan masyarakat Indonesia terhadap penderita penyakit batu empedu.

d. Banyaknya penyakit hati yang diderita masyarakat Indonesia.

e. Masalah pengobatan penderita penyakit batu empedu di Indonesia.







____ 3. Perhatikan hal-hal berikut!


(1) Gaya bahasa bersifat informatif.

(2) Penyampaian teksnya jelas, lugas, dan baku.

(3) Berbasis pada fakta.

(4) Bersifat imajinatif, sesuai penulisnya.

(5) Memberikan pengetahuan baru.


Pernyataan-pernyataan di atas merupakan ciri-ciri teks eksposisi, kecuali nomor ....


a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

e. (5)



____ 4. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!


(1) Budaya jalan pintas adalah manifestasi etos kerja yang kurang baik.

(2) Seseorang yang memiliki etos kerja yang baik selalu mempunyai kemauan yang kuat 

      untuk menghasilkan yang terbaik dalam pekerjaannya.

(3) Ada orang yang memiliki etos kerja yang baik dan ada pula yang kurang baik.

(4) Sebaliknya, orang yang memiliki etos kerja yang kurang baik selalu mempunyai 

     keinginan untuk mencari jalan termudah dalam melaksanakan suatu Pekerjaan.


Keempat kalimat di atas dapat disusun menjadi paragraf yang baik dengan urutan…


a. 1 – 4 – 3 – 2

b. 1 – 3 – 2 – 4

c. 3 – 1 – 2 – 4

d. 3 – 2 – 4 – 1

e. 3 – 4 – 4 – 1



____ 5. Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!


1) Seorang pelajar perlu secara fisik memberikan komitmennya dalam belajar. 2) misalnya, dengan menyediakan waktu khusus, terlibat secara fisik dalam mencari bahan-bahan yang harus dipelajari ataupun mencatat hal-hal penting yang ditemui dalam belajar. 3) Komitmen secara mental juga diperlukan yaitu dengan memproses informasi yang didapatkan bukan sekedar mendengar informasi selintas dari telinga kiri ke telinga kanan, atau membaca selintas tanpa menyimak. 4) Komitmen secara mental bisa dilakukan dengan mengaitkankan informasi baru yang diterima dengan pengalaman kita mencari cara ataupun kesempatan untuk menerapkan informasi baru. 5) Dengan demikian, komitmen adalah prinsip utama pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran.




Ringkasan dari kutipan teks eksposisi tersebut adalah ....


a. Komitmen secara fisik dan mental adalah prinsip utama pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran.

b. Memproses informasi yang didapat seseorang merupakan salah satu proses pembelajaran yang harus didasari oleh komitmen.

c. Pembelajaran, yaitu melibatkan upaya untuk menyukai apa yang kita pelajari serta mencatat hal penting dengan dasar komitmen tertentu.

d. Proses belajar dapat mengaitkan informasi baru yang diterima dengan pengalaman selama dalam pembelajaran.

e. Berusaha mencari materi pelajaran sendiri merupakan cara untuk menyukseskan pembelajaran yang dilakukan seseorang.



____ 6. Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!


Seorang pelajar perlu secara fisik memberikan komitmennya dalam belajar, misalnya dengan menyediakan waktu khusus, terlibat secara fisik dalam mencari bahan-bahan yang harus dipelajari ataupun mencatat hal-hal yang penting ditemui dalam belajar. Komitmen secara mental juga diperlukan yaitu dengan memproses informasi yang didapatkan bukan sekedar mendengar informasi selintas dari telinga kiri ke telinga kanan, atau membaca selintas tanpa menyimak. Komitmen secara mental dapat dilakukan dengan mengaitkan informasi baru yang diterima dengan pengalaman kita mencari cara ataupun kesempatan untuk menerapkan informasi baru. Dengan demikian, komitmein adalah prinsip utama pendukung kesuksesan seseorang dalam proses pembelajaran.


