Sunday 14 November 2021

soal pilihan ganda surat lamaran pekerjaan

 Bacalah iklan berikut ini dengan cermat!


PERUSAHAAN BUILDING MATERIAL

MEMBUTUHKAN SEGERA

MARKETING

  • L/P pengalaman min. 2 tahun di marketing
  • Punya kendaraan sendiri.
Lamaran lengkap dikirim ke:
Jalan Sunter Agung Utara Raya Blok DI/5B Jak-Ut 14350
Kompas, 6 Oktober 2021

1. Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan tersebut adalah ....
A. sehubungan dengan iklan pada harian Kompas, 6 Oktober 2021, tentang lowongan sebagai Marketing , dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan ....
B. Setelah membaca iklan harian Kompas, 6 Oktober 2021, tentang lowongan kerja Marketing, dengan ini saya ....
C. Berdasarkan iklan harian Kompas, 6 Oktober 2021, yang memuat tentang dibutuhkannya Marketing, saya memberanikan diri melamar pekerjaan .....
D. Sesuai dengan iklan dalam harian Kompas, 6 Oktober 2021 instasi Bapak/Ibu membutuhkan Marketing dan pekerjaan itu sangat saya butuhkan, maka 
E. Melalui iklan dalam harian Kompas, 6 Oktober 2021, saya mendapatkan informasi bahwa Bapak/Ibu pimpinan membutuhkan Marketing, dengan ini saya ...

Kunci: A
Di dalam pembuka surat lamaran pekerjaan, mesti dicantumkan sumber lowongan tangga dimuat, posisi yang tidak diminati supaya tidak membuat kebingungan di pihak HRD.

2. Identitas pelamar yang tepat penulisannya berdasarkan iklan tersebut adalah ...
A. Nama: Paijo
     Tempat, tanggal lahir: Yogyakarta, 3 Juli 1999
     Pendidikan: SMA
     Alamat: Jalan Raya Tajem, Depok, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.
B  nama: Paijo
     tempat, tanggal lahir: Yogyakarta, 3 Juli 1999
     pendidikan: SMA.
     alamat: Jalan Raya Tajem, Depok, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.
C. nama: paijo
     tempat, tanggal lahir: Yogyakarta, 3 Juli 1999
     pendidikan: SMA
     alamat: jalan raya tajem, depok, maguwoharjo, sleman, yogyakarta.
D. Nama: Paijo
     Tempat, tanggal lahir: Yogyakarta, 3 Juli 1999
     Pendidikan: SMA
     Alamat: Jalan Raya Tajem, Depok, Maguwoharjo, Sleman, YOGYAKARTA.
E. nama: Paijo
     tempat, tanggal lahir: Yogyakarta, 3 Juli 1999
     pendidikan: SMA
     alamat: Jalan Raya Tajem, Depok, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:
Dalam penulisan identitas diri, tidak menggunakan huruf kapital. Sedangkan untuk menulis nama, tempat/tanggal lahir, pendidikan, dan alamat didahului dengan huruf kapital. Selain itu, tidak digunakan tanda titik dalam akhir kalimat.

3. Cermati penggalan surat lamaran berikut ini!

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini lampirkan:
(1) daftar Riwayat Hidup.
(2) salinan ijazah pendidikan terakhir,
(3) salinan KTP, dan
(4) pasfoto ukuran 3 x 4 cm 2 lembar
......

Kalimat yang tepat untuk menutup surat lamaran tersebut adalah ....
A. Sekian lamaran saya, kita berjumpa lagi acara tes wawancara
B. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
C. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan kasih.
D. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu, atas perhatiannya.
E. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.

Kunci: B

Pembahasan: Kalimat penutup surat lamaran pekerjaan sebaiknya menggunakan kalimat yang efektif.

No comments:

Post a Comment