Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Alunan nada yang membentuk
harmonisasi lagu menggema di halaman kampus Universitas Padjadjaran Jalan.
Dipati Ukur Bandung, Senin (27/8) siang. Lebih dari sepuluh ribu pasang tangan
memainkan alat musik tradisional angklung dan memanjakan ribuan pasang telinga
yang mendengarnya. Ribuan mahasiswa baru dan "civitas academica” Unpad
memainkan alat musik tradisional angklung. Mereka begitu kompak. Permainan
mereka begitu memukau para penonton. Acara yang merupakan rangkaian acara Dies
Natalis ke-50 Unpad itu membuat Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik
itu ikut terpukau.
1. Paragraf
tersebut merupakan contoh laporan hasil observasi karena ...
A. tidak
berdasarkan imajinasi atau khayalan penulisnya.
B. menggambarkan
suatu kejadian yang sangat berkesan.
C. mengungkapkan
pendapat penulisnya untuk suatu benda.
D. menceritakan
suatu kegiatan yang terjadi di lingkungannya.
E. mengemukakan
fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan
2. Fakta-fakta
yang diungkapkan dalam paragraf tersebut diperoleh melalui ….
A. survei
B. pencatatan
C. wawancara
D. observasi
lapangan
E. penyebaran
angket
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
Upacara adat tradisional Grebek yang diadakan setahun sekali,
yakni pada Lebaran atau Lebaran hari kedua, berlangsung sekitar 40 menit, sejak
pukul 09.50 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Berbagai uborampe (barang) dan
udik-udik (sesaji), berupa jenis sayuran, buah-buahan dan makanan tradisional
yang ditata dan disusun seperti bentuk gunung, dikirab oleh para prajurit abdi
dalem Kraton Yogyakarta dengan rute dari dalam kraton (Pagelaran).
3. Paragraf
tersebut menjelaskan hal-hal berikut, kecuali ..
A. macam-macam
kegiatan
B. nama
kegiatan
C. manfaat
kegiatan
D. pelaku
kegiatan
E. proses
pelaksanaan kegiatan.
4. Fakta
dalam paragraf tersebut diperoleh melalui ….
A. perekaman
B. proses
pencatatan
C. wawancara
dengan narasumber
D. pengamatan
lapangan
E. penyebaran
angket.
Cermati
paragraf berikut!
Rombongan
ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, deretan siswi-siswi imut.
Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan koreografi menggunakan benderanya
masing masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching band, disusul
dengan sejumlah pelajar yang menempeli tubuh mereka dengan papan yang
bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri dengan
sekelompok pelajar yang berbaris di dalam "selimut" berbentuk spanduk
yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung
5.
Dalam
struktur teks laporan observasi paragraf tersebut tergolong ke bagian ….
A.
tesis
B.
abstrak
C.
definisi
umum
D.
deskripsi
manfaat
E.
deskripsi
per bagian.
Cermati
paragraf berikut!
Pada saat
dibawa keluar dari dalam Keraton Yogyakarta, dikirabkan di alun-alun utara
kraton tersebut, dan dibawa ke Pengulon atau salah satu gedung yang berada di
sebelah Masjid Besar keraton itu, gunungan (sesaji berbentuk gunung) menjadi
tontonan menarik ribuan penonton. Sesampainya di Pengulon, sesaji berupa apel,
jeruk, kacang panjang, telur rebus dan jadah (makanan tradisional yang terbuat
dari beras ketan) itu didoakan oleh para abdi dalem terlebih dahulu, baru selanjutnya
diperebutkan oleh para warga yang menonton.
6.
Dalam
struktur laporan observasi, paragraf tersebut termasuk ke dalam bagian .
A.
koda
B.
abstrak
C.
krisis
D.
deskripsi
umum
E.
deskripsi
per bagian
Cermati
paragraf berikut!
Setiap malam
berpuluh ribu tikus menyerbu desa-desa di Kecamatan Pracimantoro. Segala macam
tanaman, sampai kepada pohon petai cina yang sudah tua, habis digerogoti tikus.
Binatang piaraan seperti ayam, kambing, dan sapi, tidak luput dari serangan
tikus yang ganas itu. Apalagi bahan makanan. Memang itu yang dicari. Habis
tandas ditelan tikus. Bahkan, penduduk beberapa desa terpaksa diungsikan karena
ketakutan. Sampai sekarang masih ada orang yang tidak mau pulang ke kampung
halamannya.
7.
Paragraf
tersebut melaporkan ....
A.
keganasan
ribuan tikus
B.
ketakutan
penduduk desa
C.
keadaan
suatu perkampungan
D.
kondisi
tanaman di suatu tempat
E.
kehidupan
penduduk pedesaan.
Cermati
paragraf berikut!
(1)Tempat
hidup, laut mempunyai kelebihan dibandingkan darat. (2) Kelebihan-kelebihan
laut, antara lain, suhu jarang berubah-ubah. (3) Dukungan yang lebih banyak
untuk melawan gravitasi bumi, air yang cukup tersedia. (3) Dengan air yang
cukup tersebut, makhluk hidup di laut dapat menyerap air langsung masuk sistem
tubuh. (4) Makhluk hidup di laut dapat memperoleh oksigen dan karbon.
8.
Gagasan
utama paragraf di atas dinyatakan dalam kalimat ....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
Cermati
kalimat-kalimat berikut!
(1)
Kayu
ramin diimpor oleh pedagang-pedagang Singapura dan Kalimantan Barat. (2) Di sana
diolah menjadi perabot rumah tangga (3) Tentu saja harga sudah tujuh atau
delapan kali lipat harga di Kalimantan Barat. (4) Kemudian dikirim ke Jakarta,
dan terkenal sebagai kayu jati Singapura.
9. Susunan kalimat tepat adalah ….
A.
(1)-(2)-(4)-(3)
B.
(1)-(2)-(3)-(4)
C.
(1)-(3)-(4)-(2)
D.
(2)-(3)-(4)-(1)
E.
(3)-(2)-(1)-(4)
Cermati topik dan gagasan pokok berikut!
Topik : Pantai Natsepa
(1)
Pantai
Natsepa terletak kurang lebih sepuluh kilometer dari pusat kota. (2) Pantai ini
terlihat jelas karena letaknya hanya seratus meter dari jalan utama (3) Di
Pantai Natsepa ini, terdapat dua tempat yang telah dilengkapi fasilitas
penginapan. (4) Di beberapa tempat yang agak condong ke laut mengalami
kerusakan. (5) Pantai ini sering dikunjungi wisatawan asing. (6) Bahkan,
biasanya pengunjung sampai ke Pantai Liang.
10. Kalimat laporan yang sesuai dengan
topik tersebut adalah ….
A.
(1),
(2), (3), dan (4)
B.
(1),
(2), (3), dan (5)
C.
(1),
(3), (5), dan (6)
D.
(2),
(3), (5), dan (6)
E.
(3),
(4), (5), dan (6).
KUNCI JAWABAN:
1.
E
2.
D
3.
C
4.
D
5.
E
6.
E
7.
A
8.
A
9.
A
10.
B
No comments:
Post a Comment