(Sumber:Kompas.com)


Arti kata komitmen dalam kutipan tersebut adalah….


a. kekuatan dalam menghadapi tantangan

b. kesukaan dalam mengerjakan sesuatu

c. cara yang dilakukan dalam pekerjaan 

d. pikiran yang dianggap sangat tepat

e. perjanjian untuk melakukan sesuatu



____ 7. Bacalah teks berikut dengan saksama!


Indonesia memiliki berbagai rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur. Salah satunya adalah kencur. Kencur selain sebagai bumbu dapur juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional yaitu obat batuk herbal. Untuk obat batuk, kencur bisa dicampur dengan jeruk nipis, jahe, dan madu.


Isi teks eksposisi di atas adalah…


a. Indonesia memilik beragam rempah.

b. Kencur bisa digunakan sebagai obat batuk.

c. Kencur salah merupakan salah satu rempah terbaik.

d. Jeruk nipis, jahe, dan madu harus dicampur kencur.

e. Kencur adalah bumbu dapur yang berkhasiat.



____ 8. Bacalah teks berikut dengan saksama!


(1)  Remaja Indonesia memiliki resiko tinggi terhadap paru kronis karena akibat rokok.  (2) Resiko tersebut disebabkan murahnya harga rokok di Indonesia. (3) Rokok sangat terjangkau bagi para remaja yang umumnya belum bekerja. (4) Lebih lanjut hasil riset menemukan bahwa di Indonesia berkembang pola merokok pada remaja dan kaum wanita. (5) Demikian juga rokok hadir dalam kemasan dan merk yang bervariasi.


Penulisan kata yang salah dalam paragraf di atas terdapat pada kata  ....


a. remaja seharusnya para remaja

b. rokok seharusnya merokok

c. resiko seharusnya risiko

d. riset seharusnya reacet

e. kronis seharusnya keronis



____ 9. Bacalah teks berikut!


Manfaat konsumsi makanan saat sarapan juga ada dari sisi fisiologis dan psikologis. Ahli gizi Rita Ramayulis mengatakan, pengolahan makanan waktu sarapan berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut yang menstimulasi organ pencernaan dan organ-organ lain. Rita pun menambahkan, proses pelumatan makanan bisa menurunkan hormon grealin, yaitu hormon yang berperan menstimulasi nafsu makan dan meningkatkan hormon cholecytokinin yang mampu menurunkan nafsu makan.


(Sumber: Kompas.com)


Makna kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....


a. zat dalam jaringan tubuh dalam jumlah kecil

b. zat dalam tubuh yang memiliki pengaruh khusus

c. zat khusus dalam kelenjar gondok tubuh

d. zat khusus jaringan tubuh dalam jumlah kecil

e. zat khusus jaringan tubuh dalam jumlah besar



____ 10. Cermati paragraf berikut!


Terkait dengan proyek PLTU batu bara Teluk Sepang yang berpotensi merusak lingkungan, Juru Kampanye Pesisir dan Laut Kanopi Bengkulu, Didi Mulyono mengatakan, kerusakan terumbu karang akibat proyek tersebut dipastikan akan membuat hasil laut menurun, dan otomatis akan mengurangi hasil tangkap nelayan. Selain itu, rusaknya terumbu karang akan berdampak pada daratan karena terumbu karang berperan sebagai penghalang arus gelombang alami.


(Sumber: Kompas.com)





Kata itu pada konjungsi selain itu dalam paragraf di atas mengacu pada ....


a. pembangunan proyek PLTU

b. kerusakan terumbu karang

c. membuat hasil laut menurun

d. mengurangi penghasilan sehari-hari nelayan

e. sebagai penghalang gelombang



____ 11. Cermati teks berikut!


Para pendiri bangsa kita sudah memainkan sebuah overture sangat indah. Overture yang menghentak dunia, karena kita tidak sekedar mendeklarasikan, tapi juga memproklamasikan. Proklamasi diambil dari kata proclamare mengandung makna “teriakan keras”. Di dalamnya terdapat unsur gairah, agresivitas, dan semangat. Jadi, proklamasi sungguh sebuah overture yang mengejutkan dan menyadarkan dunia bahwa Indonesia punya sikap dan keberanian, punya warna untuk menentukan nasibnya sendiri. Overture yang indah ini dibuka dengan pernyataan singkat, tegas, dan penuh determinasi yang bernama naskah proklamasi.


(Sumber: Kompas.com)


Akhiran -nya pada frasa di dalamnya dalam kutipan tersebut mengacu pada kata ....


a. Indonesia

b. pendiri bangsa

c. dunia

d. overture

e. proklamasi



____ 12. Cermati teks berikut!


(1) Supaya jumlah penganggur bergelar sarjana berkurang, pemerintah perlu mendorong pengembangan pendidikan vokasi. (2) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi berencana memprioritaskan pengembangan pendidikan vokasi. (3) Sebenarnya, mayoritas perguruan tinggi di Indonesia bergerak di bidang vokasi. (4) Akan tetapi, jumlah program studi (prodi) vokasi hanya 20 persen dari total prodi yang ada. (5) Dengan menambah program vokasi, diharapkan tercipta tenaga kerja terampil yang bisa segera diserap pasar.

(Sumber: Kompas.com)


Kalimat fakta dalam paragraf tersebut ditunjukan nomor ....


a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

e. (5)





____ 13. Cermati teks berikut!


1) Ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya, yaitu faktor manusia, faktor keadaan kendaraan, dan faktor jalan. 2) Kombinasi ketiga faktor itu juga dapat menimbulkan kecelakaan di jalan raya. 3) Contoh kombinasi antara manusia dengan keadaan kendaraan yakni menjalankan kendaraan melebihi batas kecepatan sehingga ban pecah dan terjadilah kecelakaan. 4) Cuaca saat itu sangat gelap yang mana jalannya tidak kelihatan. 5) Contoh lain adalah saat kondisi jalan berlubang-lubang dan licin, tetapi kendaraan dipacu dengan kencang sehingga pengemudi tidak mampu mengendalikan kendaraan juga dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan.


Isi informasi dalam paragraf tersebut adalah …


a. Penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

b. Hal-hal yang meresahkan pengguna jalan saya.

c. Pengguna jalan raya yang melanggar tata tertib lalu lintas.

d. Kejadian-kejadian yang memakan korban di jalan raya.

e. Kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa manusia.



____ 14. Bacalah teks berikut!


(1)Data BPS (2018) menunjukkan bahwa tingkat pengangguran di desa sebesar 4,04 prosen. (2) Angka ini naik tipis dibanding tahun 2017 sebesar 4,01 persen. (3) Kenaikan tingkat pengangguran di desa terjadi lantaran jumlah pekerja di bidang sector pertanian juga menyusut. (4) Hal ini dianggap sebagai kondisi yang wajar sebab pekerja di sektor pertanian ingin mencari penghidupan yang lebih baik sehingga memutuskan untuk mencari pekerjaan lainnya. (5) Kelak pekerjaan di bidang pertanian menjadi bidang yang diminati kaum muda Indonesia.


Kata tidak baku pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....


a. (1) dan (2)

b. (1) dan (3)

c. (2) dan (3)

d. (2) dan (4)

e. (3) dan (5)



____ 15. Perhatikan paragraf berikut!


Batuk dan pilek merupakan penyakit langganan pada anak. Di musim penghujan seperti sekarang, waspada serangan penyakit yang juga disebut common cold ini. Salah satu alasan anak berusia kurang lima tahun gampang sakit batuk pilek adalah karena sistem kekebalan tubuh mereka belum matang sempurna.


Kata mereka pada paragraf tersebut merujuk pada ....


a. anak usia kurang lima tahun

b. virus kekebalan tubuh

c. penyakit langganan

d. musim penghujan

e. batuk dan pilek



____ 16. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!


1. Adik dipukul kakak di teras rumah kemarin sore.

2. Orang itu terjatuh dari atas atap rumahnya.

3. Adik kehujanan tadi pagi.

4. Ayah sangat terpukul dengan perkataannya.

5.   Zidane bermain bola di teras rumah.


Kalimat di atas yang termasuk kalimat aktif ditunjukkan oleh kalimat nomor ….


a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

e. (5)



____ 17. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!


1. Ayah sangat terpukul dengan perkataannya.

2. Orang itu meneriaki saya copet kemarin sore.

3. Zidane bermain bola di teras rumah.

4. Adik bernyanyi di teras rumah.

5.   Adik memukul kakak.


Kalimat di atas yang termasuk kalimat pasif ditunjukkan oleh kalimat nomor ….


a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

e. (5)

 

PAS 10 - Teks Anekdot


Multiple Choice

Identify the choice that best completes the statement or answers the question.


____ 1. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!


1) Bu guru pun tersenyum

2) “Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita?” tanya bu guru di depan kelas.

3) Bu guru bertanya, “Kenapa disebut hukum kantong kresek?”

4) Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang.

5) “Hukum kantong kresek, Bu,” kata anak itu.

6) “Karena mereka hanya bisa menyelesaikan kasus kecil, Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.”


Susunan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf anekdot yang padu adalah ... .


a. 1)-2)-3)-4)-5)-6)

b. 2)-4)-5)-3)-6)-1)

c. 2)-4)-3)-5)-1)-6)

d. 1)-2)-4)-5)-3)-6)

e. 3)-2)-1)-4)-5)-6)



____ 2. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!


1) Bu guru pun tersenyum

2) “Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita?” tanya bu guru di depan kelas.

3) Bu guru bertanya, “Kenapa disebut hukum kantong kresek?”

4) Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang.

5) “Hukum kantong kresek, Bu,” kata anak itu.

 6)   “Karena mereka hanya bisa menyelesaikan kasus kecil, Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.”


*Anda perlu menyusun kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf anekdot yang padu.


Penyebab kelucuan dalam anekdot tersebut adalah ... .


a. Bu guru tersenyum.

b. Pertanyaan bu guru.

c. Seorang anak menjawab lantang.

d. Perumpamaan hukum dengan kantong kresek.

e. Alasan bu guru bertanya kepada para siswanya.





____ 3. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!


1) Bu guru pun tersenyum

2) “Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita?” tanya bu guru di depan kelas.

3) Bu guru bertanya, “Kenapa disebut hukum kantong kresek?”

4) Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang.

5) “Hukum kantong kresek, Bu,” kata anak itu.

 6)   “Karena mereka hanya bisa menyelesaikan kasus kecil, Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.”


*Anda perlu menyusun kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf anekdot yang padu..


Kritikan yang disampaikan anekdot tersebut adalah ... .


a. Pentingnya pemahaman hukum  bagi pelajar.

b. Penegak hukum yang berlaku adil dan bijaksana.

c. Ketidakadilan yang terjadi di kalangan penegak hukum.

d. Seharusnya siswa menjawab pertanyaan guru dengan baik.

e. Perlunya guru memberikan pancingan pertanyaan untuk siswa.



____ 4. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!


1) Bu guru pun tersenyum

2) “Siapa yang bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negeri kita?” tanya bu guru di depan kelas.

3) Bu guru bertanya, “Kenapa disebut hukum kantong kresek?”

4) Tidak lama kemudian seorang anak menjawab dengan lantang.

5) “Hukum kantong kresek, Bu,” kata anak itu.

 6)   “Karena mereka hanya bisa menyelesaikan kasus kecil, Bu, kalau kasus besar tidak pernah muat.”


*Anda perlu menyusun kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf anekdot yang padu.


Kritikan anekdot tersebut ditujukan kepada ... .


a. raja 

b. siswa

c. pendidik

d. pemerintah

e. penegak hukum











____ 5. Perhatikan gambar anekdot berikut!


 


Makna tersirat pada gambar anekdot tersebut adalah...


a. Mengkritik anggota DPR yang sering bolos sekolah.

b. Menyindir anggota DPR yang tidak mau sekolah.

c. Menyindir seorang bapak yang selalu menasehati.  

d. Menyindir anggota DPR yang sering bolos dalam bekerja.

e. Mengkritik anggota DPR yang tidak memerhatikan pelajar.



____ 6. Bacalah teks anekdot berikut ini!


Teks 1 Teks 2

Dono: Besok pagi coblosan, kamu pilih nomor berapa?

Wati : Bagiku semua nomor bagus, saya akan memilih wakil rakyat yang bisa membawa Indonesia ke kancah internasional.

Dono: Nomor satu atau dua?

Wati : Rahasia, dong! Di gubuk pinggir sawah, ada seorang anak kecil dan bapaknya sedang menunggu padi dari serangan burung.

Anak  : Pak, kenapa burung tidak boleh makan padi kita?

Bapak: Kalau dimakan burung, nanti kita tidak bisa makan.

Anak : Kalau tidak boleh makan padi, nanti burung makan apa? Makan batu, Pak?



Hal yang membedakan kedua teks tersebut adalah .…


a. bahasa

b. pesan moral

c. unsur lucu/konyol/jengkel

d. tidak menggunakan konjungsi

e. tidak menggunakan perumpamaan







____ 7. Bacalah teks berikut ini!


Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas. “Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir,” jelasnya. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto. Fotonya nanti ditempel di buku tugas dan berikan deskripsi.” Tiba-tiba seorang anak berkomentar,”Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir.” Mendengar itu semua anak dan bu guru tertawa. 


Kalimat yang menunjukkan bagian krisis adalah … .


a. Mendengar itu semua anak dan bu guru tertawa.

b. Suatu hari guru menerangkan tentang biopori di depan kelas.

c. “Biopori itu bisa dijadikan sebagai salah satu usaha menghindari banjir”jelasnya.

d. “Sekarang, Ibu beri tugas pada kalian untuk membuat biopori di sekitar rumah, lalu kalian foto.”

e. “Syukurlah Bu, jalan menuju rumah saya sudah banyak bioporinya, tapi kata bapak itu bukan untuk menanggulangi banjir, melainkan biopori akibat sering banjir.”



____ 8. Bacalah teks berikut ini!


1) Sekolah Bahagia mengadakan rekreasi ke Bali. 2) Para siswa terlihat gembira dan mengenakan pakaian yang terbaik. 3) Di antara mereka ada yang membawa tongsis. 4) Tiba-tiba, Nasrudin berkata, “Iya, tongsis itu memang cocok untuk kita, supaya kita semua pandai berkaca diri.” 5) Anak yang membawa tongsis hanya tersenyum kemudian mengajak Nasrudin selfie.


Konjungsi temporal teks tersebut terdapat pada kalimat ke….


a. 1)

b. 2)

c. 3)

d. 4)

e. 5)



____ 9. Bacalah dialog berikut ini!


Adi nonton TV bersama bapaknya di ruang keluarga. Ia mengikuti berita agar tidak ketinggalan informasi.

Berita Politik

Adi : “Pak, itu teman saya waktu kuliah dulu!”

Bapak : “Yang mana?”

Adi : “Itu lho, Pak yang pakai baju mahal!”

Bapak : “Tak ada, hanya pakai kaos KPK.”

Adi : “Itu kan mahal, Pak. Kalau kita mana bisa pakai baju seperti itu?”

Bapak : “Kamu mau seperti itu?”

Adi tertawa bersama bapaknya.


Pertanyaan retoris yang terdapat dalam teks tersebut adalah .…


a. “Yang mana?”

b. “Kamu mau seperti itu?”

c. “Itu lho, Pak yang pakai baju mahal!”

d. “Pak, itu teman saya waktu kuliah dulu!”

e. “Itu kan mahal, Pak. Kalu kita mana bisa pakai baju seperti itu?”



____ 10. Cermati penggalan dialog teks anekdot berikut!


Tono : "Bukan itu sebabnya, Din. Sebab dia juga seorang pejabat."

Udin  : "Loh, apa hubungannya?"

Tono : "Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain."

Udin  : "???"


Kata "kursi" pada dialog tersebut memiliki makna....


a. dudukan

b. keinginan

c. kantor

d. pegawai

e. jabatan



____ 11. Perhatikan penggalan dialog berikut!


Odah : "Mas Ony! Hati-hati, jangan kebut-kebutan ah! sering-sering direm, Mas! Aku takut nih, Mas 

             ngebut banget!"


Dalam penggalan dialog tersebut, terdapat kaidah kebahasaan yaitu ...


a. Menggunakan waktu lampau

b. Menggunakan pertanyaan retorik

c. Menggunakan kata kerja pasif

d. Menggunakan kata kerja aktif

e. Menggunakan kalimat perintah



____ 12. Bacalah  teks anekdot berikut!


Holmes dan Watson sedang mengikuti perkemahan musim semi . Di tengah malam, Holmes terbangun dan membangunkan Watson. 

“Watson,” katanya, “Lihat ke langit dan katakan apa yang kamu lihat.” 

“Saya melihat jutaan bintang, Holmes,” kata Watson. 

“Dan apa kesimpulannya, Watson?” 

Watson berpikir sejenak. “Baik,” katanya, “Berdasarkan astronomi, ada jutaan galaksi dan mungkin milyaran planet. Menurut astrologi, saya mengamati bahwa Saturnus berada di dalam Leo. Menurut horologi, saya menyimpulkan bahwa waktu mendekati tiga seperempat pagi, menurut meteorology, saya kira besok harinya bagus. Menurut teologi, saya lihat bahwa Tuhan Maha Kuasa dan kita begitu kecil tak berarti. Menurutmu sendiri apa, Holmes?” 

“Watson, tenda kita dicuri orang!”


Dari teks anekdot tersebut yang menunjukkan kalimat seru adalah ...


a. Dan apa kesimpulannya, Watson?

b. Saya lihat bahwa Tuhan Maha Kuasa.

c. Lihat ke langit dan katakan apa yang kamu lihat.

d. Watson, tenda kita dicuri orang!

e. Watson berpikir sejenak. “Baik,” katanya.



____ 13. Bacalah anekdot berikut ini!


Di kantin sebuah universitas, dua orang mahasiswa bernama Udin dan Tono sedang berbincang-bincang.

Tono  :    “Saya heran sama dosen ilmu politik, kalau mengajar selalu duduk, tidak pernah   mau berdiri.”

Udin   :    “Ah, begitu saja diperhatikan.”

Tono  :    “Tahu sebabnya enggak?”

Udin   :    “Barangkali beliau capek atau kakinya tidak kuat berdiri.”

Tono  :    “Bukan itu Din, penyebabnya adalah karena beliau juga seorang pejabat.”

Udin   :    “Lho, apa hubungannya?”

Tono  :    “ Ya kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.”


Kata bermakna denotatif dalam anekdot tersebut adalah ... .


a. berdiri

b. capek

c. pejabat

d. takut

e. kursi



____ 14. Bacalah teks anekdot berikut!


KUHP DALAM ANEKDOT


Seorang dosen  fakultas hukum suatu  universitas sedang  memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja.

Saat sesi  tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?”  Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada  Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!”

Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan  kepala  seraya  menambahkan pertanyaan kepada  Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana  Saudara tahu  jawaban  itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen  dijawabnya  dengan tegas, “Peribahasa  Inggris mengatakan pengalaman adalah  guru  yang  terbaik,  Pak!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.

Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal.


Makna tersirat pada teks anekdot tersebut adalah...


a. Menjelaskan kepanjangan KUHP sebenarnya adalah Kitab Undang Hukum Pidana.

b. Mengkritik bapak dosen sedang memberikan kuliah hukum pidana.

c. Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru terbaik.

d. Menyindir kepada oknum penegak hukum yang mau disuap.

e. Menyindir Ali yang bertanya kepanjangan KUHP.



____ 15. Bacalah penggalan teks anekdot berikut!


(1) “Anda telah membuang sampah sembarangan, yaitu puntung rokok”, tegas petugas itu. (2) Dengan sigap Azam menjawab, “Oh…, maaf terjatuh.” (3) Lalu, diambilnya puntung rokok itu serta langsung diisapnya lagi. (4)Petugas itu hanya terbelalak keheranan. (5)Kemudian, ia pergi meninggalkan Azam.


Koda yang terdapat pada penggalan teks anekdot tersebut adalah...


a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

e. (5)



____ 16. Perhatikan ciri-ciri teks berikut ini!


1) Bersifat menyindir

2) Lucu

3) Terselip kritikan

4) Membosankan

5) Isi menyangkut tokoh publik


Ciri-ciri tersebut merupakan ciri dari teks anekdot, kecuali ciri nomor ... .


a. 1)

b. 2)

c. 3)

d. 4)

e. 5)

 


No comments:

Post a Comment